cover
Contact Name
Peti Savitri
Contact Email
jurnal.infotronik@usbypkp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.infotronik@usbypkp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika
ISSN : 25481932     EISSN : 25497758     DOI : -
Jurnal Infotronik dengan Nomor ISSN: 2549-7748 (online); 2548-1942 (print) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan secara bersama-sama oleh Fakultas Teknik dua kali setahun (Juni-Desember). Jurnal ini bertujuan mempublikasikan hasil penelitian orisinal dan mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian fenomena Ilmu Komputer dan Elektronik. Ruang lingkup Jurnal Infotronik secara khusus adalah penelitian meliputi kajian Ilmu Komputer dan Elektronika.
Arjuna Subject : -
Articles 84 Documents
PENGEMBANGAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (PLANT MAINTENANCE) BERBASIS FRAMEWORK ACUMATICA (STUDI KASUS: MODUL MAINTENANCE) Purwanto, Heri; Nasution, Santa Yusuf; Deastuti, Sherly
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1238.011 KB)

Abstract

Bersamaan dengan begitu pentingnya peralatan/mesin bagi keberlangsungan suatu perusahaan terutama perusahaan industri dalam membuat produk yang sesuai dengan harapan/tujuan perusahaan, maka dibutuhkan pemeliharaan secara khusus agar mesin yang digunakan dapat berjalan dengan performa yang baik sehingga meminimalkan terjadinya kerusakan mesin yang dapat menghambat fungsi bisnis perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan modul untuk pemeliharaan mesin yaitu Plant Maintenace yang merupakan salah satu modul yang terdapat dalam bagian Enterprise Resource Planning (ERP). Modul ini merupakan gabungan dari semua tugas-tugas teknis, administrasi dan manajemen yang dilakukan selama siklus hidup dari suatu technical object untuk tetap beroperasi atau untuk dapat mengembalikan ke kondisi semula sehingga peralatan/mesin dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan. Pada dasarnya Plant Maintenance terdiri dari 4 tugas, yaitu Inspection, maintenance, repair dan improvement. Setelah sebelumnya dilakukan penelitian yang menfokuskan pada modul inspection, pada penelitian ini akan berlanjut pada modul maintenance. Penelitian ini menggunakan framework Acumatica yaitu framework yang dibangun diatas Microsoft .NET dan Microsoft Visual Studio IDE dan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Acumatica merupakan framework yang dapat digunakan untuk membuat program berbasis ERP. Kata Kunci: Enterprise Resource Planning, Plant Maintenance, Maintenance, Acumatica. 
IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING DALAM SISTEM PENDETEKSI KERUSAKAN HARDWARE PADA KOMPUTER DAN LAPTOP BERBASIS ANDROID Savitri, Peti; Hadi, Trisna
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 3, No 1 (2018): Vol 3 No 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.535 KB) | DOI: 10.32897/infotronik.2018.3.1.87

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian mengenai pembangunan sistem berbasis android yang menerapkan salah satu metode dalam mesin inferensi sistem pakar yaitu forward chaining.  Sistem yang dibangun adalah sistem pakar pendeteksi kerusakan hardware pada komputer maupun laptop dengan tujuan membantu para user pemula mengetahui letak kerusakan hardware pada komputer dan laptop, serta membantu user untuk dalam menangani kerusakan tersebut. Basis pengetahuan sebagai komponen utama sistem pakar ini selain bersumber dari pakar yang sudah terbiasa menghadapi kerusakan komputer atau laptop dan menanganinya,  juga melalui  beberapa buku yang mengupas hal-hal yang berkaitan dengan dasar-dasar penanganan kerusakan komputer dan laptop.  Metode yang digunakan untuk membangun sistem adalah metode prototipe (prototyping), sedangkan tools yang digunakan dalam melakukan analisa dan desain adalah unified modeling system (UML). Penelitian ini menghasilkan sistem pakar pendeteksi kerusakan hardware pada komputer dan laptop berbasis android yang sudah menerapkan metode forward chaining dalam proses kerjanyaKata Kunci : sistem, pakar, android, forwad chaining, kerusakan, komputer.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM “ANALISA FINANSIAL PROPOSAL PROYEK” Savitri, Peti
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.53 KB)

Abstract

Analisa Finansial merupakan bagian yang terpenting dari sebuah Proposal Proyek, karena dengan analisa finansial sebuah proyek akan dapat dinilai apakah layak atau tidak untuk diajukan.  Jurnal ini memaparkan mengenai analisa dan desain konseptual secara terstruktur jika proses analisa financial untuk proposal proyek ini dijadikan sebagai sebuah sistem informasi. Sedangkan tujuan dari analisa dan perancangan ini adalah sebagai dasar dalam membuat aplikasi (software) yang berkaitan dengan Sistem Project Proposal sehingga pada akhirnya aplikasi yang dibuat dapat membantu siapapun baik perorangan atau organisasi dalam melakukan perhitungan kelayakan suatu Project Proposal terutama dari sisi finansialnya. Kata Kunci: Analisa, desain, terstruktur, finansial,proposal.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERTANDINGAN DAN PENILAIAN ELEKTRONIK KEMPO Gunawan, Rudy
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 3, No 1 (2018): Vol 3 No 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.7 KB) | DOI: 10.32897/infotronik.2018.3.1.82

Abstract

Setiap penyelenggaraan pertandingan olahraga tentu mengharapkan pertandingannya sukses sesuai jadwal yang telah direncanakan. Penyelenggaraan pertandingan ingin dicapai secara efektif dan efisien. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan pegelolaan yang baik dan berkesinambungan mulai dari masa persiapan, pendaftaran peserta, pertemuan teknis dan selama berlangsungnya pertandingan. Shorinji Kempo adalah cabang olahraga beladiri anggota KONI yang telah dipertandingakan secara resmi di arena PON dan SEA Games. Pada cabang olah raga kempo dipertandingan dua jenis pertandingan yaitu embu(kerapihan teknis) dan randori(fight). Dua jenis ini mempunyai cara penilaian berbeda yaitu scoring juri pada nomor embu (kerapihan teknis) dan kalah menang pada pertandingan randori (fight). Pada pertandingan embu penilaian  perserta harus segera dihitung dan ditentukan urutan rangking. Hal ini akan menentukan peserta lanjut atau tidak ke babak selajutnya. Pertandingan Kempo biasanya dilakukan di beberapa lapangan (court) yang berbeda yang berjalan secara paralel dengan juri yang berbeda. Untuk menjaga efesien pertandingan maka pertandingan harus berlanjut secara kontinyu tanpa jeda terlalu lama. Untuk ini proses perhitungan scoring dan keputusan harus dilakukan dengan segera.  Aplikasi sistem informasi pertandingan dan penilaian elektronik  akan membantu proses pertandingan berjalan dengan efektif dan efesien. Aplikasi akan menjaga integritas data informasi pertandingan secara akurat secara terpusat. Aplikasi ini memungkinkan hasil penilaian diumumkan secara real time, hal ini akan menambah fairness pertandingan. Sistem informasi Manajemen pertandingan dan penilaian Elektronik akan membantu kelancaran pertandingan dan menjaga integritas dan keakuratan data yg tersimpan  terpusat. Dengan cara ini laporan pertandingan akan lebih mudah. Sistem aplikasi ini akan menjamin penyelenggraan pertandingan yang effesien dan efektif.Kata kunci: Sistem Informasi, Pertandingan, Kempo
PEMANFAATAN TEKNOLOGI LOCATION BASE SERVICE UNTUK SISTEM MONITORING TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI Risnanto, Slamet; Solihin, Hanhan Hanafiah
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.36 KB)

Abstract

Menurut Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) , Jumlah kiriman uang TKI di luar negeri pada tahun 2014 mencapai 105.9 trilyun tidak salah apabila dikatakan bahwa TKI adalah pahlawan devisa, Terlepas dari relatif banyaknya devisa yang masuk ke Indonesia dari TKI, banyaknya masalah yang dihadapi TKI di Negara tujuan menjadi problem tersendiri khususnya bagi BNP2TKI, Depnaker dan Departemen Luar Negeri, tercatat  pada tahun 2014 BNP2TKI menerima 2963 laporan masalah, umumnya masalah-masalah yang terjadi diantaranya TKI sudah selesai kontrak namun belum pulang ke tanah air, gaji tidak dibayar, meninggal di negara penempatan, putus hubungan komunikasi, pekerjaan tidak sesuai perjanjian kerja, TKI sakit yang perlu di rawat inap, TKI gagal berangkat, penganiayaan, kecelakaan, tidak berdokumen, lari dari majikan, dan TKI ditahan, Kegagalan dan telatnya perlindungan terhadap TKI umumnya karena komunikas dan koordinasi yang sulit dibangun sehingga membutuhkan adopsi teknologi yang bisa setiap saatTeknologi Location Base Service adalah teknologi yang dilayani oleh google merupakan teknologi yang banyak diadopsi oleh aplikasi-aplikasi berbasiskan GIS yang ada di Indonesia dan mancanegar, Pemanfaatan teknologi Location Base Service untuk monitoring TKI di luar negeri akan sangat membantu stake holder yang terkait untuk memonitor dan koordinasi TKI yang jumlahnya relatif banyak sehingga bisa miminimalisir masalah-masalah yang timbul terhadap TKI di luar negeriKata kunci : Tenaga Kerja Indonesia, Location base Service, BNP2TKI
PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IoT) PADA SISTEM MONITORING IRIGASI (SMART IRIGASI) Setiadi, David; Abdul Muhaemin, Muhamad Nurdin
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 3, No 2 (2018): Vol 3 No 2 Tahun 2018
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.852 KB) | DOI: 10.32897/infotronik.2018.3.2.108

Abstract

Irigasi adalah suatu upaya untuk pengelolaan dan penyediaan air untuk menunjang kebutuhan pertanian. Irigasi membutuhkan biaya yang besar baik untuk pengadaan sarana, prasarana, pengelolaan dan proses pemeliharaan. Pengaturan dengan cara yang tepat adalah suatu kebutuhan agar pengelolaan air irigasi dapat dimanfaatkan secara maksimal. Volume air yang digunakan dipengaruhi beberapa faktor, baik dari keadaan alam juga berkembangnya kegiatan manusia. Pada pelaksanaannya sering terjadi debit air yang mengaliri saluran irigasi mengalami pasang surut pada waktu yang tidak bisa ditentukan sehingga diperlukan sistem yang mampu mengatur buka tutup pintu dari bendungan supaya air terawasi dengan baik. Untuk saat ini sistem buka tutup pintu bendungan irigasi dilakukan secara manual oleh manusia, sehingga harus ada petugas yang siaga agar debit air tidak meluap. Smart Irigasi merupakan sebuah rancangan teknologi masa kini yang memungkinkan dapat menjadikan solusi praktis untuk melakukan monitoring dan kontroling terhadap sistem saluran irigasi, sensor-sensor yang terintegrasi akan mengirimkan data untuk melakukan monitoring melalui jaringan internet pada lingkungan sistem irigasi meliputi suhu,cuaca, debit air yang mengalir serta ketinggian air pada saluran sistem irigasi, dan juga dapat melakukan kontroling sistem buka tutup pintu bendungan secara otomatis disertai dengan ada nya pemberitahuan baik melalui website ataupun SMS jika sewaktu-waktu air meluap. Sehingga dengan adanya Smart Irigasi diharapkan mampu meringankan beban kerja manusia dalam melakukan monitoring dan kontroling pada suatu sistem aliran irigasi.
RANCANG BANGUN SISTEM PERJALANAN DINAS SEKRETARIAT DPRD PROVINSI JAWA BARAT Savitri, Peti; Amaliah, Imani Siti
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.925 KB)

Abstract

 Kegiatan perjalanan dinas PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan.   Pemberkasan dalam kegiatan perjalanan dinas yang sedang berjalan masih dinilai rentan terhadap masalah dalam pemberkasan dan pencarian. Guna membantu staf administrasi yang mengurus perjalanan dinas, maka penelitian ini dibuat.  Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam pengembangan sistemnya yang meliputi tahapan-tahapan analisis dan definisi, perancangan sistem, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan pengumpulan data manual. Pemodelan sistem yang digunakan adalah  bahasa pemodelan UML (Unified Modeling Language) dan berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan database mysql. Hasil penelitian ini dapat mempermudah seluruh bagian yang terkait dengan kegiatan perjalanan dinas baik dalam pembuatan nota dan surat tugas, surat perintah, laporan pengontrolan kendali surat perintah perjalanan dinas. Kata kunci : Pemberkasan, perjalan dinas, pemodelan, UML, sistem
IMPLEMENTASI METODE HSRP PADA BANK JAWA BARAT DAN BANTEN KANTOR WILAYAH I DAN KCP SIMPANG DAGO Purwanto, Wisnu; Risnanto, Slamet
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 3, No 1 (2018): Vol 3 No 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1066.246 KB) | DOI: 10.32897/infotronik.2018.3.1.88

Abstract

Bertambahnya pegawai di lokasi KCP Simpang Dago dikarenakan relokasi Kantor Wilayah I bank Jawa Barat dan Banten (BJB) ke lokasi yang sama mengakibatkan perangkat jaringan komunikasi yang berada di KCP Simpang Dago tidak dapat mengakomodir kebutuhan dari kedua user tersebut sehingga diperlukan pemisahan jaringan namun harus dapat saling menyokong satu sama lain jika terjadi masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan metode Hot Standby Router Protocol guna meningkatkan ketersediaan jaringan pada Kantor Wilayah 1 dan Kantor Cabang Pembantu Simpang Dago Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank BJB). Metode penelitian dibagi menjadi analisa kebutuhan, Desain, pengujian dan implementasi. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi lokasi, wawancara, serta referensi dari studi pustaka. Penelitian ini dilakukan dengan membuat jaringan cadangan menggunakan metode HSRP pada jaringan Kantor Wilayah 1 dan Kantor Cabang Pembantu Simpang Dago Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank BJB). pengujian dilakukan menggunakan perintah ping, dan traceroute, untuk menguji failover metode HSRP yang telah diimplementasikan. Dengan diimplementasikannya metode HSRP diharapkan ketersediaan jaringan di kedua lokasi tersebut menjadi lebih baik.Kata Kunci : metode, observasi, traceroute, failover, ketersediaan
PEMBANGUNAN APLIKASI INFORMASI LOKASI VENUE PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) XIX DI JAWA BARAT 2016 BERBASIS ANDROID Syabandyah, Fitri
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.372 KB)

Abstract

Pekan Olahraga Nasional (PON) adalah pesta olahraga nasional di Indonesia yang di adakaan setiap empat tahun sekali dan di ikuti seluruh provinsi di indonesia. Semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat membuat kebutuhan informasi akan venue dari setiap cabang olahraga  yang di pertandingkan semakin meningkat.Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi pencarian lokasi, salah satunya dengan Location Based Service( LBS). Layanan berbasis lokasi yang menyediakan informasi mengenai suatu tempat. LBS mendapatkan posisi geografis dengan menggunakan bantuan GPS( Global Possitioning System). GPS ini merupakan sistem menggunakan titik kordinat posisi dan navigasi secara global dengan menggunakan satelit. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi client server dimana website sebagai server dan android sebagai client yang menampikan data lokasi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di jawa barat 2016.Hasil yang di capai yakni website sebagai server yang mengelola data venue yang dapat membantu pengguan smartphone dengan sistem operasi android untuk mencari lokasi venue pertandingan Kata Kunci : Pekan Olahraga Nasional (PON), LBS, GPS, Android
AUDIT KEAMANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK NIST SP 800-26 (Studi Kasus : Universitas Sangga Buana YPKP Bandung) Perdana, Rangga Satria
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 3, No 1 (2018): Vol 3 No 1 Tahun 2018
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.344 KB) | DOI: 10.32897/infotronik.2018.3.1.83

Abstract

Persaingan diantara lembaga pendidikan semakin terasa. Informasi yang disediakan oleh lembaga tersebut pun harus dapat dirasakan dengan cepat, tepat dan dapat dipercaya oleh konsumen. Perkembangan teknologi informasi yang diterapkan di dunia pendidikan memiliki dampak yang positif. Semakin berkembangnya teknologi informasi, semakin terasa pula peran yang diberikan oleh teknologi informasi tersebut. Namun, akibat perkembangan teknologi informasi tersebut membuat tingkat keamanan sebuah sistem informasi menjadi sangat rentan. Untuk itu, perlu dilakukan identifikasi terhadap keamanan pada sistem informasi tersebut. Jika audit keamanan tidak dilakukan, maka akan terjadi masalah pada sistem informasi tersebut, beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah hilangnya data data akan menjadi tidak valid, akurasi data menjadi tidak dapat dipercaya,dan sistem informasi tersebut akan menjadi rentan terhadap ancaman.  Audit keamanan dapat dilakukan dengan menggunakan standar kerangka kerja. NIST merupakan salah satu kerangkan kerja yang biasa digunakan mengidentifikasi keamanan dan resiko pada sistem informasi. Proses penilaian audit keamanan sistem informasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berdasarkan framework NIST SP 800-26 dan data tersebut dikelola untuk mendapatkan hasil akhirnya. Hasil audit keamanan sistem informasi akademik dengan framework NIST SP 800-26 menunjukkan bahwa keamanan pada sistem informasi akademik tersebut memiliki nilai secara keseluruhan sebesar 72.43 %. Nilai tersebut didapat dari hasil perhitungan berdasarkan 3 (tiga) kategori yang diuji, yaitu pengendalian manajemen (management control), pengendalian operasional (operational control), pengendalian teknikal (technical control). Berdasarkan data tersebut, keamanan sistem informasi yang ada di Unviersitas Sangga Buana YPKP termasuk ke dalam level 3, yaitu implemented procedures and controls.Kata Kunci : Audit Keamanan, Sistem Informasi Akademik, NIST SP 800-26, Kuesioner