cover
Contact Name
Sukma Murni
Contact Email
sukmamurni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
collase.journal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
ISSN : 26144085     EISSN : 26144093     DOI : -
Core Subject : Education,
Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on regional and national level.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 4 (2023)" : 25 Documents clear
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW akbar johansyah; Fadly Pratama
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.5767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman IPA pada siswa kelas IV dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 195 Isola Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman IPA kelas sebesar 80,80 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 95 dan nilai terendah sebesar 65. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Gambaran Keterampilan Berhitung Pada Siswa Kelas IV SD Nikita Novianti; Asep Samsudin; Rina Rohmawati
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.15158

Abstract

The application of numeracy skills is a skill that must be possessed by students with feedback. This study aims to determine the PBL learning model in the application of numeracy skills to elementary school students. This research is motivated by the problems that occur, namely the lack of numeracy skills in students of SDN 197 Karang Taruna Karangsari. Based on this, the researchers used the PBL (Problem Based Learning) model to overcome problems at SDN 197 Karang Taruna Karangsari. Numeracy skills from experts are very relevant to describe numeracy skills using the PBL (Problem Based Learning) model which has the characteristics of problem-based learning. The research method used is descriptive qualitative research. The research subjects were fourth grade students at SDN 197 Karang Taruna Karangsari totaling 40 students. Based on the results of the study, it showed that students' numeracy skills were very good, learning was also very enjoyable and students were more confident about learning through a problem-based learning model. It can be said that this PBL learning model is very relevant in knowing the description of numeracy skills in class IV students at SDN 197 Karang Taruna Karangsari.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Anisyah Nurvitasari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.15167

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran karena dapat memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dengan konsep yang telah dipahaminya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar dengan penerapan model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Batujajar 2 Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang yang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan tes tertulis. Proses penerapan model PBL dalam pembelajaran IPS oleh guru sudah memenuhi kriteria. Respon guru dan siswa sangat baik. Kesulitan yang dialami siswa yaitu dalam memahami istilah-istilah yang terdapat dalam kegiatan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV SD dikategorikan tinggi setelah diterapkannya model PBL.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGETAHUI GAMBARAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Asri Safitri
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.15232

Abstract

Penerapan kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui PBL (problem based learning) dalam penerapan kemampuan pemahaman konsep pada kelas V Sekolah Dasar. Secara umum permasalahan yang terjadi adalah terkadang mata pelajaran PPKN ini disepelakan oleh siswa. Sesuatu yang disepelekan akan berdampak kepada hasilnya. Alhasil pencapaian tujuan dan hasil yang diinginkan pun kurang maksimal, maka dengan adanya hal tersebut peneliti menggunakan model problem based learning untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelasakan upaya yang dilakukan dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi nilai-nilai Pancasila. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu Sekolah Dasar Negeri 2 Batujajar, yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes pemahaman konsep PPKN. Untuk mendapatkan data yang valid dalam proses penelitian, peneliti menentukan berbagai instrument penelitian. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran nilai-nilai Pancasila menggunakan model problem based learning berjalan dengan baik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGETAHUI GAMBARAN KREATIVITAS SENI BUDAYA SISWA SEKOLAH DASAR Cucu Mulyati
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.15233

Abstract

Penerapan kreativitas seni budaya merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam mendorong siswa untuk mengembangkan kegiatan kreatif di dalam pembelajaran SBdP oleh siswa sekolah dasar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui PjBL (Project Based Learning) dalam penerapan kreativitas seni budaya siswa sekolah dasar. Secara umum, permasalahan yang terjadi ialah kebanyakan siswa kurang memahami cara menempelkan biji-bijian dengan rapi, sehingga hasil yang dicapai siswa dalam pembelajaran SBdP materi kolase masih rendah, maka dengan adanya hal tersebut peneliti menggunkan model PjBL untuk mengatasi permasalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi kolase. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di salah satu Sekolah Dasar Negeri 2 Batujajar, yang berjumlah 24 siswa. Terdiri dari 12 siswa Perempuan dan 12 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama  pelaksanaan, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes kreativitas seni budaya..Untuk mendapatkan data yang valid dalam proses penelitian, penelitian ini menentukan berbagai instrumen penelitian. Instrumen yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, dan wawancara. Observasi dilakukan oleh guru sebagai observer, angket diberikan kepada siswa, dan respon guru diberikan kepada satu orang guru. Hasil studi menunjukkan implementasi pembelajaran yang digunakan untuk membuat kolase. Model pembelajaran berbasis projek berjalan dengan baik.
PENERAPAN MODEL RME (Realistic Mathematic Education) UNTUK MENGETAHUI GAMBARAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS II SD Imas Riskayanti
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.15440

Abstract

Penerapan kemampuan matematis merupakan salah satu kemampuan untuk memahami konsep, sehingga siswa dapat mendefinisikan konsep, mengidentifikasi dan memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep dasar perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa RME (Realistic Mathematic Education) dalam penerapan kemampuan matematis matematika perkalian sekolah dasar. Secara umum siswa SD kurang memahami mengenai perkalian, bahwa perkalian itu penjumlahan berulang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Maka dengan adanya peneliti ini menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif Kualitatif,yang memungkinkan peneliti menjelaskan upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya materi perkalian. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD di SDN 2 Batujajar, yang berjumlah 24 siswa. Dimana terdapat 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada aplikasi, hasil yang diperoleh adalah peningkatan rata-rata hasil tes kemampuan matematika. Untuk mendapatkan data yang valid dalam proses penelitian, berbagai instrumen penelitian ditentukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara sebagai alat. Hasil penelitian menunjukan implementasi pembelajaran yang digunakan untuk mempelajari perkalian. Model pembelajaran model RME ini berjalan dengan baik.
KEMAMPUAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS PADA SISWA KELAS IV SD MELALUI E-MODUL Anita Rahmawati
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.16250

Abstract

A successful learning process requires appropriate teaching materials. Without learning media, teachers will certainly experience difficulties in improving the quality of their learning. Thus, learning media is very important to develop so that the quality of learning improves. This study aims to determine the effectiveness of using e-modules to improve literacy skills in reading texts in class IV students at SDN 2 Brantaksekarjati Welahan Jepara in the 2022/2023 academic year with a total of 15 students. This type of research is descriptive qualitative. The results of this study are the effectiveness of the use of e-modules based on the average percentage of observations of 92.25%, and student responses to the use of e-modules of 89.33% with very effective criteria. Furthermore, 92% of students obtained mastery of the learning outcomes test.Keywords: Learning Media, E-Module, Reading Reading Texts
PENGEMBANGAN MODUL MAHIR EJAAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Agung Priyono
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.16251

Abstract

This study aims to design the MEBI (Mahir Spelling Indonesian) module based on local wisdom in Rembang Regency as an alternative learning resource for sixth grade elementary school students. The R&D research method on Sugiyono's theory was modified in seven research steps, namely: 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision, 6) product trial, and 7) revision. product. Data collection techniques were carried out through observation and questionnaires. Observations during the preliminary study, while the data from expert validation and student responses were obtained from an assessment questionnaire with a Likert scale. The design of the MEBI module development begins with analyzing the material that aims to help students find the contents of the book according to their needs, namely alternative learning resources for editing materials for words/terms, phrases, sentences, paragraphs, spelling, and punctuation. The MEBI module consists of five discussion materials, namely about PUEBI, the use of capital letters, punctuation marks, prepositions, and standard words and effective sentences. Each subject is equipped with Let's Practice which encourages students to think actively and Come on Testing Ability which gives students the opportunity to measure learning achievement. The MEBI module is equipped with attractive illustrations and delivered in communicative language by the two main characters, namely Azzam and Diva. The MEBI module is printed in the form of a book with a size of 25 cm x 17.5 cm. In addition, the MEBI module is also made in the form of a flipbook application that can be operated on an Android-based smartphone. This means that the MEBI Module can be used anywhere and anytime. The conclusion of this research is the MEBI (Mahir Spelling Indonesian) Module Design in the form of printed books and flipbook applications that can be operated on Android smartphones.Keywords: Local Wisdom, Spelling Module, Elementary School
EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPJI BERBASIS ASESMEN KINERJA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR Syarifah Afsantin
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.17079

Abstract

Materi operasi penjumlahan hanya diajarkan secara konvensional dengan cara ceramah menjelaskan dengan papan tulis sehingga siswa tidak dapat mengkonstruksikan pemahamannya secara langsung. Dalam pembelajaran, siswa terlihat kurang aktif dan proses pembelajaran belum berpusat pada siswa sebagai objek pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis efektivitas media pembelajaran PAPJI berbasis asesmen kinerja pada materi operasi penjumlahan siswa kelas I SD. Penelitian pengembangan ini digunakan untuk mengembangkan media PAPJI berbasis asesmen kinerja untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi penjumlahan kelas I SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D).  Subjek penelitian pada penelitian ini adalah skala besar yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Pada data kuantitatif, hasil pengujian post test materi penjumlahan antara siswa kelas 1 SD 2 Mlatinorowito pada kelas kontrol dan kelas 1 SD 2 Demaan pada kelas eksperimen untuk mengetahui efektivitas proses pengembangan media PAPJI berbasis asesmen kinerja. Sedangkan untuk data kualitatif yaitu wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes. Uji efektifitas dari penggunaan media pembelajaran PAPJI berbasis asesmen kinerja dapat diukur dengan menggunakan hasil dari pretest dan posttest. Kata Kunci: Asesmen Kinerja, Media PAPJI, Operasi Hitung Penjumlahan
EFEKTIVITAS MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD KELAS V Niki Indiyasari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol. 6 No. 4 (2023)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v6i4.17332

Abstract

This study aims to examine the effectiveness of the Conceptual Understanding Procedurs model on critical thinking skills in fifth grade mathematics learning. This study used an experimental research type. The research design uses experiments, the research design used is the Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted in class V of SDN Dengkek 01 with 27 students, SDN Geritan with 31 students. The collection of data used is a test. Testing the hypothesis to be analyzed is using the Independent T-test and the N-Gain test. The research results obtained are : the Conceptual Understanding Procedures (CUPs) model is effective for students' critical thinking skills in mathematics in elementary mathematics learning.Keywords: CUPs, Critical Thinking Ability 

Page 1 of 3 | Total Record : 25