cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi" : 12 Documents clear
Deteksi Radikalisme: Mengukur Skala Radikalisme Pondok Pesantren Muhammad Wakhid Musthofa Muhammad Wakhid Musthofa
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.524

Abstract

Pada dasarnya paham ajaran Islam yang dianut oleh pesantren-pesantren di Indonesia adalah ajaran Islam yang tawasut (moderat), i?tidal (tengah-tengah), dan tasamuh (toleran) serta jauh dari ideologi radikalisme. Namun, maraknya aksi radikalisme yang mengatasnamakan agama yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan beberapa pesantren diindikasikan telah tesusupi oleh ideologi Islam radikal. Artikel ini bertujuan membentuk asesmen untuk mendeteksi masuknya paham radikalisme ke dalam pesantren. Dalam artikel ini akan disajikan indikator- indikator yang dapat mengukur skala radikalisme pondok pesantren. Pondok pesantren dapat melakukan asesmen dengan menggunakan indikator yang telah dirumuskan tersebut. Melalui asesmen tersebut dapat diketahui klasifikasi pondok pesantren terkait dengan kerentanan akan paparan radikalisme.
SISTEM PENJAMINAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDN 3 SURULANGUN KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA Amriyadi Amriyadi; Murniyanto Murniyanto; Idi Warsah
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.525

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan menjadi penting untuk memastikan bahwa siswa menerima pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat. Salah satu cara untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan adalah melalui sistem penjaminan mutu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem penjaminan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah, serta observasi langsung terhadap pembelajaran di kelas V.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penjaminan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun telah diimplementasikan dengan baik melalui beberapa tahapan, seperti penyusunan program pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang tepat, dan penilaian hasil belajar siswa secara teratur. Kurikulum pendidikan agama Islam di kelas V mengacu pada kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan konteks lingkungan. Implementasi penjaminan mutu pembelajaran dilakukan melalui penerapan standar nasional pendidikan (SNP) dan kegiatan supervisi dan monitoring oleh kepala sekolah. Evaluasi dan penilaian hasil belajar siswa dilakukan dengan berbagai bentuk penilaian, seperti penilaian harian, tugas, ujian, dan penilaian sikap.
PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIN 1 LEBONG Dedi Damhudi; Fakhruddin Fakhruddin; Muhammad Idris
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.526

Abstract

Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam menanamkan akidah dan membentuk akhlak baik pada siswa, sehingga metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat tepat diterapkan pada pembelajaran agama Islam di sekolah/ madrasah. Pembelajaran CTL memungkinkan siswa untuk terlibat secara penuh dalam proses pembelajaran dan menghubungkan materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran CTL dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru PAI, observasi pembelajaran, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa CTL efektif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Lebong. Guru menerapkan CTL melalui berbagai metode pembelajaran, seperti brainstorming, diskusi, dan pembelajaran berbasis proyek. Sumber daya pembelajaran yang digunakan juga beragam, termasuk buku teks, lembar kerja, dan multimedia. Evaluasi formatif dan sumatif dilakukan secara teratur selama proses pembelajaran, dan hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kreativitas siswa dalam belajar Akidah Akhlak setelah penerapan CTL. Meskipun CTL efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa, masih ada beberapa tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan ini, seperti kurangnya sumber daya pembelajaran yang tepat dan kebutuhan pelatihan terus-menerus bagi guru untuk menerapkan CTL dengan efektif.
METODE PEMBELAJARAN JENIS READING GUIDE YANG TEPAT UNTUK MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI KELAS VIII MAN 1 KERINCI Abu Hasan Al Asyari
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.527

Abstract

Belajar sebagai suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Belajar adalah proses perubahan tingkah laku pada diri seorang berkat pengalaman dan pelatihan. Pengalaman dan pelatihan itu terjadi melalui interaksi antara individu dan lingkunganya. Lingkungan memiliki arti luas, tidak hanya lingkungan alamiah, tetapi juga lingkungan sosial. Setiap tingkah laku meliputi aspek struktural (jasmaniah) dan aspek fungsional (rohaniah). Jadi, setiap tingkah laku mengandung kedua aspek itu, yang satu sama lain saling berinteraksi dan ssaling mempengaruhi. Pada penelitian ini penulis menggunakan strategi pembelajaran Reading Guide yang mana metode ini tidak terlalu membebani seorang peserta didik, peserta didik diharapkan mencari point-point bacaan yang telah ditentukan oleh pengajar. Adapun langkah-langkah penerapan metode Reading Guide ini adalah: a) Menentukan bacaan yang akan dipelajari, b) Membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik atau kisi-kisi dan boleh juga bagan atau skema yang dapat diisi oleh mereka dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi, c) Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisinya kepada peserta didik, dan d) Tugaskan peserta didik adalah mempelajari bahan bacaandengan menggunakan pertanyaan atau kisi-kisi yang ada.
PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI SUPERVISI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR Jumsinah Jumsinah
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu sekolah melalui supervisi kegiatan ekstrakurikuler, khususnya pada ekstrakurikuler tari. Adapun latar belakang masalah adalah kegiatan ekstrakurikuler belum dikelola secara profesional sesuai fungsi manajemen dan belum sesuai dengan prinsip peningkatan mutu. Padahal kegiatan ekstrakurikuler merupakan ujung tombak strategi peningkatan mutu sekolah selain kegiatan/prestasi akademik di sekolah ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan tehnik analisa secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu hampir 8 bulan, dengan melalui 2 siklus tindakan siklus I dan II. Pengumpulan data secara observasi, wawancara, dokumen dan angket. Subyek penelitian adalah pelatih/pembina ekstrakurikuler, siswa dan sekolah. Tehniik pengolahan data dengan statistik sederhana persentase perolehan skor. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler masih dibawah standar pelayanan minimal (SPM) dan hanya mencapai skor 62,09% (pratindakan) dari skor maksimal 100%, akan tetapi setelah melalui tindakan supervisi siklus I skor naik menjadi 74,7% Kemudian melalui tahap refleksi perlu diambil tindakan dengan supervisi siklus II, dan memperoleh peningkatan yang baik dengan peningkatan skor mencapai 93,48% . hasil ini mendapat respon positif dari pihak internal sekolah maupun eksternal sekolah, karena prestasi pada bidang non akademik siswa khusus nya pada ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Tanjung Jabung Timur meningkat sehingga mampu mendongkrak nama sekolah dengan menjadi Juara 1 tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Juara 1 Tingkat Provinsi Jambi, dan Posisi 18 Tingkat Nasional se-Indonesia. Fakta ini membuat nama sekolah diperhitungkan mutunya dari segi non akademik. Lulusan dengan bekal akademik dan non akademik yang bermutu juga mampu memberikan kepuasan pada pihak penerima lulusan. Maka harapan dari penelitian ini, supervisi kegiatan ekstrakurikuler perlu dilaksanakan secara rutin/ berkala dalam rangka meningkatkan mutu sekolah.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR QURAN HADITS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA MTSN 4 KOTA JAMBI Yurnalis
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.529

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX MTsN Kota Jamb pada mata pelajaran Quran Hadist. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujek penelitian siswa kelas IX MTsN Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik menyangkut kegiatan guru, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, serta berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX MTsN Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang dicapai berikut ini : a) Aktivitas guru mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 76.92% yang terlaksana meningkat pada siklus II sebesar 100% yang terlaksana. b) Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 54,54% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas. c) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 71,75% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) OLEH GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 30 TANJUNG JABUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Zulpakor Zulpakor
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.530

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dilapangan menunjukkan adanya beberapa permasalahan pembelajaran di SMP Negeri 30 Tanjung Jabung Timut antara lain: proses pembelajaran yang masih cenderung terpusat pada guru, motivasi belajar siswa yang rendah ditandai siswa pada saat pembelajaran siwa tidak fokus berbicara dengan teman, tidak mengerjakan tugas tepat waktu, aktivitas belajar siswa yang rendah sedikit siswa yang aktif dalam pembelajaran baik bertanya, merespon jawaban baik dari guru maupun dari teman, hasil belajar siswa yang rendah dengan ketuntasan klasikal sebesar 43,33%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran koopertif NHT untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 30 Tanjung Jabung Timut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari: 1) hasil angket pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa, 2) tes hasil belajar, 3) hasil wawancara, 4) catatan lapangan, 5) dokumentasi. Langkah-langkah pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together, yaitu 1) Numbering, 2) Questioning, 3) Heads Together, 4) Answering. Dari penelitian ini diperoleh skor keterlaksanan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 76,85% dengan kriteria “baik”, keterlaksanan pembelajaran oleh guru pada siklus II sebesar 87,12% dengan kriteria “baik”, dan skor keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus I sebesar 75,44% dengan kriteria “baik”, skor keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus II sebesar 86,20 dengan kriteria “baik”,. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 63,33% dan hasil belajar siswa pada siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 86,67%.
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENDIK Muhamad Arsad
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.531

Abstract

Supervisi pembelajaran merupakan salah satu upaya Kepala Madrasah untuk membina dan mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Dalam kegiatan tersebut Kepala Madrasah dapat memastikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan baik sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang tertuang di dalam RPP. Kegiatan supervisi ini diharapkan mampu memberikan dampak positif yang cukup signifikan dalam hal peningkatan kualitas, profesionalitas dan mutu tenaga pendidik sesuai tugas dan fungsinya agar kualitas proses dan hasil pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Substansi dari pelaksanaan supervisi akademik yaitu penerapan prinsip supervisi kontinyu, obyektif, konstruktif, humanistik dan Kolaboratif, melaksanakan supervisi akademik yang berkelanjutan rencana jangka panjang, jangka menengah, pendek, melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru, menempatkan pertumbuhan kompetensi guru dan peningkatan kualitas pembelajaran sebagai tujuan utama supervisi akademik, membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi yang terbuka, kesetiakawanan, dan informal yang berlandaskan pada sikap-sikap membantu,memahami, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor, melaksanakan supervisi yang demokratis, melibatkan secara aktif, berbagi tanggung jawab pengembangan pembelajaran dengan guru dan pihak lain yang relevan, melaksanakan supervisi yang demokratis. Jika ini dilaksanakan dengan baik, maka program supervisi dikatakan yang ikut menentukan ketercapai program supervisi dan pada akhirnya mutu pendidikan meningkat.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MTs DI KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR Satria Wisnu Wardana; Syarwani Ahmad; Muhammad Fahmi
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.532

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen berbasis sekolah secara bersama sama terhadap kinerja guru di MTs se Kecamatan Prabumulih Timur. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri maupun Swasta yang berada di Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih Sumatera Selatan. Penelitian ini berlangsung selama lima bulan, dimulai dari awal bulan Agustus 2022 hingga Desember 2022. Pendekatan yang akan digunakan untuk penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di Kecamatan Prabumulih timur Tahun 2022 berjumlah 110 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi sederhana, uji t, uji F dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen berbasis sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru MTs Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (100,086) > Ftabel (3,14) dengan nilai signifikan (probability) 0,000 < 0,05. Dengan kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen berbasis sekolah yang baik, yang berkorelasi secara bersama-sama maka akan sangat mendukung untuk meningkatkan kinerja guru. Adapun yang membedakan penelitian ini dengan penelitian lainnya terletak pada subjek penelitian yang lebih fokus meneliti MTs dibanding sekolah formal lainnya.
ANALISIS KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MELAKUKAN INOVASI PEMBELAJARAN DI MIN 4 REJANG LEBONG Helma Heryati; Sutarto Sutarto; Emmi Kholilah Harahap
Jurnal Literasiologi Vol 9 No 3 (2023): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v9i3.533

Abstract

Seyogyanya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan inovasi pembelajaran. Karena MIN merupakan lembaga pendidikan formal yang khusus mempelajari agama Islam, maka guru PAI di MIN memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup luas tentang agama Islam, termasuk cara mengajarkannya dengan cara yang efektif dan menarik. Kemampuan guru PAI dalam melakukan inovasi pembelajaran di MIN sangat penting untuk meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam melakukan inovasi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif kepada tiga orang guru PAI yang dianggap memiliki kemampuan dalam melakukan inovasi pembelajaran di MIN 4 Rejang Lebong. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa, Guru PAI di MIN 4 Rejang Lebong menciptakan lingkungan pembelajaran interaktif, menyenangkan dan efektif dengan menggunakan metode seperti diskusi kelompok, presentasi dan role play. Mereka juga memanfaatkan media pembelajaran dan mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam dengan ilmu pengetahuan lainnya. Selain mengajar, guru PAI menjaga disiplin peserta didik, memberikan motivasi, dan mengelola administrasi kelas. Faktor pendukung seperti ketersediaan sumber daya, kerjasama antar guru, dukungan kepala madrasah, kesadaran guru untuk belajar, dan dukungan orang tua dan masyarakat, memainkan peran penting dalam inovasi pembelajaran PAI. Dengan faktor pendukung ini, guru PAI di MIN 4 Rejang Lebong dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan berdampak positif pada pendidikan agama Islam.

Page 1 of 2 | Total Record : 12