cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 14119331     EISSN : 25497219     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil" : 6 Documents clear
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN BANTUAN PERANGKAT LUNAK VISSIM STUDENT VERSION Untoro Nugroho; Ganang Cucu Dwiatmaja
Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v16i1.1964

Abstract

Kota Semarang memiliki penduduk sejumlah 1.729.428 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik. Kota yang berpenduduk di atas 1 – 2 juta jiwa menimbulkan permasalahan transportasi yang tidak bisa dihindarkan (Tamin, 2000). Dari sejumlah kecamatan di kota Semarang Kecamatan Semarang Selatan dan Candisari merupakan kecamatan yang memiliki tingkat kepadatan penduduk serta tingginya persebaran kendaraan. Salah satu pemisah dari 2 kecamatan tersebut merupakan Jalan Tentara Pelajar. Di jalan tentara pelajar terdapat simpang yang cukup ramai karena memiliki pendekat yang cukup banyak yaitu adalah Simpang Sompok Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja Simpang Sompok, Candisari, Kota Semarang, langkah-langkah pembuatan simulasi lalu lintas dan evaluasi kondisi arus lalu lintas Simpang Sompok menggunakan perangkat lunak Vissim. Selain itu penelitian ini juga menganalisis keefektifan geometri Simpang Sompok Kota Semarang dan memberikan alternatif solusi untuk geometri Simpang Sompok. Dari hasil keluaran perangkat lunak Vissim didapat kondisi eksisting Simpang Sompok memiliki tingkat kinerja “F” (sangat buruk) dengan tundaan mencapai 100 detik dengan panjang antrean 154 meter sedangkan kondisi setelah dilakukan perubahan skenario lalu lintas maupun perubahan geometri simpang tingkat kinerja meningkat menjadi “B” (baik) dengan tundaan sebesar 18 detik dengan panjang antrean 50 meter. Maka dari itu perlu adanya penanganan lebih lanjut untuk merealisasikan perubahan tingkat kinerja dari Simpang Sompok Candisari Kota Semarang berupa pelebaran jalan, perubahan geometri simpang dan memberlakukan skenario lalu lintas.
EVALUASI KINERJA OPERASI SIMPANG DR. DJUNDJUNAN-SURYA SUMANTRI DENGAN SOFTWARE VISSIM Firda Oktaviana Mbuinga; Budi Hartanto Susilo
Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v16i1.2345

Abstract

Pemasalahan transpotasi yang terjadi di Kota Bandung salah satunya terjadi di Simpang Dr.Djundjunan-Surya Sumantri. Pada simpang ini terjadi antrean yang sangat panjang pada lengan simpang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja simpang Dr.Djundjunan -Surya Sumantri. Pada penelitian ini menggunakan software VisSim untuk memodelkan kondisi simpang pada kondisi eksisting di lapangan dan solusi alternatif yaitu ada dua. Alternatif 1 yaitu dengan adanya flyover yang menghubungkan Jalan Dr. Djundjunan-Tol Pasteur dan Alternatif 2 yaitu dengan adanya solusi alternatif 1 ditambah dengan pelebaran jalan di Jalan Surya Sumantri. Hasil output VisSim pada kondisi eksisting yaitu level of service F yang berarti kinerja simpang buruk dengan tundaan 146,91 det/kend. Pada solusi alternatif 1 yaitu menjadikan level of service berubah menjadi B dengan tundaan sebesar 19,73 det/kend, sedangkan pada solusi alternatif 2 tundaan 19,28 det/kend dan level of service B. Dengan peningkatan level of service dari F menjadi B berarti kinerja simpang dengan adanya flyover membantu mengatasi permasalahan transportasi pada simpang tentang kemacetan dan dapat mengoptimalkan kinerja simpang. Solusi alternatif 2 merupakan solusi bertahap setelah solusi alternatif 1. Kata kunci: Kemacetan, Simpang Susun, Software VisSim
KAJIAN PEMILIHAN MATERIAL MECHANICAL, ELECTRICAL, DAN PLUMBING RAMAH LINGKUNGAN PADA PROYEK SPORT CENTER MARANATHA DARI PRESPEKTIF PERENCANA Deni Setiawan; Michael Kristianto Marbun
Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v16i1.2393

Abstract

Pada tahap perencanaan dan pelaksanaan proyek konstruksi pemilihan material bangunan haruslah tepat namun juga harus efisien. Dampak setiap material berbeda berdasarkan pada kontaminasi dan fungsi bahan di setiap tahap siklus hidupnya dimulai dari tahap produksi sampai akhir masa layanya, oleh karena itu material dengan dampak rendah atau tidak berdampak sama sekali kepada manusia dan lingkungan dapat meminimalkan energi yang terkandung seperti meminimalkan emisi karbon dioksida, polusi udara dalam ruangan, dan daur ulang. Untuk itu strategi material ramah lingkungan saat ini sangat diperlukan untuk mencapai keberlanjutan dalam material bangunan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pemilihan material material mechanical, electrical, dan plumbing yang digunakan pada proyek Sport Center Maranatha berdasarkan prespektif konsultan perencana. Hasil wawancara yang telah dilakukan kepada narasumber di dapat evaluasi bahwa dalam sistem MEP proyek Sport Center Maranatha memang tidak di rancang mengikuti kaidah ramah lingkungan sehingga dalam pemilihan setiap material yang digunakan pun lebih ditekankan kepada bagaimana memperoleh setiap material berdasarkan ketersediaan pasar atau kemudahan dalam mendapatkan setiap produk material
Perbandingan Karakteristik Manajemen Risiko Konstruksi Pada Kontraktor Bumn Dan Swasta Roi Milyardi
Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v16i1.2399

Abstract

Adanya peningkatan volume pekerjaan konstruksi terkait program pemerintah Indonesia dalam pembangunan infrastruktur, membuat sektor konstruksi mengalami pertumbuhan yang cukup besar dibanding sektor ekonomi lainnya, dimana entitas yang mendominasi adalah kontraktor BUMN dan kontraktor swasta. Perbedaan utama kontraktor BUMN dan swasta tersebut adalah aspek finansial. Dalam usaha pendanaan investor, langkah IPO (Initial Public Offering) dan strategi perusahaan, terutama manajemen risiko menjadi hal penting untuk meyakinkan investor untuk berinvestasi pada perusahaan masing-masing. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan membahas perbandingan karateristik identifikasi risiko dan respon risiko dalam manajemen risiko perusahaan pada kontraktor BUMN dan kontraktor swasta yang memiliki manfaat pada pengambilan keputusan investor sektor konstruksi. Analisis dilakukan dengan analisis perbandingan kualitatif sederhana manajemen risiko pada studi kasus 4 kontraktor BUMN dan 4 kontraktor swasta yang telah melakukan IPO. Hasil analisis menyimpulkan bahwa pada identifikasi risiko, kontraktor BUMN memiliki top risk secara umum pada risiko-risiko di tingkat perusahaan pada hirarki proses konstruksi, sementara pada kontraktor swasta secara umum berfokus pada risiko-risiko di tingkat proyek pada hirarki proses konstruksi. Perbedaan signifikan yang ditemukan adalah pada perencanaan respons terhadap risiko persaingan usaha, dimana kontraktor BUMN berfokus pada tingkat perusahaan dan memanfaatkan hubungan entitas dengan pemerintah, sementara kontraktor swasta berfokus pada tingkat meningkatkan kuantitas dan kualita proyek yang dikerjakan.
PENGARUH ENERGI PEMADATAN DI LABORATORIUM TERHADAP PARAMETER KOMPAKSI MATERIAL CRUSHED LIMESTONE PADALARANG Andrias Suhendra Nugraha; Jimmy Glorius Dwi Saputra
Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v16i1.2496

Abstract

Pelaksanaan konstruksi timbunan jalan (road embankment) merupakan suatu pekerjaan yang memerlukan kajian geoteknik. Kajian geoteknik dilakukan terhadap material timbunan (fill material) yang akan digunakan pada saat tahapan pemadatan (kompaksi) di lapangan. Evaluasi terhadap hasil suatu proses kompaksi mengacu terhadap parameter kompaksi dari fill material yang telah disyaratkan oleh spesifikasi desain. Parameter kompaksi tersebut antara lain adalah kadar air optimum (optimum moisture content, wopt) dan berat isi kering maksimum (maximum dry density, ?dry max). Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi pengaruh energi pemadatan di laboratorium terhadap parameter kompaksi material crushed limestone yang berasal dari daerah Padalarang, Jawa Barat. Terdapat 4 (empat) variasi energi pemadatan (E) yang ditinjau pada studi ini yaitu : 605 kN.m/m3 (energi standard Proctor, E1); 1.4 E1; 2.2 E1 dan 3.0 E1. Keseluruhan uji kompaksi di laboratorium menggunakan mold dan rammer untuk standard Proctor test (ASTM D 698). Hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan energi pemadatan untuk kompaksi di laboratorium sebesar 3 kali energi pemadatan standard Proctor, hanya menghasilkan kenaikan gdry max sebesar 5% dan merubah nilai wopt sebesar 3%. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan energi pemadatan di laboratorium tidak terlalu berpengaruh terhadap nilai gdry max maupun wopt , untuk kondisi crushed limestone bergradasi buruk (poorly graded) dengan rentang ukuran butir 0.85mm – 4.75mm.
PARAMETER KONSOLIDASI TANAH ORGANIK BERDASARKAN UJI LABORATORIUM AKIBAT PENGARUH KANDUNGAN BATU BARA Johan Sandy; Asriwiyanti Desiani
Jurnal Teknik Sipil Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28932/jts.v16i1.2768

Abstract

Kekurangan dari tanah organik pada sektor pembangunan yaitu: tanah organik mudah mengalami penurunan yang besar, serta memiliki daya menahan atau (bearing capacity) yang rendah sehingga menyulitkan beroperasinya alat berat dilapangan serta menyulitkan untuk sampling tanah, maka dari itu tanah organik disimulasikan menggunakan campuran tanah lempung dengan batubara. Untuk mengetahui pengaruh kandungan batubara sebagai media organik didalam tanah, dilakukan penelitian pada parameter konsolidasi akibat pengaruh dari pemberian batubara pada sampel uji dengan besar campuran batubara yang digunakan yaitu 25% dan 50%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh dari pemberian batubara terhadap parameter konsolidasi yaitu cc (indeks pemampatan), cr (indeks pemampatan kembali), dan cv (koefisien konsolidasi). Terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai cc dan cv, maka dari itu disarankan saat melakukan pengujian pastikan besar kadar air campuran harus sama.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020