cover
Contact Name
Ansar Suhermam
Contact Email
ansar.suherman@umbuton.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
medialogkomunikasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26560690     EISSN : 26849054     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu yang berkaitan dengan ilmu komunikasi seperti: Politik, Ketahanan Nasional; Kebijakan dan birokrasi; Konflik; Kesehatan; Globalisasi dan Dampak Sosial; Media, Demokrasi, dan Integrasi; Literasi Media; Pariwisata; Budaya Populer dan Masyarakat; Media dan Agama; Media dan Politik Identitas; Gender; Media dan Seksualitas; Media Sosial; Teknologi Komunikasi Informasi (TIK).
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 21 Documents clear
Perilaku Komunikasi Suku Pedalaman Polahi dalam Berinteraksi dengan Masyarakat Luar Suku Citra Putri Dano
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.825

Abstract

Suku Polahi merupakan suku asli Gorontalo yang hingga saat ini masih ada dan hidup di wilayah-wilayah pedalaman Gorontalo. Salah satunya di Desa Tamaila, Kabupaten Gorontalo. Sebagai suku pedalaman, dahulu Polahi dikenal enggan untuk berinteraksi dengan masyarakat di luar suku, walaupun secara geografis tempat tinggal mereka dekat dengan perkampungan warga. Namun saat ini, khususnya di Desa Tamaila suku Polahi mulai membuka diri dan mau untuk berinteraksi dengan masyarakat desa sekitar, walaupun masih terbatas pada tujuan untuk pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perilaku komunikasi suku Polahi saat berinteraksi dengan masyarakat dari luar suku mereka. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi non partisipan, yang artinya peneliti hanya melihat fenomena interaksi suku polahi dan masyarakat luar suku secara umum, tanpa melibatkan diri dalam kehidupan keseharian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian anggota suku Polahi sudah mulai membuka diri untuk hidup berdampingan dengan masyarakat luar suku. Terbukti dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup (mata pencaharian, dan proses jual beli di pasar). Kendala – kendala dalam berinteraksi yang ditemukan selama proses komunikasi (misalnya, kendala Bahasa dan perilaku non verbal yang mengundang perbedaan pemahaman) bisa diatasi dengan cara memanfaatkan anggota suku Polahi yang dinilai lebih berpendidikan (beberapa anak dari suku Polahi sudah bersekolah) untuk menjadi penerjemah. Peneliti menyimpulkan bahwa perilaku komunikasi suku Polahi sudah mengalami pergeseran, disebabkan adanya motivasi untuk menjalin hubungan dengan masyarakat luar.
Low Cost Social Media Based Marketing Communication Mix Analysis On Medium Small Micro Enterprises In Parepare Aditya Putra Marzuki
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.832

Abstract

UMKM or Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) is one of the important economic sectors in Parepare. MSMEs are the biggest business sector in demand by young people in the city, especially those that engaged in the culinary sector, and they absorb the second largest workforce. Es Duren Caramel and Saogi.ID. are two of them. But with limited capital, they need to use a marketing communication mix that suits their abilities. The alternative is to use social media as a channel for their marketing communication mix. This study uses qualitative research methods with observation and interview techniques to conclude that this two MSME are using the WhatsApp and Instagram application to support the marketing and sales of their products. It is their preferred choice for advertising and marketing. There are several advantages of social media which later become the reason why MSME in general need to use social media as a communication mix for their marketing, and few challenges. In the future, these two MSME have great potential to be more intensive and efficient in utilizing social media as a marketing communication mix platform. However, their owners need to broaden their creativity in creating content related to their products in order to attract more potential consumers. They also need to maintain a more personal relationship with their customers to ensure their costumers loyalty and transform them from being just a consumer, into an advertising agent for these MSME’s products on their respective social media.
Pengaruh Terpaan Postingan Informasi Kesehatan Di Instagram Dan Daya Tarik Pesan Iklan Layanan Masyarakat Di Youtube Terhadap Minat Khalayak Dalam Melakukan Vaksin Covid - 19 cut deyna renata
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.851

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui besaran terpaan posting informasi terhadap minat melakukan vaksin. Penelitian ini menggunakan Teori Computer Mediated Communications, tradisi komunikasi sosiopsikologis. Penelitian ini menggunakan paradigma positivism, pendekatan kuantitatif, sifat penelitian eksplanatif dan metode penelitian survey. Hasil diperoleh adanya hubungan yang positif dan kuat Terpaan Postingan Instagram terhadap Minat Menggunakan Vaksin sebesar 0,669. Adanya hubungan yang positif dan kuat Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat terhadap Minat Menggunakan Vaksin sebesar 0,789. Hasil pengujian korelasi berganda, didapatkan nilai koefisien (R) sebesar 0,411, secara stimulan Terpaan Postingan Instagram dan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat terhadap Y Minat Menggunakan Vaksin terdapat hubungan positif dan sedang. Hasil uji regresi dimana jika Terpaan Postingan Instagram naik maka Minat Menggunakan Vaksin akan naik, kenaikan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat akan meningkatkan Minat Menggunakan Vaksin. Hasil uji T diperoleh Terpaan Postingan Instagram ke variabel Minat Menggunakan Vaksin Ha diterima, Ho ditolak dan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat ke Minat Menggunakan Vaksin Ho ditolak dan Ha diterima. hasil uji F yang menunjukkan nilai f hitung sebesar 19.283 dan nilai sig sebesar 0,000. Maka diketahui bahwa nilai f hitung lebih besar dari f tabel (3,09) dan nilai sig lebih kecil dari 0,05. Dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Terpaan Postingan Instagram kemenkes_ri dan Daya Tarik Iklan Layanan Masyarakat terhadap Minat Menggunakan Vaksin. Key word : Terpaan Postingan, Media Instagram, Daya Tarik Iklan, Iklan Layanan Masyarakat, Media Youtube, Minat menggunakan dan Model AIDA
Cyber Public Relation dalam Akun Instagram @Official.Antam PT. Aneka Tambang untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Irma Kusuma Dewi
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Cyber Public Relation di media sosial PT. Aneka Tambang khususnya dalam instagram @official.antam dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Sebagai pondasi penelitian ini menggunakan 7-Cs PR Communications. Penliti hanya mengambil sub fokus dalam Channel, Content, Clarity, Continuity and Consistency. Penelitian ini meggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara mendalam, observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah Cyber Public Relation pada PT Aneka Tambang di Media Sosial dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 menggunakan instagram @official.antam dengan segementasi khalayak dewasa muda yang banyak menggunakan aplikasi instagram sebagai Channel. Content @official.antam memiliki isi konten berupa informasi mengenai perusahaan baik produk maupun fungsi perusahaan, peringatan hari besar, kegiatan csr, dan informasi seputar pengetahuan umum. Dalam Clarity (Kejelasan) konten instagram antam memiliki kejelasan dalam penyampaian isi konten, Pihak antam menggunakan bahasa yang baku untuk menyampaikan isi pesan. Untuk Continuity and Consistency (Keberlanjutan dan Kosistensi) @official.antam mengunggah kontennya regulary setiap hari. Instagram PT. Aneka Tambang Tbk bertujuan untuk company expose untuk menunjukkan eksistensi perusahaan di media sosial khususnya instagram.
Persepsi Pemilih Pemula Terhadap Kampanye Politik Perempuan Melalui Instagram (Studi Deskriptif : Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNJ Terhadap Kampanye Politik Krisdayanti Melalui Instagram) Khairunnisa Rosdiani; K. Y.S. Putri
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.882

Abstract

Instagram digunakan oleh para calon legislatif untuk menjadi sarana berkampanye guna menumbuhkan citra positif serta menarik suara dari para pengguna instagram. Kecerdasan memilih untuk para pemilih pemula juga dilihat dari kepopuleran calon legislatif, serta luasnya jangkauan media sosial dapat membuat semakin tinggi dukungan untuk para calon legislatif. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik yang digunakan yaitu dalam pengumpulan data dalan bentuk kuesioner. Pemilih pemula di prodi Ilmu Komunikasi UNJ menjadi sample dengan jumlah 55 orang dari total 120 mahasiswa ilmu komunikasi UNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilih pemula di prodi ilmu komunikasi unj dalam persepsi pemilih pemula dengan aspek memilih, mengatur serta menginterprestasikan ternyata masih kurang dalam studi kasus kampanye krisdayanti di instagram maupun calon legislative lainnya.
Commodification Of Papua Social Conflicts In Social Media In National Security Perspective yusuf syibly ramadhan; maria puspitasari
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.923

Abstract

Hoaxes are information manipulated for a specific purpose, in Papua in 2019 the spread of hoax information on the issue of racism was widespread on social media and triggered riots in various parts of Papua. This study uses a qualitative descriptive method, the data is processed through extracting, tracing books, newspapers, newspapers, magazines, journals, and social media observations and other notes that can support research to see how the phenomenon of the commodification of the Papuan conflict is then presented in the form of hoax information. as well as make descriptions, descriptions or paintings in a systematic, factual and accurate manner regarding the facts, characteristics and relationships between the phenomena being investigated. The results found that the commodification of the Papuan conflict, especially the issue of racism, was then packaged in the form of hoax information using hostility narratives or NKRI VS Papua which then caused a threat to national security
Komunikasi Word Of Mouth Sebagai Salah Satu Bauran Promosi Diklat 3 In 1 Di Balai Diklat Industri Denpasar Lukas Sugiyanto
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.951

Abstract

Komunikasi word of mouth merupakan salah satu bauran promosi yang digunakan oleh suatu lembaga dalam mempromosikan atau memperkenalkan suatu program kegiatan dan atau suatu produk tertentu. Penelitian tentang word of mouth sebagai salah satu bauran promosi program Diklat 3 in 1, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan word of mouth ini dalam mempromosikan program diklat 3 in 1 di Balai Diklat Industri Denpasar (BDI Denpasar). Penelitian yang menggunakan metode kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada narasumber dari pimpinan BDI Denpasar dan para mitra industri animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan word of mouth sebagai salah satu bauran promosi diklat 3 in 1 dilakukan dengan aspek managerial, yaitu yang meliputi aspek; planning, organizing, actuating, controlling. Sedangkan informasi pesan word of mouth meliputi; skema program Diklat 3 in 1, profil lembaga BDI Denpasar, uji sertifikasi keahlian, serta jaminan penempatan kerja setelah mengikuti diklat 3 in 1. Penyusunan pesan dikemas dalam bentuk teks dan media publikasi seperti; poster, banner, yang kemudian dipasang secara offline dan juga diunggah pada media online. Kesimpulannya pengelolaan word of mouth program diklat 3 in 1 di BDI Denpasar dilakukan dengan aspek managerial dan dijalankan oleh bagian Pengembangan dan Kerjasama, serta oleh para mitra industri kreatif. Kata kunci; Promosi, word of mouth, manajerial, diklat 3 in 1.
MANAJEMEN KOMUNIKASI BAWASLU KABUPATEN TUBAN DALAM PENGAWASAN PILKADA SERENTAK 2020 DI ERA PANDEMI COVID-19 NIBROSU ROHID
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.959

Abstract

Bawaslu Kabupaten Tuban memegang peranan penting dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah 2020. Bawaslu Kabupaten Tuban mempunyai peran utama yaitu mengawasi jalannya pemilihan. Selain itu, juga mengawasi penerapan protocol kesehatan, karena Pilkada 2020 dilaksanakan ditengah pandemic Covid-19. Namun dalam pengawasan Pilkada 2020 ditengah pandemi Covid-19 Bawaslu Kabupaten Tuban bisa dikatakan sukses. Hal ini terbukti dengan proses pelaksanaan pemilu di wilayah Kabupaten Tuban berjalan dengan aman dan damai. Kesuksesan dalam menjalankan tugasnya tersebut tentu tidak lepas dengan manajemen komunikasi yang sudah dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menejemen komunikasi Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban dalam pengawasan pemilihan umum 2020 dengan metode penulisan diskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data Wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder yang dianalisis dengan empat komponen utama. Hasil Penelitian bahwa Bawaslu Kabupaten Tuban menerapkan manajemen Komunikasi yang baik mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi. Meskipun terdapat kendala dalam pelaksanan pengawasannya. Setiap pengawasan tahapan selalu dimulai dengan perencanaan pengawasan yang kemudian diorganisir untuk diaktualisasikan pada lingkup kinerjanya. Pada akhir tahapan Bawaslu Kabupaten Tuban juga melaksanakan evaluasi. Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Pilkada 2020, Covid-19
Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat Dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19 Agia Dwi Visi Utami
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.962

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul, “FENOMENA APLIKASI TIKTOK MENJADI MEDIA HIBURAN BAGI MASYARAKAT DAN MEMUNCULKAN DAMPAK DITENGAH PANDEMI COVID-19” Tujuan dari kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena pengguna aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19, bagaimana motif pengguna aplikasi Tiktok, tindakan pengguna aplikasi Tiktok serta bagaimana makna penggunaan aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19. Mentode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Fenomenologi, dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara online. Wawancara melibatkan beberapa pengguna Tiktok. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara online. Wawancara melibatkan beberapa pengguna Tiktok. Berdasarkan hasil penelitain, diperoleh gambaran bahwa motif pengguna aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19 ialah sebagai media hiburan. Selanjutnya, tindakan pengguna aplikasi Tiktok untuk mengekspresikan kreativitasnya. Kemudian, makna penggunaan aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19 sebagai aplikasi media sosial edit video special effects yang digunakan sebagai hiburan. Saran-saran yang dapat peneliti sampaikan kepada pengguna aplikasi Tiktok sebaiknya jangan menjadikan aplikasi Tiktok sebagai gaya hidup tapi jadikanlah aplikasi ini sebagai suatu kebutuhan sekunder sebagai alat mengekspresikan diri dengan cara membuat video unik dan kreatif. Hendaknya pergunakan teknologi yang ada tapi jangan sampai terbawa oleh efek buruk yang dapat ditimbulkan.
Penerapan Fungsi Manajemen Penyiaran Pada Program Talkshow Aiman Di Kompas TV Jakarta Siti Asiatun
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4 No 1 (2021): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v4i1.987

Abstract

Kompas TV sebagai stasiun swasta berita nasional Indonesia yang didirikan pada tanggal 09 September 2013 berhasil membawa pulang prestasi berupa piala penghargaan ajang Anugerah KPI 2019 kategori program acara talk show (berita) investigasi, yakni talk show Aiman. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen penyiaran pada program talk show Aiman di Kompas TV Jakarta,. Peneliti menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan cara data-data yang dianalisis secara kualitatif akan dikelompokkan dan diseleksi berdasarkan kualitas dan kebenarannya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. . Fungsi perencanaan isi program acara dilakukan dengan riset yg mendalam dan penuh kehati-hatian. Fungsi pengorganisasian diatur sesuai dengan undang-undang nomor 40 tentang pers, tidak ada pembagian manajemen di bagian atas, tengah, dan bawah.. Fungsi pengarahan dan memberikan pengaruh yang diberikan pemimpin kepada bawahannya melalui metode motivasi, komunikasi, kepemimpinan, dan pelatihan. l. Ketiga fungsi diatas mesti harus dilakukan evalusi melalui fungsi pengawasan. Dalam menjalankan fungsi pengawasan, manajemen talk show AIMAN melakukan penilaian semester setiap 6 bulan sekali untuk mengevaluasi hasil pekerjaan dari atasan ke bawahannya. dapat disimpulkan bahwa fungsi manajemen penyiaran pada program acara talk show AIMAN yang ditayangkan Kompas TV sudah diterapkan dengan baik. Diharapkan program acara talk show AIMAN di Kompas TV dapat terus ditayangkan mengingat kebutuhan masyarakat akan terangnya sebuah hot issues maupun current issues. Kata Kunci : Manajemen, Aiman,Talkshow,Kompas TV

Page 1 of 3 | Total Record : 21