cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Prof.Dr. Hamka, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, Indonesia
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah pesona PAUD
ISSN : 23378301     EISSN : 26561271     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL ILMIAH PESONA PAUD began publishing in March 2012 with p-ISSN no 2337-8301 with a frequency of 6 times a year. This journal was re-managed and published twice a year in the printed and electronic versions in 2018. each of which had p ISSN no 2337-8301 and e ISSN no 2656-1271 by the Department of Teacher Education in Padang State Early Childhood Education. As a national journal that has implemented an open access peer-reviewed journal system. Manuscripts that enter through the review process, the results of the review will be informed to the authors of the paper through the Open Journal System (OJS). This journal is dedicated to original articles published in Indonesian and English as a scientific forum for Early Childhood Education studies for lecturers, researchers, reviewers, practitioners, and S1 / S2 / S3 students.
Arjuna Subject : -
Articles 225 Documents
PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK RESTU IBU Aryenis, Aryenis
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.615 KB) | DOI: 10.24036/103726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain peran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B, Taman Kanak-kanak Restu Ibu Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam Tahun Ajaran 2018/2019. Sebanyak 15 orang anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang perempuan.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II, 3 kali pertemuan. Data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil observasi dianalisis dengan teknik persentase. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri anak dalam  pembelajaran. Pada kondisi awal, nilai berkembang sangat baik (BSB) 7%, pada siklus 1 nilai berkembang sangat baik (BSB) meningkat menjadi 33%. Pada siklus 2 meningkat menjadi 80% dan setiap aspeknya telah mencapai KKM.  Jadi dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri anak dapat meningkat melalui kegiatan bermain peran.  
Analisis Asesmen Perkembangan Seni Gambar Tanpa Wajah di TK Islam DA Yogyakarta retno, retno anggraini
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.953 KB) | DOI: 10.24036/107496

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui asesmen perkemabangan seni gambar tanpa wajah di TK Islam DAYogyakarta yang menjadikan kebiajakan lembaga dalam kegiatan pembelajarannya. DA merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang baru berdiri pada tahun ajaran 2019/2020.  Metode penelitian yang digunakan penelii yaitu pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara dilapangan. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dan hasilnya adalah bahwa lembaga ini memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri dalam menerapkan kegiatan pembelajaran pada anak. Salah satu yang mejadi ciri khas dari lembaga ini adalah bahwa anak- anak dalam kegiatan pembelajarannya apabila membuat hasil karya dan gambar mereka tidak diperbolehkan memberikan aseksoris seperti mata. Sudah menjadi kebijakan lembaga setiap gambar tidak diperbolehkan memberi mata dan asesoris wajah lainnya. Kemudian pelaksanaan penilaian perkembangan seni di lembaga ini sudah dilaksanakan dilakukan bersamaan dengan penilaian perkembangan lainnya.  Kata Kunci: asesmen perkembangan seni, anak usia dini, kegiatan pembelajaran
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BIJI SAWIT DI TAMAN KANAK-KANAK QUR’ANIAH AIR RUNDING KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT Efendi, Herlina
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.369 KB) | DOI: 10.24036/103720

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan di Taman Kanak-kanak Qur’aniah Air Runding Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat melalui permainan biji sawit. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan cara bersiklus yaitu dua siklus masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian didapatkan persentase rata-rata peningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak belum berkembang,pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dan dilanjutkan ke siklus  II dengan kriteria penilaian berkembang sangat baik,berkembang sesuai harapan,mulai berkembang, belum berkembang sehingga didapatkan penelitian pada akhir siklus II. 
Pengaruh Media Sand Paper Letter terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak di TK Islam Budi Mulia Padang Rahmadani, Fita; Suryana, Dadan; Hartati, Sri
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.373 KB) | DOI: 10.24036/104545

Abstract

Pengetahuan tentang huruf bagi anak bagi anak 4-5 tahun sangat penting untuk proses membaca  dan menulis. Untuk merealisasikan pembelajaran mengenal huruf di perlukan media yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Sandpaper letter  terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data di peroleh hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang dengan rata-rata hasil kemampuan mengenal huruf anak kelas eksperimen (A1) yang dilakukan dengan media sandpaper letter lebih tinggi dibandingkan anak di kelas kontrol (A2) yang dilakukan dengan media kartu huruf yaitu 78,25 kelas eksperimen dan dikelas kontrol adalah 71,25. Dengan demikian media sandpaper letter terbukti berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Dimana pada kelas eksperimen anak dapat mencapai nilai tertingginya yaitu 93,75 dan sedangkan di kelas control nilai tertinggi anak hanya mencapai 81,25.
PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DI TAMAN PENITIPAN ANAK HIKARI KIDS CLUB PADANG Delly, Surya; Zulminiarti, Zulminiarti; Hartati, Sri
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.716 KB) | DOI: 10.24036/103745

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar operasional prosedur di Taman Penitipan Anak Hikari Club Padang. Pengasuh tidak menjalankan kegiatan pembelajaran sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang telah dibuat. Melalui penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana pelaksanaan standar operasional prosedur di Taman Penitipan Hikari Club Padang. penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan Setting Penelitian dilakukan di Taman Penitipan Anak (TPA) Hikari Club Padang anak usia 0-6 tahun. Penelitian ini bersumber dari subyek penelitian dengan purposive sampling (sampel bertujua) dan informasi penelitian. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar operasional prosedur sterilisasi botol susu yang dilaksanakan di Taman Penitipan Anak Hikari pada terlihat hanya pada usia 3 tahun saja yang melaksanakannya sedangkan untuk Standar operasional prosedur makan siang, saat bayi/anak tidur siang, toilet training, dan pelayanan kesehatan semua umur melaksanakannya dengan baik. 
Implementasi Pembelajaran Terpadu Model Sequenced Melalui Strategi Deep Thinking Skill untuk Pengembangan Kosakata dan Pemahaman Anak Kelas 2 SD Astari, Tiara
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.623 KB) | DOI: 10.24036/104541

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran terpadu model sequenced melalui strategi deep thinking skill untuk mengembangkan kosakata dan pemahaman pada anak kelas 2 SD. Data yang digunakan dalam penelitian tindakan  ini bersifat kualitatif, yang analisisnya dilakukan secara terus menerus selama proses tindakan  melalui wawancara dan hasil catatan lapangan selama penelitian. Subjek penelitian yaitu anak kelas 2 SD yang telah berusia 7 tahun. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang ditunjukkan pada bertambahnya jumlah kosakata dasar dan pemahaman mengenai perilaku baik yang terkait dengan nilai-nilai damai. Data asesmen sebelum tindakan diketahui terdiri dari empat kata dalam satu kalimat, dan belum runtun dalam membangun cerita secara utuh, namun setelah dilakukan menjadi bertambah delapan kata. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kosakata dan pemahaman anak.
Pelaksanaan Program Parenting di Rumah Anak Sholeh (RAS) Purus Padang wulandari, dela
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.742 KB) | DOI: 10.24036/9297

Abstract

Dela Wulandari1, Rakimahwati2, Syahrul Ismet3PG-PAUD FIP UNPEmail: delawulandari360@yahoo.com Abstrak Penelitian dilatarbelakangi ketertarikan peneliti pada permasalahan orangtua yang belum memahami pengasuhan yang benar dan sekolah yang belum melibatkan orangtua dalam pendidikan anak. Terutama di daerah Purus Padang disebabkan kesulitan ekonomi dan lingkungan negatif sehingga mempengaruhi pengasuhan orangtua terhadap anak. Rumah Anak Sholeh (RAS) menawarkan pendidikan untuk perubahan orangtua yaitu dengan menyelenggarakan program parenting atau sekolah orangtua (SOT). Penelitian bertujuan untuk menggambarkan Pelaksanaan Program Parenting di Rumah Anak Sholeh Purus Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman. Berdasarkan deskripsi dan analisis data disimpulkan bentuk-bentuk program parenting Rumah Anak Sholeh yaitu: 1) ilmu parenting, 2) tahsin dan 3) keterampilan. Materi-materi parenting yang diberikan yaitu: 1) pola asuh orangtua, 2) tahap perkembangan anak, 3) tugas ayah dan bunda, 4) perlunya kasih sayang, 5) menghilangkan kata-kata “jangan” dan “tidak”, 6) perbaikan komunikasi, 7) kekerasan terhadap anak, 8) peran dan fungsi ibu, serta keterampilan. Dampak program  parenting terhadap cara pengasuhan orangtua yaitu: 1) sopan memperlakukan anak, 2) menasehati anak dengan lemah lembut, dan 3) emosi lebih terkontrol ketika menghadapi anak.Kata Kunci: program parenting;pelaksanaan; Rumah Anak Sholeh (RAS)AbstractThe background of this study is the curiosity of researcher about parents who do not understand parenting program to their children and about the school which does not involved parents in educating the children. This problem occur especially in the region of Purus Padang which is caused by the difficulty of economy and also the negative surroundings in that region. Rumah Anak Sholeh (RAS) offers an education to the parents in mothering their children by using Parenting Program or Sekolah Orangtua (SOT). This study is aimed to describe the implementation of Parenting Program in Rumah Anak Sholeh Purus Padang. This study is a descriptive study which uses qualitative approach by using analysis technique from Milles and Huberman. From the description and the data analysis, it can be concluded that there are several types of Parenting Program in Rumah Anak Sholeh, they are: 1) parenting knowledge, 2) tahsin and 3) skill. The parenting materials which is given are: 1) educating pattern of parents, 2) development phase of the child, 3) the duty of father and mother, 4) the importance of love, 5) removing the words “do not” and “no”, 6) communication repairing, 7) child abuse, 8) the function of mother, and skill. The impact of Parenting Program toward the mothering way are: 1) treating the child respectfully, 2) advising the child friendly, and 3) emotional control in facing the child..Key words: parenting program; implementation; Rumah Anak Sholeh (RAS)
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM RITMIK GARUDA DI TAMAN KANAK-KANAK PT BPP AIR BALAM KOTO BALINGKA PASAMAN BARAT Fauziah, Fauziah
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.825 KB) | DOI: 10.24036/103730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui senam ritmik garuda di Taman Kanak-Kanak PT BPP Air Balam Koto Balingka Pasaman Barat. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan cara bersiklus yaitu dua siklus masing-masing siklus tiga kali pertemuan yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak PT BPP Air Balam Anak kelompok B dengan jumlah 16 orang anak terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Prosedur penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi dan dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dilihat bahwa senam ritmik garuda dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak PT BPP Air Balam Koto Balingka Pasaman Barat,Dengan persentase nilai rata-rata kategori berkembang sangat baik sehingga sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum ( KKM ). 
Kelekatan Anak dengan Ibu Bekerja di Era Digital Rahmatunnisa, Sriyanti
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.968 KB) | DOI: 10.24036/104542

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa ada kelekatan antara anak dengan ibu yang bekerja, siapa yang mengasuh anaknya dan bagaimana cara ibu menjalin kelekatan dengan anak. Metode yang digunakan  dalam penelitian adalah kualitatif single case dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan walaupun ibu bekerja penuh waktu, tapi tetap menjalin kelekatan  dengan cara video call, kelekatan anak dengan ibu menjadikan anak memiliki perkembangan yang baik ditinjau dari perkembangan aspek fisik- motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan spiritual. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada orang tua agar dapat menjalin kelekatan dengan anak, dengan menggunakan berbagai cara, sehingga ibu dapat tetap menghadirkan diri di hadapan anak untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan sosiologs anak sehingga anak. 
PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENJAHIT DARI KERTAS DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL AMAL SUNGAI JARING LUBUK BASUNG Nurlaini, Nurlaini
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.833 KB) | DOI: 10.24036/103747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menjahit. Keterampilan motorik halus yang diteliti memberi keterampilan menjiplak pola pakaian, menggunting, menjahit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di TK Nurul Amal Sungai Jaring Lubuk Basung pada semester I Tahun ajaran 2018-2019 dengan subjek penelitian 15 Anak dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi serta teknik analisa data diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus 3 kali pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I masih sangat jauh dari KKM yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75 % sehingga perlu dilakukan perbaikan dalam peningkatan kemampuan motorik halus anak meningkat kriteria KKM. Dengan demikian penelitian ini dihentikan. 

Page 1 of 23 | Total Record : 225