cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
ekrek@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 14109093     EISSN : 20898088     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/tr.
Jurnal ini diterbitkan secara berkala tiga kali dalam setahun, April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan artikel ilmiah hasil penelitian tentang teknologi dan rekayasa yang meliputi teknik informatika, teknik elektro, teknik mesin, dan teknik industri. Artikel dapat ditulis dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2017)" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI PENGOLAHAN CITRA UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI MENGENAI CITRA BARET TNI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA EUCLIDEAN DISTANCE Pratidina, Arfinisa; Affandi, Hamzah
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Baret TNI merupakan identitas yang sangat penting untuk membedakan anggota dari pasukan satu dengan anggota dari pasukan lainnya. Salah satu cara untuk membedakan baret TNI adalah dengan menggunakan citra. Dalam penelitian ini citra baret yang digunakan adalah citra dari berbagai jenis pasukan di TNI. Citra diambil dari berbagai sumber yaitu foto yang diambil secara langsung dan dari internet. Untuk menampung Citra dan informasi yang banyak digunakan database. Database yang digunakan yaitu Microsoft Access. Dalam penelitian ini juga dibuat sebuah aplikasi yang menerapkan Algoritma euclidean distance untuk memunculkan informasi dari baret TNI. Proses untuk memunculkan informasi yaitu menggunakan selisih antara nilai histogram dari citra yang di input dengan nilai histogram dari citra database. Untuk proses memunculkan nama dan informasi dari baret TNI membutuhkan waktu lama karena proses yang diambil adalah nilai histogram yaitu terdiri dari nilai Red, nilai Green, dan nilai Blue. Pembuatan aplikasi ini dengan menggunakan microsoft visual studio 2008 dengan bahasa pemograman C#. Aplikasi ini dibuat dalam beberapa tahap, dimulai dengan membuat Flowchart untuk di setiap menu, membuat struktur navigasi dan merancang interface setiap halaman dari aplikasi serta melakukan ujicoba terhadap aplikasi. Kata Kunci :Pengolahan Citra, RGB, Nilai Histogram, Euclidean Distance, Baret TNI.
IMPLEMENTASI ALGORITMA RIVEST-SHAMIR-ADLEMAN (RSA) DAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT(LSB) UNTUK KEAMANAN FILE TEKS DAN DOKUMEN MENGGUNAKAN VISUAL C# Sekarwati, Kemal Ade; Budiman, Ariep
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan akan keamanan dan kerahasiaan file dokumen yang begitu penting pada era informasi dan komunikasi digital seperti saat ini, melahirkan ilmu yang dikenal dengan nama kriptografi. Informasi yang terdapat di dalam sebuah file di enkripsi sehingga informasi tersebut hanya dapat dibaca oleh pihak yang berhak untuk mengetahui informasi tersebut. Akan tetapi kriptografi sering menimbulkan kecurigaan pihak ketiga, sebab file dokumen yang sulit dimengerti dapat menunjukkan bahwa file dokumen itu berisi informasi penting. Untuk menghindari permasalahan tersebut maka lahir ilmu yang dikenal dengan nama steganografi. Tulisan ini bertujuan untuk membuat sebuah program aplikasi yang mengimplementasikan teknik kriptografi dengan menggunakan algoritma Rivest-Shamir-Adleman (RSA) dan teknik steganografi dengan metode Least Significant Bit(LSB) untuk memberikan keamanan ganda pada file teks dan dokumen. Aplikasi ini dibuat menggunakan visual C#. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan metode SDLC dengan metode Waterfall.Hasil uji coba enkripsi dan dekripsi didapat bahwa jumlah karakter hasil enkripsi lebih banyak dari karakter yang dienkripsi. Ukuran file setelah dienkripsi lebih besar dari sebelum dilakukan enkripsi dan ukuran file setelah dekripsi lebih kecil dari sebelum dilakukan dekripsi. Kata Kunci: Kriptografi, Steganografi, RSA, LSB
EKSTRAKSI FITUR DAN KLASIFIKASI MENGGUNAKAN METODE GLCM DAN SVM PADA CITRA MAMMOGRAM UNTUK IDENTIFIKASI KANKER PAYUDARA Junita, Bebby Dwi
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker paling tua pada manusia dan menempati urutan kedua pada perempuan setelah kanker rahim. Berdasarkan Sistem Informasi RS (SIRS), jumlah penderita kanker payudara di indonesiasekitar 28.7%. Mammogram adalah pemeriksaan radiologi khusus menggunakan sinar-X dosis rendah. Keabnormalan kanker payudara dapat dikenali dengan keberadaan massa atau mikroklasifikasi pada citra mammogram. Computer-Aided Diagnosis (CAD) dikembangkan untuk meningkatkan deteksi utama dari penyakit ini dimana proses tersebut antara lainpreprocessing, deteksi dan segmentasi, ekstrasi fitur, serta klasifikasi. Dalam penelitian ini dilakukan ekstraksi fitur dengan menggunakan metode Gray Level Co-occurance Matrix (GLCM), metode tersebut mengekstraksi empat statistik tekstur yaitu, Contras, Correlation, Energy dan Homogeneity yang dapat digunakan dalam proses ekstrasi nilai pada citra. Setelah itu dilakukan klasifikasi menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Metode analisis tekstur menggunakan GLCM dan proses klasifikasi menggunakan SVM pada citra mammogram menghasilkan nilai probabilitas sebesar 60% dengan data pengujian yang digunakan 10 citra gabungan (5 jinak dan 5 ganas) dan data pembelajaran yang digunakan 10 data jinak dan 10 data ganas. Kata Kunci :Image Processing, Ekstraksi Fitur, SVM, Kanker Payudara, Matlab.
ANALISIS KINERJA METODE LUCY-RICHARDSON DAN BLIND DECONVOLUTION Apriliyani, Dian Eka
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Deblurring merupakan operasi restorasi citra yang bertujuan untuk mengurangi efek blur atau kekaburan pada citra, sehingga citra terlihat lebih baik. Efek blur dapat terjadi akibat pergerakan dari suatu objek yang disebut motion blur, serta akibat kurang fokusnya pada saat pengambilan gambar disebut gaussian blur. Metode yang digunakan dalam proses deblurring adalah metode Lucy Richardson dan Blind Deconvolution. Kedua metode ini diujicobakan untuk diukur kinerjanya. Pengukuran kinerja dari kedua metode ini dilakukan menggunakan parameter perhitungan nilai PSNR. Proses deblurring memanfaatkan pengetahuan tentang proses terjadinya citra terdegradasi, salah satunya adalah nilai PSF, akan tetapi pada citra asli yang sudah mengalami blur akan sulit diketahui nilai PSFnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan perkiraan PSF dengan menggunakan UnderPSF, InitPSF, dan OverPSF. Penelitian ini didukung dengan menggunakan program komputer Matlab R2011a untuk merestorasi citra digital. Metode Blind Deconvolution memberikan nilai PSNR yang lebih besar dibandingkan dengan Lucy Richardson yang berarti metode Blind Deconvolution lebih baik dalam merestorasi citra karena semakin besar nilai PSNR semakin baik hasil citra. Kata Kunci : Deblurring, Gaussian, Lucy Richardson, Blind Deconvolution
IMPLEMENTASI METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS DALAM PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN Fitria, Aida; Widowati, Henny
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan saat ini masih dilakukan secara konvensional khususnya di tingkat RT atau RW seperti ketika membuat surat keterangan masih menggunakan selembar kertas yang ditulis dengan sebuah alat tulis, kemudian sebagai laporan Ketua RT harus mencatat laporan tersebut dalam buku besar. Hal tersebut sangat membutuhkan waktu proses yang relatif lama. kelemahan lainnya adalah kesalahan penulisan dalam pendataan, kerangkapan data, ataupun data yang hilang maupun rusak sehingga menjadikan faktor penghambat untuk mengelola data penduduk dan mendapatkan informasi yang seharusnya dapat terselesaikan dengan proses yang cepat dan efisien.       Dengan adanya aplikasi administrasi kependudukan yang dikembangkan dengan metode Rational Unified Process diharapkan mampu menangani pengolahan data dengan lebih cepat, akurat, dan efisien untuk membantu kinerja organisasi RT, RW hingga Kelurahan dalam pelayanan administrasi kependudukan Kata Kunci: Implementasi, Aplikasi, Kependudukan, Rational Unified Process
PENERAPAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY PADA SIMULASI SISTEM E-TICKETING DI STASIUN KERETA API BOGOR Aulia, Dwiky Rama
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah Suatu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment) yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer dan mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D), sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Tujuan dari Aplikasi Virtual Reality Stasiun Kereta Api Bogor adalah memberikan pemahaman kepada para pengguna jasa kereta api mengenai tata cara penggunaan kartu elektronik (e-ticketing). Tujuan tersebut dapat direalisasikan dengan memanfaatkan teknologi virtual reality untuk menvisualisasikan Stasiun Kereta Api Bogor secara mendetail baik dari segi ukuran, bentuk maupun hal-hal yang dapat dilakukan pada area stasiun seperti penggunaan kartu e-ticketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle). Proses perancangan model 3D dari Stasiun Kereta Api Bogor  menggunakan aplikasi Blender 2.67b dan proses implementasi model 3D Stasiun Kereta Api Bogor menjadi virtual reality menggunakan Unity 3d. Hasil akhir dari proses perancangan model 3D Stasiun Kereta api Bogor beserta implementasinya ke dalam virtual reality adalah Aplikasi Virtual Reality Stasiun Kereta Api Bogor dapat berjalan dengan baik, seluruh fasilitas dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kata Kunci : Virtual Reality, Stasiun Kereta Api, E-Ticketing.
APLIKASI PENGOLAHAN CITRA UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KEMATANGAN BUAH PISANG DENGAN MENGGUNAKAN RUANG WARNA HUE Bakhtar, Mutiara Risvita; Swedia, Ericks Rachmat
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mendeteksi tingkat kematangan pisang merupakan hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Manusia dapat dengan mudah dan cepat mengetahui perbedaan tingkat kematangan pisang berdasarkan keseharian mereka dan juga karena telah terdapat memori ingatan tentang bagaimana cara menentukan buah pisang yang matang dan mentah. Akan tetapi hal itu tidah bisa dijadiakan acuan akan kematangannya. Karena presepsi setiap manusia berbeda untuk menentukan mana buah pisang yang matang dan mentah. Hue adalah ukuran panjang gelombang dominan dalam campuran gelombang cahaya. Hue dapat digunakan untuk mendapatkan warna dasar yang telah tercampur oleh gelombang cahaya pada piksels suatu gambar digital. Untuk itu aplikasi Kematangan Pisang diciptakan agar dapat menentukan tingkat kematangan pisang.  Pengambilan citra dilakukan dengan bantuan kamera ponsel dan menggunakan algoritma pengolahan citra ruang warna Hue untuk menghasilkan output persentase kematangan pisang. Kata Kunci :citra Hue, piksel, RGB, tingkat kematangan pisang
APLIKASI PERINTAH SUARA UNTUK MENGENDALIKAN TAYANGAN PRESENTASI PADA MICROSOFT POWER POINT Rianda, Andre
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi ponsel pintar, para pengembang aplikasi pada ponsel pintar berbasis sistem operasi Android mulai menciptakan remote PC. Untuk menggunakannya, ponsel Android pengguna harus terhubung dengan perangkat PC melalui koneksi nirkabel, bluetooth, atau QR Code. Konfigurasi untuk saling terhubung antar perangkat tidaklah mudah. Solusi lain untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan bantuan operator. Ketika tayangan yang dikendalikan operator dengan informasi yang disampaikan presenter tidak sinkron, ini akan membuat presentasi kurang baik. Untuk memecahkan masalah tersebut, aplikasi perintah suara dibuat untuk mengendalikan tayangan presentasi. Data suara diproses melalui beberapa langkah pemrosesan sinyal yang meliputi pencuplikan, kuantisasi, pengkodean, lalu ekstraksi fitur. Ekstraksi fitur merupakan proses mendapatkan sederetan besaran pada bagian sinyal masukan untuk menetapkan pola pembelajaran atau pola uji. Setelah itu dilakukan proses pengenalan pola dari hasil ekstraksi fitur. Kemudian pola model akan dicocokkan dengan pola referensi. Jika memiliki kesamaan pola, maka perintah tersebut akan mengeksekusi perintah sesuai dengan yang telah ditentukan.Aplikasi perintah suara mempermudah dan membuat presenter hanya perlu mengucapkan perintah layaknya fungsi keyboard untuk mengendalikan tayanganseperti perintah untuk full screen, next, back, dan lain-lain. Kata Kunci: Perintah Suara, Power Point 2013, Visual Studio 2013, C#(Sharp).
SISTEM IDENTIFIKASI WAJAH MANUSIA BERDASARKAN GENDER DAN USIA Wibowo, Bayu Tri; Karmilasari, Karmilasari
Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Vol 22, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi pengolahan citra sangat bermanfaat untuk keperluan identifikasi wajah di antaranya security, kesehatan dan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah merancang bangun sistem identifikasi wajah berdasarkan gender dan usia pada citra wajah statis, mendapatkan komponen wajah (mata, hidung dan mulut) dari wajah yang telah terdeteksi, mengidentifikasi gender dan usia dari wajah yang telah terdeteksi. Secara umum langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah akuisisi citra, preprocessing, pendeteksian wajah, selanjutnya adalah proses identifikasi gender yang dilakukan secara paralel dengan identifikasi usia dan proses terakhir yaitu menggabungkan hasil identifikasi gender dan usia. Dalam penelitian ini digunakan dataset citra FG-NET. Pada tahap preprocessingdilakukan konversi citra RGB menjadi citra grayscale, untuk mendeteksi dan ekstraksi wajah menggunakan metode Viola-Jones, pada proses klasifikasi diperoleh dari ekstraksi fitur wajah pada citra. Untuk fitur wajah yang diekstraksi hanya menggunakan fitur geometri meliputi jarak antar komponen penting wajah dan fitur kerutan pada bagian dahi, luar mata kanan, luar mata kiri dan daerah pipi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan sistem identifikasi wajahini telah mengidentifikasi wajah berdasarkan gender dengan baik.Sedangkan  berdasarkan usia, sistem ini belum 100 % berhasil. Kata kunci :fitur geometri, fitur kerutan, gender,identifikasi wajah, usia

Page 1 of 1 | Total Record : 9