cover
Contact Name
Sukma Murni
Contact Email
sukmamurni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
collase.journal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
ISSN : 26144085     EISSN : 26144093     DOI : -
Core Subject : Education,
Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on regional and national level.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2019)" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS III MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA HANDS ON PADA MATERI BANGUN DATAR Soefianti, Evie Fitria
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 4 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.625 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya pemahaman matematis murid dalam pelajaran matematika terutama pada materi bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis murid pada materi bangun datar.  Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah 30 murid kelas III-A yaitu kelompok eksperimen dan 30 murid kelas III-B kelompok kontrol di SD Negeri Ciwaru Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Instrumen yang dipakai adalah tes tentang pemahaman matematis murid, tes tersebut dilakukan untuk mengumpulkan dan mengetahui pemahaman matematis murid di awal dan di akhir pembelajaran. Perlakuan yang disampaikan di kelas eksperimen adalah memakai model CTL berbantuan media hands on, adapun kelompok kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikansi a = 0,05 hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika pada materi bangun datar dengan memakai model CTL berbantuan media hands on bisa meningkatkan kemampuan pemahaman matematis murid secara signifikan daripada murid yang melakukan pembelajaran secara konvensional.Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), pemahaman matemais, media hands on.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD Rosy Rahmawati; Nelis Supriati
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 4 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.619 KB)

Abstract

The research aims to understand the achievements and increased study results material science natural resources in class IV SDN 269 Griya Bumi Antapani Bandung .The research is design a Quasi Experimental Research with a Control Group Nonequivalent design .The sample was a class IVA SDN 269 Griya Bumi Antapani as a class experiment and IVB SDN 269 Griya Bumi Antapani as a class control .Of the gains proven the impact study results significant natural resources between grade experiment ( use the model make a match ) and class control ( method varied ) talks .Ketuntasan learn to class experiment is nearly 100 % the class control reaches 66,7 %
PEMANFAATAN MEDIA BAHAN ALAM MELALUI METODE BUZZ GROUP (DISKUSI KELOMPOK KECIL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERKARYA SENI RUPA MOZAIK DIKELAS III Lia Amalia Amalia; hani nurhanisah nurhanisah
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 4 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.111 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa dalam berkarya seni rupa mozaik di Sekolah Dasar (SD), sehingga diperlukannya keterampilan teknik mengajar yang hubungannya dengan media atau metode pembelajaran yang harus dikuasai oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatif mengajar yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan siswa berkarya seni rupa mozaik yaitu dengan memanfaatkan  media bahan alam melalui metode Buzz Group. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan siswa berkarya seni rupa mozaik yang pembelajarannya menggunakan media bahan alam melalui metode Buzz Group lebih baik daripada pembelajaran biasa menggunakan metode picture and picture. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian menggunakan pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dan praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan siswa berkarya seni rupa mozaik di sekolah dasar kelas III yang pembelajarannya memanfaatkan media bahan alam melalui metode Buzz Group lebih baik daripada pembelajaran biasa melalui metode Picture and Picture.
PENGGUNAAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA Desanti, Cahyani Desanti
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 4 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.025 KB)

Abstract

Penelitian ini diaflikasikan untuk menelaah kemampuan berpikir kreatif murid yang pembelajarannya memakai metode examples non examples. Serta untuk mengetahui kesukaran saat mengisi soal IPA. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode quasi experimental dengan jenis nonequivalent control grup design, sedangkan hipotesis yang dipakai untuk mengetahui selisih hasil pretes dan postes pembelajaran dengan memamakai metode examples non examples. Sampel yang dipakai  di penelitian ini ialah murid kelas IV SDN Jaya Giri, yakni kelas IVa sebagai kelas kontrol, dan kelas IVb selaku kelas eksperimen dengan jumlah keseluruhan sebanyak 60 siswa. Alat  yang dipakai yaitu seperangkat tes pilihan ganda. Data pretest dan posttest dihitung dengan memakai Software SPSS versi 21. Berdasarkan penelitian ini dinyatakan kemampuan berpikir kreatif yang mengunakan metode examples non examples lebih elok dari pada yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil analisis proses pembelajaran telah sesuai dengan tahap-tahap metode examples non examples, ini terlihat dari nilai pretes dan postes di kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan dari nilai rata-rata kedua kelas itu. Rata-rata pretes di kelas eksperimen 9,6, rata-rata postes menjadi 13,6, nilai rata-rata di kelas kontrol 8,96, rata-rata postes 12,7. Maka dapat disimpulkan adanya selisih antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. 
PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN CIKAMPEK UTARA 1 friska, winda; khairunnisa, sakila
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 2, No 4 (2019)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.41 KB)

Abstract

Penulis melaksanakan peneletian ini agar dapat melihat apakah ada pengaruh penggunaan metode eksperimen dan dengan metode pembelajaran biasa terhadap peningkatan kemampuan belajar IPA  peserta didik  sekolah dasar . adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, dimana subjek penelitian terdapat dua peserta didik kelas III disalah satu SD Negeri dikabupaten Karawang dimana terdapat 30 siswa/siswi kelas kontrol mengikuti pembelajaran biasa dan 30 siswa/siswi kelas eksperimen mengikuti pembelajaran dengan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah seperangkat soal tes berbentuk pilihan ganda, yang terdapat dalam 30 soal yang sudah disusun menurut indikator yang telah disesuaikan dengan kurikulum yang kemudian diberikan dengan empat pilihan jawaban (A,B,C & D) dengan materi ajar yaitu sumber energi dan perubahannya. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diambil kesimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas III. dan pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung dengan baik

Page 1 of 1 | Total Record : 5