cover
Contact Name
Muhammad Ali Adriansyah
Contact Email
ali.adriansyah@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
psikostudia@fisip.unmul.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Psikostudia : Jurnal Psikologi
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23022582     EISSN : 26570963     DOI : -
PSIKOSTUDIA : JURNAL PSIKOLOGI is a peer-reviewed journal which is published by Universitas Mulawarman, East Kalimantan publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on psychology sciences using an interdisciplinary perspective, especially within Organitational and Industrial Psychology, Clinical Psychology, Educational Psychology, and Experimental Psychology Studies.
Arjuna Subject : -
Articles 283 Documents
Hubungan Konsep Diri dan Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Nuraida Wahyu Sulistiyani
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, Issue 2, December 2012
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v1i2.2198

Abstract

Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi, hal ini dapat dilihat pada kepercayaan diri dan tanggung jawab yang dimiliki oleh para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa. Responden dalam penelitian ini sebanyak 85 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang masih berstatus mahasiswa semester II. Alat ukur yang dipakai dalam bentuk skala, sedangkan data penelitian dianalisis dengan menggunakan Analisa Regresi Ganda dengan bantuan program SPSS versi 18. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dan regulasi diri terhadap motivasi berprestasi dengan F = 31,680 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Ada hubungan positif signifikan antara konsep diri terhadap motivasi berprestasi dengan r parsial= 0,256 dengan p= 0,019 (p < 0,005). Ada hubungan positif signifikan antara regulasi diri terhadap motivasi berprestasi dengan r parsial= 0,701 dengan p= 0,000 (p < 0,001).
Sports Therapy To Increase Self Confidence For People With Not Ideal Body Weight Elda Trialisa Putri; Maulida Amalia; Ovie Nita; Putri Mega Silvani
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, Issue 2, December 2015
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v4i2.2273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sports therapy terhadap upaya peningkatan kepercayaan diri orang dengan berat badan tidak idela, di Samarinda. Penelitian ini terdiri dari satu variable terikat, yakni kepercayaan diri dan satu variabel bebas, yakni sports therapy. Populasi dalam penelitian ini adalah para orang yang melakukan kegiatan olahraga di stadion sempaja, Samarinda Kalimantan Timur. Sampel yang di ambil adalah 30 responden dengan menggunakan pendekatan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu. Adapun kriteria pengambilan sampel yakni responden merupakan orang yang memiliki berat badan tidak ideal sesuai dengan tinggi badannya, serta responden tersebut merasa sangat tidak percaya diri akan berat badan tidak ideal yang ia miliki. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode kuisioner terhadap 30 orang responden, yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test . Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara Sports Therapy dan peningkatan kepercayaan diri orang dengan berat badan tidak ideal di Stadion GOR Sempaja samarinda dengan nilai sig. sebesar p = 0.000 (p < 0.05).
Psikodrama: Budaya Kalimantan Timur Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Gen Milenial Ayunda Ramadhani; Yolanda Sonia Cindy Putri; Aditya Ramadhan; Sarah Maulida; Muhliansyah Muhliansyah
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Issue 1, June 2018
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v7i1.2394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan tingkat literasi budaya pada mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2017 Universitas Mulawarman dengan jumlah sampel 32 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat dianalisis dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan tingkat literasi budaya setelah diberikan perlakuan psikodrama dengan t hitung = -5,762 < t tabel = 2,042 dan ???? = 0,000 (???? > 0.05). (2) tidak ada perbedaan tingkat literasi budaya pada post test dan follow up setelah diberikan perlakuan berupa psikodrama dengan t hitung = 1,017 < t tabel =2,042 dan ???? = 0,325 (???? > 0.05). (3) ada perbedaan tingkat literasi budaya setelah diberikan perlakuan berupa mendengarkan rekaman suara psikodrama dengan t hitung = 4,267 > t tabel = 2,042 dan ???? = 0,000 (???? > 0.05). (4) ada perbedaan tingkat literasi budaya post test dan follow up diberikan perlakuan berupa mendengarkan rekaman suara t hitung = -0,328 < t tabel =2,042 dan ???? = -0,188 (???? < 0.05). (5) tidak ada perbedaan tingkat literasi budaya pada post test antara perlakuan berupa psikodrama dan mendengarkan rekaman suara dengan t hitung = 1,230 < t tabel = 2,042 dan ???? = 0,228 (???? > 0.05). (6) tidak ada perbedaan tingkat literasi budaya pada post test antara perlakuan berupa psikodrama dan mendengarkan rekaman suara dengan t hitung = 1,119 < t tabel = 2,042 dan ???? = 0,272 (???? > 0.05).
Efektivitas Art Therapy Dalam Meningkatkan Ketelitian Belajar Elda Trialisa Putri; Auliya Diah Safitri; Khairunnisa Kaharuddin Boru Manullang; Haryati Haryati; Rita Haryati
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, Issue 1, June 2015
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v4i1.2263

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh art therapy untuk meningkatkan ketelitian belajar. Aspek-aspek ketelitian belajar adalah pemusatan fikiran, motivasi, rasa khawatir, perasaan tertekan, gangguan pikiran,  gangguan kepanikan, dan kesiapan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan alat tes pauli. Metode pengumpulan data ini adalah metode alat tes pauli yaitu menggunakan suatu metode dengan cara mengerjakan penghitungan sederhana di mana yang hendak dilihat adalah kurva kerja dari testee. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang siswi, 10 orang siswa sebagai kelompok kontrol dan 10 orang eksperimen. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis one way anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa art therapy berpengaruh signifikan terhadap ketelitian pada posttest 1 dengan F = 6,171 dan p = 0,023 < 0,050. Hasil analisa pada posttest 2 menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara art therapy terhadap ketelitian dengan F = 0,184 dan nilai p = 0,673 > 0,050.
I Positive Untuk Mengurangi Inferiority Feeling Rini Fitriani Permatasari; Rima Nur Hidayati; Irwina Dyah Apriani; Muhammad Zulkifli
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 6, No 2 (2017): Volume 6, Issue 2, December 2017
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v6i2.2375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat inferiority feeling pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman setelah mengikuti I Positive. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala inferiority feeling yang diadaptasi dari The Feeling of Inadequacy Scale yang dikembangkan oleh Fleming dan Courtney pada tahun 1984 yang terdiri dari 33 item. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki tingkat inferiority feeling yang tinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman sejumlah 30 orang mahasiswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan bantuan program computer SPSS (Statistical Packages for Social Sci-ence) versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan ada penurunan tingkat inferiority feeling pada subjek setelah mengikuti I Positive dengan nilai z = -3.408 dan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.001 (Asymp. Sig. (2-tailed) < 0.05. Hal tersebut menunjukan I Positive berhasil menurunkan tingkat inferiority feeling pada subjek.
Hubungan Antara Komitmen Organisasi dan Keadilan Organisasi Dengan Intensi Turn Over Rusi Zulistiawan
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, Issue 1, June 2014
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v3i1.2243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Komitmen Organisasi dan Keadilan Organisasi dengan Intensi Turnover. Subyek penelitian ini adalah guru di SD dan SMP Islam Bunga Bangsa Samarinda sejumlah 48 orang diambil secara purposive sampling. Variable penelitian ini diungkap dengan menggunakan skala pengukuran berupa angket. Variabel komitmen organisasi diukur dengan Afectif, Normatif, Continuance Commitmen Scale (ANCCS) yang dikembangkan oleh Allen dan Meyer. Variabel Keadilan Organisasi diambil dari penelitian Setyawati (2005) terdiri atas 40 butir, terbagi dalam 3 (tiga) faktor, yaitu Keadilan Distributif (9 butir), keadilan prosedural (18 butir) dan keadilan interaksional (13 butir), dan 12 (duabelas) indikator. Data penelitian diuji dengan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis data maka ditemukan ada hubungan sangat signifikan antara variable komitmen organisasi dan keadilan organisasi dengan intensi turnover dengan F= 15,883 dengan p=0,000 (p<0,05). Besar pengaruh variable komitmen organisasi dan keadilan organisasi dengan intensi turnover sebesar R2 = 0,414 menunjukkan 41,4%. Hasil analisis korelasi parsial didapatkan ada hubungan sangat signifikan antara komitmen organisasi dengan intensi turnover dengan rx1y = 0,334 dan p 0,010 (p>0,005) dan ada hubungan negatif dan sangat signifikan antara keadilan organisasi dengan intensi turnover dengan rx2y = -0,643 dan p 0,000 (p<0,005).
“Dice of Feelings” Untuk Meningkatkan Self-disclosure Pada Remaja Tipe Kepribadian Introvert Miranti Rasyid; Irwina Dyah Apriani; Sista Irianti; Astrid Verlanda
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, Issue 1, June 2017
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v6i1.2359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan self-disclosure pada siswa kelas X SMK Kesehatan Samarinda setelah diberikan permainan “Dice of Feelings”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sample penelitian ini adalah siswa yang memiliki tipe kepribadian Introvert dan tingkat self-disclosure yang rendah di SMK Kesehatan Samarinda sebanyak 30 orang. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik yaitu Uji t dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 21.0 for windows. Dari hasil penghitungan SPSS didapat berdasarkan hasil pengujian Uji t menunjukkan adanya peningkatan tingkat self-disclosure pada subjek siswa kelas X SMK Kesehatan Samarinda setelah diberikan permainan “Dice of Feelings”. Dari hasil analisis data pre test dan post test dengan uji paired t-Test didapatkan hasil t hitung adalah -13,305 (< t tabel = 2,145) dengan ???? = 0,000 (???? < 0.05). Hal tersebut menunjukkan permainan Dice of Feelings yang diberikan berhasil meningkatkan self-disclosure siswa.
Mengembangkan Kreativitas Melalui Daun Bengkuang Aulia Suhesty; Meirinja Raudatul Jannah; Revi Maulania Wahyudi; Erika Yohana Pakpahan; Nurina Rahma
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 5, No 1 (2016): Volume 5, Issue 1, June 2016
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v5i1.2280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda setelah diberikan pelatihan membuat kerajinan dari daun bengkuang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sample penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki tingkat kreativitas yang sedang di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda sebanyak 30 orang. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik yaitu Uji t dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 20.0 for windows. Dari hasil penghitungan SPSS didapat berdasarkan hasil pengujian Uji t menunjukkan adanya peningkatan tingkat kreativitas pada subjek mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda setelah diberikan pelatihan kerajinan dari daun bengkuang berupa seraung. Dari hasil analisis data pre-test dan post test dengan uji paired t-Test didapatkan hasil t hitung = -3,424 (< t tabel = 2,145) dengan ???? = 0,004 (???? < 0,05). Sedangkan pada post test dan follow up didapatkan t hitung = -2,155 (> t tabel = 2,145) dengan ???? = 0,049 (???? < 0.05).
Pengaruh Gaya Resolusi Konflik dan Penyesuaian Perkawinan Dengan Kebahagiaan Pada Pasangan Suami Istri yang Menjalani Hubungan Jarak Jauh Rina Rifayanti; Diana Diana
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 8, No 1 (2019): Volume 8, Issue 1, June 2019
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v8i1.2385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Resolusi Konflik Dan Penyesuaian Perkawinan Terhadap Kebahagiaan Pada Pasangan Suami Istri Yang Menjalani Hubungan Jarak Jauh. Jenis penelitian dari tesis ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang karyawan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji regresi model penuh. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 20 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya resolusi konflik, penyesuaian pernikahan, dan kebahagian memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan nilai F hitung = 22.605 > F tabel = 3.09, R2 = 0.318, dan p = 0.000 < 0.050. Kesimpulan pertama, Ada pengaruh gaya resolusi konflik dan penyesuaian perkawinan ter-hadap kebahagiaan pada pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh. Kedua, Ada pengaruh gaya resolusi konflik terhadap kebahagiaan pada pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh. Ketiga, Ada pengaruh penyesuaian perkawinan terhadap kebahagiaan pada pasangan suami istri yang menjalani hubungan jarak jauh.
Pengambilan Gaya Keputusan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Evi Kurniasari
Psikostudia : Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, Issue 1, Juni 2012
Publisher : Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/psikostudia.v1i1.2176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan gaya keputusan yaitu rasional dan intuitif ditinjau dari tipe kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelatif dan komparatif. Sampel penelitian ini adalah 115 karyawan swasta. Hasil penelitian ini menunjukkan gaya pengambilan keputusan rasional memperoleh Kruskal Wallis = 30,889 dengan p = 0,00 (p<0,01). Temuan ini menunjukkan ada perbedaan sangat signifikan gaya pengambilan keputusan rasional antara pemimpin yang memiliki tipe kepribadian dominance, influence, steadiness, conscientiousness. Sedangkan gaya pengambilan keputusan intuitif memperoleh nilai Kruskal Wallis = 44,577 dengan p = 0,00 (p<0,01). Temuan ini menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan dalam gaya pengambilan keputusan intuitif antara pemimpin dengan tipe kepribadian dominance, influence, steadiness, conscientiousness.

Page 1 of 29 | Total Record : 283


Filter by Year

2012 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2023): Volume 12, Issue 3, September 2023 Vol 12, No 2 (2023): Volume 12, Issue 2, Juni 2023 Vol 12, No 1 (2023): Volume 12, Issue 1, Maret 2023 Vol 11, No 4 (2022): Volume 11, Issue 4, Desember 2022 Vol 11, No 3 (2022): Volume 11, Issue 3, September 2022 Vol 11, No 2 (2022): Volume 11, Issue 2, June 2022 Vol 11, No 1 (2022): Volume 11, Issue 1, March 2022 Vol 10, No 3 (2021): Volume 10, Issue 3, November 2021 Vol 10, No 2 (2021): Volume 10, Issue 2, Juli 2021 Vol 10, No 1 (2021): Volume 10, Issue 1, Maret 2021 Vol 9, No 3 (2020): Volume 9, Issue 3, November 2020 Vol 9, No 2 (2020): Volume 9, Issue 2, Juli 2020 Vol 9, No 1 (2020): Volume 9, Issue 1, Maret 2020 Vol 8, No 2 (2019): Volume 8, Issue 2, December 2019 Vol 8, No 1 (2019): Volume 8, Issue 1, June 2019 Vol 7, No 2 (2018): Volume 7, Issue 2, December 2018 Vol 7, No 1 (2018): Volume 7, Issue 1, June 2018 Vol 6, No 2 (2017): Volume 6, Issue 2, December 2017 Vol 6, No 1 (2017): Volume 6, Issue 1, June 2017 Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, Issue 2, December 2016 Vol 5, No 1 (2016): Volume 5, Issue 1, June 2016 Vol 4, No 2 (2015): Volume 4, Issue 2, December 2015 Vol 4, No 1 (2015): Volume 4, Issue 1, June 2015 Vol 3, No 2 (2014): Volume 3, Issue 2, Desember 2014 Vol 3, No 1 (2014): Volume 3, Issue 1, June 2014 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, Issue 2, December 2013 Vol 2, No 2 (2013): Volume 2, Issue 2, December 2013 Vol 2, No 1 (2013): Volume 2, Issue 1, June 2013 Vol 1, No 2 (2012): Volume 1, Issue 2, December 2012 Vol 1, No 1 (2012): Volume 1, Issue 1, Juni 2012 More Issue