cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
saptaandy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL PENA EDUKASI
Published by Smart Education
ISSN : 24070769     EISSN : 25494694     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018" : 6 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Kasmin, Kasmin
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.298 KB)

Abstract

Abstract: This researcher is done with the aim to know the improvement of learning result of student history through Mind Mapping learning model. Subjects in this study were students of class IX.6 with a total of 36 students. The instrument used is a test in the form of a matter of reflection. the instrument used is a test in the form of multiple problems. The results obtained on the initial test there are 10 complete students (classical completeness 27.78%) with an average test score of 55.83 with low ability category. After the cycle 1 of the results of the test cycle 1 total number of students who completed there are 20 students (55.56% classical completeness) with average test scores 68.06 medium category. In cycle 2 of test result of cycle 2, there were 31 students who have obtained learning completeness (75%) with average test score of 75 high category. Thus it can be concluded that Mind Mapping strategy can improve the learning result of Art Art Culture of Pure Fine Art of Nusantara in Class IX.6 SMP Negeri 1 Kisaran academic year 2016/2017. Keywords: mind mapping, Fine Art Nusantara Abstrak: Peneliti ini dilakukan dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah siswa melalui model pembelajaran Mind Mapping. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.6 dengan jumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berupa soal refleksi. intrument yang digunakan adalah tes yang berupa soal berganda. Hasil penelitian diperoleh pada tes awal terdapat 10 orang siswa yang tuntas (ketuntasan klasikal 27,78%) dengan rata-rata nilai tes 55,83 dengan kategori kemampuan rendah. Setelah dilakukan siklus 1 dari hasil tes siklus 1 jumlah siswa yang tuntas ada 20 siswa (ketuntasan klasikal 55,56%) dengan rata-rata nilai tes 68,06 kategori sedang. Pada siklus 2 dari hasil tes siklus 2 terdapat 31 siswa yang telah memperoleh ketuntasan belajar (75%) dengan rata-rata nilai tes 75 kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya Materi Seni Rupa Murni Nusantara di Kelas IX.6 SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: mind mapping, reni rupa murni nusantara
Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Ratdriani, Ratdriani
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.069 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to determine the improvement of learning outcomes of Art Culture students on the material Simple Musical Instruments in class VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran academic year 2017/2018. The subjects of this study are students of class VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran as many as 32 people. The object of this research is the result of student learning using Picture and Picture learning model in Simple Music Material material. The research instrument used is multiple choice test and observation. Based on the research results obtained pretest average value of 48.33. After giving the action on the first cycle there were 15 people (46.88%) of the 32 students who achieved the minimum mastery criteria with an average score of 69.37. In cycle II there were 30 people (93.75%) who achieved the minimum mastery criteria with an average score of 85.27. Increased student learning outcomes by 41.66%. Student learning activities during the learning process show a better improvement. Because it has fulfilled classical learning completeness and increased from cycle I to cycle II it can be concluded that with the use of Picture and Picture learning model can improve students' learning achievement of Art Culture on Simple Musical Instrument material in class VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran academic year 2017/2018. Keywords: picture and picture, simple musical instruments. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Seni Budaya siswa pada materi Alat Musik Sederhana di kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran sebanyak 32 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada materi Alat Musik Sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 48,33. Setelah pemberian tindakan pada siklus I terdapat 15 orang (46,88%) dari 32 orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 69,37. Pada siklus II terdapat 30 orang (93,75%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata 85,27. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 41,66%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Karena telah memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkam bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya siswa pada materi Alat Musik Sederhana di kelas VII.1 SMP Negeri 1 Kisaran Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: picture and picture, alat musik sederhana.
Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Resource Based Learning Sirait, Kristianus
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.95 KB)

Abstract

Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tinda-kan Kelas Untuk Guru. Ban-dung: Yuma Widya. Bahri, Syaiful & Zain, Aswan (2005). Strategi Belajar Mengajar. Ja-karta: Rineka Cipta. Dimyati. 2002. Belajar dan Pembela-jaran. Jakarta: Rineke Cipta. Gulo, W. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo Mulyasa, E. 2007. Implementasi Ku-rikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Bela-jar. Yogyakarta: Pustaka Bela-jar. Sadirman. 2011. Interaksi dan Moti-vasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta. Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta. Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembela-jaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group Pakpahan, S. P., & Sapta, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CATUR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(1), 83-90. Sapta, A., & Marchi, R. F. The Development of Modelling The Way Learning In The Course of The Mathematics Curriculum of Junior High School. Sapta, A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNINGTERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2). Sapta, A. (2007). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Doctoral dissertation, UNIMED). Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 1(1), 73-79. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta Syah, Muhibbin (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Talking Chips Sinurat, Yahya
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.081 KB)

Abstract

Abstract: The study aims to determine whether learning Talking Chips can improve student learning outcomes on the subjects of Civics grade IV SD Negeri 016528 BP. Mandoge academic year 2015/2016. The subject of this research is the fourth grade students of SD Negeri 016528 BP. Mandoge with 41 people. This research method is pre-test and post-test experimental group. From pengelolahan data obtained the average score obtained by students on the first cycle of 64.39. Of the 41 students, 24 students (58.54%) were completed in study while 17 students (41.46%) had not yet completed their study. Then on the second cycle there is an increase in the average value to 77.32. Of the 41 students, 35 students (85.37%) have experienced learning completeness, while 6 more students (14.63%) have not succeeded. Based on the increase of value starting from the initial test, cycle I and cycle II can be said that by using Talking Chips learning model can improve student learning outcomes in class IV SD Negeri 016528 BP. Mandoge on Civics subject matter of central government system Keywords: talking chips, government, central government Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 016528 BP. Mandoge Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 016528 BP. Mandoge dengan jumlah 41 orang. Metode penelitian ini adalah pre-test dan post-test eksperimental group. Dari pengelolahan data diperoleh hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 64,39. Dari 41 siswa, 24 orang siswa (58,54%) telah tuntas dalam belajar sedangkan 17 orang siswa (41,46%) belum tuntas dalam belajar. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 77,32. Dari 41 orang siswa, 35 orang siswa (85,37%) telah mengalami ketuntasan belajar, sedangkan 6 orang siswa lagi (14,63%) belum berhasil. Berdasarkan peningkatan nilai mulai dari tes awal, siklus I dan siklus II dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 016528 BP. Mandoge pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan tingkat pusat Kata kunci: talking chips, pemerintah, pemerintahan tingkat pusat
Peningkatan Hasil Belajar SBK Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching Learning Aritonang, Fajar Mangisi
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.382 KB)

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to improve student learning outcomes of class VII-C SMP Negeri 1 Stabat academic year 2017/2018. Intrumen data collector in the form of written test and teacher activation observation sheet in applying Contextual Teaching Learning method (CTL). The results of the study are: (1) In the first cycle found from 32 students of class VII-C obtained 19 people complete learning or about 59.4% and 13 people or about 40.6% unfinished; (2) In the second cycle was found from 32 students of class VII-C obtained 28 people complete learning or about 87.5% and 4 people or about 12.5% unfinished; (3) The result of observation of CTL method implementation by teacher obtained the result in cycle I, the value of 77,38 with the category Skilled enough and in Cycle II, value 92,85 with the category "Highly Skilled. It can be concluded that the appropriate CTL method used in SBK subjects, especially the material "appreciate the local music" is shown by the improvement of student learning outcomes. Keyword: contextual teaching learning, works of music Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Stabat kabupaten Langkat TP. 2017/2018. Intrumen pengumpul data berupa tes tertulis dan lembar observasi aktivtas guru dalam menerapan metode Contextual Teaching Learning (CTL). Adapun hasil penelitian tersebut adalah: (1) Pada siklus I ditemukan dari 32 siswa kelas VII-C diperoleh 19 orang tuntas belajar atau sekitar 59,4% dan 13 orang atau sekitar 40,6% tidak tuntas; (2) Pada siklus II ditemukan dari 32 siswa kelas VII-C diperoleh 28 orang tuntas belajar atau sekitar 87,5% dan 4 orang atau sekitar 12,5% tidak tuntas; (3) Hasil observasi penerapan metode CTL oleh guru diperoleh hasilnya pada siklus I, nilai 77,38 dengan kategori Cukup terampil dan pada Siklus II, nilai 92,85 dengan kategori “Sangat Terampil. Dapat disimpulkan bahwa metode CTL tepat digunakan pada mata pelajaran SBK khususnya materi ”mengapresiasi karya musik setempat” ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci: contextual teaching learning, karya musik
Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Marhama, Marhama
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.513 KB)

Abstract

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Basuki W. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Dimyanti dan Mujiono. 2009. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Media Persada Istarani. 2012. 58 Model Pembelaja-ran Inovatif. Medan: Media Persada Saputra, L., dkk. 2014. Bahasa Indo-nesia, Jakarta: Pusat Kuriku-lum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud Pakpahan, S. P., & Sapta, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CATUR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Panjaitan, D. J. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(1), 83-90. Sapta, A., & Marchi, R. F. The Development of Modelling The Way Learning In The Course of The Mathematics Curriculum of Junior High School. Sapta, A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNINGTERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2). Sapta, A. (2007). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Doctoral dissertation, UNIMED). Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 1(1), 73-79. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sormin, Darliana. 2016. Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. Jurnal Fitrah, 2 (1): 117-130. Sudjana, N., dkk.. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP Kementerian Pendidikan Nasional. Sudjana, N. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Yetti, Y. (2017). Upaya Memotivasi Semangat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Integreted Reading and Composition Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL GLOBAL EDUKASI, 1(3), 415-419.

Page 1 of 1 | Total Record : 6