cover
Contact Name
Safira Permata Dewi
Contact Email
saphire2687@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpb@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557192     EISSN : 26139936     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 articles for each issue. We accept scientific articles for the field of Biology Education and Biological Studies in learning.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI LINTAS MINAT DENGAN PEMBUATAN MODEL SEL 3D TERHADAP PENCAPAIAN KKM PESERTA DIDIK XI IPS DI SMA LTI IGM PALEMBANG Susy Amizera; Elvira Destiansari
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i1.11500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menerapkan strategi pembelajaran melalui praktek pembuatan model sel tiga dimensi pada pelajaran biologi lintas minat di kelas XI IPS SMA LTI IGM Palembang agar hasil belajar siswa dapat mencapai KKM yang telah ditentukan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA LTI IGM Palembang dengan sampel penelitian sebanyak 35 siswa kelas XI IPS. Pada penelitian ini dilaksanakan pembelajaran dengan melibatkan siswa secara langsung dengan praktek pembuatan model sel tiga dimensi. Pada pembelajaran ini siswa membuat langsung bentuk-bentuk  sel dan organelnya sehingga siswa dapat lebih mudah memahami bentuk organel sel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,71% siswa secara klasikal memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal pada siswa pada pelajaran biologi lintas minat 85,71% memenuhi KKM.
EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW. keke inka permata
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i1.10005

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe Jisaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain one grup pretes-postes desain. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas X SMA negeri 16 Bandar Lampung. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIA2 sebagai sampel. Data kuantitatif pada penelitian ini diperoleh dari pretes dan postes untuk mengukur hasil belajar kognitif, data kualitatif didapatkan dari self assessment,peer assessment dan lembar observasi. Hasil penelitian data N-gain menunjukkan bahwa 63% peserta didik masuk kategori “sedang” dan lebih dari 93% peserta didik sudah masuk dalam kategori “cukup” dalam meningkatkan komunikasi lisannya. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn tipe Jisaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik.
ANALISIS KEMAMPUAN PCK MAHASISWA DALAM PEMBUATAN LKS Mutmainna Ekawati; Eva Sohrati
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i1.10001

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan PCK mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo dalam hal penyusunan LKS. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan Biologi yang telah memprogram Magang III pada tahun akademik 2018/2019 yang berumlah 27 orang. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan dokumen LKS yang telah dibuat oleh mahasiswa selama kegiatan Magang III. Kemudian LKS diamati dengan menggunakan lembar observasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dan ditabulasikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan PCK mahasiswa dalam pembuatan LKS berada pada kategori baik (rata-rata 75.9)  
IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR TUMBUHAN KELAS XI IPA 2 SMA SRIJAYANEGARA PALEMBANG Rahmi - Susanti
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i1.11569

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Peserta didik yang dilibatkan dalam penelitian sebanyak 35  orang yang berasal dari kelas XI IPA 2 SMA Srijaya Negara Palembang. Sampling dilakukan secara simple random, data hasil belajar diambil dengan menggunakan instrumen soal bentuk pilihan ganda (25 soal). Uji normalitas dan uji hipotesis berturut-turut menggunakan Shapiro-Wilk dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang dengan nilai n-gain = 0,59. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik struktur dan fungsi tumbuhan.
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI Fitrah Al Anshori
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i1.10006

Abstract

Abstrak. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan experiment semu (Quasi experimental design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest – only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VI prodi pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo angkatan 2016/2017 berjumlah 86 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas dimana kelas A adalah kelas experimen dibelajarkan menggunakan aplikasi edmodo dan kelas B adalah kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan aplikasi edmod. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : tidak ada pengaruh penggunaan aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi.
INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SEBAGAI POTENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK Marisa Christina Tapilouw
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v7i1.11444

Abstract

Tumbuhan obat digunakan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sederhana dalam mengobati suatu penyakit. Setiap kelompok Budaya menamai tumbuhan obat dengan nama daerah, yang merupakan ciri khas suatu kelompok budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi tumbuhan obat untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran tematik sekaligus mempertahankan kearifan lokal. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan empat pengelompokan tumbuhan obat. Apabila ditinjau dari segi budaya, pengetahuan tumbuhan obat merupakan warisan turun temurun yang perlu dipertahankan. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Bahan ajar tentang tumbuhan obat berpotensi untuk dikembangkan. Unsur budaya dan pedagogik merupakan pasangan yang tepat dalam melestarikan pengetahuan tumbuhan obat di suatu kelompok budaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6