cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Published by Universitas Pasundan
ISSN : -     EISSN : 25490486     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari planet bumi mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung, maka artikel yang dimuat didalam jurnal BIOSFER senantiasa mencakup proses kehidupan yang ada di planet bumi. BIOSFER terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi" : 5 Documents clear
Implementasi E-learning Berbasis Assessment For Learning Untuk Meningkatkan Performa Belajar Mahasiswa Ryan Ardiansyah; Dea Diella
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 3 No 2 (2018): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.223 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v3i2.1292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh implemenetasi E-learning berbasis Assessment for learning terhadap performa belajar mahasiswa. Performa belajar mahasiswa terdiri atas hasil belajar, motivasi belajar dan aktifitas (keaktifan) belajar yang meliputi aktifitas bertanya dan memberikan tanggapan dalam proses diskusi di kelas. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah metode true eksperimen. Desain yang akan digunakan yaitu posttest only control group – design. Kelompok eksperimen dan kontrol akan mendapatkan posttest. Partisipan penelitian ini adalah perwakilan mahasiswa semester 4 yang mengontrak matakuliah evaluasi dan asesmen. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal kognitif untuk menjaring data hasil belajar, angket motivasi untuk menjaring data motivasi , dan lembar observasi keaktifan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa elearning berbasis assessmen for learning (AfL) berupa pemberian feedback menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, motivasi dan keaktifan. Perlakuan terhadap hasil belajar memiliki effect size sebesar 0.60 yang berarti sedang.
Analisis Kecerdasan Ekologis Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Diagram Vee Diki Muhammad Chaidir
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 3 No 2 (2018): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.653 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v3i2.1244

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran lebih terfokus kepada pemahaman teori saja serta berpusat kepada dosen (teacher centered oriented), sehingga mengakibatkan masih rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi serta masih banyak yang membuang sampah sembarangan yang menandakan masih kurangnya kecerdasan ekologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan diagram Vee terhadap kecerdasan ekologis mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Pengukuran kecerdasan ekologis menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah lima pilihan yang disesuaikan dengan indikator kecerdasan ekologis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan diagram Vee pada kelas eksperimen memiliki perbedaan hasil kecerdasan ekologis dibandingkan mahasiswa calon guru biologi dengan kelas kontrol yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan diagram Vee mempunyai rata-rata N-Gain yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kecerdasan ekologis mahasiswa calon guru biologi. Persentase peningkatan kecerdasan ekologis tertinggi pada kelas eksperimen terdapat pada indikator pengetahuan tentang prediksi permasalahan lingkungan di masa yang akan datang.
ANALISIS EFEKTIVITAS PROJECT SCIENTIFIC DALAM MENILAI KEMAMPUAN PEDAGOGIK CALON GURU BIOLOGI Yusuf Ibrahim
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 3 No 2 (2018): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.283 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v3i2.512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas project scientific dalam menilai kemampuan pedagogik / mengajar mahasiswa calon guru biologi di 3 (tiga) sekolah menengah atas di Bandung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Educational Research and Development (R & D) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Instrumen yang digunakan adalah : Lembar observasi yang menilai kemampuan pedagogik mahasiswa calon guru Biologi. Penelitian ini didasari dari pengembangan Model LKS berbasis project scientific yang di implementasikan di sekolah menengah atas oleh mahasiswa Praktek Pengenalan Lapangan (PPL). Sample pada penelitian ini adalah mahasiswa semester VII yang sedang melaksanakan praktek pengenalan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pedagogik mahasiswa dalam mengimplementasikan lembar kerja berbasis project scientific sangat baik dengan rerata nilai 3.47 hal ini menunjukkan kemampuan pedagogik mahasiswa calon guru berhasil meningkatkan kemampuan mengajar dengan menunjukkan kompetensi mampu mengarahkan kegiatan praktikum dengan baik.
Profil Kesadaran Metakognisi Siswa di salah satu SMA Swasta di Sragen Husna Ainun Fauziah
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 3 No 2 (2018): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.477 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v3i2.975

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui profil kesadaran metakognisi siswa di salah satu SMA swasta di Sragen. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA dan XI MIA yang berjumlah 240 siswa. Teknik sampling menggunakan stratified propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa yang diambil dari kelas X dan XI MIA. Kesadaran metakognisi diukur menggunakan MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang dikembangkan oleh Schraw dan Dennison (1994). Indikator kesadaran metakognisi yang diukur meliputi pengetahuan tentang kognisi (knowledge about cognition) terdiri dari subindikator pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, pengetahuan kondisional dan indikator regulasi kognisi (regulation of cognition) terdiri dari subindikator perencanaan, strategi manajemen informasi, monitoring pemahaman, strategi prediksi dan evaluasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kesadaran metakognisi siswa secara umum sebesar 73,94% (baik). Indikator pengetahuan tentang kognisi siswa dalam kategori baik dengan persentase sebesar 62,99% dengan subindikator pengetahuan deklaratif 76,25% (baik), pengetahuan prosedural 74,79% (baik), pengetahuan kondisional 37,92% (kurang). Indikator pengetahuan tentang regulasi kognisi dalam kategori baik dengan persentase sebesar 73,51% dengan subindikator perencanaan 69,64% (baik), strategi manajemen informasi 71,42% (baik), monitoring pemahaman 75,24% (baik), strategi prediksi 79,33% (baik), dan evaluasi 71,94% (baik).
Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subkonsep Vertebrata gina ganjar maulana; jusep saputra
Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi Vol 3 No 2 (2018): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Unpas,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.965 KB) | DOI: 10.23969/biosfer.v3i2.1263

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang metode pembelajaran Outdoor Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya sub konsep vertebrata dalam proses pembelajaran. Metode penelitian kuasi eksperimental dengan rancangan kelompok kontrol kuasi eksperimental tanpa kuadrat (tidak ada rancangan kelompok kontrol yang setara) yang melibatkan setidaknya dua kelompok. Subjek adalah siswa SMA Pasundan 3 kelas Bandung X-1 dan X-2 dengan jumlah siswa pada masing-masing 30 orang. Data diperoleh dengan hasil pretes dan postes. Instrumen dalam penelitian ini adalah uji pilihan ganda pilihan sebanyak 20 pertanyaan. Berdasarkan hasil penilitian, metode pembelajaran Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 5