cover
Contact Name
Fajar Dwi Mukti, M.Pd
Contact Email
fajardwimukti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpgmistpi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembatan Merah No 116 K, Prayan Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26223902     EISSN : 26850451     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, dan mahasiswa. Selain itu, jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan ide/gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah di Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): JUNI" : 5 Documents clear
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU Rafiq Mubarak; Achadi Budi Santosa
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.806 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v3i1.113

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam upaya peningkatan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dengan metode kualitatif dan subyek penelitian yaitu kepala sekolah madrasah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1). Pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melalui peningkatan profesional guru dengan mengikuti seminar, workshop dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) (2). Kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam menciptakan iklim budaya sekolah yang kondusif sehingga memberikan semangat guru dalam mengajar siswa sehingga dapat meningkatkan karakter, moral dan akhlak peserta didik.
PERAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM DALAM MENCEGAH RADIKALISME Noven Kusainun
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.255 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v3i1.112

Abstract

Salah satu ciri yang menunjukkan bahwa Islam merupakan rahmatan lil’alamin adalah Islam sangat menghargai perbedaan. Masalah sekaligus ancaman yang dihadapi Indonesia dalam konteks keberagaman adalah munculnya paham radikalisme. Tidak sedikit bahwa sasaran dari gerakan radikalisme adalah pelajar di tingkat pendidikan dasar. Pengaruh yang diberikan misalnya melalui konten-konten di media sosial, gerakan keagamaan yang radikal, serta memprovokasi pelajar agar turut serta menyebarkan paham radikalisme. Siswa-siswi yang berada di tingkat pendidikan dasar adalah individu dalam masa tumbuh kembang yang mudah sekali dipengaruhi oleh lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan tentang peran pendidikan dasar Islam dalam mencegah radikalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendidikan dasar Islam dalam mencegah radikalisme adalah dengan menerapkan pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural dapat dipahami sebagai konsep maupun konteks dalam penyelenggaraan pendidikan. Tujuannya adalah agar setiap pembelajaran yang dilaksanakan di madrasah bernuansa multikultural, baik itu dalam pembelajaran agama, kegiatan keagamaan, maupun dalam pembelajaran lainnya.
UPAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SDIT HUSNAYAIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA Muhammad Fatkhan Muallifin
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.181 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v3i1.109

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat adanya kenakalan atau perilaku buruk anak-anak usia dini. Untuk itu, perlu perhatian khusus dari para pendidik di sekolah dalam membentuk perilaku keagamaan mereka. Begitu pula yang terdapat di SDIT Husnayain, SDIT ini mempunyai upaya untuk membentuk perilaku keagamaan siwanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja bentuk-bentuk upaya sekolah dalam membentuk perilaku keagamaan siswa , apa saja faktor pendukung dan penghambat dari upaya sekolah tersebut di SDIT Husnayain Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Husnayain Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal yaitu: (1) Upaya sekolah untuk membentuk perilaku keagamaan siswa melalui kurikulum intrakulikuler dan program pendukung. (2) Faktor pendukung dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di SDIT Husnayain meliputi faktor sekolah dan faktor kerjasama sekolah dengan wali murid. Sedangkan hal-hal yang menjadi faktor penghambatnya di antaranya berasal dari keluarga dan masyarakat.
DAMPAK JALUR PELABUHAN BAGI PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (Studi kasus peserta didik di SDN 03 Sintete) Ilma Sholeha; Ayu Sholina
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.959 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v3i1.110

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik di SDN 03 Sintete. Hal ini ditandai dengan adanya peserta didik yang sering bolos belajar hingga putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak jalur pelabuhan sebagai lingkungan sosial sehingga memberikan dampak terhadap pendidikan bagi peserta didik SDN 03 Sintete, yang mana sebagian besar peserta didik bertempat tinggal di jalur pelabuhan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jalur pelabuhan memberikan dampak positif bagi kelangsungan sosial ekonomi masyarakat di Sintete, namun memberikan dampak negatif bagi pendidikan anak usia dasar di SDN 03 Sintete.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 09 KABA WETAN Ahmad Abdul Rochim; Siti Bandiah
Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol 3, No 1 (2020): JUNI
Publisher : Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.917 KB) | DOI: 10.36768/abdau.v3i1.115

Abstract

Ketepatan dalam memilih strategi pembelajaran yaitu bagian yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian rancangan faktorial 2x2. Melalui desain ini akan dibandingkan pengaruh antara strategi pembelajaran Interaktif dan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 09 Kaba Wetan yang berjumlah 76 siswa, terdiri atas 2 kelas. Untuk menentukan kelas sampel maka digunakan teknik pengambilan sampel secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas berjumlah 76 siswa, kelas IVA sebagai kelas Interaktif dan kelas IV-B sebagai kelas berbasis masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Dan melakukan uji persyaratan analisis yakni uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilifors, sedangkan persyaratan homogenitas menggunakan Uji F dan Uji Barlett. Setelah melakukan pengujian persyaratan analisis, selanjutnya dilakuka pengujian Analilsis varians dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa. Sehingga pemilihan dalam strategi pembelajaran yang sesuai dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memahami karakteristik siswanya. Dalam startegi pembelajaran yang diterapkan guru dapat mengoptimalkan hasil belajar Matematika siswa dengan memilih strategi kelas yaitu pembelajaran Interaktif dan kelas pembelajaran berbasis masalah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5