cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi" : 9 Documents clear
ANALISIS KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PETANI KELAPA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (DESA KOTA HARAPAN, KECAMATAN MUARA SABAK TIMUR, KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR) Agus Salim; Sisran Sisran; Khusnul Yatima
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan masyarakat petani kelapa yang ada di Desa Kota Harapan yang mana di Desa ini mayoritas penduduknya adalah petani kelapa. Penulis menemui sebagian masyarakat yang ada di desa ini sebagai perwakilan untuk meminta penjelasan mengenai kesejahteraan masyarakat petani kelapa yang ada di Desa Kota Harapan menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis dapatkan dari masyarakat petani kelapa yang ada di Desa Kota Harapan berdasarkan hasil wawancara dan observasi adalah sebagian masyarakat yang ada di desa ini hususnya petani kelapa, belum bisa dikategorikan sejahtera secara menyeluruh jika hanya mengandalkan hasil dari tani kelapa, dengan harga kelapa tidak menentu. Yang disebkan oleh modal, infrastruktur, regulasi dan teknologi. Hampir 70% masyarakat petani kelapa di desa ini memiliki usaha sampingan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah anak, pembelian pupuk dan racun rumput ketika masa panen kelapa tiba.
PENGEMBANGAN MODEL/ STRATEGI/ /METODE PEMBELAJARAN Muhammad Rifai Harahap
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.267

Abstract

-
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD 1 KARANGREJO Sri Kustiah
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.268

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap berpikir kritis pada kelas V SD Negeri 1 Karangrejo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangrejo yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Untuk memperoleh data sikap berpikir kritis siswa yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan angket sikap berpikir kritis, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sikap berpikir kritis siswa pada siklus 1 kategori tinggi sebanyak 17%, meningkat menjadi 87% pada siklus 2. Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 baru mencapai 43% dengan rata-rata kelas sebesar 69,61 meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 89,13 pada siklus 2. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap berpikir kritis pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 1 Karangrejo.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA ZOOM MEETING DI MADRASAH IBTIDAIYAH KOTO TUO PULAU TENGAH KABUPATEN KERINCI Lidarnita Lidarnita
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.269

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah media zoom meeting dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah No.40 /E.3 Koto Tuo Pulau Tengah Kec Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah No.40 /E.3 Koto Tuo Pulau Tengah Kec Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwanya adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring dengan menggunakan media zoom meeting. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata pada siklus I sebesar 76,5 dengan kategori cukup, dan pada siklus II sebesar 87 dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media zoom meeting dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH Henrawansyah Harahap
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.270

Abstract

Integration according to Sanusi is a unified whole, not divided and scattered. Integration includes the needs or completeness of the members who form a unit with a close, harmonious and intimate relationship between the members of the unit. Whereas what is meant by value education integration is the process of integrating certain values into another concept so that it becomes a coherent and inseparable whole or the process of assimilation to become a unified whole and unified. In the world of education, the term integration is usually associated with a movement for democratic education that focuses on actual issues as the core curriculum. Integration learning centers on organizing important issues in the school curriculum with the wider world. This integration will connect problems with one another, so that a unity of knowledge is built. A knowledge that represents the parts to the whole (part whole relationships)
Pemahaman Nilai – Nilai Moderasi Beragama dan Kebangsaan Melalui Kegiatan Diklat Kementerian Agama RI dalam Muwujudkan ASN Moderat Studi di Balai Diklat Keagamaan BDK Palembang Sumarto Sumarto; Emmi Kholilah Harahap
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.271

Abstract

Menjadi ASN adalah pengabdian kepada Negara. Menjadi ASN bukan di layani tetapi melayani masyarakat dalam konteks ini adalah melayani mahasiswa yang sudah menjadi tanggung jawab untuk melahirkan generasi yang berkarakter dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Tidak hanya melayani mahasiswa terlalu sedikit, tetapi melayani masyarakat dengan memberikan pengetahuan, pengalaman dan mampu menjadi problem solver. Mewujudkan ASN Moderat bisa melalui kegiatan Pelatihan Moderasi Beragama dan Nasionalisme/Kerukunan Umat Beragama bagi ASN Angkatan III Kementerian Agama RI Tahun 2021 se - Provinsi Sumatera Selatan, Lampung dan Bengkulu. Mengapa harus bersikap moderat? Pertanyaan yang mendasar bagi kita semua tidak hanya ASN. Menyikapi gesekan sosial yang terjadi belakangan hari ini dan bahkan terjadi banyak konflik yang dikarenakan isu Suku, Agama, Ras dan Adat Istiadat. Pentingnya Internalisasi dari nilai nilai Moderasi yaitu Komitmen Kebangsaan, Anti Kekerasan dan Radikalisme, Toleransi dan Akomodatif atau ramah terhadap Budaya lokal.
UPAYA MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI DI KALANGAN MAHASISWA Jalaludin Jalaludin
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.272

Abstract

Sebutan “kutu buku” seolah-olah kebiasaan membaca sebagai hal yang aneh. Bahkan di kalangan mahasiswa, anak yang rajin membaca justru diolok-olok dan dipandang sebagai mahasiswa yang kurang gaul. Persepsi inilah yang sesungguhnya telah berakibat buruk terhadap sistem pendidikan di tanah air yang menjurus kepada rendahnya budaya literasi, tidak terkecuali di kalangan mahasiswa dan umumnya masyarakat Indonesia. Beberapa hal yang menjadikan rendahnya budaya literasi di Indonesia antara lain, tingkat pendidikan masyarakat, malas membaca, minimnya akses dalam membaca. Ini disebabkan sedikitnya perpustakaan, harga buku yang cenderung tak terjangkau oleh daya beli masyarakat dan pemamfaatan teknologi yang tidak tepat, sehingga hanya sedikit yang mampu menuliskan pengetahuan yang diperoleh dari membaca.
Esensi Ibadah dan Pengamalannya Perspektif Hukum Islam Maryani yani
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.273

Abstract

Konsep Ibadah menurut Abdul Wahab adalah konsep tentang seluruh perbuatan lahiriah maupun batiniah, jasmani dan rohani dicintai dan diridai Allah SWT. Ibadah juga diartikan sebagai hubungan manusia dengan yang diyakini kebesaran dan kekuasannya. Jika yang diyakini kebesarannya adalah Allah, artinya menghambakan diri kepada Allah, sedangkan jika yang dimaksud maha besar itu setan, Ibadahnya kepada setan. Dengan demikian, dilihat dari tujuan penghambaannya, Ibadah itu dibagi dua, yakni Ibadah kepada Allah dan Ibadah kepada setan. Apa sebenarnya makna Ibadah? Kata ibadah menurut bahasa artinya taat (bahasa arab, tha’at). Taat artinya patuh, tunduk dengan setunduk-tunduknya, artinya mengikuti semua perintah dan menjauhi semua larangan yang dikehendaki oleh Allah SWT. Karena makna asal Ibadah itu menghamba, dapat pula diartikan sebagai bentuk perbuatan yang menghambakan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.
TRADISI SEDEKAH RUWAH MASYARAKAT DESA MUARA TIKU DALAM PANDANGAN ISLAM Murniyanto Murniyanto
Jurnal Literasiologi Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v7i1.284

Abstract

Berdasarkan pengamatan bahwa siswa/siswi SDN 1 Karang Jaya masih banyak yang kurang lancar dalam mengemukakan ide atau gagasannya, dalam proses pengajaran hendaknya seluruh anggota kelas memperhatikan materi yang disampaikan sehingga sedikit-demisedikit dapat dipahami,tetapi ada juga hasil yang kurang memuaskan sehingga kriteria ketuntasan minimal belum tercapai. Penelitian ini memfokuskan penelitian pada kiat yang dilakukan guru bahasa Indonesia. Penelitian ini berupa deskriptif kualitaif. Sumber data adalah data primer yaitu pihak-pihak yang terkait langsung dalam penelitian ini, yaitu guru bahasa Indonesia, kepala sekolah, guru-guru SDN 1, siswa/i SDN 01 Karang Jaya, dan sumber data sekunder,data wawancara, dokumentasi. Hasil telah dapat disimpulkan materi bahasa Indonesia di kelas 1V SDN 01 Karang Jaya dapat penulis jabarkan ketika mengajar Guru jarang memakai media pembelajaran, Kualitas pembelajaran yang masih terbilang rendah, kiat yang diusahakan dalam pembelajaran di kelas 1V SDN 1 Karang Jaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia adalah dengan Meningkatkan Kedisiplinan, menyiapkan perangkat Pembelajaran.dicapai oleh pengajar pada Kelas 1V SDN 1 Karang Jaya ternyata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 9