cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
jurnalptkftk@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
ekowahyu@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin (Kampus 1 UIN Antasari Banjarmasin
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal PTK dan Pendidikan
ISSN : 24601780     EISSN : 25492535     DOI : 10.18592/ptk
Core Subject : Education,
Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training Faculty State Islamic University of Antasari Banjarmasin.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Juli-Desember" : 5 Documents clear
Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan Minatul Anggreni
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2020): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v6i2.4101

Abstract

Banyaknya persaingan di dunia pendidikan di Indonesia menuntut lembaga pendidikan memiliki nilai tambah untuk dipilih dan dipercaya oleh masyarakat. Nilai tambah dapat di terapkan sebagai kualitas pendidikan dimana lembaga pendidikan memberikan jaminan kepuasan masyarakat sebagai konsumen. Lembaga pendidikan harus dibangun dengan budaya organisasi yang memberikan kekuatan untuk pelaksanaan proses kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh budaya organisasi terhadap mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, sampel yang digunakan diperoleh dari 20 mahasiswa dari berbagai program studi dan universitas di Indonesia yang diambil secara acak melalui kontak pertemanan dari aplikasi Whatsapp peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi sangat berpengaruh dan penting dalam dunia pendidikan. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya presentase mencapai 100%. Dan juga dengan mengikuti organisasi akan berdampak baik pada nilai akademik, ditunjukkan dengan 70% mahasiswa merespon berdampak baik, 5% berdampak buruk, 25% tidak berdampak. Pendapat dari 20 mahasiswa mengatakan bahwa pengaruh budaya organisasi sangat penting dan berpengaruh serta berdampak baik dalam dunia pendidikan. Kata kunci: Budaya Organisasi, Lembaga Pendidikan, Mutu Pendidikan
Perkuliahan Daring di Masa Pandemi Covid-19 Devi Clise Yuliana Putri
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2020): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v6i2.4151

Abstract

Wabah Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam hal pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai tinjauan umum terkait perkuliahan daring di masa pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Analisis dilakukan pada berbagai artikel internasional, nasional dan berbagai sumber yang sejenis yang terkait perkuliahan daring di masa pandemi Covid-19. Perkuliahan daring dengan menggunakan beberapa aplikasi berupa : Zoom, Whatsapp, Google Classroom, E-Learning, Google Meet, dan Youtube. Kendala yang dihadapi mahasiswa dalam perkuliahan daring antara lain ketersediaan kuota internet, jaringan yang tidak stabil, dan alat penunjang seperti smartphone atau laptop. 
Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Terpadu Kelas VII SMP 05 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020/2021 Sagita Virginia; Widiya Angraini; Wika Pratesya; Ahmad Walid
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2020): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v6i2.4173

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami serta mengetahui pengelompokan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom dan Tingkat Kesukaran Ulangan Harian IPA Kelas VII SMPN 05 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini tentunya menggunakan metode penelitian yaitu metode Deskriptif Kualitatif .pada penelitian ini instrument yang digunakan berupa soal Ulangan Harian  Mata Pelajaran IPA Tahun Ajaran 2020/2021. Dari data yang terkumpul kemudian data tersebut di analisis Ranah Kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom dari tabel masing-masing telah dikelompokkan kedalam tiga tingkat kognitif dari 6 tingkat kognitif yang ada. Hasil penelitian ini adalah, dari tabel tersebut dihasilkan pada Ulangan Harian mata pelajaran IPA SMPN 05 Kota Bengkulu berturut-turut adalah : C1 : 32 %, C2 : 40 %, C3 : 28 %. Dari analisis tingkat kesukaran butis soal Ulangan Harian IPA Kelas VII SMPN 05 memiliki kategori soal mudah 44% sedangkan katogori soal sedang 36 % dan kategori soal susah 20 %. Hal ini menandakan bahwasannya kualitas soal Ulangan Harian cukup baik.
Evaluasi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPA Kelas IX di SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan Dewy Widiyawati; Cici Dwi Putri; Ahmad Walid
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2020): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v6i2.4227

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar dalam pembelajaran IPA serta mengetahui peran dan minat siswa terhadap pelajaran IPA disekolahnya.. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskritif, dari hasil menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Sekolah SMPN 3 Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatra Selatan berdasarkan observasi awal yang didapat 75% siswa sudah mampu mencapai standar rata-rata belajar dan ada juga beberapa siswa yang belum mencapai standar rata-ratanya.
Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar Noor Fazariah Handayani; Mahrita Mahrita
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 6, No 2 (2020): Juli-Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v6i2.4045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa kela IV di Sekolah Dasar Negeri Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Subjek penelitian siswa dan siswi SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data diambil melalui angket, dan observasi. Hasil penelitian menunujukan bahwa dari faktor internal, banyak (66%) siswa mengatakan tidak pernah mempunyai kemauan dalam mengerjakan soal Matematika, cukup banyak (46,33%) siswa mengatakan tidak pernah senang terhadap pembelajaran Matematika, banyak sekali (90%) siswa mengatakan selalu kesulitan terhadap pembelajaran Matematika, cukup banyak (49,33%) siswa mengatakan tidak pernah minat terhadap pembelajaran Matematika, sedikit (40%) siswa mengatakan kadang-kadang siap mengikuti dalam pembelajaran Matematika. Sedangkan dilihat dari faktor eksternal, cukup banyak (48,66%) siswa mengatakan tidak pernah senang terhadap cara mengajar Guru di kelas, sedikit (37,66%) siswa mengatakan kadang-kadang saja Guru mata pelajaran Matematika menggunakan metode pembelajaran, cukup banyak (48%) siswa mengatakan tidak pernah mendapatkan sarana pembelajaran Matematika yang memuaskan, banyak (63,5%)  siswa yang mengatakan selalu senang terhadap kondisi kelas yang tenang. Sehingga disarankan kepada semua pihak sekolah agar terus meningkatkan teknik dan kreativitas dalam mengajar, serta terus memberikan bimbingan dan motivasi para siswa dalam mengajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5