cover
Contact Name
Ansar Suhermam
Contact Email
ansar.suherman@umbuton.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
medialogkomunikasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26560690     EISSN : 26849054     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu yang berkaitan dengan ilmu komunikasi seperti: Politik, Ketahanan Nasional; Kebijakan dan birokrasi; Konflik; Kesehatan; Globalisasi dan Dampak Sosial; Media, Demokrasi, dan Integrasi; Literasi Media; Pariwisata; Budaya Populer dan Masyarakat; Media dan Agama; Media dan Politik Identitas; Gender; Media dan Seksualitas; Media Sosial; Teknologi Komunikasi Informasi (TIK).
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): Medialog" : 14 Documents clear
KEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN CITRA DIRI REMAJA WANITA DI MAKASSAR Muhammad Akbar3),, Muhammad Rizal Ardiansah Putra1), Muhammad Nadjib2),
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Memahami strategi komunikasi interpersonal yang dibangun orangtua terhadap remaja dalam menghadapi pergaulan bebas dikabupaten Maluku Tengah, Mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak remaja dalam  menghdapi pergaulan bebas dikabupaten Maluku Tengah. penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui  pengamatan, observasi dan wawancara mendalam terhadap 5 informan dan analisis menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang diperoleh menjelaskan bahwa sebagian orang tua ada yang berhasil  mencegah anak mereka untuk tidak terlibat atau terjerumus ke dalam pergaulan bebas dengan memberikan didikan, bimbingan, nasehat, arahan dan ada pula yang tidak berhasil yang mencegah anak remaja mereka terlibat atau terjerumus ke dalam pergaulan bebas meskipun telah berusaha mencegah dan tak perna berhenti dengan memberikan anak remaja mereka didikan, nasehat, bimbingan dan arahan disebabkan karena lingkungan yang dipengaruhi oleh pergaulan bebas dan media online yang mana lebih dominan berpengaruh atau mempengaruhi anak remaja terhadap pembentukan karakter, sikap dan perilaku anak remaja yang berada di Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah.
STRATEGI MARKETING POLITIK ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN PADA PEMILU TAHUN 2014 DI KOTA BAUBAU Suherman 1), Ansar
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.150

Abstract

Marketing politik memiliki peran penting saat ini sebagai instrumen yang dapat dipergunakan oleh calon anggota legislatif dalam menentukan strategi untuk memenangkan pemilihan legislatif. Dalam penelitian ini kemudian menjadikan marketing politik sebagai salah satu konsep untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan ditentukan dengan purposive sampling yakni penentuan disesuaikan atas kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display atau penyajian data dan tahap kesimpulan (verifikasi). Lokasi penelitian di Kota Baubau. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari anggota legislatif perempuan yang terpilih pada pemilu legislatif tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran parpol dalam mengawal caleg perempuannya masih sangat minim. Strategi politik anggota legislatif perempuan terangkum dalam marketing politik meliputi Produk (product), dan Promosi (promotion). Para informan umumnya melakukan kampanye secara bersama-sama. Caleg perempuan menggunakan jaringan sosial, jaringan media, jaringan keagamaan, jaringan kekerabatan, melakukan pendekatan secara psikologis dan sosiologis. Hambatan yang dihadapi selama berkampanye seperti, rendahnya dukungan partai politik, tidak semua tim sukses membantu pencalonan secara ikhlas, terdapat tim sukses yang memanfaatkan moment pemilu untuk memenuhi kebutuhan pribadi, melakukan manipulasi data atas perolehan suara politik kandidatnya, terdapat tim sukses yang rangkap jabatan (menjadi tim sukses pada caleg lain) dan selama berkampanye ada sebagian masyarakat banyak menuntut materi yang berlebihan.
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP ANAK REMAJA DALAM MENGHADAPI PERGAULAN BEBAS DI NEGERI TULEHU KABUPATEN MALUKU TENGAH Arianto 3), Wa Nur Fida 1), A. Alimuddin Unde 2),
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Memahami strategi komunikasi interpersonal yang dibangun orangtua terhadap remaja dalam menghadapi pergaulan bebas dikabupaten Maluku Tengah, Mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak remaja dalam  menghdapi pergaulan bebas dikabupaten Maluku Tengah. penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui  pengamatan, observasi dan wawancara mendalam terhadap 5 informan dan analisis menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang diperoleh menjelaskan bahwa sebagian orang tua ada yang berhasil  mencegah anak mereka untuk tidak terlibat atau terjerumus ke dalam pergaulan bebas dengan memberikan didikan, bimbingan, nasehat, arahan dan ada pula yang tidak berhasil yang mencegah anak remaja mereka terlibat atau terjerumus ke dalam pergaulan bebas meskipun telah berusaha mencegah dan tak perna berhenti dengan memberikan anak remaja mereka didikan, nasehat, bimbingan dan arahan disebabkan karena lingkungan yang dipengaruhi oleh pergaulan bebas dan media online yang mana lebih dominan berpengaruh atau mempengaruhi anak remaja terhadap pembentukan karakter, sikap dan perilaku anak remaja yang berada di Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah.
KONFLIK IDEOLOGI SYIAH DAN SUNNI DALAM MEDIA ONLINE Harry Fajar Maulana2), Hastuti 1),
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.152

Abstract

Syiah dan Sunni adalah dua aliran dalam Islam yang sejarahnya selalu menimbulkan ketegangan-ketegangan politik,  Media online dimanfaatkan dalam melakukan propaganda kebencian Syiah maupun Sunni untuk memecah belah Islam yang dilakukan oleh segelintir orang atau kelompok dengan maksud dan tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Pengaruh isu-isu yang memicu terjadinya konflik ideologi aliran Syiah dan Sunni yang terjadi di media online; dan (2) Opini keberpihakan netizen tentang konflik ideologi aliran Syiah dan Sunni di media online; dan (3) Opini tokoh agama di kota Makassar tentang konflik ideologi aliran Syiah dan Sunni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan penggabungan analisis wacana kritis (Critical Discourse Analysis) model Norman Fairclough dan analisis framing model Rebert N. Entman. Penelitian ini dilaksanakan di kota Makassar. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder atau data pendukung berupa buku, tesis, jurnal, artikel, dan internet. Informan sebanyak delapan orang. Data dianalisis menggunakan beberapa teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Isu yang memicu terjadinya konflik ideologi aliran Syiah dan Sunni dalam media online, yaitu isu kesesatan aqidah Syiah, nikah Mut’ah, isu perayaan hari Asyura/Karbala, dan isu geo politik keagamaan; (2) opini keberpihakan netizen dalam media online menyatakan bahwa media liputan islam.com dan arrahma.id, cenderung berpihak pada ideologi masing masing, sedangkan detik.com tidak memihak, baik pada aliran Syiah maupun Sunni dan terjadi konflik ideologi pada netizen media yang memiliki perbedaan paham, yang menganggap pahamnyalah yang paling benar dan itu terlihat jelas pada kolom komentar  dari ketiga situs media ini; (3) Opini tokoh agama di Kota Makassar menunjukkan bahwa konflik yang terjadi merupakan konflik warisan masa lalu, perbedaan paham yang sifatnya prinsipil  dan tak perlu dipersoalkan selama masih tetap mengikuti Al-Qur’an dan Hadist.
DAYA TAHAN BISNIS MEDIA CETAK DITENGAH MARAKNYA PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DI KOTA MAKASSAR (SKH FAJAR DAN SKH TRIBUN TIMUR) Jeanny Maria Fatimah3), Nur Hasni1), Hafied Cangara2),
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.154

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi membuat persaingan industri media cetak  semakin ketat. Surat kabar tak lagi hanya berkompetisi dengan sesama  media cetak, radio, televisi saja namun kehadiran media online juga menjadi saingan bisnis untuk mendapatkan iklan serta menarik perhatian pembaca. Tidak mudah bagi bisnis media cetak seperti surat kabar untuk tetap bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat dengan kehadiran media online..Penelitian ini adalah metode  campuran (mixed methods). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif untuk menganalisa daya tahan bisnis Surat Kabar Harian Fajar dan Surat Kabar Harian Tribun Timur ditengah maraknya penggunaan media online di kota Makassar, sementara untuk menjawab rumusan masalah kedua tentang bagaimana strategi yang dilakukan oleh kedua media tersebut agar tetap bertahan di industri bisnis media cetak dilakukan dengan analisa SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pertumbuhan pembaca pada media online, akan tetapi dari segi pertumbuhan iklan media cetak masih bertumbuh jauh dibawah media online. Kehadiran Fajar.com dan TribunNews.com dari segi pembaca memang mengalami peningkatan, akan tetapi pemasukan iklannya tidak sampai 5 % dari omset koran. Sampai saat ini,di kota Makassar pengiklan masih memilih SKH Fajar dan SKH Tribun timur untuk dijadikan media beriklan. Pada posisi seperti ini diperlukan strategi pengembangan produk yang tepat untuk meningkatkan pembaca dan pengingklan . Penentuan strategi alternatif yang dilakukan SKH Tribun Timur dan SKH Fajar diperoleh dari analisa SWOT.
ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMUN 1 MAKASSAR Rhiza S.Sadjad3), Waode Sriwahyuni R 1), Alimuddin Unde2),
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.155

Abstract

Pemanfaatan Media Sosial dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa SMUN 1 Makassar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) alasan siswa menggunakan jenis media sosial tertentu; dan (2) bagaimana pemanfaatan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, focus group discussion, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan model Interaktif Miles dan Hubberman melalui proses  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sembilan jenis media sosial yang diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu; Line sebagai sumber informasi utama dan Instagram, WhatsApp, Twitter, BlackBerry, Facebook, Path, SnapChat, Youtube sebagai sumber informasi pendukung dalam menunjang proses pembelajaran. Alasan Line digunakan sebagai sumber informasi utama karena selain dapat difungsikan sebagai wadah untuk memperoleh/mencari (searching) beragam informasi terkait mata pelajaran sekolah serta informasi lainnya, Line dapat difungsikan pula sebagai wadah untuk berbagi (sharing) informasi serta membantu memudahkan dalam berkomunikasi secara lebih efisien. Alasan informan menggunakan delapan jenis media sosial lainnya sebagai sumber informasi pendukung karena kedelapan jenis media sosial tersebut memiliki beragam keunggulan yang dapat difungsikan sebagai wadah untuk memperoleh/ mencari (searching) beragam informasi umum serta menambah wawasan,  tetapi tidak berfungsi sebagai wadah untuk berbagi (sharing) informasi. Sementara itu, Informan memanfaatkan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran dengan cara melihat dan membagi informasi dalam bentuk foto, word, power point atau video tutorial.
PEMBERDAYAAN HUMAS SKPD DALAM MENUNJANG EMPAT PROGRAM UNGGULAN PEMERINTAH PROVINSI GORONTALO Muhammad Iqbal 3), Ismail sam Giu1), Hafied Cangara2),
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.156

Abstract

Kinerja Humas dalam suatu instansi sangat penting dalam rangka penyebaran informasi kepada publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) strategi pemberdayaan Humas SKPD oleh Biro Humas Protokol Provinsi Gorontalo; (2) memberi gambaran tentang potensi Humas SKPD dari prespektif SDM dan dukungan infrastruktur; dan (3) mendeteksi kendala dan memberikan solusi terhadap strategi penyebaran informasi empat program unggulan pemerintah Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan Humas SKPD oleh Biro Humas dan Protokol berjalan tidak efektif. Personil Biro Humas Protokol secara kualitas dan kuantitas belum mampu mengelola informasi dari Humas SKPD karena sibuk dengan tugas peliputan dan publikasi kegiatan pimpinan. Akibatnya jumlah berita rendah ditambah dengan minimnya pemanfaatan media massa dan online. Humas SKPD di sisi lain, tidak mampu bekerja secara maksimal karena terkendala pada tidak adanya spesialisasi tugas, rendahnya SDM dan dukungan dari organisasinya. Untuk mengefektifkan penyebaran informasi dari SKPD, maka perlu ditunjuk dan diangkat Petugas Humas dari jalur profesional yang memiliki pengalaman kerja di bidang jurnalistik atau dengan latar belakang pendidikan kehumasan.
KEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN CITRA DIRI REMAJA WANITA DI MAKASSAR Muhammad Rizal Ardiansah Putra
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis penggunaan Instagram dalam pembentukan citra diri perempuan remaja (Khalaqoh Khumairah) (2) Menganalisis faktor-faktor yang mendorong perempuan remaja (Khalaqoh Khumairah) dalam pembentukan citra diri di Instagram, dan (3) Pikiran anggota Khalaqoh Khumairah tentang penggunaan Instagram dalam pembentukan citra diri seorang remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) wanita remaja memanfaatkan fitur yang tersedia di Instagram. Informan penulis menggunakan fitur untuk membentuk citra diri di Instagram. (2) Selain fitur yang tersedia di Instagram, memiliki banyak pengikut dan mengubah pandangan seseorang juga bisa menjadi faktor utama pembentukan citra diri wanita remaja di Instagram. (3) Para anggota Kalaqoh Khumairah memiliki beberapa pemikiran yang berbeda pada posting sampel di Instagram, beberapa berpikir secara positif dan beberapa menilai bahwa beberapa posting dianggap negatif.
STRATEGI MARKETING POLITIK ANGGOTA LEGISLATIF PEREMPUAN PADA PEMILU TAHUN 2014 DI KOTA BAUBAU Ansar Suherman 1)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.150

Abstract

Marketing politik memiliki peran penting saat ini sebagai instrumen yang dapat dipergunakan oleh calon anggota legislatif dalam menentukan strategi untuk memenangkan pemilihan legislatif. Dalam penelitian ini kemudian menjadikan marketing politik sebagai salah satu konsep untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan ditentukan dengan purposive sampling yakni penentuan disesuaikan atas kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display atau penyajian data dan tahap kesimpulan (verifikasi). Lokasi penelitian di Kota Baubau. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari anggota legislatif perempuan yang terpilih pada pemilu legislatif tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran parpol dalam mengawal caleg perempuannya masih sangat minim. Strategi politik anggota legislatif perempuan terangkum dalam marketing politik meliputi Produk (product), dan Promosi (promotion). Para informan umumnya melakukan kampanye secara bersama-sama. Caleg perempuan menggunakan jaringan sosial, jaringan media, jaringan keagamaan, jaringan kekerabatan, melakukan pendekatan secara psikologis dan sosiologis. Hambatan yang dihadapi selama berkampanye seperti, rendahnya dukungan partai politik, tidak semua tim sukses membantu pencalonan secara ikhlas, terdapat tim sukses yang memanfaatkan moment pemilu untuk memenuhi kebutuhan pribadi, melakukan manipulasi data atas perolehan suara politik kandidatnya, terdapat tim sukses yang rangkap jabatan (menjadi tim sukses pada caleg lain) dan selama berkampanye ada sebagian masyarakat banyak menuntut materi yang berlebihan.
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP ANAK REMAJA DALAM MENGHADAPI PERGAULAN BEBAS DI NEGERI TULEHU KABUPATEN MALUKU TENGAH Wa Nur Fida 1), A. Alimuddin Unde 2), Arianto 3)
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 (2019): Medialog
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v2i1.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Memahami strategi komunikasi interpersonal yang dibangun orangtua terhadap remaja dalam menghadapi pergaulan bebas dikabupaten Maluku Tengah, Mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi interpersonal orang tua terhadap anak remaja dalam menghdapi pergaulan bebas dikabupaten Maluku Tengah. penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan, observasi dan wawancara mendalam terhadap 5 informan dan analisis menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang diperoleh menjelaskan bahwa sebagian orang tua ada yang berhasil mencegah anak mereka untuk tidak terlibat atau terjerumus ke dalam pergaulan bebas dengan memberikan didikan, bimbingan, nasehat, arahan dan ada pula yang tidak berhasil yang mencegah anak remaja mereka terlibat atau terjerumus ke dalam pergaulan bebas meskipun telah berusaha mencegah dan tak perna berhenti dengan memberikan anak remaja mereka didikan, nasehat, bimbingan dan arahan disebabkan karena lingkungan yang dipengaruhi oleh pergaulan bebas dan media online yang mana lebih dominan berpengaruh atau mempengaruhi anak remaja terhadap pembentukan karakter, sikap dan perilaku anak remaja yang berada di Negeri Tulehu Kabupaten Maluku Tengah.

Page 1 of 2 | Total Record : 14