cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015)" : 7 Documents clear
TUHAN; MANUSIA DAN PENDIDIKAN Bashori Bashori
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.13

Abstract

Manusia adalah makhluk yang memiliki berbagai potensi yang sempurna dibanding dengan makhluk lainnya. Dengan kesempurnaan itulah manusia memiliki derajat yang lebih tinggi. Komponen ruh dan jasad ditambah dengan potensi akal manusia menjadi sosok yang dipantaskan diri oleh Tuhan untuk menjadi kholifah di muka bumi. Akal yang menjadi ketidaksamaan manusia dengan makhluk lain memang secara jelas menjadi symbol nyata bahwa mereka beda dengan yang lain. Namun demikian,  dengan kelebihannya itu dalam kehidupan ini manusia dianjurkan untuk berpendidikan sebagai wadah pengembangan potensi-potensinya. Keterkaitan yang erat manusia dan pendidikan secara jelas memberikan panduan bahwa melalui hal itulah manusia akan mencari kebenaran tuhannya selain sebagai pendewasaan. Sehingga suatu keniscayaan bahwa hubungan pendidikan yang menghantarkan manusia yang sempurna akan mengenalkan dirinya sebagai makhluk yang bertuhan. Kata Kunci: Tuhan, Manusia dan Pendidikan
PERAN TASAWUF TERHADAP PROBLEMATIKA AKHLAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM Solehuddin Harahap
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.18

Abstract

Banyak cara yang diajukan para ahli untuk mengatasi penyimpangan akhlak, dan salah satu cara yang hampir disepakati para ahli adalah dengan cara mengembangkan kehidupan yang berakhlak dan bertasawuf. Salah satu tokoh yang begitu sungguh-sungguh memperjuangkan akhlak tasawuf bagi mengatasi masalah tersebut adalah Hussein Nashr. Menurutnya paham sufismi ini mulai mendapat tempat dikalangan masyarakat, karena mulai merasakan kekeringan batin. Mereka mulai mencari-cari dimana sefisme yang dapat menjawab sejumlah masalah tersebut di atas. Dalam kebingungan semacam itu, sementara bagi mereka selama berabad-abad Islam dipandangnya dari isinya legalistik formalistis tidak memiliki dimensi esoteris (batiniah) maka kini saatnya dimensi batiniah islam harus diperkenalkan sebagai alternatif. Bagi masyarakat Barat masih sangat asing kalau Muhammad ditempatkan sebagai tokoh spritual, dan Islam memiliki kekayaan rohani yang sesungguhnya amat mereka rindukan. Kata Kunci: Tasawuf, Problematika, Akhlak
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN Hasbi Abduh
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.14

Abstract

Dalam tatanan organisasi, pengambilan keputusan adalah bagian terpenting dalam merencanankan kegiatan. Memungkinkan sebuah pengambilan keputusan berdampak pada menyelesaikan masalah atau malah justru menambah masalah. Lembaga pendidikan adalah salah satu bagian dari unit lembaga yang terorganisir, sehingga terdapat kegiatan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh seorang pimpinan lembaga pendidikan sebagai manajer. Dalam pelaksanaannya pengambilan keputusan sangatlah penting dalam mewujudkan langkah-langkah strategis dalam melaksanakan perencanan dan kegiatan yang akan dilakukan. Oleh karena itu, pengambilan keputusan dalam dunia pendidikan; khususnya bagi pimpinan lembaga pendikan harus mampu memilih alternatif-alternatif keputusan yang tepat sehingga tujuan organisasi lembaga pendiidkan dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan dapat tercapai secara optimal.
HAKIKAT PENDIDIK DALAM DIMENSI PENDIDIKAN DAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Wahyudi Wahyudi
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.19

Abstract

Pendidik memegang peran yang sangat penting dalam tujuan dan sasaran pendidikan, yakni membentuk peserta didik supaya berkepribadian mandiri serta bersikap dewasa dalam menyikapi problema hidup yang semakin kompleks pada era globalisasi ini. Pendidik dalam tujuan pendidikan Islam secara umum diorientasikan untuk membentuk peserta didik menjadi insan kamil dan mampu menjadi khalifah Allah SWT di Bumi. Oleh sebab itu, pemerintah harus bekerja sama dengan pihak sekolah dalam mempersiapkan pendidik yang benar-benar dapat menjadi teladan, memahami hakikatnya sebagai seorang pendidik serta mengetahui tugas dan fungsinya sebagai pendidik. Sehingga dalam transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik seperti penanaman nilai moral, sosial, intelektual, keterampilan dan spiritual bisa teroptimalkan. Kata Kunci: Pendidik, Pendidikan Islam
KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM Hardianto Hardianto
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.15

Abstract

Dalam pelaksanaan pendidikan dewasa ini komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting. Komunikasi yang efektif di sekolah dapat meningkatkan produktivitas sekolah. Di sekolah jenis komunikasi yang terjadi diantaranya komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok kecil, komunikasi publik, komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal. Agar terciptanya komunikasi yang efektif penting diperhatikan iklim komunikasi itu sendiri. Iklim komunikasi sangat tergantung dari iklim organisasi (sekolah). Kepala sekolah selaku pimpinan di sebuah sekolah harus mampu berperan sebagai komunikator yang baik. Dalam komunikasi di sekolah distorsi pesan yang terjadi hendaknya dapat diminimalisasikan. Menghadapi masa depan yang semakin maju penguasaan informasi sangat berperan dalam eksistensi sebuah lembaga pendidikan. Kata Kunci: Komunikasi, Efektif, Pendidikan
PEMBENTUKAN DAN PROSES KREATIF PERSPEKTIF BEAVIORISME Irwan Ledang
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.16

Abstract

Belajar merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk menuju pada kehidupan yang lebih baik dan maju. Namun pada kenyataanya, masyarakat masih belum menyadari akan pentingnya belajar dan ilmu pengetahuan untuk kehidupannya. Pada pembahasan ini menjelaskan pentingnya pembiasaan untuk belajar secara rutin, serta menumbuhkan kecintaan untuk mencari tahu ilmu-ilmu pengetahuan baru demi menunjang masa depan individu tersebut. Pokok pembahasan ini bertujuan untuk menjelaskan betapa pentingnya proses pembiasaan belajar untuk menjamin kehidupan setiap individu sebagai bekal masa depannya. Pembiasaan ini dapat di lakukan sedini mungkin sejak seorang anak berada di taman kanak-kanak atau sejak duduk di bangku sekolah dasar. Namun pembiasaan ini jangan sampai melebihi batas, harus di lakukan secara bertahap, memerlukan waktu dan proses yang cukup lama, dan tidak bisa sekaligus di paksakan pada setiap individu. Proses ini harus didasari dengan adanya rasa senang dalam dirinya untuk belajar tanpa adanya keterpaksaan dalam hatinya.
MADRASAH NIZHAMIYAH; EKSISTENSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DAN AKTIVITAS ORTODOKSI SUNNI Raja Lottung Siregar
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v4i1.17

Abstract

Sebagaimana diketahui bahwa dalam sejarah pendidikan Islam Madrasah Nizham al-Muluk merupakan madrasah yang paling popular di kalangan ahli sejarah dan dikalangan masyarakat Islam. Madrasah Nizhamiyah didirikan oleh Nizham al-Muluk seorang perdana menteri Dinasti Salajikah pada masa pemerintahan Sultan Alp Arselan dan Sultan Maliksyah pada abad ke-5 Hijriah atau abad ke11 Masehi tepatnya diresmikan pada tahun 459 H/1067 M. Tujuan pendidikan Madrasah Nizhamiyah bercampur antara mempersiapkan kader-kader ulama Sunni dalam menghadapi Fatimiyah yang Syi’i dan tersedianya personil-personil administratif yang cakap untuk mengisi posisi-posisi pekerjaan, khususnya di bidang kehakiman dan kesekretariatan atau administrasi. Selain itu,  pendidikan ini juga ditujukan untuk membangun sistem madrasah yang baik dan berprestasi serta membentuk calon-calon ulama dan birokrasi yang mempunyai wawasan. Dan mendukung mazhab Syafi’I dan teologi Asy’ariyah, menolak sisi-sisi ekstrim dari aliran-aliran pemikiran lain dan mengambil jalan tengah dalam soal-soal keagaman. Kata kunci: Madrasah Nizhamiyah, Pendidikan Islam, Ortodoksi Sunni

Page 1 of 1 | Total Record : 7