cover
Contact Name
Sukma Murni
Contact Email
sukmamurni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
collase.journal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
ISSN : 26144085     EISSN : 26144093     DOI : -
Core Subject : Education,
Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on regional and national level.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sdn 157 Sukaraja Kota Bandung) Winarti, Winda; Haerani, Isna; Muftianti, Agni
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.436 KB)

Abstract

Latar belakang observasi ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran matematika. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa, perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui sikap belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.Observasi ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan desain observasi Nonequivalent Control Group Design. Kemampuan berpikir kritis siswa diuji dengan menggunakan t-test independent sampel menghasilkan skor rerata thitung (2,871) > ttabel (1,993). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa diuji dengan menggunakan independent sampel t test menghasilkan skor rerata thitung (2,799) > ttabel (1,993).Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ini lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, dengan menggunakan Problem Base Learning terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan rekapitulasi lembar observasi siswa bisa disimpulkan bahwa sikap belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih aktif dan antusias dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, serta lebih efektif dalam pembelajaran.  
PENGARUH METODE HANDS ON ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS SATU SEKOLAH DASAR Kurniati Kurniati Kurniati; Rodiah Rodiah Rodiah; Galih Dani Septiyan Rahayu
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.102 KB)

Abstract

Berdasar pada pengalaman mengajar penulis dimana tidak adanya jam tersendiri dalam pemebelajaran membaca permulaan bagi siswa dengan kemampuan membaca permulaan yang tertinggal dengan tema dikelasnya, penulis merasa perlu adanya metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, Penelitian menggunkan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Nonrandomized pretest-posttes kontrol group design., dengan populasi penelitian adalah 239 siswa kelas satu gugus cigugur Kecamatan parongpong tahun ajaran 2018/2019, sampel penelitian ini adalah kelas satu SDN Panyairan dengan 26 siswa kelas 1A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas 1B sebagai kelas kontrol. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Hands On Activity dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu sekolah dasar negeri panyairan kecamatan parongpong kabupaten bandung barat. Instrumen pengumpulan data adalah test kemampuan membaca permulaan dan lembar observasi, data di analisis dengan metode statistik parametik dan non parametik test. Kemudian data disajikan dalam bentuk kuantitatif deskriptip, dari hasil analisis data diperoleh perbedaan rata-rata N-Gain sekor data tes kemampuan membaca permulaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui bahwa sekor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.50 yang tergolong kategori sedang, dan kelas kontrol sebesar 0.35 dan masih tergolong kategori sedang. Kendati dengan kategori yang sama namun bila di lihat dari hasil uji Mann Whitney data pretes dan postest didapat selisih Mean Rank sebesar 16.42 dengan kelas eksperimen 34.71 dan kelas kontrol sebesar 18.29, Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode Hands On Activity memberi pengaruh lebih besar dari pada metode konvensional.
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA STIK ES KRIM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI KELAS 1 SD PLUS NURUL AULIA Titha Kusmiatin
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.415 KB)

Abstract

This study aims to determine the increase in mathematical communication skills of elementary students using the Problem Based Learning (PBL) approach by using ordinary learning, knowing whether the learning applied in the classroom is in accordance with the PBL approach, and also to determine students' understanding of mathematics subjects general, PBL approach and media-based mathematical communication skills of ice cream sticks as a support. The research method used in this study was quasi-experimental. The population of this study was class 1B students as the experimental class and class 1A as the control class. The research instruments used in this study consisted of test and non-test instruments consisting of 5 items about mathematical communication skills and 8 types of student worksheets. From the results of research and data analysis that has been done, it can be concluded that:(1) the achievement of mathematical communication skills of students who use the PBL approach is better than those using ordinary learning; (2) improving the mathematical communication skills of students who learn to use the PBL approach better than those who use ordinary learning.
PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS III PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Meta Siti Wulansari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.012 KB)

Abstract

The use of Islamic instrumental music in mathematics learning especially to improve mathematical problem solving skills in elementary school students is the background of this research. This study aims to determine the influence of Islamic instrumental influence on mathematical problem solving abilities by using learning accompanied by Asian instrumental music. The research method used in this study was quasi-experimental. The population of this study was class III-B students as the experimental class and class III-C as the control class. The research instrument used in this study consisted of test and non-test instruments consisting of 5 items about mathematical problem-solving ability. From the results of research and data analysis that has been done, the results showed that there was a positive increase of 0.36 compared to the control class. The conclusion is that: (1) the achievement of mathematical problem solving abilities of students who use Islamic instrumental music is better than those who use Asian instrumental music; (2) learning by using Islamic instrumental music can be implemented according to the learning steps that have been prepared beforehand, so that students better understand the teaching material. Kata Kunci: Mathematical Problem Solving, Islamic Instrumental Music. 
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS 1 SD Natalita, Rini Kurnia; Situngkir, Nurli
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.252 KB)

Abstract

Penggunaan metode drill dalam penelitian ini bertujuan untuk meningktkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa kelas 1 SDK.Smart Holy Kids tahun ajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas 1 SDK. Smart Holy Kids. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi (Quasi Eksperimen) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kelas kontrol dan eksperimen . Kelas 1A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan Kelas 1B  sebagai kelas kontrol berrjumlah 30 siswa.Kelas eksperimen menggunakan  metode drill dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa (saintifik).Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan design Group Randomized Control Group Pretest-Posttest Design.Uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro Wilk, uji homogenity dengan metode Levene’s , uji hipotesis dengan menggunakan N-gain score.Keseluruhan uji  memakai  Statistical Product and Service versi 25 dengan taraf signifikansi sebesar 5 %.. Hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung pada siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5