cover
Contact Name
Translitera
Contact Email
ejournal@unisbablitar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ejournal@unisbablitar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
ISSN : -     EISSN : 25273396     DOI : -
Core Subject : Social,
Memuat artikel hasil penelitian dan kajian kritis bidang komunikasi dan media mengenai ilmu-ilmu sosial dan politik, humaniora, komunikasi, media dan terapannya.
Arjuna Subject : -
Articles 110 Documents
PELAYANAN PROGRAM POKOK POSYANDU DI DESA DOKO KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA Anwar Hakim Darajat
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.549 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.343

Abstract

Seiring arah kemajuan skema pembangunan, sudah diagendakan target kebijakan pembangunan di bidang kesehatan, hal tersebut sudah dituliskan di agenda Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2010-2014 di Bidang Kesehatan. Tujuan pembangunan kesehatan ditargetkan dapat mengantarkan pemenuhan kesejahteraan masyarakat yang dibuktikan dengan meningkatnya beragam indikator pembangunan Sumber Daya Manusia, contohnya meningkatnya derajat kesejahteraan pada tingkatan gizi masyarakat. Posyandu adalah salah satu model Kesehatan Bersumber Daya Manusia (UKBM) yang dilaksanakan, diatur dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan. Hasil penelitian adalah: Kesimpulannya adalah: (1) Pelayanan Program Pokok Posyandu bebas dapat diperoleh oleh siapa saja utaamanya yang sudah memiliki buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), (2) Pelaksanaan sudah sesuai dengan mekanisme pelayanan Program Pokok Posyandu dan mengikuti mekanisme Sistim 5 langkah yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan, (3) Waktu pemenuhan pelayanan sudah sesuai dengan prosedur, seperti untuk waktu pemberian Imunisasi dan Vitamin mengikuti ketentuan jadwalnya. (4) Kendala pelayanan dalam pelaksanaan Program Pokok Posyandu di Desa Doko adalah tentang Kader Posyandu yang masih kurang, sarana dan prasarana belum maksimal, (5) Kajian program posyandu di Desa Gandusari dari erspektif Sosiologi Keluarga bahwa program posyandu yang memperhatikan dan merawat kesehatan ibu dan anak berarti mendukung dan mensukseskan tercapainya keluarga yang sehat dan bahagia sejahtera dan sakinah mawadah warrohmah, Saran: Diharapkan pada stakeholder agar segera memberikan pembenahan Posyandu terkait pemenuhan jumlah kader yang kurang dan memberikan motivasi selalu kepada kader yang aktif.
Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak ( Studi pada TBM Laskar Pelangi di Dusun Gangsri ) Apriliya Tri Wulandari; Andiwi Meifilina
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7452.502 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.345

Abstract

TBM atau taman baca masyarakat merupakan suatu instansi atau lembaga non formal yang bergerak dibidang pendidikan dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa terutama meningkatkan minat baca suata masyarakat daerah tersebut. Saat ini minat baca sangatlah rendah sehingga TBM haruslah mampu ataupun bekerja keras guna mengupayakan agar anak-anak untuk minat dan suka untuk membaca karena selain menambah ilmu membaca secara tidak langsung dapat menambah wawasan kita terhadap hal-hal baru yang sebelumnya belum kita ketahui. Namun semua itu harus didukung oleh motivasi dan dorongan dari dalam maupun dari luar diri pribadi.Dorongan sangatlah diperlukan sebab dengan adanya dorongan dapat menjadikan sebagai motivasi serta alat pedukung bagi anak itu sendiri guna selalu meningkatkan minat bacanya seperti dukungan dari pihak keluarga yang sangatlah berperan penting dalam ini sebab kelurga adalah orang terdekat yang setiap saat bertemu selain itu keluarga juga sangat sensitive dalam pengawasan terhadap anak. Dengan masalah yang terjadi seperti itu TBM laskar pelangi berusaha untuk selalu memanfaatkan waktu dengan baik dengan berupaya menciptakan program ataupun kegiatan yang dapat membantu meningkatkan minat baca anak.Program ataupun kegiatan itu merupakan upaya yang dilakukan oleh TBM Laskar Pelangi dalam meningkatkan minat baca pada anak di dusun gangsri. Program andalan di TBM Laskar Pelangi adalah kegiatan belajar kelompok, mendongeng, belajar dengan system bermain atau game, penayangan film berbasis pendidikan. Untuk mengetahui semua upaya tersebut peneliti melakukan penelitian lebih detail dengan mengunakan langkah-langkah yaitu wawancara, observasi dan penarikan kesimpulan dari 3 sumber terdiri dari 2 pengurus TBM Laskar Pelangi dan seorang pengunjung yang terdapat pada TBM Laskar Pelangi.
SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN KRIPIK GEDEBOG (Studi Di UMKM BOHAYA Wonodadi Blitar) Diana Elvianita; Ulfa Tia Febrina
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5452.403 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.346

Abstract

UMKM that exist at this time has been very rapid development even more numerous compared to large businesses. This is because the capital is very simple and not too much one can build a business with relatively low risk. The development of UMKM in Blitar, one of which is UMKM Gedebog chips. This study was done to solve the problems faced by UMKM Gedebog chips, especially in the sales accounting system. In conducting the study, the authors used a method of analysis and design methods. The method of analysis conducted by the study of literature, especially studying the books of literature relating to the accounting system of sales at the library, a survey on the current system, includes interviews with the owners of UMKM chips Gedebog and direct observation on the object of research to accumulate the results of the study followed by studying and analyze the results of the sale of the existing accounting system to find a solution the development of a better system. It can be concluded that the sales accounting system are the accounting system as simple as a system for recording sales transactions were executed manually. From the results of this study concluded that the accounting system of sales in the UMKM has been using a good accounting system, the sales department has been doing recording order goods by issuing a memorandum in 2 first sheet to the warehouse which was then matched with goods and handed over to the shipping department and then submitted to the buyer. The second sheet for the financial part that is inserted into a simple recording of the financial statements.
Pengaruh Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Empati, Bukti Fisik Kepada Kepuasan Pelanggan Supermarket Sea Mart Lu'lu Ul Maknunah
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6284.693 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.347

Abstract

Supermarket Sea Mart merupakan supermarket terletak di Kota Blitar. Persaingan yang ketat membuat setiap supermarket harus dapat memenuhi kepuasaan pelanggannya. Penelitian ini berada dalam jenis penelitian kuantitatif untuk mencari tahu mengenai pertama daya tanggap, kedua bukti fisik, ketiga empati, keempat jaminan dan kelima kehandalan, (yaitu variabel bebas) yang memiliki pengaruh kepada kepuasan pelanggan (merupakan variabel terikat) di Supermarket Sea Mart. Hasil penelitian didapatkan dengan menyebar kuesioner untuk 100 pelanggan Sea Mart. Berdasarkan pengolahan hasil kuesioner dapat diketahui kelima variabel bebas memberi pengaruh secara simultan dan juga parsial kepada variabel terikat. Pengaruh kelima variabel adalah 71% kepada variabel terikat.
PERAN MODAL SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MARKETING PRODUK TELKOMSEL di Telkomsel Distribution Center (TDC) Wlingi) Novi Catur Muspita
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3651.615 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.348

Abstract

Modal sosial menjadi perlu dan penting untuk pengembangan marketing produk Telkomsel di Telkomsel Distribution Center (TDC) Wlingi .Memetakan modal pemasaran adalah suatu yang sangat utama bagi institusi yang mana untuk meraih target yang direncanakan. Memetakan rencana marketing menjadi pondasi bagi kontinuitas suatu institusi dalam melayani customer baik dibidang jasa maupun barang pada ujungnya adalah memdapatkan laba. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran modal sosial untuk mengembangkan pemasaran yang diterapkan oleh Telkomsel, (2) Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan Telkomsel Distribution Center. (TDC) wlingi. Metode penelitian adalah kualitatif. Kesimpulannya adalah modal sosial sangat utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada customer sesuai model 4P yaitu place (tempat), product (produk), price (harga) dan promotion (promosi). menerapkan strategi pemasaran menghadapi macm-macam hambatan seperti protes dari pelanggan, kurang lebarnya jaringan BTS, persaingan pihak kompetitor dan lain sebagainya
MODEL GUYUP REMBUG DALAM PENYELESAIAN KONFLIK : PADA KONFLIK ANTARA FORPAK DENGAN KARANG TARUNA DI DESA SIDODADI Anam Miftakhul Huda
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.39 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i2.349

Abstract

Organisasi kepemudaan tumbuh dan berkembang sejalan dengan sejarah perkembangan bangsa. Sejarah perkembangan bangsa, organisasi kepemudaan merupakan salah satu wadah untuk menampung aspirasi pemuda dengan implementasinya yakni gotong royong antar pemuda untuk membantu negara, sebagai wujud kontribusi membangun dan membebaskan bangsa pada era penjajahan. Konflik merupakan sesuatu yang melekat dalam kehidupan manusia baik secara pribadi maupun antar kelompok. Konflik bukan sesuatu yang perlu ditakuti atau dihindari tetapi yang terpenting bagaimana masyarakat mampu untuk mengelola serta menyelesaikan secara benar agar konflik tersebut menjadi sesuatu yang positif bagi bersama melalui strategi yang tepat dalam penyelesaiannya. Penelitian ini ditujukan untuk melihat strategi yang digunakan oleh pemerintah desa dalam menyelesaikan konflik yang terjadi antara organisasi yang ada pada desa sidodadi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif dengan sistem wawancara terbuka pada beberapa informan yang dipilih. Penelitian ini menilai bahwa kebijakan atau sistem yang digunakan oleh pemerintah desa selaku penengah dalam konflik ini sangat tepat dengan sistem yang dikenal dengan nama Guyup Rembug selain karena efisiensinya, sistem ini juga merupakan sistem penyelesaian konflik yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan secara adil dan bijaksana oleh pengambil keputusan pada sistem Guyup Rembug ini.
UPAYA KONVERGENSI TELEVISI LOKAL MELALUI PROGRAM BERITA BERBAHASA LOKAL ( Kajian Terhadap Program Berita JTV : Pojok Kampung, Pojok Medhureh, dan Pojok Kulonan menggunakanCommunication Accomodation Theory-CAT ) Andiwi Meifilina
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.95 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i2.350

Abstract

The phenomenon of the existence of the mass media through which the local television program for viewers to give plenty of options in accordance with the language and culture of each as well as a means of communication to understand the language of different cultures within a single province. JTV stands for Java Pos Television merpakan largest local television station in East Java Province and is the first local television in Indonesia which was established as a locally based broadcasters with the cultures of East Java are highly diverse. There are several languages used as languages of East Java community Suroboyoan wetanan inherent in citizens of Surabaya, Sidoarjo, Malang and Mojokerto. Further languages are attached to the Madurese community Pasuruan, Probolinggo, Jember and Lumajang and Mataraman Java language that is identical to the citizens of East Java Kulonan Blitar, Tulungagung, Kediri and Madiun.JTV accommodate the different variety of language through news programs' Corner Village (Suroboyoan language), corner Medhureh (Madura language), corner Kulonan (Javanese Kromo).
Organisasi Kepemudaan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatan Partisipasi Masyarakat Desa Darungan Kecamatan Wlingi Ardina Prafitasari; Ferida Asih Wiludjeng
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.425 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i2.351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Organisasi Bina Pemuda dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di Desa Darungan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Dalam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana dalam metode ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati sehingga diperoleh informasi, keterangan dan berupa hasil-hasil pengamatan. Dalam penelitian ini penulis mengamati secara langsung saat Organisasi kepemudaan melakukan kegiatan bermasyarakat, dan juga melakukan wawancara dengan ketua organisasi serta salah satu anggota Organisasi Bina Pemuda yang aktif dimana hasilnya nanti akan dipaparkan dalam penjelasan berdasarkan penelitian tersebut.Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam kegiatan yang diadakan di desa oleh Organisasi ini masyarakat desa telah ikut berkontribusi dalam banyak kegiatan di masyarakat. Dengan mengimplementasikan program kerja organisasi ini ke dalam bentuk sebuah kegiatan akan menunjukkan keberhasilan organisasi ini dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di kegiatan yang ada di desa. Dengan ikut berpartisipasinya pemuda-pemuda di organisasi ini maka akan menumbuhkan jiwa sosial dan kesedaran betapa pentingnya ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat. Masyarakat akan lebih aktif dan desa pun menjadi ramai dengan kegiatan-kegiatan yang positif.
PERANAN POSYANDU HARAPAN BUNDA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARKAT (Studi pada Dusun Paraan Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar) Khusnul Nur Hidayah; Diana Elvianita Martanti
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.519 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i2.352

Abstract

Posyandu merupakan organisasi yang di buat oleh pemerintah baik secara struktural maupun pendanaan dibidang kesehatan yang diselenggarakan oleh masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat guna meningkatkan kualitas kesehatan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang lebih baik. Posyandu Harapan Bunda telah memiliki peranan penting dalam melakukan penyuluhan masyarakat terutama dikalangan bawah untuk ikut serta dalam program - program kesehatan masyarakat yang ada di Dusun Paraan supaya kesehatan di dusun Paraan semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peranan dan program di Posyandu Harapan Bunda dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di dusun Paraan desa Plosorejo yang ada di kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data, wawancara, dan dokumen - dokumen lainnya. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2016 di Dusun Paraan Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran posyandu dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang telah dilakukan warga di Dusun Paraan adalah melalui program posyandu. Kegiatan-kegiatan di posyandu Harapan Bunda adalah posyandu Balita, Ibu Hamil, dan posyandu lansia. Warga dapat dengan mudah dalam memperoleh pelayanan kesehatan seperti Imunisasi, pemeriksaan tensi, pemeriksaan kesehatan, Keluarga berencana (KB), penimbangan bayi dan balita, penyuluhan, program Kebun Sayur Sehat Balita, Ibu Hamil Sehat, pemantauan jentik, program kolam sehat balita, program senam sehat lansia serta kebun TOGA sehat. Suksesnya program posyandu Harapan Bunda di dusun Paraan tergantung dari aktif atau tidaknya partisipasi masyarakat di dusun Paraan untuk menyukseskan program tersebut. Peran aktif masyarakat penting untuk kelancaran dan keberhasilan program posyandu Harapan Bunda di Dusun Paraan Desa Plosorejo.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ES KRIM KHAS KOTA BLITAR ES DROP DI MAKAM BUNG KARNO Niken Ayu Nur Rohmah; Hery Suprayitno
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.781 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i2.353

Abstract

Blitar adalah kota yang menyimpan banyak sejarah dan keindahan alam di dalamnya. Keunikan dan keindahan kota ini didukung oleh budaya dan kuliner yang tidak ada di kota lain, seperti es drop. Es drop adalah sejenis es krim yang berasal dari kota Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran es drop agar bertahan di era modern seperti sekarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dalam bentuk wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasilnya berupa analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa: (1) ada hal positif tentang es drop dibanding es krim pada umumnya; (2) inovasi memegang peranan penting dalam pemasaran; (3) harga dan lokasi penjualan perlu dipertimbangkan dalam mempersiapkam strategi pemasaran.

Page 1 of 11 | Total Record : 110