cover
Contact Name
Galih Abdul Fatah Maulani
Contact Email
galihafm@uniga.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
galihafm@uniga.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Business Innovation and Entrepreneurship Journal
Published by Universitas Garut
ISSN : 26848945     EISSN : 26848945     DOI : https://doi.org/10.35899/biej.v3i3
Business Innovation and Entrepreneurship Journal peer-reviewed and published four times a year in May, August, November and February. This journal is managed by the Faculty of Entrepreneurship at Universitas Garut - Indonesia. The paper is an original script and has a research base on management, business and entrepreneurship.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)" : 10 Documents clear
Pemahaman tentang Riba dan Teknologi Finansial Penyebab Berkurangnya Pegawai Bank Konvensional Aries Kurniawan; Nanang Bagus Setiawan
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.768 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.127

Abstract

Abstract– This study aims to determine the reasons for the reduction in the number of conventional bank employees. Some data collected by researchers of several banks that experienced a decline were PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Especially for bank employees only in 2017 the number of Danamon employees in 2017 reached 16,811 people this number decreased by 6,021 when compared to 2016 with a number of 22,832. This number shows a decrease of 4,391 people when compared to 2015 with a total of 27,223.The same thing was experienced by PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri). This red plate bank also experienced a decrease in the number of employees. Based on financial reports published annually, Bank Mandiri employees number 38,307 people, a decrease of 633 people compared to the 2016 period of 38,940. Likewise, BNI (Bank Negara Indonesia) which has 27,209 employees decreased by 975 compared to 2016 with 28,184 employees. Maybank also has fewer employees. In 2017, based on financial statements without audits the number of employees reached 6,727 people, a decrease of 181 compared to 2016 of 6,908. This number is down 513 people compared to the previous year with a total of 7,421 employees. This study uses qualitative research methods, namely in-depth interview data collection with former employees and active banking employees. The researcher also conducted focus group discussions / FGD (Forum Group Discussion) between active bank employees and former banking employees who had resigned.As a result, there are two main factors that cause the reduction in the number of conventional bank employees in Indonesia. First, physical factors, namely technological advances in the industrial era 4.0. The second psychological psychological factor, namely the increase in knowledge and confidence of bank employees on the prohibition of usury based on Islamic teachings. Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan berkurangnya jumlah karyawan bank konvensional. Beberapa data yang dihimpun peneliti beberapa bank yang mengalami penurunan adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Khusus untuk karyawan bank saja pada tahun 2017 jumlah karyawan Danamon tahun 2017 mencapai 16.811 orang jumlah ini menurun 6.021 saat dibandingkan tahun 2016 dengan jumlah 22.832. Jumlah ini menunjukkan turun 4.391 orang saat dibandingkan tahun 2015 dengan jumlah 27.223. Hal yang sama juga dialami oleh PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri). Bank plat merah ini juga mengalami penurunan jumlah pegawai. Berdasarkan laporan keuangan yang terbit setiap tahun, pegawai Bank Mandiri berjumlah 38.307 orang, menurun 633 orang dibandingkan periode 2016 yang berjumlah 38.940. Demikian juga untuk BNI (Bank Negara Indonesia) yang mempunyai karyawan 27.209 menurun 975 dibandingkan tahun 2016 dengan jumlah karyawan 28.184. Maybank juga berkurang pegawainya. Tahun 2017, berdasar laporan keuangan tanpa audit jumlah karyawan mencapai 6.727 orang mengalami penurunan 181 dibanding tahun 2016 sebanyak 6.908. Jumlah ini turun 513 orang dibanding tahun sebelumnya dengan jumlah 7.421 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data wawancara mendalam dengan para mantan pegawai dan pegawai aktif perbankan. Peneliti juga melakukan diskusi kelompok terarah / FGD (Forum Group Discussion) diantara pegawai bank yang aktif dan mantan pegawai perbankan yang telah mengundurkan diri. Hasilnya, terdapat dua faktor utama yang menyebabkan berkurangnya jumlah karyawan bank konvensional di Indonesia. Pertama, faktor fisik yakni kemajuan teknologi pada era industri 4.0. Kedua faktor psikologis emosional, yakni meningkatnya pengetahuan dan keyakinan karyawan bank atas haramnya riba berdasarkan ajaran Islam.
Efektifitas Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan Pada Pengguna e-Ritel Intan Permata Dewi
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.936 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.128

Abstract

Abstract - Customer based brand equity has recently emerged in both academic literature and practitioner discussions. The number of e-commerce that began to be established into consideration for every consumer to determine where they will shop online. In order to reduce the potential for customers to choose other e-commerce, companies need to increase customer-based brand equity. This research was conducted at one e retail in Indonesia through an online survey. Measurement of customer based brand equity uses dimensions 1) Emotional connection, 2) Online Experience, 3) Responsive Service Nature, 4) Trust, and 5) Fulfillment. The method used was an explanatory survey with 200 Tabachnick and Fidell sample techniques. The data analysis technique used is structural equation modeling (SEM) with the AMOS 22.0 for Windows program. The findings of this study indicate that the dimension of responsive service nature as a whole has the highest value, while for the dimension that has the lowest value is trust. Abstrak - Ekuitas merek berbasis pelanggan baru-baru ini muncul baik dalam literatur akademik dan diskusi praktisi. Jumlah e-commerce yang terus bertambah menjadi pertimbangan bagi setiap konsumen untuk menentukan di mana mereka akan berbelanja online. Untuk mengurangi potensi pelanggan memilih e-commerce lain, perusahaan perlu meningkatkan ekuitas merek berbasis pelanggan. Penelitian ini dilakukan di salah satu e retail di Indonesia melalui survei online. Pengukuran ekuitas merek berbasis pelanggan menggunakan dimensi 1) Emotional connection, 2) Online Experience, 3) Responsive Service Nature, 4) Trust, and 5) Fulfillment. Metode yang digunakan adalah explanatory survei dengan 200 responden dan teknik perhitungan sampel dari Tabachnick dan Fidell. Teknik analisis data yang digunakan adalah pemodelan persamaan struktural (SEM) dengan program AMOS 22.0 for Windows. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi sifat Responsive Service Nature secara keseluruhan memiliki nilai tertinggi, sedangkan untuk dimensi yang memiliki nilai terendah adalah Trust.
Apakah Harga dan Brand Image Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian? Nurul Maulida; Siska Maya
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.053 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.130

Abstract

Abstract– The purpose of this study is to determine the effect of price and brand image on purchasing decisions. The method used in this research is nonprobability sampling. The sampling technique used in this study was accidental sampling, data collection using a questionnaire. Data analysis uses multiple linear regression. The results showed that price influences purchasing decisions and brand image influences purchasing decisions. Simultaneously brand image has a significant effect on purchasing decisions. Abstrak– Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalamalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simulta brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Faktor untuk Meningkatkan Inovasi di Negara Berkembang – Tinjauan Literatur Sistematis Muhammad Rifqi Arviansyah
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.032 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.132

Abstract

Abstract- Innovation is the main element to obtain sustainable competitive advantage. Based on the report from Global Innovation Index (GII), Indonesia has ranked on 85th position. The rank is behind neighboring country in Southeast Asia. Indonesia still need to improve their innovation activity. However, there are not much literature that discuss the determinant factors in order to improve innovation activity comprehensively in developing countries, especially Indonesia. The objective of this article is to build a review from previous study and discover the determinant factors that can improve innovation activity. This article use systematic literature review. The result is that there are 7 determinant factors that can improve innovation activity in developing country. Those 7 factors are separated into internal factors and external factors. Abstrak- Inovasi merupakan elemen utama untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Berdasarkan laporan dari Global Innovation Index (GII), Indonesia berada di peringkat ke-85 dan berada di bawah negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Indonesia masih perlu untuk meningkatkan aktivitas inovasi. Namun, masih sedikit literatur yang membahas faktor kunci dari inovasi secara komprehensif di negara berkembang, khususnya di Indonesia. Sehingga, dibutuhkan sebuah studi untuk mencari tahu faktor-faktor kunci apa saja yang dapat meningkatkan aktivitas inovasi di negara berkembang, khususnya di Indonesia. Tujuan artikel ini adalah untuk melakukan tinjauan terhadap penelitian terdahulu dan menemukan hal apa saja yang menjadi faktor untuk meningkatkan aktivitas inovasi. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis. Hasilnya, terdapat 7 faktor kunci yang dapat meningkatkan aktivitas inovasi di negara berkembang. Ketujuh faktor tersebut terbagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal.
Adaptasi dan Kebiasaan Baru Human Resource Department di Masa Pandemik Covid-19 REGY CITRA PERDANA; MUHAMMAD RISQI AGUSTINO; DEDI HARTAWAN; YOSART ADI SUYOSO; RATNA SARI
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.933 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.138

Abstract

Abstract- This study aims to determine the adaptation and new habits of the company's HRD during the Covid-19 pandemic and to find out what policies are to anticipate the company's sustainability. The research method used is a qualitative method by conducting interviews with respondents in accordance with the requirements. The technique used is the documentation technique to collect data from various sources and information. The type of data is secondary data from the results of previous studies and information sourced from the media and news. It was found that since the spread of Covid-19 to the increase in the number of positive exposures in July 2020 the government made a PSBB policy and emphasized strict health protocols. This shift has an impact on the way HRD works in the company. Some large companies adapt and implement new normal habits as one of the policies to survive, and a small number of companies make a delay and cancel the work agenda. Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi dan kebiasaan baru yang dilakukan HRD perusahaan dimasa pandemik Covid-19 serta untuk mengetahui kebijakan-kebijakan apa saja untuk mensiasati keberlangsungan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada responden yang sesuai dengan persyaratan. Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber dan informasi. Jenis data berupa data sekunder hasil penelitian terdahulu dan informasi yang bersumber dari media dan berita. Ditemukan bahwa sejak terjadinya persebaran Covid-19 hingga melonjaknya jumlah paparan positif dibulan Juli 2020 pemerintah membuat kebijakan PSBB dan menekankan protokol kesehatan dengan ketat. Adanya pergeseran ini berdampak pada cara kerja HRD di perusahaan. Beberapa besar perusahaan melakukan adaptasi dan mengimplementasi kebiasaan baru sebagai salah satu kebijakan untuk bertahan, dan sebagian kecil perusahaan melakukan penundaan dan pembatalan agenda pekerjaan.
Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Wholesale Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018 Sri Rezeki Handayani; Jamaluddin Jamaluddin; Trifena Claudia Palit; Ine Anggitta Sipahutar
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (990.834 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.144

Abstract

Abstract- This study aims to discuss the effect of Capital Structure, Profitability, Company Risk on the value of the Wholesale sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2014-2018 period. Either partially or simultaneously related. The total population of this study was 44 companies and only 13 companies met the criteria to be sampled. The sample research method used was purposive sampling. Multiple linier regression analysis that includes: Normality Test, Multicollinearity Test, Heteroscedasticity, Autokoleration Test, Multiple Linear Regression Hypothesis Test, and Hypothesis Test using the coefficient of Determination, F Test and t Test.The results showed that the capital structure is partially determined and significant to of Company’s Value, Profitability partially determined and significant to of the Company’s Value, and Company Risk partially determined and significant to of the Company’s Value. The Capital Structure, Profitability and Risk of the Company determines and is significant to the Company’s Value with an Adjusted R value of 0,337 or 33,7%. Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Struktur modal,Profitabilitas,Risiko Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan sub Sektor Wholesale yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Baik berhubungan secara parsial atau simultan. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 44 perusahaan dan hanya 13 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel. Metode penelitian sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Analisis regresi linier berganda yaitu meliputi: Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas, Uji Heteroskedastisitas,Uji Autokolerasi, Uji Hipotesis Regresi Linier Berganda, dan Uji Hipotesis menggunakan koefisien Determinasi, Uji F dan Uji t. hasil penelitian menunjukkan secara Parsial struktur modal berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Risiko Perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara Simultan Struktur Modal, Profitabilitas dan Risiko Perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai Adjusted R sebesar 0,337 atau 33,7%.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Mengenai Web Fikom Unisba Zulfa Haitan Rachman
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.746 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.147

Abstract

Abstract - The phenomenon that is happening right now is that private tertiary institutions have become something that is very much needed by the community, due to the progress of the nation. Where quality universities are seen literally by the public from the facilities and infrastructure that are owned and the satisfaction of students who are in the college environment itself. So students are able to achieve the desired goals. In this case the purpose of this study is to find out how much influence the quality of service on student satisfaction regarding the Faculty of Communication Science Unisba. Service quality consists of five dimensions, namely Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Tangibles. The sample used in this study was 40 respondents which were students of Fikom Unisba. Then the data collection in the field using online questionnaires, distributed through online media. Data analysis technique used in this study is to use SPSS. The results showed that service quality had a significant (significant) effect on student satisfaction. From the output obtained a coefficient of determination (R2) of 0.215 which implies that the influence of the independent variable (service quality) on the dependent variable (student satisfaction). Abstrak– Fenomena yang terjadi saat ini yaitu perguruan tinggi swasta menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena untuk kemajuan bangsa. Dimana perguruan tinggi yang berkualitas dilihat secara harfiah oleh masyarakat dari sarana dan prasarana yang dimiliki serta kepuasan mahasiswa yang berada di dalam lingkungan perguruan tinggi itu sendiri. Sehingga mahasiswa mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa mengenai web Fikom Unisba. Kualitas pelayanan terdiri dari lima dimensi yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangibles. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 responden yang dimana mahasiswa Fikom Unisba. Kemudian pengumpulan data dilapangan dengan menggunakan angket secara online, disebarkan melalui media online. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh nyata(signifikan) terhadap kepuasan mahasiswa. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,215 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (kualitas pelayanan) terhadap variabel terikat (kepuasan mahasiswa).
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah Surakarta Ipfa Retno Astuti
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.701 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.151

Abstract

Abstract– This study aims to examine and analyze the effect of religiosity, profit sharing and service on interest in saving at the Surakarta Islamic Bank. The benefits that are expected to increase and provide knowledge related to the influence of religiosity, profit sharing and services on the interest in saving at the Surakarta Islamic Bank, can be used as material for community consideration and Islamic banking management to develop the role of Islamic banking and marketing strategies in Surakarta. The sampling technique was using purposive sampling technique. The population and sample in this study were 71 people who fit the specified criteria. The data were processed using SPSS, the tests carried out included instrument tests, classical assumption tests and multiple linear regression tests. The conclusion in this study is that religiosity has an effect on the interest in saving in Islamic banks in Surakarta. Profit sharing affects the interest in saving in Islamic banks in Surakarta. Services affect the interest in saving at a syariah bank in Surakarta. Abstrak– Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, bagi hasil dan pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah Surakarta. Manfaat yang diharapkan dapat menambah dan memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan pengaruh religiusitas, bagi hasil dan pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah Surakarta, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan masyarakat dan manajemen perbankan syariah untuk mengembangkan peranan perbankan syariah dan strategi marketing di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 71 orang yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Data diolah menggunakan SPSS , pengujian yang dilakukan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah surakarta. Bagi hasil berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah surakarta. Pelayanan berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah surakarta.
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA STUDIO MUSIK 58 SURAKARTA Indah Handaruwati; Obed Christian Wibowo
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.383 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.152

Abstract

Abstract– This study aims to analyze the effect of Relationship Marketing on Customer Retention in 58 Surakarta music studios. In connection with this problem, the following hypothesis is proposed, H1: Allegedly there is the influence of Customer Experience on Customer Retention, H2: Allegedly there is an influence of Communication on Customer Retention, H3: Allegedly there is the influence of Conflict Handling on Customer Retention, H4: Allegedly there is the influence of Customer Experience, Communication, Conflict Handling simultaneously for Customer Retention. The population in this study were all customers of Surakarta 58 studio music studio rental services, sampling using purposive sampling and convenience sampling techniques. The samples used in this study were 80 consumers. Data collection using a questionnaire. Data analysis was performed with multiple linear regression analysis test with SPSS 16.00 software. The results showed that Customer Experience had no significant effect on Customer Retention with a significance value of 0.142, Communication had a significant effect on Customer Retention with a significance value of 0.045, Conflict Handling had a significant effect on Customer Retention with a significant value of 0,000, Customer Experience, Communication and Conflict Handling had a significant effect Simultaneous to Customer Retention of 27,691. Abstrak– Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Retention pada studio musik 58 Surakarta. Sehubungan dengan masalah tersebut, diajukan hipotesis sebagai berikut, H1 : Diduga ada pengaruh Customer Experience terhadap Customer Retention, H2: Diduga ada pengaruh Communication terhadap Customer Retention, H3: Diduga ada pengaruh Conflict Handling terhadap Customer Retention, H4: Diduga ada pengaruh Customer Experience, Communication, Conflict Handling secara simultan terhadap Customer Retention. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan pengguna jasa sewa studio musik 58 Surakarta, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan convenience sampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden.Pengumpulan data menggunakan kuesioner.Analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi linear berganda dengan software SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa Customer Experience tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Retention dengan nilai signifikansi 0.142, Communication berpengaruh signifikan terhadap Customer Retention dengan nilai signifikansi 0.045, Conflict Handling berpengaruh signifikan terhadap Customer Retention dengan nilai signifikan 0.000, Customer Experience, Communication dan Conflict Handling berpengaruh secara simultan terhadap Customer Retention sebesar 27.691.
Strategi Kebijakan Fiskal Terhadap Output dan Inflasi pada Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Dampak Virus Covid 19 Ayu Feranika; Dini Haryati
Jurnal Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 2 No 3 (2020): Business Innovation and Entrepreneurship Journal (August)
Publisher : Entrepreneurship Faculty, Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.077 KB) | DOI: 10.35899/biej.v2i3.154

Abstract

Abstract- This study aims to determine the fiscal policy strategy on output and inflation in the Indonesian economy in dealing with the effects of the covid virus 19. In this study, researchers chose to use descriptive research types, namely to explain an event whose operation revolves around data collection, data processing and data interpretation which is given a national meaning while still holding the principles of logic to form holistic conclusions. Data obtained through the study of literature, by reading and analyzing and analyzing a variety of literature, both in the form of documents, journals, publication data from the ministry of finance and from the official website that releases information that is relevant to research. While the data analysis is done by reducing, classifying, interpreting, and drawing conclusions. The Indonesian government adopted a comprehensive policy in the fiscal and monetary sector to deal with Covid-19. In the fiscal sector, the Government conducts a policy of refocusing activities and budget reallocation. From the revenue side, the government must pay attention to the contribution contribution from PPN and PPh Agency and from the expenditure side, the government must be able to pay attention to the realization of the use of these funds so that it is right on target and prioritizes the priority activities of the Covid pandemic prevention -19 To suppress the budget deficit. Abstrak– Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kebijakan fiskal terhadap output dan inflasi pada perekonomian indonesia dalam mengahadapi dampak virus covid 19. Pada penelitian ini,peneliti memilih menggunakan tipe penelitian deskriptif, yaitu untuk menjelaskan suatu peristiwa yang operasionalisasinya berkisar pada pengumpulan data, pengolahan data dan penafsiran data yang diberi makna secararasional dengan tetap memegang prinsip-prinsip logika sehingga terbentuk kesimpulan yang holistik. Data diperoleh melalui studi literatur, dengan membaca dan menelaah serta menganalisa berbagai literatur, baik berupa dokumen, jurnal, data publikasi dari kementerian keuangan maupun dari website resmi yang mengeluarkan informasiinformasi yang relevan terhadap penelitian. Sementara analisa data dilakukan denganmelakukan reduksi, klasifikasi, pemaknaan hingga penarikan kesimpulan. Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan yang komprehensif di bidang fiskal dan moneter untuk menghadapi Covid-19. Di bidang fiskal, Pemerintah melakukan kebijakan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran.Dari sisi penerimaan, pemerintah harus memperhatikan pemberian kontribusi penerimaan dari PPN dan PPh Badan dan dari sisi pengeluaran, pemerintah harus mampumemperhatikan realisasi penggunaan dana tersebut agar tepat sasaran dan mengutamakan kegiatan prioritas pencegahan pandemik Covid-19 Untuk menekan defisit anggaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10