cover
Contact Name
Bima Agus Setyawan
Contact Email
lppm@umn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ultimart@umn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
ISSN : 19790716     EISSN : 26158124     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Theories, methods, and implementations of new media technology. Topics include, but not limited to: 1. Digital technology for a creative industry 2. Development of Art and Design in Industry 3. Innovation and Creative Visual Experiment for Art and Design 4. Fine arts and performing arts
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual" : 8 Documents clear
Studi Efektivitas Praktik Modeling Dalam Produksi Asset Animasi Stop Motion Menggunakan 3D Printing Bharoto Yekti
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.475 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.384

Abstract

Teknologi 3D printing sudah mulai banyak digunakan di industri animasi terutama animasi stop motion. Penggunaan 3D printer untuk animasi stop motion paling banyak digunakan pada teknik replacement animation. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat aset animasi stop motion tidak terbatas pada jenis perangkat lunak untuk animasi 3 Dimensi (3D) saja, Teknik 3D digital sculpting juga dapat digunakan untuk membentuk 3D model yang kemudian bisa diproses menjadi aset untuk animasi stop motion dengan 3D printer. Penelitian ini membandingkan pembuatan model 3Dimensi yang menggunakan metode polygon modeling (memakai perangkat lunak Softimage) dengan pembuatan 3D model yang menggunakan metode digital sculpting (memakai perangkat lunak Zbrush). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan serta kelebihan metode poly modeling dan digital sculpting untuk membuat 3D model, dari proses modeling awal sampai ke tahap converting file perangkat lunak native menjadi file .stl yang siap diproses dengan 3D printer. Key words : 3d modeling, 3d printing, Stop motion, animationEngine.
The Development Of Visual Aspects In Video Games Over The Years Christian Aditya
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.892 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.385

Abstract

This report investigates the importance of creating a realistic environment in order to create an immersive world in digital games. The discussion will start from the history of Digital game development until now, discussing on the limitations of gaming consoles from time to time, and how game designers nowadays keep pushing the boundaries of the visual aspects of their game. Then focusing the discussion on the technical and art aspect of digital game design. By doing the analysis in this report, we can conclude that there are several reason that affects the visual quality of video games, such as the technology of the game console, the limitation of game engine, and also the skill of the game artist itself. Key words : Video Games, Digital Games, Game Console, Environment, Game Engine.
Memahami Persepsi Visual: Sumbangan Psikologi Kognitif Dalam Seni Dan Desain Margaretha Margawati van Eymeren
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (997.329 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.387

Abstract

Perception is nature to human being. Through perception our brain organizes information from surrounding and interprets them. The process of perception can be explained scientifically by psychology that along with other branch of sciences in anthropology and philosophy can support art and design to understand their process of creativity. Bias in perception also nature, but what is nature to human being can be learnt and become a specific guidance in the process of creativity. Artists, especially, often using the nature of bias perception to precede their work.
Analisis Korelasi Iklan TV Coca-Cola Di Indonesia Dengan Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Maria Cynthia; Mega Iranti Kusumawardhani
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1252.079 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.388

Abstract

Advertising dapat mempengaruhi persepsi manusia terhadap sebuah produk. Coca- Cola sebagai salah satu brand minuman ringan yang populer di kalangan remaja hingga saat ini telah mempunyai program promosi dan cara beriklan yang beragam dari waktu ke waktu. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa adanya korelasi antara salah satu seri iklan Coca-Cola dengan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow. Pada tulisan ini akan dikupas bagaimana produk Coca-Cola yang lini bisnisnya bergerak pada kebutuhan manusia yang paling dasar pada hierarki kebutuhan, namun dengan strategi brand yang digunakan berhasil menanamkan image bahwa produk ini juga dapat membantu manusia memenuhi kebutuhan di tingkat yang lebih tinggi. Keywords: advertising, hierarki kebutuhan, strategi promosi, branding
Aplikasi Media Interaktif Pada Media Promosi Business To Business Mohammad Rizaldi
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.094 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.389

Abstract

Media promosi merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang kegiatan promosi terutama bagi sebuah perusahaan di lingkungan bisnis. Media promosi hadir dalam begitu banyak pilihan alternatif, dimulai dari media cetak seperti poster, flyer, baliho dan brosur yang berfungsi untuk memperkenalkan secara detail sebuah gagasan mengenai produk atau jasa dari perusahaan. Namun, seiring de- ngan berkembangnya teknologi di era globalisasi, terjadi perubahan dengan hadirnya sebuah media yang lebih bersifat interaktif. Media interaktif tersebut hadir dengan fungsinya yang lebih fleksibel, dinamis, global dan dapat berubah mengikuti waktu dan jaman. Kemudian media interaktif ini menjadi sangat kompetitif dan dapat secara efektif mengerti kebutuhan konsumen sesuai dengan kondisi waktu yang sedang berlaku. Kemudian komunikasi akan secara efektif terbangun untuk tetap menjaga sebuah kemitraan dalam lingkungan bisnis khususnya business to business . Kebiasaan dari pelaku bisnis juga menunjukkan bahwa peran media interaktif tidak lepas dari lifestyle masyarakat di era ini, terutama bagi mereka yang bekerja dalam lingku- ngan profesional. Pengiriman data, informasi terbaru mengenai produk, event berkala hingga kegiatan promosi untuk menjaga hubungan kemitraan seperti potongan harga hingga bonus dapat lebih cepat dan lebih menyuluruh kepada target dengan menggunakan media interaktif. Media interaktif juga hadir untuk menunjang adanya hubungan timbal balik agar terjalinnya komunikasi yang lebih tepat yang kemudian dikemas lebih persuasif dan menarik. Keywords: Media interaktif, Komunikasi, Business to business , Pelaku bisnis, Profesional, Globalisasi.
Engagement Audiens Pada Media Kampanye Kesehatan Perempuan Ratna Cahaya Rina
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.135 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.390

Abstract

Kampanye kesehatan menjadi sarana informasi kesehatan yang dapat membantu masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang masalah kesehatan serta cara pencegahannya agar masyarakat terhindar dari masalah kesehatan tersebut. Penulis memilih kampanye-kampanye kesehatan yang ditujukan untuk perempuan karena melihat perempuan paling besar memiliki resiko masalah kesehatan. Keberhasilan kampanye tersebut tidak lepas dari bantuan media-media pendukung serta visual desain yang tepat sasaran. Key words : Media, Kampanye, Kesehatan, Perempuan
Seni Rupa Masa Kolonial : MOOI INDIE VS PERSAGI Setianingsih Purnomo
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.125 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.391

Abstract

Seni rupa gaya Barat di Indonesia mulai sejak masa penjajahan Belanda. Beragam gejolak dan persaingan dari masa ke masa membentuk seni rupa Indonesia modern di masa kini. Mulai dari persoalan teknik dan gaya, tema lukisan pemandangan alam vs tema kerakyatan, seni rupa modern Indonesia akhrinya menemukan bentuknya. Aneka ragam, dan kaya nuansa konsep modernitas sekaligus mengakar pada budayanya.
Desain Tokoh Dalam Proyek Armobyte Yusup Sigit Martyastiadi; Dominika Anggraeni Purwaningsih
ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual Vol 7 No 2 (2014): Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual
Publisher : Universitas Multimedia Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1177.807 KB) | DOI: 10.31937/ultimart.v7i2.470

Abstract

Desain tokoh memiliki peran yang sangat penting dalam film dan animasi. Setiap tokoh yang didesain dengan baik harus unik serta mampu bercerita dengan sendirinya kepada penonton mengenai kepribadian dan latar belakang masing-masing. Karena itulah dibutuhkan konsep yang benar-benar matang untuk dapat menciptakan tokoh yang unik sehingga mudah diingat oleh penonton. Jurnal ini membahas mengenai proses mendesain tokoh mulai dari sketsa, hingga model 3D yang siap diaplikasikan dalam proyek animasi 3D Armobyte. Keywords: desain tokoh, model 3D, texture, film pendek animasi 3D

Page 1 of 1 | Total Record : 8