cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
saptaandy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL PENA EDUKASI
Published by Smart Education
ISSN : 24070769     EISSN : 25494694     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018" : 10 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMBACA DAN MENULIS CEPAT MELALUI METODE CIRC Sitorus, Hotmauli
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.229 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research in general aims to improve the quality of learning for third grade students of SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu. Specifically aimed at: (1) Increasing Learning Achievement in Fast Reading and Writing Through the CIRC Method On Thematic Lessons for Class III Students SDN 010047 Sei Alim Ulu distric Air Batu academic year 2017/2018; (2) Describe the management of thematic learning by the teacher; This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. This classroom action research was conducted in class III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu, which amounted to 34 students. The subjects of this study were class III teachers and third grade students SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu, data were collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keywords: Learning Achievement, CIRC Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu. secara khusus bertujuan untuk : 1. Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Membaca dan Menulis Cepat Melalui Metode CIRC Pada Pelajaran Tematik Siswa Kelas III SDN 010047 Sei Alim Ulu Kec. Air Batu TP. 2017/2018 ; 2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tematik oleh guru ; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu yang berjumlah 34 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan siswa kelas III SD Negeri 010047 Sei Alim Ulu, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Prestasi Belajar, CIRC
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Zebua, Gantinur
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.559 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to find out whether the application of the investigation group learning model can improve learning outcomes in the subject matter of building space for students in Class IX-B of SMP Negeri 3 Gunungsitoli. This research is a classroom action research which in its implementation is divided into three stages, namely pre cycle, cycle I and cycle II. In the pre cycle, the learning outcomes and learning activeness of students are obtained from 1 year ago. In cycles I and II consists of planning, implementation, observation and reflection. The results of observation and reflection will be used as reference material for the implementation of the next cycle. So that the process and results of the implementation of the next cycle are expected to be better than the previous cycle. The results showed that the pre-cycle obtained the average learning outcomes and learning completeness in the pre-cycle were 52.97 and 26.32%. After doing the first cycle the average learning outcomes and learning completeness experienced an increase of 57.89 and 52.63%. In the second cycle after a reflection of the implementation of the action in the second cycle has increased, the average learning outcomes and learning completeness is 74.90 and 91.89%. Keywords: Learning Outcomes, Group Investigation Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok bangun ruang bagi peserta didik Kelas IX-B SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dalam pelaksanaannya dibagi dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik diperoleh dari 1 tahun yang lalu. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 52.97 dan 26.32%. Setelah dilakukan siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu menjadi 57.89 dan 52.63%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 74.90 dan 91.89%. Kata kunci: Hasil Belajar, Group Investigation
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION Mendrofa, Harazaki
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.922 KB)

Abstract

Abstract: This study is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of two meetings and through four stages: planning, action, observation, and reflection. Subjects in this study were students of Class IV / A SD Negeri 070977 Gunungsitoli academic year 2016/2017 school year. Data collection techniques used are test and non-test techniques. Indicators of the success of this study include the percentage of student learning activities of at least 75%, the average grade of ≥75 with the percentage of classical learning completion of at least 75%, and the minimum teacher performance score of 71 (B). Based on the implementation of the first cycle the value of teacher performance was 83.08 (AB). In the second cycle, the value of teacher performance increased to 89.17 (A). Student learning activities reached 65.12% and in the second cycle increased to 79.87%. In cycle I, the average value of student learning outcomes reached 70.67 with the percentage of classical learning completion of 66.67%. Meanwhile, in the second cycle the average value of student learning outcomes increased to 81.67 with a percentage of classical learning completion of 93.33%. Based on the results of these studies it can be concluded that the application of STAD type cooperative learning models can improve teacher performance, student learning activities, and student learning outcomes. Keyword: Globalization, Student Team Achievment Division (STAD) Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas IV/A SD Negeri 070977 Gunungsitoli Tahun ajaran 2016/2017.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi persentase aktivitas belajar siswa sekurang-kurangnya 75%, rata-rata nilai kelas ≥75 dengan persentase tuntas belajar klasikal sekurang-kurangnya 75%, dan nilai performansi guru minimal 71 (B). Berdasarkan pelaksanaan siklus I nilai performansi guru sebesar 83,08 (AB). Pada siklus II, nilai performansi guru meningkat menjadi 89,17 (A). Aktivitas belajar siswa mencapai 65,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,87%. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai 70,67 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 66,67%. Sementara itu, pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 81,67 dengan persentase tuntas belajar klasikal sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Globalisasi, Student Team Achievment Division (STAD)
MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Ernani, Tauhida
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.196 KB)

Abstract

Abstract: Class action research in general aims to improve the quality of learning for first grade students SD Negeri 013849 Siumbut-Umbut. specifically aimed at: (1). Increasing student learning outcomes; (2). Describe the management of thematic learning by teachers; (3). Applying Thematic Learning Model As Effort In Improving Learning Outcomes With Your Own Self-Esteem Theme Class I SD Negeri 013849 Siumbut-Umbut district East Kisaran City academic year 2017/2018. This class action study is conducted in 2 cycles, each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Class action research was conducted in the first grade of SD Negeri 013849 Siumbut-Umbut which consisted of 28 students. The subjects of this study were first class teachers and first class students SD Negeri 013849 Siumbut-Umbut, data were collected through observations, interviews, tests, and documentation studies. Keywords: Thematic Learning, Learning Outcomes Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas I SDN 013849 Siumbut-Umbut. secara khusus bertujuan untuk: (1). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa; (2). Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Tematik oleh guru; (3). Menerapkan Model Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Materi Tema Diri Sendiri Siswa Kelas I SDN 013849 Siumbut-Umbut Kec. Kota Kisaran Timur TP. 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas I SDN 013849 Siumbut-Umbut yang berjumlah 28 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I SDN 013849 Siumbut-Umbut, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN Darmi, Darmi
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.622 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research generally aims to improve the quality of learning for students in class V SD Negeri 010050 Hessa Perlompongan. specifically aimed at: (1) Increasing Learning Interests and Achievements through Learning Models Exchange of Material Pair of Figures History of Hindu Buddhism and Islam in Indonesia Students of Class V SD Negeri 010050 Hessa Perlompongan district Air Batu academic year 2017/2018; (2) Describe the management of social studies by teachers; This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. This classroom action research was carried out in class V SD Negeri 010050 Hessa Perlompongan totaling 31 students. The subjects of this study were grade V teachers and fifth grade students of SD Negeri 010050 Hessa Perlompongan, data were collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keyword: Interests, Learning Achievements, Couple Exchange Learning Models Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas V SDN 010050 Hessa Perlompongan. secara khusus bertujuan untuk : 1. Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Materi Tokoh Sejarah Hindu Buddha dan Islam di Indonesia Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 010050 Hessa Perlompongan Kec. Air Batu TP. 2017/2018; 2. Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran IPS oleh guru ; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas V SDN 010050 Hessa Perlompongan yang berjumlah 31 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 010050 Hessa Perlompongan, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Minat, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Bertukar Pasangan
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL Lase, Asmawati
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.567 KB)

Abstract

Abstract: This type of research is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were teachers and students of Class III / a SD Negeri 070977 Gunungsitoli, as many as 41 students consisting of 28 male students and 13 female students. The application of the TGT cooperative model using audiovisual media is able to improve the quality of learning in Civic Class III / a Gunungsitoli 070977 Public Elementary School. Quality improvement is indicated by increasing teacher skills, student activities, and student learning outcomes. This research was conducted in three cycles with each cycle consisting of one meeting. Learning outcomes data in the first cycle reached classical completeness of 68.29% and experienced an increase of 29.37% from the initial condition. In the implementation of the second cycle of action obtained classical completeness of 78.05%. Furthermore, in the implementation of the action of the third cycle obtained the completeness of learning outcomes in a classical manner amounting to 85.37% and has achieved a predetermined success indicator, namely, 80% with KKM in Civics subjects amounting to 62. Keywords: Quality of Learning, TGT Abstrak: Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah guru beserta siswa Kelas III/a SD Negeri 070977 Gunungsitoli, sebanyak 41 siswa yang terdiri atas 28 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penerapan model kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media audiovisual mampu meningkatkan kualitas pembelajaran PKn Kelas III/a SD Negeri 070977 Gunungsitoli. Peningkatan kualitas tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Data hasil belajar pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 68,29% dan mengalami peningkatan 29,37% dari kondisi awal. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 78,05%. Selanjutnya, pada pelaksanaan tindakan siklus III memperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 85,37% dan telah mencapai indikator kaberhasilan yang telah ditetapkan yaitu, 80% dengan KKM pada mata pelajaran PKn sebesar 62. Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, TGT
UPAYA MENERAPKAN METODE ARTIKULASI UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA LANCAR Putra, Dipa Satria
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.787 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research in general aims to improve the quality of learning for VII grade students of SMP Negeri 1 Sei Kepayang distrcit Asahan. specifically aimed at: (1) Efforts to Implement Articulation Methods to Overcome Current Reading Difficulties with Basic Material Impressive Experiences in Indonesian Language Subjects for Grade VII Students of Sei Kepayang 1 Junior High School District. Asahan TP. 2017/2018; (2) Describe the management of Indonesian language learning by teachers. This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. Classroom action research was carried out in class VII of SMP Negeri 1 Sei Kepayang distrcit Asahan which numbered 31 students. The subjects of this study were Grade VII Indonesian Language Teachers and VII grade students of SMP Negeri 1 Sei Kepayang distrcit Asahan data is collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keyword: Articulation Method, Difficulty Reading Smoothly Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sei Kepayang kab. Asahan. secara khusus bertujuan untuk: (1) Upaya Menerapkan Metode Artikulasi Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Lancar Dengan Materi Pokok Pengalaman Mengesankan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 1 Sei Kepayang Kab. Asahan TP. 2017/2018; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Bahasa Indonesia oleh guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas VII SMPN 1 Sei Kepayang kab. Asahan yang berjumlah 31 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII dan siswa kelas VII SMPN 1 Sei Kepayang Kab. Asahan, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Metode Artikulasi, Kesulitan Membaca Lancar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Laoli, Yustina
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.291 KB)

Abstract

Abstract: The problem examined in this study is the low learning outcomes of science students in the learning process. The purpose of this study is to find out by applying the Problem Based Learning Model will improve student learning outcomes in the subject matter of changing the nature of objects in Class V-A of SD Negeri 070981 Fodo Academic Year 2015/2016. This research is a Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles, where each cycle consists of four stages, namely, planning, action, observation, and reflection. Data collection techniques used are tests of student learning outcomes. The results showed that the average score of the pretest before the action was 42.32 where 25% of students who met the standards of learning completeness, after the first cycle was held, the average score was 65.00 with 62.5% had reached the standard of learning completeness and after the action was taken. in cycle II the average value obtained was 80.87 with 95.75% of students who had met the standard of learning completeness. Thus the application of the Detailed Response model in class V-A can increase the average student learning outcomes of students from cycle I to cycle II with an increase of 15.87 points. Keyword: Learning Outcomes, Problem Based Learning Abstrak: Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah akan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok perubahan sifat benda di Kelas V-A SD Negeri 070981 Fodo Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretes sebelum diadakannya tindakan adalah 42,32 dimana 25% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan siklus I skor rata-rata adalah 65,00 dengan 62.5 % telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakan tindakan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 80,87 dengan 95,75 % siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Dengan demikian penerapan model Respon Terinci di kelas V-A dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan 15,87 poin. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP Zendrato, Idaman
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.591 KB)

Abstract

Abstract: The Team Assisted Individualization cooperative learning model is learning that combines the advantages of cooperative learning and individual learning. This type is designed to overcome student learning difficulties individually. Limitation of the problem in this study is limited to the low understanding of students' concepts on mathematics subjects especially in integer material and learning which is dominated by teachers so students are less involved in learning. The formulation of the problem in this study is whether the application of the scientific approach through cooperative learning models Team Assisted Individualization types can improve understanding of concepts in integer material. So the purpose of this study was to determine whether the application of the scientific approach through cooperative learning models Team Assisted Individualization type can improve concept understanding of integer material and to describe the process of applying the scientific approach through the Team Assisted Individualization (TAI) type cooperative learning model. From the learning process that researchers did in the first (first) cycle the average learning outcomes reached 72. In the second cycle (two) the average learning outcomes reached 85. Keywords: Contextual Approach, Team Assisted Individualization (TAI) Abstrak: Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization adalah pembelajaran yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Tipe ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Batasan masalah dalam penelitian ini terbatas pada rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi bilangan bulat dan pembelajaran yang didominasi oleh guru sehingga siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi bilangan bulat. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi bilangan bulat dan untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Dari proses pembelajaran yang peneliti lakukan pada siklus I (pertama) rata-rata hasil belajar mencapai 72. Pada siklus II (dua) rata-rata hasil belajar mencapai 85. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Team Assisted Individualization (TAI)
MENUMBUHKAN MINAT DAN KREATIFITAS MELALUI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN Arnila, Arnila
JURNAL PENA EDUKASI Vol 5, No 3 (2018): Mei 2018
Publisher : JURNAL PENA EDUKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.162 KB)

Abstract

Abstract: Classroom action research generally aims to improve the quality of learning for students in grade IV SD Negeri 010083 Kisaran Kota. Specifically aimed at: (1) Efforts to Grow Interest and Creativity Through Learning Methods Discovery Learning Operational Materials to Calculate Grade IV Students' Mathematics Lesson SD Negeri 010083 Kisaran Kota discrit Kota Kisaran Barat academic year 2017/2018; (2) Describe the management of mathematics learning by the teacher; This classroom action research is carried out in 2 cycles, each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. Classroom action research was conducted in class IV SD Negeri 010083 Kisaran Kota totaling 42 students. The subjects of this study were fourth grade mathematics teachers and fourth grade students of SD Negeri 010083 Kisaran Kota, the data were collected through observation, interviews, tests, and documentation studies. Keywords: Interest, Creativity and Discovery Learning Abstrak: Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik kelas IV SDN 010083 Kisaran Kota. secara khusus bertujuan untuk: (1) Upaya Menumbuhkan Minat dan Kreatifitas Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Materi Operasi Hitung Bilangan Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 010083 Kisaran Kota Kec. Kota Kisaran Barat TP. 2017/2018; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran matematika oleh guru ; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas IV SDN 010083 Kisaran Kota yang berjumlah 42 orang siswa. Subjek penelitian ini adalah guru Matematika kelas IV dan siswa kelas IV SDN 010083 Kisaran Kota, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, test, dan study dokumentasi. Kata kunci: Minat, Kreatifitas dan Discovery Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 10