cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cartesiusdikmatust@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 26232251     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Cartesius merupakan wadah informasi yang berisi artikel ilmiah penelitian, studi literatur, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan penelitian lainnya di bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Cartesius diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Januari-Juni dan Agustus hingga Desember, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas Medan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No.2 Tahun 2022" : 5 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI JARAK DAN KECEPATAN DI KELAS V SDN 3 SENENAN Sefti Mellenia Andriani; Nurul Aprilia Zumarnis; Hanifah Wulandari
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No.2 Tahun 2022
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research that was carried out had the aim of finding out what mistakes made students difficult in learning mathematics, especially in the material of measuring distance and speed, as well as what difficulties students felt in working on word problems regarding measuring distance and speed related to daily life. -day. The research was conducted in class V which consisted of 19 students. The way to collect the data yourself is that the researcher gives 4 story questions to students, a total of 19 students, but the data collection that can be taken by researchers is 5 students. This type of research is a qualitative case study. Data collection techniques used are interviews, documentation and observation. Data analysis techniques using descriptive. The results of the analysis of the data obtained in the first picture are the results of the student's completion when they are wrong in writing symbols, the second is the result of the student's solution being wrong in determining the method used, the third is the result of the completion of students who do not understand what is known and asked, and the fourth is the result of the completion of the stage solve story problems. The results of this study are expected that students will be able to overcome factors and students' difficulties in solving word problems in measuring distances and students can understand the questions. The offering solution is to identify student difficulty problems, provide individual guidance and provide motivation and rewards to students.
PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MELAKUKAN PEMBIASAAN SIKAP SOPAN SANTUN DI KELAS V SD PENGKOL JEPARA Virani Ayesha Amelia; Erna Erinta Sari
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No.2 Tahun 2022
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru seringkali mendapati siswa yang kurang sopan santunnya,khususnya saat bertemu dengan guru, saat berpapasan dengan guru, siswa cenderung tidak memberikan sapaan atau salam, bahkan juga tidak menoleh atau tersenyum. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan kesopanan siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok. Subjek penelitian yaitu siswa SD Pengkol Jepara pada semester genap. Metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket sopan santun. Analisis data menggunakan harga rata-rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan santunan santun siswa kelasV SD Pengkol Jepara . Pada siklus I rata-rata tingkat sopan santun siswa yaitu 34,05 yaitu sebanyak 70,93%. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata sikap sopan santun siswa 39, 16 yaitu sebanyak 81,58%. Peningkatan nilai sopan santun dari siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 10,68%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelompok teknik bimbingan dapat meningkatkan kesopanan santun siswa SMA.
PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP T.P 2022/2023 Yulia Br Sembiring
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No.2 Tahun 2022
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematik siswa di kelas VIII-A SMP Advent 2 Medan melalui pendekatan Problem Centered Learning (PCL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu kelas VIII-A dengan jumlah siswa 26 orang. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menerapakan pendekatan Problem Centered Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Observasi terdiri dari observasi untuk guru dan observasi untuk siswa. Tes yang diberikan yaitu tes pengetahuan materi prasyarat, tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa siklus I dan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 68,61. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 12 orang, secara klasikal belum mencapai 75% maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II adalah 81,66% (baik sekali), observasi aktivitas siswa 81,76% (baik sekali) dan siswa yang sudah mencapai KKM adalah 22 orang (84,62%), siswa yang tidak mencapai KKM adalah 4 orang (15,38%) dan rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 80,77. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Centered Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Advent 2 Medan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (AO) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AMAL LUHUR MEDAN Theresia Safitri
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No.2 Tahun 2022
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer (AO) terhadap pemahaman konsep matematis persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Amal Luhur Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial penelitian.. instrumen yang digunakan berupa tes dan non – tes. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji statistik berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji – t. Hasil analisis data posttest menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran advance organizer lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN ENDED PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS YOUTUBE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI KELAS VIII SMP NUSA PENIDA MEDAN Evi Kartika Simanjuntak
CARTESIUS : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No.2 Tahun 2022
Publisher : Unika Santo Thomas Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal-soal open ended berbasis youtube berbantuan Google Classroom pada materi Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII dan mengetahui kelayakannya menurut validator. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model Borg & Gall sampai tahap kelima saja. Tahap tersebut terdiri dari potensi dan kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Desain media pembelajaran berbasis youtube berbantuan Google Classroom yang dikembangkan dalam penelitian ini, yaitu mudah digunakan, sesuai dengan teknologi dan lingkungan belajar siswa, menarik, dan interaktif. Hal ini terlihat pada tampilan materi yang terdiri dari tulisan, video, latihan soal, dan dapat digunakan secara berulang. Berdasarkan hasil validasi, produk ini termasuk sangat layak. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perolehan persentase kelayakan media dan materi sebesar 90% dan masuk dalam kriteria tersebut. Kesimpulan yang diberikan validator pada media ini adalah layak digunakan/ diujicobakan dengan revisi sesuai saran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5