cover
Contact Name
Ahmad Zaenal Arifin
Contact Email
kuyafira@gmail.com
Phone
+6285731558814
Journal Mail Official
jmathvision@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61 Tuban
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Mathvision : Jurnal Matematika
ISSN : 26566303     EISSN : 26569876     DOI : https://doi.org/10.55719/mv
Core Subject : Education,
Focus and Scope : Analisis Aljabar Matematika Terapan Pemodelan Matematika Sistem dan Kontrol Matematika Diskrit dan Kombinatorik Statistik dan Stokastik Optimasi Ilmu Komputasi Matematika Keuangan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Maret 2020" : 5 Documents clear
OPTIMASI WAKTU TUNGGU LAMPU LALU LINTAS PADA SIMPANG LIMA KRIAN-SIDOARJO MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL Wika Dianita Utami; Ahmad Naufal DS; Putroue Keumala Intan
MathVisioN Vol 2 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Prodi Matematika FMIPA Unirow Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.066 KB)

Abstract

Simpang Lima Krian-Sidoarjo merupakan simpang lima dengan arah tujuan adalah Mojokerto, Wonoayu, Legundi, Pacet dan Sidoarjo sehingga pada simpang tersebut sering terjadi kemacetan. Sehingga membutuhkan beberapa solusi, salah satunya adalah optimasi waku tunggu lampu lalu lintas. Simpang Lima Krian-Sidoarjo dapat direpresentasikan dalam sebuah graf, dengan simpul menyatakan jalur yang dapat dilewati dalam persimpangan dan sisi menyatakan hubungan dua simpul yang saling melintas atau bersebrangan. Pada penelitian ini, digunakan metode pewarnaan graf yaitu pewarnaan simpul menggunakan Algoritma Welch-Powell untuk menentukan durasi yang optimum pada waktu tunggu lampu lalu lintas di Simpang Lima Krian-Sidoarjo. Berdasarkan hasil pewarnaan simpul diperoleh 5 bilangan kromatik. Hasil optimasi waktu tunggu lampu lalu lintas yaitu durasi lampu merah pada ruas simpang arah Mojokerto efektif jika mengalami penurunan dan tidak efektif jika durasi pada lampu hijau bertambah, durasi lampu merah pada ruas simpang arah Wonoayu, Legundi, Pacet, Sidoarjo tidak efektif jika mengalami kenaikan dan efektif jika durasi pada lampu hijau mengalami penurunan. Penyelesaian optimasi waktu tunggu lampu lalu lintas menggunakan pewarnaan simpul Algoritma Welch-Powell memberikan keefektifan hingga 13.63%.
KLASIFIKASI PENYAKIT JANTUNG MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE BERDASARKAN PERBANDINGAN ALGORITMA PEMBACAAN WAKTU DENGAN TEKSTUR SINYAL SEBAGAI METODE EKSTRAKSI SINYAL EKG Nisa Trianifa; Ahmad Zaenal Arifin; Dian Candra Rini Novitasari
MathVisioN Vol 2 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Prodi Matematika FMIPA Unirow Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.572 KB)

Abstract

Penyakit jantung merupakan salah satu faktor utama yang mengakibatkan kematian. Langkah awal dalam mengatasi penyakit jantung adalah memeriksa jantung. Akan tetapi, hasil pemeriksaan tidak dapat memberikan informasi tentang penyakit jantung. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan pemrosesan sinyal digital dalam menganalisis pola sinyal hasil rekaman jantung. Tujuannya agar dapat mengklasifikasikan pasien Myocardical Infraction dan normal melalui 2 tahapan yaitu perbandingan dua metode Algoritma Pembacaan Waktu dan Tekstur Sinyal sebagai metode ektraksi sinyal EKG, dan klasifikasi dengan metode SVM. Ekstraksi EKG dengan Tekstur Sinyal dengan tiga parameter hasil ekstraksi menunjukkan bahwa Tekstur Sinyal lebih baik dari Algoritma Pembacaan Waktu dalam mengekstraksi sinyal EKG serta hasil SVM terbaik dengan fungsi kernel RBF. Hasil akurasi dari data uji sebesar 95%, sensitivitas sebesar 100%, spesifitas sebesar 91,67%, dan presisi sebesar 100%.
PREDIKSI KECEPATAN ARUS LAUT DI PERAIRAN SELAT BALI MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING HOLT-WINTERS Dilla Dwi Kartika; Dian Candra Rini Novitasari; Fajar Setiawan
MathVisioN Vol 2 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Prodi Matematika FMIPA Unirow Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.975 KB)

Abstract

Selat Bali merupakan selat yang menghubungkan 2 pulau besar di Indonesia. Selat ini dianggap memiliki peran penting yaitu sebagai jalur transportasi para nelayan maupun wisatawan. Dalam melakukan pelayaran, pemahaman arus sangat penting untuk diketahui karena dampak buruk yang bisa terjadi. Maka dari itu dilakukan penelitian mengenai arus agar dapat digunakan sebagai acuan sebelum turun ke laut. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi arus laut di masa mendatang berdasarkan data dari tanggal 1 sampai 28 Februari 2019 yang di peroleh dari Stasiun Meteorologi Maritim Perak II Surabaya. Pada penelitian ini digunakan metode Exponential Smoothing Holt-Winters. Dari penerapan metode ini didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan nilai MAPE untuk data kecepatan arus laut U ialah . Sedangkan nilai MAPE data kecepatan arus laut V ialah 50,976%.
PERBANDINGAN METODE TREND MOMENT DAN SINGLE MOVING AVERAGE UNTUK MERAMALKAN JUMLAH PENDUDUK KABUPATEN TUBAN PADA TAHUN 2017-2021 Neva Ely Marlina; Kresna Oktafianto; Rita Yuliastuti
MathVisioN Vol 2 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Prodi Matematika FMIPA Unirow Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.823 KB)

Abstract

Setiap tahun penduduk Kabupaten Tuban mengalami peningkatan. Banyak masalah yang dihadapi ketika suatu kota padat akan penduduk antara lain sempitnya lapangan kerja, menurunnya tingkat pendidikan, menyempitnya lahan untuk tempat tinggal. Oleh karena itu peramalan jumlah penduduk perlu dilakukan sebagai wacana pertumbuhan penduduk dan pemerintah dapat mengatasi pertumbuhan penduduk tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan perbandingan metode Trend Moment dan Single Moving Average untuk meramalkan jumlah penduduk Kabupaten Tuban tahun 2017-2021. Untuk meramalkan jumlah penduduk Kabupaten Tuban 2017-2021 adalah berdasarkan nilai error yang didapat dari kedua metode, perhitungan menggunakan metode Trend Moment menghasilkan nilai error sebesar 0.004095943 untuk jumlah penduduk laki-laki dan 0,003348244 untuk jumlah penduduk perempuan. Metode Single Moving Average didapatkan nilai error 0,080665024 untuk jumlah penduduk laki-laki dan 0,063613282 untuk jumlah penduduk perempuan. Sehingga metode yang paling tepat untuk meramalkan jumlah penduduk Kabupaten Tuban adalah metode Trend Moment. Peramalan jumlah penduduk Kabupaten Tuban selama 5 tahun mengalami kenaikan dengan rata-rata sebesar 1,013% untuk jumlah penduduk laki-laki dan jumlah penduduk perempuan sebesar 1,031%.
PERAMALAN PRODUKSI PADI MENGGUNAKAN METODE LEAST SQUARE DI DESA LERANWETAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN Eriska Fitri Kurniawati; Ita Indah Sari
MathVisioN Vol 2 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Prodi Matematika FMIPA Unirow Tuban

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.061 KB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah subur. Sebagian besar daerah Jawa Timur merupakan lahan yang cocok digunakan untuk bercocok tanam, terutama tanaman padi. Salah satu daerah penghasil padi di Kabupaten Tuban yaitu di Desa Leranwetan Kecamatan Palang. Namun, luasnya lahan ini tidak diimbangi dengan konsistennya hasil panen padi. Hasil panennya setiap tahun selalu berubah-ubah jumlahnya. Oleh karena itu, peneliti menerapkan Metode Least Square untuk memprediksi produksi padi. Untuk menghitung nilai error dari peramalan digunakan Mean Absolute Deviation (MAD) dan Mean Absolute Persentage Error (MAPE). Penelitian ini menggunakan data hasil panen tahunan Desa Leranwetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2016. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah model peramalan menggunakan Metode Least Square yaitu ̂Y=1249,52941 + 72,(X). Dari model peramalan tersebut didapatkan peramalan produksi padi pada tahun 2017 sebanyak 2.475,779412 ton, tahun 2018 sebanyak 2.547,911765 ton, tahun 2019 sebanyak 2.620,04416 ton, tahun 2020 sebanyak 2.692,176496 ton, tahun 2021 sebanyak 2.764,308822 ton, tahun 2022 sebanyak 2.836,4411752ton, tahun2023 sebanyak 2.908,573528 ton, tahun 2024 sebanyak 2.980,705881 ton, tahun 2025 sebanyak 3.052,828234 ton, dan tahun2026 sebanyak 3.124,970586 ton.

Page 1 of 1 | Total Record : 5