cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 23562005     EISSN : 25984950     DOI : -
Core Subject : Science,
Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan kajian pemikiran bidang ilmu ilmu manajemen, baik di lingkup marketing, sumberdaya manusia dan keuangan. Dikelola oleh Prodi Magister Manajemen Universitas Pamulang, melaui proses review.
Arjuna Subject : -
Articles 162 Documents
PENGARUH INDEKS DOW JONES INDUSTRIAL AVERAGE, NIKKEI 225, HANGSENG INDEX, DAN SHANGHAI STOCK EXCHANGE TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2008-2013 Shelby Virby
Inovasi Vol 4, No 2 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.857 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i2.p%p.756

Abstract

ABSTRAKPENGARUH INDEKS DOW JONES INDUSTRIAL AVERAGE, NIKKEI 225, HANGSENG INDEX, DAN SHANGHAI STOCK EXCHANGE TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2008-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Dow Jones Industrial Average,Nikkei 225, Hangseng Index, dan Shanghai Stock Exchange Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2013. Variabel yang diteliti adalah Dow Jones Industrial Average (X1), Nikkei 225 (X2), HangSeng Index (X3), dan Shanghai Stock Exchange (X4) serta (Y) yaitu Indeks Harga Saham Gabungan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif.Penulis melakukan riset di PT Indonesian Capital Market Electronic Library yang berada di Bursa Efek Indonesia guna memperoleh data-data yang diperlukan yang berupa angka. Populasi yang digunakan adalah data indeks bulanan bursa saham periode tahun 2008-2013.Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Dow Jones Industrial Average,Nikkei 225, Hangseng Index, dan Shanghai Stock Exchange Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Indonesia digunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas dengan hasil semua variabel berdistribusi normal, uji autokorelasi nilai DW sebesar 0,439 yang berarti terdapat korelasi, uji multikolinearitas mendekati angka 1 dan nilai VIF dibawah 10, dan uji heteroskedasitas tersebar secara merata. Sedangkan hasil untuk uji koefisien determinasi mempunyai pengaruh sebesar 89,30%.Dan pengujian hipotesis secara simultan semua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Harga Sahan Gabungan.Kata kunci : Dow Jones Industrial Average,Nikkei 225, Hangseng Index, Shanghai Stock ExchangedanIndeks Harga Saham Gabungan
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PERUMAHAN DI GREEN RIVER CITY BEKASI (Studi Kasus di PT. Artha Bangun Pratama). Rosa Lesmana
Inovasi Vol 3, No 1 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.124 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i1.p%p.291

Abstract

MARKETING STRATEGIES TO INCREASE SALES HOUSING IN GREEN RIVER CITY   BEKASI (Case Study in PT. Artha Bangun Pratama). This study aims to determine the variables that are strengths, weaknesses, opportunities and threats, as well as to determine the position of the business at IE matrix. This research method is a combination of qualitative research and quantitative based on SWOT analysis, BCG matrix IE and analysis. The population in this study include the top management of seven people by involving several experts and authorities to confirm specifically related to the external environment. The analysis showed that the variables which the strength is location conveniently close to statsiun and the city center, complete facilities, the price adjustment, the intensity of the sale, service quality and competence of employees, inflation and the exchange rate against the US dollar stabilized, development of information technology, and the preservation of natural resources in the surrounding residential neighborhood, while the threat is the growth rate of real estate increased. At present and in the future are in the position of the first cells that grow and develop (grow and develop). Formulation of marketing strategies that can be applied is the market penetration strategy, market development, and product development. Based on the research results it can be suggested  that augment, provide special pricing to consumers, more heavily in the promotion, conducted training, as well as a meeting (gathering) regularly. Keywords: SWOT analysis, BCG analysis, Marketing Strategy, Sales Housing. 
ANALISIS CAMEL DALAM MENILAI TINGKAT KESEHATAN BANK (STUDI KASUS PADA SUBSEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015) Nardi - Sunardi
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.494 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.639

Abstract

ABSTRAKANALISIS CAMEL DALAM MENILAI TINGKAT  KESEHATAN BANK (STUDI KASUS PADA SUBSEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015). Bank sebagai lembaga keuangan berperan penting dalam mengelola dana, kinerja keuangan bank yang baik akan menjadi muara kepercayaan masyarakat dalam menyerahkan sejumlah dana untuk dikelola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaplikasian metode CAMEL melalui rasio CAR, KAP, NPM, ROA, BOPO, dan LDR, serta mengetahui hasil evaluasi penilaian metode CAMEL dalam rangka menilai kesehatan bank selama periode tahun 2011-2015 sesuai dengan ketentuan SE BI No.6/23/DPNP tahun 2004. Objek penelitian ini adalah bank-bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode 2011-2015. Sampel penelitian ini dibatasi dengan menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 9  perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian iniadalah data sekunder yang diperoleh dari situs www.idx.co.id ,www.bi.go.id, serta website masing-masing bank. Hasil penelitian menunjukan tingkat kesehatan  subsektor perbankan sangat sehat jika dilihat dari rasio CAR, ROA & BOPO dan dalam kondisi sehat jika dilihat dari rasio KAP, NPM & LDR. Hasil evaluasi CAMEL secara keseluruhan menunjukan tingkat kesehatan subsektor perbankan pada periode 2011-2015 berada dalam kondisi “cukup sehat”.Kata Kunci : Metode CAMEL, Tingkat Kesehatan Bank
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA ORGANISASI (Studi Kasus: Jack Nelson Direksi Bank Lokal X) Eka Mayasari Siswi Ciptaningsih
Inovasi Vol 2, No 1 (2015): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.276 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v2i1.p%p.322

Abstract

HUMAN RESOURCE MANAGEMENT IN ORGANIZATIONS (CASE STUDY: JACK NELSON OF BANK DIRECTORS LOCAL X). This paper analyzes the circumstances that occurred on the banks X related to human resources which have a very high growth. Allegedly this high growth happens when each branch has the authority for the recruitment of employees and their numbers are very high turnover in employees. Base on the analysis this circumtance will be linked to the concept of human resource management reorganization at the central, the planning, the recruitment process and strategy, as well as training and development of employees. So it would appear that the new system will build either through reorganization, labor planning, recruitment process systemically, as well as employee development training . That will be no misscommunication  and there is no iut of procedure will occure. Keywords: reorganization, job descriptions, recruitment task analysis, training, developing of employees.
ANALISA FAKTOR-FAKTOR KENDALA KETERCAPAIAN SMART MOBILITY DALAM UPAYA MENUJU KONSEP SMART CITY (STUDI PADA KOTA TANGERANG SELATAN) Gunartin Gunartin
Inovasi Vol 5, No 2 (2018): Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.462 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v5i2.p33-41.2092

Abstract

ABSTRAKANALISA FAKTOR-FAKTOR KENDALA KETERCAPAIAN SMART MOBILITY DALAM UPAYA MENUJU KONSEP SMART CITY (STUDI PADA KOTA TANGERANG SELATAN) Fokus permasalahan penelitian ini yaitu faktor apa saja yang menjadi kendala ketercapaian smart mobility dalam upaya menuju konsep smart city di Kota Tangerang Selatan. Adapun tujuan penelitian untuk menganalisa faktor-faktor yang menjadi kendala ketercapaian smart mobility dalam upaya menuju konsep smart city Kota Tangerang Selatan. Metode analisis data adalah mendeskripsikan teknik analisis apa yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisa data yang telah dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan metode analisa statistik deskriptif. Sumber data penelitian adalah studi literatur, observasi dan wawancara dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Lokasi penelitian di Kota Tangerang Selatan, Banten. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa faktor-faktor kendala ketercapaian smart mobility dalam upaya menuju konsep smart city di Kota Tangerang Selatan antara lain aspek: 1) Peraturan Pemerintah Daerah, belum keluarnya Peraturan Pemerintah yang menjadi payung induk program smart city sehingga pelaksanaannya belum optimal; 2) Sumber Daya Manusia, yaitu minimnya jumlah sumber daya manusia yang latar belakang pendidikannya berbasis IT yang siap menjalankan program smart city; 3) Anggaran, hal ini karena sifatnya sentralisasi dan terkait birokrasi sehingga membutuhkan waktu untuk merealisasikan anggaran sementara permasalahan di lapangan membutuhkan penanganan yang cepat; dan 4) Kesadaran Masyarakat, bahwasanya kesadaran masyarakat mempunyai peran yang sangat besar dalam mewujudkan ketercapaian smart mobility menuju konsep smart city, karena program ini diperuntukkan masyarakat sehingga masyarakat harus mendukung ketercapaian program smart city secara optimal. Kata kunci: smart city, smart mobility
ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN REMUNERASI TERHADAP GOOD GOVERNANCE DI TANGERANG SELATAN Endang Ruhiyat
Inovasi Vol 1, No 2 (2014): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.276 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v1i2.p%p.308

Abstract

Remuneration Policy Influence Analysis Of Good Governance in South Tangerang.This study aims to determine the effect on the remuneration practices of good governance. This study is associative. The sample was three government agencies that are in the region of South Tangerang City Government, namely the Ministry of Research and Technology, Ministry of Education and Culture, and the Ministry of Environment. The sampling technique was convenience sampling is done to assure proportional allocation based sample represents all South Tangerang City Government institutions. Remuneration policy is measured using a Likert scale. While the remuneration indicators used in this study are: Fair, Encouraging Motivation, Competitive, Right, and Compliance Provisions Act and applicable government regulations. Good governance is measured using a Likert scale. While the indicators used in this study refers to Duncan, et al as follows: Rule of Law Index, Government Effectiveness Index, Index of Social Development, and Regulatory Quality Index. Analysis method using simple regression analysis. Based on the results obtained it can be concluded that the evidence supporting the positive effects of increasing the remuneration policy of good governance. Keywords: Remuneration, Good Governance.
ANALISIS PENGARUH DISIPILIN, MOTIVASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus di Departemen Unit Production PT. L’Oréal Manufacturing Indonesia) Rahmi Hermawati; Umi Rusilowati
Inovasi Vol 1, No 1 (2014): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.403 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v1i1.p%p.1026

Abstract

Abstract            This research is intended for analyzing the decreasing performance of employees. The purpose of this research is to identify phenomenon and obtain empirical evidence as well as conclusion concerning the effect of discipline, motivation, and competency on the performance of employees at the Production Unit of PT. L’Oréal Manufacturing Indonesia.             This research applies quantitative design, explanatory research, with hypothetical testing of survey technique, questionnaire using the scale of likert 4. The population is 240 employees from production department by employing 150 persons as samples. The technique of data analysis: (1) validity and reliability test; (2) classic assumption test; (3) determination coefficient (R2); (4) simple and multiple regression model; (5) hypothetical testing by partial test (t-test) and simultaneous test (F-test). The result of hypothetical and analytical test is as follows:1.   Variable of discipline (X1) has positive and significant effect on the performance of employees (Y), based on regression coefficient of 58.2% and value of t count of 0.000 (<0.05). It means that the work discipline (X1) has positive and significant effect on the performance (Y)2.   Variable of motivation (X2) has positive and significant effect on the performance of employees (Y), based on regression coefficient of 55.7% and value of t count of 0,000 (<0.05). It means that work motivation (X2) has positive and significant effect on the performance (Y)3.   Variable of competency (X3) has positive and significant effect on the performance of employees (Y), based on regression coefficient of 47.6% and value of t count of 0.000 (<0.05). It means that the work competency (X3) has positive and significant effect on the performance (Y)4.   Variable of discipline (X1), motivation (X2), and competency (X3) simultaneously have positive and significant effect on the performance of employees (Y), based on regression coefficient of 76.5 % and value of F count of (68.669) (<2.672). It means that the discipline (X1), motivation (X2), and competency (X3) simultaneously have positive and significant effect on the performance (Y)Based on the result of research, it is recommended that PT. L’Oréal Manufacturing Indonesia will reanalyze the too high target of the company, provide an activity that is entertaining, spiritual, and refreshing in nature, conduct a training of synergic building team, and provide a forum of open discussion and provide a suggestion box in order to find out complaints and obstacles faced by employees during their employment. Keywords: discipline, motivation, competency and performance
ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI PAMULANG (Studi Kasus Orang Tua Siswa Pada TK. ISLAM AZKIYA) Suharni Rahayu
Inovasi Vol 4, No 2 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.289 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i2.p%p.752

Abstract

ABSTRAKANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI PAMULANG  (Studi Kasus Orang Tua Siswa Pada TK. ISLAM AZKIYA) Strategi adalah rencana yang disatukan, luas, dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan.Penerimaan siswa baru adalah merupakan salah satu kegiatan yang pertama kali dilakukan dalam sebuah lembaga pendidikan, yang tentunya penerimaan siswa baru melalui penyeleksian yang telah ditentukan kepada calon siswa baru serta pengklasifikasian siswa menurut umur dan jenis kelamin.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisa kualitatif dan kuantitatif, tujuan penelitian deskriptif. Prinsip penggunaan metode ini untuk memecahkan dan menganalisa masalah / fenomena yang terjadi sekarang dan sedang berlangsung.Dari hasil penelitian ini TK Islam Azkiya dalam penerimaan siswa baru wi wilayah Pamulang adalah menggunakan analisis SWOT dan alat yang digunakan dalam melihat dan menentukan penelitian ini menggunakan teknik analisis Boston Consulting Group (BCG) dan Business Life Cycle. Hasil analisis SWOT menunjukkan TK Islam Azkiya yaitu Pro-Perubahan, menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, menerapkan proses pembelajaran berbasis TIK, harga Penerimaa Siswa Baru (PSB) di sekolah TK Islam Azkiya termasuk cukup tinggi di daerah Pamulang. Dari hasil analisa Boston Consulting Group (BCG), nilai pertumbuhan TK Islam Azkiya sebesar 11,11% dan pangsa pasarnya pada tahun 2012/2013 lebih besar dari satu (>1).Kata kunci : Strategi Bersaing
ANALISIS PENGARUH BOPO, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMING LOAN, DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET Muliahadi Tumanggor
Inovasi Vol 3, No 2 (2016): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.023 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v3i2.p%p.109

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh BOPO, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan dan Loan to Deposit Ratio terhadap Return On Asset. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk memudahkan penelitian, penulis mengambil sebanyak 6 Bank di Indonesia yang sudah go-public yaitu Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA dan Bank CIMB NIAGA yang terdiri atas perhitungan rasio keuangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Data Panel menggunakan Eviews 7.1. Secara parsial dari empat variable independen yang diteliti, ada 3 variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset yaitu : BOPO, NPL dan LDR. Sedangkan 1 variabel independen tidak berpengaruh terhadap return on asset yaitu variable CAR.Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa BOPO, CAR, NPL dan LDR secara simultan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Return On Asset sebesar 79,54%. Bank harus berusaha semaksimal mungkin agar tingkat NPL berada di bawah 5%. Semakin tinggi NPL akanmengakibatkan kerugian terhadap bank. Selain itu, bank juga harus mampu menyalurkan kredit dengan efektif, sehingga jumlah kredit macetnya akan kecil dan besarnya standar LDR harus mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia antara 80%-110%. Kata Kunci : BOPO, CAR, NPL, LDR, dan ROA.
PENGARUH WORD OF MOUTH, HARGA PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN JAHE MERAH INSTAN Nani - -
Inovasi Vol 4, No 1 (2017): INOVASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.738 KB) | DOI: 10.32493/Inovasi.v4i1.p%p.550

Abstract

ABSTRAKPENGARUH WORD OF MOUTH, HARGA PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN JAHE MERAH INSTAN (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Enam Putri Jakarta).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh Word of Mouth, Harga Produk dan Kualitas Produk secara parsial dan simultan.Penelitian bersifat kausalitas dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan produk minuman jahe merah instan pada Industri Rumah Tangga Enam Putri Jakarta dan jumlah sampel sebanyak 94 orang, sampling dengan teknik aksidental. Metode Pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas,Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi linier berganda, Uji Koefisien Determinasi,Uji Parsial(Uji t), dan Uji Simultan (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Word of Mouth, Harga Produk, Kualitas Produk, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Rumah Tangga Enam Putri, baik secara parsial maupun simultan. Hal ini terlihat dari nilai sig 0,000 dan 0,000 < 0,05 level signifikasi dengan nilai F hitung (1533.972)>Ftabel (2,71), dengan pengaruh sebesar 98,1% sedangkan sebesar 1,9 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini dengan model regresi linier berganda Y=2,094 + 0,09X1-0,012X2+0,581X3. Kata kunci: Word of Mouth, Harga Produk, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian  ABSTRACTThe purpose of this study to determine the effect of Word of Mouth, Price and Quality of Products both partial and simultan.Penelitian natural causality with hypothesis testing. The population in this study is a customer drinks red ginger products in the Industry of Household Six Women Jakarta and the number of samples of 94 people, accidental sampling technique. Data were collected through a questionnaire with Likert scale, observation and study of literature. Data were analyzed using validity, reliability testing, Classical assumption test, multiple linear regression, Determinants coefficient test, partial test (t test), and a Simultaneous Test (Test F). The results showed that the variables of Word of Mouth, Price List, Quality Products, has a positive and significant impact on purchase decisions on Industry Household Six Daughter, either partially or simultaneously. This is evident from the sig 0.000 and 0.000 <0.05 level of significance with F count (1533.972)> F table (2.71), with effect from 98.1%, while 1.9% are influenced by other factors beyond the research multiple linear regression model Y = 2.094 + 0,09X1-0,012X2 + 0,581X3. Keywords: Word of Mouth, Product Pricing, Product Quality, and Purchasing decision

Page 1 of 17 | Total Record : 162