cover
Contact Name
Andry Herawati
Contact Email
andry.herawati@unitomo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnala3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi
ISSN : 2581124X     EISSN : 25974092     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Redaksi Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi mengundang para peneliti untuk mengirimkkan artikel ilmiah berupa kajian ilmiah, karya penelitian dan ide-ide inovasi ilmmiah di Bidang Ilmu Administrasi khususnya terkait dengan pengembangan dan inovasi ilmu, isu-isu sosial yang mendukung pengembangan Ilmu Administrasi Bisnis, Managemen, dan industri kreatif. artikel yang dimuat melalui proses telaan dari reviewer sertra proses penyuntingan tim redaksi. Jurnal Ilmiah Administrasi dan Inovasi ternit dua kali dalam setahun dibulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2018)" : 10 Documents clear
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar) Sulaeman, Maman
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.411 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.909

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Tahu di Sentra Industri Tahu Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 pengusaha tahu di sentra industri tahu Kota Banjar. Penentuan sampel menggunakan sensus dan analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.  Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja  Pemasaran
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership) dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Kota Semarang Filatrovi, Eldes Willy; Yuniawan, Ahyar; Kristanto, Rudi Suryo
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1095.065 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1148

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja. Penelitian ini dilakukan di STIE di Kota Semarang, responden yang digunakan sebanyak 130 dosen yang ada di STIE AKA, STIE SEMARANG dan STIE TOTALWIN. Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan SEM. Hasil yang didapat dari penelitian ini kecerdasan emosional tidak mampu memberikan pengaruh kepada kinerja. Kecerdasan emosional tidak berpengaruh kepada kepuasan kerja. Kepemimpinan pelayan berpengaruh positif  kepada kinerja. Kepemimpinan pelayan berpengaruh kepada kepuasan kerja serta kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja.  Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Layanan, Kepuasan Kerja, Kinerja
Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2014-2016 Maulida, Indira Shofia; Moehaditoyo, Srie Hartutie; Nugroho, Mulyanto
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.264 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1149

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, pertumbuhan terhadap terjadinya financil distress pada perusahaan manufaktur periode 2014-2016. Teknik analisis datanya meggunakan PLS (Partial Least Square) yang bertujuan untuk memprediksi besar pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio, ROA, ROE, NPM, Receviable Turn Over, Growth Ratio terhadap financial distress yang dilihat dari nilai EPS bernilai negatif 2 tahun berturut-turut. Hasil dari uji hipotesis bahwa rasio Likuiditas menunjukkan positive tidak signifikan terhadap terjadinya financial distress sedangkan rasio solvabilitas dan rasio pertumbuhan menunjukan positive signifikan kemudian rasio aktivitas dan profitabilitas menunjukkan bahwa negative signifikan terhadap financial distress. Dilihat dari nilai R-Square kontribusi pengaruh likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, pertumbuhan terhadap financial distress sebesar 48,9 %.  Kata Kunci :  Rasio Keuangan, Financial Distress, Laporan Keuangan
Produktivitas Rakyat dan Daya Saing Indonesia di Pasar Internasional Sebagai Upaya Mendukung Tercapainya Pembangunan Nasional Asnawi, Anita
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.588 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1151

Abstract

Visi dan impian Indonesia 2015-2085 dituangkan dalam gagasan Nawa Cita dalam rangka menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat, secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Salah satu dari sembilan program Nawa Cita pada agenda keenam adalah meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya. Penting kiranya bagi Pemerintah untuk mengenali dan memahami posisi daya saing negara Indonesia di antara negara-negara lain di dunia, terutama diantara negara ASEAN dalam menyambut era MEE, sehingga akan memberikan wawasan yang lebih luas dan landasan yang tepat dalam merancang dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang mampu menjadi daya ungkit demi tercapainya cita-cita nasional tersebut. Posisi daya saing negara dapat dilihat dari pemeringkatan yang setiap tahun telah dilakukan oleh International Management Development  (IMD) dan World Economic Forum (WEF) dengan berbagai indikator pilar-pilar ekonomi.  Kata Kunci : Produktivitas Rakyat, Daya Saing Indonesia, IMD, WEF, Nawacita, Trisakti.
Analisis Karakteristik Pemimpin Yang Dikagumi Oleh Bawahan Yuliana, Baiturrohma; Widayati, Isro Ani
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.229 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1152

Abstract

Pemimpin adalah sosok yang diandalkan dalam suatu organisasi, tetapi tidak dapat dipungkiri banyak pemimpin yang mendapatkan apresiasi yang tidak selayaknya. Tidak perlu heran jika sosok pemimpin dijadikan indikator baik buruknya suatu organisasi. Kebanyakan mereka berpikir bisa saja menjadi pemimpin yang efektif tanpa harus disukai oleh bawahannya, tetapi tidak demikian, ternyata menjadi orang yang menyenangkan penting bagi kepemimpinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik-karakteristik pemimpin yang dikagumi oleh bawahan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah 20 karakteristik yang diambil penulis dari teori-teori kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli dan sudah diranking oleh bawahan di Surabaya menunjukkan bahwa setiap karakteristik bisa dikatakan penting dimiliki oleh setiap pemimpin. Jawaban serta alasan yang dikemukakan oleh bawahan tak jauh dari pengalaman masing-masing di dalam organisasinya. Namun dari 20 karakteristik tersebut ada 4 karakteristik yang mendapat ranking teratas, yaitu : jujur, kompeten, bertanggung jawab dan berorientasi kedepan, artinya 4 karakteristik inilah yang paling dikagumi oleh sebagian besar bawahan. Ada pula beberapa bawahan yang menambahkan karateristik lain seperti : mudah bergaul dan agamis.  Kata Kunci : Karakteristik, Pemimpin, Dikagumi, Bawahan
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar) Sulaeman, Maman
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.411 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.909

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Tahu di Sentra Industri Tahu Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 pengusaha tahu di sentra industri tahu Kota Banjar. Penentuan sampel menggunakan sensus dan analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan inovasi produk memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.  Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja  Pemasaran
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership) dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Kota Semarang Filatrovi, Eldes Willy; Yuniawan, Ahyar; Kristanto, Rudi Suryo
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1095.065 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1148

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja. Penelitian ini dilakukan di STIE di Kota Semarang, responden yang digunakan sebanyak 130 dosen yang ada di STIE AKA, STIE SEMARANG dan STIE TOTALWIN. Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan SEM. Hasil yang didapat dari penelitian ini kecerdasan emosional tidak mampu memberikan pengaruh kepada kinerja. Kecerdasan emosional tidak berpengaruh kepada kepuasan kerja. Kepemimpinan pelayan berpengaruh positif kepada kinerja. Kepemimpinan pelayan berpengaruh kepada kepuasan kerja serta kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Layanan, Kepuasan Kerja, Kinerja
Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2014-2016 Maulida, Indira Shofia; Moehaditoyo, Srie Hartutie; Nugroho, Mulyanto
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.264 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1149

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, pertumbuhan terhadap terjadinya financil distress pada perusahaan manufaktur periode 2014-2016. Teknik analisis datanya meggunakan PLS (Partial Least Square) yang bertujuan untuk memprediksi besar pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio, ROA, ROE, NPM, Receviable Turn Over, Growth Ratio terhadap financial distress yang dilihat dari nilai EPS bernilai negatif 2 tahun berturut-turut. Hasil dari uji hipotesis bahwa rasio Likuiditas menunjukkan positive tidak signifikan terhadap terjadinya financial distress sedangkan rasio solvabilitas dan rasio pertumbuhan menunjukan positive signifikan kemudian rasio aktivitas dan profitabilitas menunjukkan bahwa negative signifikan terhadap financial distress. Dilihat dari nilai R-Square kontribusi pengaruh likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, pertumbuhan terhadap financial distress sebesar 48,9 %. Kata Kunci : Rasio Keuangan, Financial Distress, Laporan Keuangan
Produktivitas Rakyat dan Daya Saing Indonesia di Pasar Internasional Sebagai Upaya Mendukung Tercapainya Pembangunan Nasional Asnawi, Anita
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.588 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1151

Abstract

Visi dan impian Indonesia 2015-2085 dituangkan dalam gagasan Nawa Cita dalam rangka menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat, secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Salah satu dari sembilan program Nawa Cita pada agenda keenam adalah meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya. Penting kiranya bagi Pemerintah untuk mengenali dan memahami posisi daya saing negara Indonesia di antara negara-negara lain di dunia, terutama diantara negara ASEAN dalam menyambut era MEE, sehingga akan memberikan wawasan yang lebih luas dan landasan yang tepat dalam merancang dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang mampu menjadi daya ungkit demi tercapainya cita-cita nasional tersebut. Posisi daya saing negara dapat dilihat dari pemeringkatan yang setiap tahun telah dilakukan oleh International Management Development  (IMD) dan World Economic Forum (WEF) dengan berbagai indikator pilar-pilar ekonomi.  Kata Kunci : Produktivitas Rakyat, Daya Saing Indonesia, IMD, WEF, Nawacita, Trisakti.
Analisis Karakteristik Pemimpin Yang Dikagumi Oleh Bawahan Yuliana, Baiturrohma; Widayati, Isro Ani
Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS DR SOETOMO SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.229 KB) | DOI: 10.25139/jai.v2i1.1152

Abstract

Pemimpin adalah sosok yang diandalkan dalam suatu organisasi, tetapi tidak dapat dipungkiri banyak pemimpin yang mendapatkan apresiasi yang tidak selayaknya. Tidak perlu heran jika sosok pemimpin dijadikan indikator baik buruknya suatu organisasi. Kebanyakan mereka berpikir bisa saja menjadi pemimpin yang efektif tanpa harus disukai oleh bawahannya, tetapi tidak demikian, ternyata menjadi orang yang menyenangkan penting bagi kepemimpinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik-karakteristik pemimpin yang dikagumi oleh bawahan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah 20 karakteristik yang diambil penulis dari teori-teori kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli dan sudah diranking oleh bawahan di Surabaya menunjukkan bahwa setiap karakteristik bisa dikatakan penting dimiliki oleh setiap pemimpin. Jawaban serta alasan yang dikemukakan oleh bawahan tak jauh dari pengalaman masing-masing di dalam organisasinya. Namun dari 20 karakteristik tersebut ada 4 karakteristik yang mendapat ranking teratas, yaitu : jujur, kompeten, bertanggung jawab dan berorientasi kedepan, artinya 4 karakteristik inilah yang paling dikagumi oleh sebagian besar bawahan. Ada pula beberapa bawahan yang menambahkan karateristik lain seperti : mudah bergaul dan agamis.  Kata Kunci : Karakteristik, Pemimpin, Dikagumi, Bawahan

Page 1 of 1 | Total Record : 10