cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23562005     EISSN : 25984950     DOI : -
Core Subject : Science,
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): INOVASI" : 6 Documents clear
ANALISIS CAMEL DALAM MENILAI TINGKAT KESEHATAN BANK (STUDI KASUS PADA SUBSEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015) Nardi - Sunardi
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.494 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.639

Abstract

ABSTRAKANALISIS CAMEL DALAM MENILAI TINGKAT  KESEHATAN BANK (STUDI KASUS PADA SUBSEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015). Bank sebagai lembaga keuangan berperan penting dalam mengelola dana, kinerja keuangan bank yang baik akan menjadi muara kepercayaan masyarakat dalam menyerahkan sejumlah dana untuk dikelola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaplikasian metode CAMEL melalui rasio CAR, KAP, NPM, ROA, BOPO, dan LDR, serta mengetahui hasil evaluasi penilaian metode CAMEL dalam rangka menilai kesehatan bank selama periode tahun 2011-2015 sesuai dengan ketentuan SE BI No.6/23/DPNP tahun 2004. Objek penelitian ini adalah bank-bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2011-2015. Sampel penelitian ini dibatasi dengan menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 9  perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian iniadalah data sekunder yang diperoleh dari situs www.idx.co.id ,www.bi.go.id, serta website masing-masing bank. Hasil penelitian menunjukan tingkat kesehatan  subsektor perbankan sangat sehat jika dilihat dari rasio CAR, ROA & BOPO dan dalam kondisi sehat jika dilihat dari rasio KAP, NPM & LDR. Hasil evaluasi CAMEL secara keseluruhan menunjukan tingkat kesehatan subsektor perbankan pada periode 2011-2015 berada dalam kondisi “cukup sehat”.Kata Kunci : Metode CAMEL, Tingkat Kesehatan Bank
PENGARUH WORD OF MOUTH, HARGA PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN JAHE MERAH INSTAN Nani - -
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.738 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.550

Abstract

ABSTRAKPENGARUH WORD OF MOUTH, HARGA PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN JAHE MERAH INSTAN (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Enam Putri Jakarta).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh Word of Mouth, Harga Produk dan Kualitas Produk secara parsial dan simultan.Penelitian bersifat kausalitas dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan produk minuman jahe merah instan pada Industri Rumah Tangga Enam Putri Jakarta dan jumlah sampel sebanyak 94 orang, sampling dengan teknik aksidental. Metode Pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas,Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi linier berganda, Uji Koefisien Determinasi,Uji Parsial(Uji t), dan Uji Simultan (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Word of Mouth, Harga Produk, Kualitas Produk, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Rumah Tangga Enam Putri, baik secara parsial maupun simultan. Hal ini terlihat dari nilai sig 0,000 dan 0,000 < 0,05 level signifikasi dengan nilai F hitung (1533.972)>Ftabel (2,71), dengan pengaruh sebesar 98,1% sedangkan sebesar 1,9 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini dengan model regresi linier berganda Y=2,094 + 0,09X1-0,012X2+0,581X3. Kata kunci: Word of Mouth, Harga Produk, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian  ABSTRACTThe purpose of this study to determine the effect of Word of Mouth, Price and Quality of Products both partial and simultan.Penelitian natural causality with hypothesis testing. The population in this study is a customer drinks red ginger products in the Industry of Household Six Women Jakarta and the number of samples of 94 people, accidental sampling technique. Data were collected through a questionnaire with Likert scale, observation and study of literature. Data were analyzed using validity, reliability testing, Classical assumption test, multiple linear regression, Determinants coefficient test, partial test (t test), and a Simultaneous Test (Test F). The results showed that the variables of Word of Mouth, Price List, Quality Products, has a positive and significant impact on purchase decisions on Industry Household Six Daughter, either partially or simultaneously. This is evident from the sig 0.000 and 0.000 <0.05 level of significance with F count (1533.972)> F table (2.71), with effect from 98.1%, while 1.9% are influenced by other factors beyond the research multiple linear regression model Y = 2.094 + 0,09X1-0,012X2 + 0,581X3. Keywords: Word of Mouth, Product Pricing, Product Quality, and Purchasing decision
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT. GARUDA KARYA MANDIRI Eddy - Krisyanto
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.182 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.552

Abstract

ABSTRAK PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT. GARUDA KARYA MANDIRI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja secara parsial maupun simultan terhadap turnover intention karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel X1 Gaya Kepemimpinan, variabel X2 Kepuasan Kerja, variabel Y Turnover Intention karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang diperoleh langsung melalui survey menggunakan quisioner kepada karyawan PT. Garuda Karya Mandiri, sampel yang diambil adalah 50 responden untuk setiap variabel. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa hasil thitung dari uji pengaruh variabel gaya kepemimpinan nilainya lebih besar dari ttabel, sedangkan untuk variable kepuasan kerja, nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel. Secara simultan diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel. Persamaan Regresi Linier Berganda yang dihasilkan dari penelitian ini Y = - 0.034 + 0.324X1 +0.016X2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan  terhadap Turnover Intention karyawan sedangkan kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap turnover Intention karyawan, secara simultan gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan  terhadap Turnover Intention karyawan. Kata Kunci :Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Turnover Intention Karyawan ABSTRACT EFFECT OF STYLES OF LEADERSHIP AND SATISFACTION WORK ON TURNOVER INTENTION EMPLOYEES PT. GARUDA KARYA MANDIRI. This study aims to determine the influence of leadership style and job satisfaction partially or simultaneously to employee turnover intention. This research uses quantitative descriptive method, with variable X1 Leadership Style, X2 Job Satisfaction, Y Turnover Intention employees. The data used in the study is the primary data obtained directly through the survey using quisioners to employees of PT. Garuda Karya Mandiri, the sample taken is 50 respondents for each variable. The result of hypothesis test partially shows that the result of tcount of influence test of leadership style variable is bigger than ttable, while for job satisfaction variable, tcount value is smaller than ttable value. Simultaneously, the value of Fcount is greater than Ftable. The Multiple Linear Regression Equation resulting from this research Y = - 0.034 + 0.324X1 + 0.016X2. Based on the result of this research, it can be concluded that leadership style has significant effect to Turnover Intention of employees while job satisfaction has no effect to employee intention turnover, simultaneously leadership style and job satisfaction have significant influence to Turnover Intention of employees. Keywords: Leadership Style, Job Satisfaction, Employee Turnover Intention
ANALISIS PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT. PUTRA CITA NUSA) Aidil Amin Effendy
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.171 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.553

Abstract

ABSTRAKANALISIS PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA YANG BERDAMPAK PADA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. PUTRA CITA NUSA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh peran kepemimpinandanbudayaorganisasiterhadapmotivasikerjayang berdampak pada peningkatan kinerja karyawan. Pada penelitian ini,variabel independen yaitu peran kepemimpinan (X1) dan budaya organisasi (X2), sedangkan variabel dependen adalah motivasi kerja (Y) yang berdampak pada peningkatan kinerja karyawan (Z).Penelitian ini dilakukan kepada 57 responden dari 130 populasi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwaperan kepemimpinan (X1)berpengaruh signifikan secara parsial sebesar 40,6% terhadap motivasi kerja (Y), budaya organisasi (X2) berpengaruh signifikan secara parsial sebesar 45,1% terhadap motivasi kerja (Y) dan motivasi kerja (Y)berpengaruh signifikan secara parsial sebesar 39,5%kinerja karyawan (Z) serta sisanya diterangkan oleh variabel lain.Hasil penelitian regresi berganda menunjukkan bahwa peran kepemimpinan (X1) dan budaya organisasi (X2) terdapat pengaruh signifikan secara simultan sebesar 49,3% terhadap motivasi kerja (Y) yang berdampak pada peningkatan kinerja karyawan (Z), sedangkan sisanya sebesar 50,7% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.Kata Kunci : Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja dan Kinerja.  ABSTRACTANALYSIS OF EFFECT OF THE ROLE OF LEADERSHIP AND ORGANIZATION CULTURE TO WORKING EMPLOYMENT MOTIVATION IN ENHANCING PERFORMANCE OF EMPLOYEES AT PT. PUTRA CITA NUSA. This study aims to determine the influence of leadership roles and organizational culture on work motivation that impact on improving employee performance. In this study, independent variables are leadership roles (X1) and organizational culture (X2), while the dependent variable is the work motivation (Y) which has an impact on employee performance improvement (Z). This study was conducted to 57 respondents from 130 existing population. The result of the research shows that leadership role (X1) has a significant influence partially 40,6% toward work motivation (Y), organizational culture (X2) has a significant partial effect of 45,1% to work motivation (Y) and work motivation ) Partially significant effect of 39.5% employee performance (Z) and the rest is explained by other variables. The result of multiple regression research shows that leadership role (X1) and organizational culture (X2) have a significant influence simultaneously equal to 49,3% to work motivation (Y) which impact on employee performance improvement (Z), while the rest equal to 50,7% Explained by other variables that are not proposed in this research. Keywords: Leadership, Organizational Culture, Work Motivation and Performance.
PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN Sunanto - -
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.899 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.581

Abstract

ABSTRAKPENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTIK SUNFARMA TANGERANG SELATAN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penetapan harga dan Kualitas layanan baik secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan.Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi alam penelitian ini adalah pelanggan Apotik SunFarma dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100 (digenapkan), sampling dengan teknik aksidental. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data:Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji t), dan Uji Simultan (Uji F). Hasil Penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan, Hal tersebut dapat dilihat pada Nilai thitung (24,515) > ttabel, nilai dan sig. 0,000 (<0,05). (2) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Hal ini dapat terlihat pada nilai thitung (30,204) > t table dan nilai sig. 0,000 (<0,05). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara penetapan harga dan Kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Hal ini terlihat pada nilai Fhitung (516,005) > Ftabel dan nilai sig. 0,000 (<0,05). Model regresi linier berganda diperoleh Y = -22,073 + 0,302X1 + 0,668 X2.  Kata Kunci: Penetapan Harga, Kualitas layanan, Kepuasan Pelanggan, Apotik SunFarma
PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI Rahmayanti - -
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.961 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.549

Abstract

ABSTRAK PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kausal Pada Pegawai Direktorat Jenderal Pemasyarakatan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengaruh langsung struktur organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai di lembaga pemasyarakatan Cipinang. Penelitian dilakukan di Direktorat Jenderal Fisiologi pada tahun 2016 dengan menggunakan metode survei dengan analisis jalur yang digunakan dalam pengujian hipotesis dan 100 sampel yang dipilih secara simple random sampling. Temuan penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh langsung struktur organisasi terhadap kinerja; 2) ada pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja; 3) ada pengaruh langsung struktur organisasi kepuasan jab; 4) terdapat pengaruh tidak langsung struktur organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa setiap perubahan atau variasi yang terjadi pada kinerja mungkin secara langsung dipengaruhi oleh kepuasan kerja, dan juga secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap struktur organisasi. Oleh karena itu, bila kita ingin memperkecil variasi yang terjadi dalam kinerja, faktor-faktor seperti kepuasan kerja dan struktur organisasi perlu diperhitungkan.  ABSTRACTEFFECT OF ORGANIZATIONAL STRUCTURE AND WORK SATISFACTION OF EMPLOYEES PERFORMANCE (Causal Studies In Employees of the Directorate General of Penitentiary) The objectives of the research is to obtain the direct effect of organizational structure and job satisfaction on the performance of correction officers at Cipinang correctional institution. The study was conducted at Directorat Genderal Correctional in 2016 by using a survey method with path analysis applied in testing hypothesis and 100 samples selected by simple random sampling. The finding of the research are: 1) there is a direct effect of organizational structure on performance; 2) there is a direct effect of job satisfaction on performance; 3) there is a direct effect of organizational structure on jab satisfaction; 4) there is an indirect effect of organizational structure on performance through job satisfaction. Based on these findings, it could be concluded that any changing or variation occurred at performance might have been directly significant effected by job satisfaction, and also indirectly significant effected by organizational structure. Therefore, when we want to minimize the variation which occurred in performance, these factors such as job satisfaction and organizational structure are necessary to be taken into account. Keywords: performance, organizational structure  and Job satisfaction

Page 1 of 1 | Total Record : 6