cover
Contact Name
Ns. Sunardi
Contact Email
dosen01030@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalforkamma@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25989545     EISSN : 2599171X     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Ini ditujukan untuk Masyarakat Umum, Peneliti dan Dosen Manajemen khususnya Forum Komunikasi Keluarga Besar Alumni Magister Manajemen Universitas Pamulang (FORKAMMA UNPAM) Khusus Peneliti Ilmu Manajemen dan Ekonomi dengan ISSN No. 2598-9545 (cetak) dan 2599-171X (Online).
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)" : 8 Documents clear
ANALISIS NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DI SMA ISLAM CIKAL HARAPAN 1 BUMI SERPONG DAMAI Teguh Yuwono; Angga Rovita; Diana Riyana H
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.527 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3416

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kepemimpinan di SMA Islam Cikal Harapan 1 BSD dan Bagaimana nilai-nilai kepemimpinan diterapkan.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu dengan cara melakukan wawancara dengan first hand information, Dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah SMA Islam Cikal Harapan 1 BSD ditemukan adanya nilai-nilai kepemimpinan yang  mendasarkkan pada kebijakan yayasan yang menanungi sekolah tersebut, sehingga kepemimpinan berdasarkan struktur. Dari Fokus Grup Diskusi ditemukan adanya nilai-nilai kepemimpinan yang diharapkan dapat menumbuhkembangkan etos kerja para guru dan  karyawan, sehingga diharapkan terbentuknya  nilai-nilai kepemimpinan yang memberdayakan antara pimpinan dan bawahan ( kepala sekolah dan jajaran guru serta siswa), maka diharapkan adanya sistem atau aturan yang menjadi dasar dalam menjalankan kepemimpinan. Adanya kesenjangan pemahaman nilai-nilai kepemimpinan dari hasil wawancara dan Fokus Grup Diskusi tersebut menimbulkan tantangan untuk dijawab, maka peneliti memberikan perspektif atau pandangan yang menyatukan dua sudut pandang ( pimpinan/kepala sekolah dan bawahan/guru dan siswa).
PENGARUH PROGRAM KEMITRAAN DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA BANK BUMN Khuzaeni Khuzaeni
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.924 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3412

Abstract

Tujuan penelitian ini Salah satu barometer maju-mundurnya suatu perusahaan dapat diukur dari tingkat kinerja keuangan. Tingkat kinerja keuangan yang tinggi menggambarkan bahwa perusahaan tersebut efisiensi dalam penggunaan modal kerja sehingga akan diperoleh produktifitas. Pada akhirnya kinerja keuangan akan memberikan kebahagiaan bagi para pemegang saham terutama berkaitan dengan deviden yang akan diterimanya. Permasalahan yang muncul bagi manajemen adalah bagaimana kinerja keuangan yang dimanisfestasikan dengan laba yang diperoleh itu dikelola dengan baik. Pengelolaan laba tersebut terletak pada kebijakan deviden. Kebijakan deviden mengatur bagaimana laba yang diperoleh akan dialokasikan kepada para pemegang saham dalam bentuk deviden dan laba ditahan. Bagi BUMN permasalahan ini belum cukup karena ada kewajiban menyisihkan laba sebesar 1-5% bagi kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Hal ini kebijakan deviden alokasinya tidak hanya untuk pembayaran deviden dan laba ditahan saja melainkan ada tambahan untuk PKBL. Pada akhirnya penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh Program kemitraan dan kebijakan deviden terhadap kinerja keuangan pada bank BUMN. Data sekunder diambil dari laporan keuangan tahunan dari 3 sampel bank BUMN yang ada di Indonesia.. Analisis data menggunakan teknik analisa regresi parsial dan simultan. Hasil penelitian menemukan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh antara Program Kemitraan dengan Kinerja Keuangan tidak kuat karena tingkat signifikan hanya sebesar 24,5%.  Kedua, tidak terdapat pengaruh antara Kebijakan deviden dengan Kinerja keuangan karena tingkat signifikannya sebesar 1,4%. Ketiga, terdapat pengaruh antara Program Kemitraan dan Kebijakan deviden dengan Kinerja keuangan pada bank BUMN.
PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus di PT. Lautan Otsuka Chemical) Heri Murtiyoko
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.59 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3417

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Lautan Otsuka Chemical, Jakarta. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan statistik. Adapun  jumlah  sampel  yang digunakan sebanyak 154 responden. Analisis data menggunakan SPSS Versi 19. Teknik uji sampling menggunakan metode random sampling dan teknik pengambilan data diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompensasi memiliki pengaruh sebesar 16,8% terhadap kinerja karyawan dan motivasi kerja memiliki pengaruh sebesar 3,2% sedang pengaruh secara simultan kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 16,8%
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEPUASAAN PELANGGAN Yerita Fath; Angga Rovita
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.68 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3413

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Budaya Organisasi dengan Kepuasan Pelanggan. Populasi peneltian adalah guru-guru SMP Negeri Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, dengan sample 80 orang dipilih secara random sampling.Jenis penelitian adalah riset survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berbentuk angket. Diuji melalui  koefesien hubungan dengan memakai korelasi Product Moment sedangkan rangkaian pengujian diawali dengan uji validitas butir pernyataan dengan memakai rumus Product moment sedangkan koefisien realibilitas instrument dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis dilakukan   normalitas data sampling dengan uji Liliefors dan homogenitas varian populasi dengan uji Barlett. Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan dengan koefisiien korelasi  hubungan signifikan dari ttabel =  9,40.  Kedua, terdapat hubungan positif antara Budaya Organisasi dengan Kepuasan Pelanggan dengan koefisiien korelasi  hubungan signifikan dari ttabel =  9,74. Ketiga, terdapat hubungan positif antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Budaya Organisasi (X2) secara bersama-sama dengan Kepuasan Pelanggan (Y) dengan koefisien korelasi hubungan signifikan Ftabel = 64,33.
PENGARUH PERUBAHAN LOGO (REBRANDING) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA PT BANK BRI TBk Nabila, Nuzul Inas
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.327 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan logo (rebranding) terhadap citra perusahaan yang dilakukan oleh PT Bank BRI Tbk. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Perubahan logo PT Bank BRI Tbk berpengaruh terhadap citra perusahaan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil 100 responden nasabah Bank BRI . Alat analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana. Hasil analisis data diperoleh pengaruh perubahan logo terhadap citra merek sebesar r² = 0,342. Hal ini berarti sumbangan variabel x (perubahan logo) berperan dalam mempengaruhi setiap penambahan variabel y (citra perusahaan) sebesar 34,2%. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan logo PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberi pengaruh 34,2% terhadap citra perusahaan. Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa thitung  lebih besar dari ttabel yaitu  7,136>1.984  artinya perubahan logo (rebranding) berpengaruh secara signifikan terhadap citra perusahaan pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk
PRAKTEK KOMERSIALISASI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH DALAM PANDANGAN ETIKA BISNIS ISLAM Andriyani Hapsari
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.67 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3414

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui secara mendalam praktek komersialisasi dalam keuangan mikro, dan (2) menganalisis praktek komersialisasi dari sudut pandang etika bisnis Islam.  Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yang menggunakan tinjauan ekonomi syariah untuk menilai praktek komersialisasi dalam keuangan mikro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang tidak menggunakan perhitungan matematis dan statistic, dan dengan metode analisis deskriptif.  Hasil penelitannya adalah : (1) Komersialisasi dalam keuangan mikro tidak sepenuhnya bertentangan dengan etika Bisnis Islam. (2) Konsep komersialisasi itu sendiri bersifat kontraproduktif dalam mencapai misi social dan bisnis sekaligus. (3) Nilai moral dalam etika bisnis Islam justru akan mampu mewujudkan lembaga keuangan mikro syariah sebagai institusi pengentasan kemiskinan yang juga mampu meraih keuntungan wajar sebagai institusi bisnis.
PENGARUH REKRUTMEN, SELEKSI, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA CINERE Tarwijo Tarwijo
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.789 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3415

Abstract

Tujuan adalah untuk mengetahui fenomena serta bukti empiris, serta kesimpulan mengenai pengaruh ketiga variable bebas yang tersebut di atas terhadap kinerja karyawan pada toko buku Gramedia Cinere.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara rekrutmen dengan kinerja karyawan pada toko buku Gramedia yang ditunjukkan dengan hasil uji t, dimana thitung> ttabel yaitu 2,214 > 1,660 dengan taraf signifikansi 0,029 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara seleksi dengan kinerja karyawan, yang ditunjukkan dengan hasil uji t, dimana thitung> ttabelyaitu 2,833 > 1,660 dengan taraf signifikansi 0,006< 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kinerja karyawan yang ditunjukkan dengan hasil uji t, dimana thitung> ttabel, yaitu: 3,353 > 1,660 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Dan hasil uji secara simultan atau secara bersama-sama ketiga variable bebas, yaitu rekrutmen, seleksi, dan motivasi memiliki nilai positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan
PENGARUH IKLAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT NASABAH INTERNET BANKING BRI PADA NASABAH BRI UNIT MALABAR TANGERANG Mahnun Mas’adi
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Vol 2, No 1 (2018): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1032.899 KB) | DOI: 10.32493/frkm.v2i1.3411

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan internet banking BRI. Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya nasabah PT BRI Persero yang melakukan aktivitas perbankan di website resmi BRI. Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis minat nasabah terhadap layanan Internet Banking BRI dengan menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu iklan, kemudahan penggunaan, resiko dan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan sampel 54 orang nasabah BRI Unit Malabar yang sudah pernah menggunakan Internet Banking BRI. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana pada program SPSS versi 18. Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian yang baik, dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah  variabel iklan dan variabel resiko secara siginifikan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunakan Internet Banking BRI. Namun variabel kemudahan penggunaan dan  variabel citra perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menggunakan Internet Banking BRI

Page 1 of 1 | Total Record : 8