cover
Contact Name
Arimurti Kriswibowo
Contact Email
arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arimurti.adne@upnjatim.ac.id
Editorial Address
Gedung Adi Krita, FISIP. UPN Veteran Jawa Timur. Jl.Raya Rungkut Madya, Gununganyar. Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara
ISSN : 23030089     EISSN : 26569949     DOI : https://doi.org/10.33005
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal DINAMIKA GOVERMANCE (JDG) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dan artikel mengenai Manajemen dan Kebijakan Publik, Pemerintahan, dan Pemberdayaan Masyarakat serta relasi sektor privat terhadap publik yang bersifat terbuka terhadap pendekatan multi dan interdisipliner. JDG terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance" : 9 Documents clear
Evaluasi Dampak Pembangunan Rumah Majapahit Bagi Masyarakat Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Pratiwi, Susi Eka; Nawangsari, Ertien Rining
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1214

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi untuk maju dan berkembang di sektor pariwisata. Khusunya di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Pada Tahun 2014 dan 2015 pemerintah Kabupaten Mojokerto menerapkan kebijakannya yakni, pembangunan rumah majapahit. Dalam pembangunan rumah majapahit ini juga akan berdampak bagi kehidupan masyarakat khususnya masyarakat Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai evaluasi dampak pembangunan rumah majapahit bagi masyarakat Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, sedangkan untuk sumber data menggunakan kata-kata dan tindakan orang yang diwawancarai atau Key Informan. Yakni meliputi Kepala Desa Bejijong, Masyarakat, Pengunjung dan penjual makanan ringan di sekitar lokasi penelitian. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman. Dan dalam menentukan keabsahan data menurut Moleong terdapat empat kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembangunan rumah majapahit sangat berdampak bagi masyarakat Desa Bejijong, dilihat dari 4 (empat) dampak yang di rasakan oleh masyarakat. Pertama kebanggan masyarakat dengan adanya pembangunan rumah majapahit, di wujudkan dengan memberikan pernak-pernik, patung dll. Kedua dampak diluar kelompok sasaran pembangunan rumah majapahit juga berdampak bagi pengunjung yakni bisa berfoto-foto dan menambah wawasan tentang sejarah majapahit, dan adapula dampak yang dirasakan oleh penjual makanan ringan disekitar rumah majapahit, dengan adanya pembangunan rumah majapahit penghasilan mereka menjadi meningkat. Ketiga dampak sekarang dan dampak yang akan datang, dampak sekarang yang bisa dirasakan adalah banyak wisatawan yang berkunjung dan menginap dirumah majapahit sehingga menambah penghasilan perekonomian rumah tangga, dampak yang akan datang tidak akan lunturnya sejarah majapahit. Keempat biaya yang dikeluarkan oleh kelompok sasaran pembangunan rumah majapahit diluar dari uang pemerintah, ketika proses pembangunan rumah majapahit masyarakat mengeluarkan biaya untuk konsumsi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pembangunan rumah majapahit sudah berdampak positif bagi masyarakat tapi dalam masih ada yang dikeluhkan yakni akses transportasi untuk menuju ke wisata rumah majapahit. DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1214
Peran Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil KKB Provinsi Jawa Timur Masruhin, Agus
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1218

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh deskripsi  Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan terhadap  Kinerja PLKB/PKB dan  bertujuan mengetahui pengaruh variabel paling yang dominan terhadap kinerja PLKB/PKB Provinsi Jawa Timur. Variabel penelitian terdiri dari vasiabel bebas yaitu deskripsi Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan, sedangkan variabel terkat adalah kinerja PLKB/PKB Provinsi Jawa Timur.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil yang memiliki jabatan fungsional sebagai Pekerja Lapangan Keluarga Berencana/Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB/PKB) di lingkungan Provinsi Jawa Timur. Untuk lebih mempermudah peneliti dalam identifikasi, kami mengambil penyebarannya diwilayah Malang Raya saja Sebanyak 238 orang yang dalam penelitian kami mengambil 30% secara purposive random sampling (sampel penelitian) atau sejumlah 73 orang.Teknik analisa data untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu variabel deskripsi pekerjan dan pendidikan pelatihan menggunakan  koefisien korelasi R Square. Sedangkan untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F, secara parsial menggunakan uji t.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Deskripsi Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja PLKB/PKB. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja PLKB/PKB adalah pendidikan pelatihan.Korelasi antara kedua variabel independen terhadap variabel dependen memiliki hubungan yang cukup kuat dan positif terhadap kinerja PLKB/PKB.Variabel Deskripsi Pekerjaan dan Pendidikan Pelatihan secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja PLKB/PKB DOI   https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1218
Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Ibu Hamil Di Puskesmas Jatirogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban Inayati, Anifa Rully; Widiyarta, Agus
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1215

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada fenomena yang ada di Puskemas Jatirogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban yaitu pelayanannya yang sudah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan ibu hamil yang dibuktikan dengan adanya peningkatan kunjungan ibu hamil setiap bulannya. Adanya peningkatan kunjungan ibu hamil di Puskesmas Jatirogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat tinggi terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Jatirogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Hal tersebut kemudian mendorong adanya usulan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban untuk merubah Puskesmas Jatirogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban menjadi Rumah Sakit tipe D. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara dan pengambilan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan ibu hamil di Puskesmas Jatirogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban sudah menerapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) berdasarkan atas Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 Tahun 2016 Kata Kunci: Standar Pelayanan Mininal (SPM), Pelayanan Publik, Penerapan DOI   https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1215
Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Di Desa Kesamben Kecamatan Kesamben Jombang Arianto, Irwan Dwi
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.494 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1216

Abstract

Desa memiliki hak atas anggaran yang diatur di UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa, desa juga diberikan tanggung jawab untuk melaporkannya secara akuntable, bersih dan transparan. Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) berserta pendukungnya dipersiapkan untuk menjadikan desa memiliki tata kelola pemerintahan yang cepat, efisien, transparan dengan tetap berpegang pada kearifan setempat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data melalui observasi partisipatori, indepth interview dan studi pustakauntuk menggali lebih mendalam bagaimana pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi di Desa Kesamben Kecamatan Kesamben Jombang. Pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam identifikasinya tampak pada beberapa aspek antara lain sumber daya manusia, sarana, prasarana. Terbatasnya sumber daya manusia yang berkemampuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi menjadi kendala pada pemanfaatan Sistem Informasi Desa berikut dengan belum memadainya jaringan internet.  Kata Kunci : Pemanfaatan TIK, Informasi Desa DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1216
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Menunggak Membayar Retribusi Surat Izin Pemakaian Tanah Di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Putri, Icha Juliana; Tukiman, Tukiman
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1213

Abstract

Penerimaan dari hasil retribusi merupakan salah satu pemasukan dana yang dapat diandalkan bagi daerah karena besarnya retribusi seiring dengan laju pertumbuhan penduduk, perekonomian, teknologi, dan stabilitas nasional. Agar tetap dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya, dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam membayar retribusi IPT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menunggak membayar surat Izin Pemakaian Tanah di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Tujuan Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah objek tunggakan retribusi IPT di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya yang terdata di Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Simpel Random Sampling. Jumlah sampel ditentukan 300 responden masyarakat wajib retribusi IPT. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Koefisien Spearman Rank. Hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh koefisien korelasi variabel X1 sebesar 0,90 yang berarti tingkat hubungan sangat tinggi. Koefisien korelasi variabel X2 sebesar 0,12 yang berarti tingkat hubungan sangat rendah dan koefisien korelasi variabel X3 sebesar 0,13 yang berarti tingkat hubungan sangat rendah. Variabel X1, X2, X3 telah dinyatakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penunggak retribusi IPT. Faktor yang berpengaruh terhadap tingkat penunggak retribusi IPT yakni faktor kesadaran (81%), faktor kualitas pelayanan (1,44 %) dan faktor sanksi denda (1,69 %). Kata kunci : Retribusi IPT, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Sanksi Denda DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1213
Strategi Komunikasi Pemasarandalam Upaya Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Magetan Suksmawati, Herlina
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.454 KB) | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1217

Abstract

Pariwisata merupakan sebuah industri hiburan yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang.Kebanyakan orang disibukkan dengan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari yang monoton, menyebabkan timbulnya suatu kejenuhan.Objek wisata menjadi hal yang menarik untuk diteliti, karena pada saat ini Kabupaten Magetan memiliki berbagai tempat wisata yang masih banyak belum dikembangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi komunikasi pemasaran dan hambatan DinasPariwisata  dalam upaya mengembangkan pariwisata Kabupaten Magetan. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran dan hambatan Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan dalam upaya mengembangkan pariwisata di Kabupaten Magetan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif memalui wawancara mendalam, serta observasi di lokasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata dengan melakukan tahapan pendataan/inventarisasi, perencanaan, dan pelaksanaan. Selanjutnya hambatan yang ditemukan dalam proses penyusunan strategi pemasaran adalah minimalnya komunikator, pesan, dan media serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.Kata Kunci :Strategi Komunikasi Pemasaran, Dinas Pariwisata, Kabupaten Magetan. DOI   https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1217
Pengaruh Tunjangan Sertifikasi Guru Dan Motivasi Serta Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Guru SMAN 1 Trenggalek Soetjipto, Noer
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1219

Abstract

Guru memilki peran yang sangat besar dalam pendidikan, dipundaknya dibebani suatu tanggung jawab atas mutu pendidikan. Maka dari itu guru harus mengembangakan dirinya dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Sekolah sekarang sudah dihadapkan pada persaingan dan teknologi yang tidak bersekala nasional akan tetapi sudah internasional, baik sekolah negeri maupun swata. Maka dari itu profesionalitas seorang guru harus diikuti oleh motivasi kerja guru dalam mengembangkan kurikulum disekolah akan berguna, apabila guru mempunyai keinginan, bertanggung jawab, minat, penghargaan dan meningkatkan dirinya dalam melaksanakan tugas kegiatan mengajar. Demikian halnya dengan kinerja guru ditentukan oleh tingkat sejauhmana profesionalime guru, motivasi dan lingkungan kerjanya  DOI   https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1219  
Pengaruh Program Gerakan Randegan Hijau Terhadap Partisipasi Masyarakat Desa Randegan Kab. Sidoarjo (Studi Komperatif Uji Wilcoxon Tingkat Partisipasi Sebelum & Sesudah Dilaksanakan Program Gerakan Randegan Hijau) Syarifah, Farichatus; Wibawani, Sri
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1212

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo yang kurang dalam program gerakan randegan hijau karena masyarakat masih terdapat sampah yang dibuang tidak pada tempatnya (dipinggir jalan, sungai, tempat-tempat umum, dll), membakar sampah sembarangan, dan tidak menjaga, memelihara, dan mengawasi lingkungan dari kotoran/sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh sebelum dan sesudah dilaksanakan program gerakan randegan hijau terhadap partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga Desa Randegan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Jumlah responden sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang diguanakan adalah metode komperatif uji wilcoxon dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan analisis data kuantitatif dengan perhitungan wilcoxon satu variabel dua sampel. Hasil penelitian ini adalah: 1) tingkat Tingkat partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo sebelum program gerakan randegan hijau berada pada kategori sedang dengan prosentase terbanyak sebesar 37%. 2) Tingkat partisipasi masyarakat Desa Randegan Kabupaten Sidoarjo sesudah dilaksanakan program gerakan randegan hijau berada pada kategori tinggi dengan prosentase terbanyak sebesar 54%. 3) Sesudah program gerakan randegan hijau tingkat partisipasi masyarakat terdapat perubahan yang paling banyak adalah partisipasi masyarakat dalam pembayaran retribusi yang memiliki prosentase sebesar 85%. 4) Uji hipotesis statistik wilcoxon, menghasilkan bahwa harga uji statistik Z hitung = 8,49  lebih besar dari harga/nilai kritis Z0,10 = 1,282 atau Z hitung = -8,36 lebih kecil dari harga/nilai kritis Z0,10 = -1,282 (ingat harga (-) tidak diperhitungkan karena harga mutlak). Jadi Z hitung lebih besar dari Z tabel. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa program gerakan randegan hijau berpengaruh signifikan terhadap peningkatan partisipasi masyarakat.  Maka dapat dinyatakan bahwa terbukti terdapat pengaruh program gerakan randegan hijau terhadap partisipasi masyarakat. Kata Kunci : Partisipasi, Program Gerakan Randegan Hijau DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1212
Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pendidikan KRS Online (Studi Pada Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH Unesa) Oktariyanda, Trenda A.; Meirinawati, Meirinawati; Rahayu, Tjitjik; Fanida, Eva H.; Ma’ruf, M. Farid; Kurniawan, Badrudin; Pradana, Galih W.
Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Governance
Publisher : Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33005/jdg.v8i1.1211

Abstract

Pesatnya perkembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM) memberikan pengaruh positif terhadap kinerja pelayanan publik.Hasil olah data melalui SIM tersebut diperuntukan bagikeperluan pimpinan untuk mengerjakan pekerjaan manajemen.dan pengambilan keputusan. Kualitasmanajemen dan pengambilan keputusan akan berdampak pada tinggi rendahnya tingkat kepuasan masyarakat. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga menerapkan SIM secara online dalam layanan pendidikannya, misalnya untuk pelayanan Kartu Rencana Studi (KRS).Layanan ini belum menunjukkan performa yang optimal karena masih ada beberapa kendala yang terjadi.Hal ini diindikasikan mampu mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa.Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian Survei Kepuasan Mahasiswa terhadap layanan KRS onlinekhususnya di Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan KRS online ini menggunakan beberapa indikator meliputi persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tariff, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan KRS Online mampu memberi kepuasan pada mahasiswaProgram Studi S1 Ilmu Administrasi Negara, FISH Unesa. Tingkat kepuasan yang dirasakan mahasiswa bahkan mencapai 3,69 untuk semua indikator penilaian.  Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen, Layanan KRS online, Kepuasan Masyarakat DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1211

Page 1 of 1 | Total Record : 9