cover
Contact Name
Al Munir Jurnal
Contact Email
prodi_kpi@uinib.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
usmanma@uinib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
ISSN : 20861303     EISSN : 26570521     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Al Munir Journal of Islamic Communication and Broadcasting is open access and peer review of journals published by the Communication and Islamic Broadcasting Study Program of the Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Imam Bonjol Padang State Islamic University (UIN). This journal covers actual issues in Islamic communication studies, including the development of contemporary da'wah by utilizing media, Islamic information systems, rhetoric, literature, and government policies regarding broadcasting and information regulation. The purpose of this journal is to promote sharing of knowledge and understanding of communication issues. Then receive contributions from experts, researchers, practitioners and policy makers throughout the world. This journal is published periodically twice a year, precisely in January - June and July - December.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Nomor 2 Tahun 2009" : 6 Documents clear
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL (Strategi Mengungkap Kecerdasan) Zulfani Sesmiarni
AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 1 Nomor 2 Tahun 2009
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/amj-kpi.v0i0.665

Abstract

Strategi pembelajaran yang baik adalah strategi yang mampu mengkondisikan segala aspek perbedaan peserta didik baik yang menyangkut kecerdasan, perbedaan individu, latar belakang, kemampuan dan segala aspek yang ada pada anak didik. Dewasa ini di persekolahan kemampuan otak siswa kadang kurang diperhatikan padahal kemampuan otak manusia adalah tidak terbatas. Namun banyak orang yang tidak mampu mengolahnya sampai kepada penggunaan yang optimal, sehingga hasil yang dicapai juga kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang merangsang kepada penggunaan otak secara keseluruhan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI Mulyani, Helda
AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 1 Nomor 2 Tahun 2009
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/amj-kpi.v0i0.666

Abstract

Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran PKn adalah kurang seriusnya siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda diskusi kelompok biasa. Sebagian besar siswa tidak mengikuti jalannya diskusi dengan baik sehingga indikator yang harus dicapai pada pembelajaran saat itu, belum dikuasai oleh siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut dicoba melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan cara melaksanakan pembelajaran melalui metoda pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini diharapkan siswa lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya dibebankan kepadanya dalam kelompok, karena masing-masing siswa akan mengajarkan kembali topik yang dibahasnya dalam kelompok awal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam berdiskusi serta terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Kira-kira 25 orang dari 30 orang siswa sudah menunjukkan keaktifan dalam berdiskusi, oleh karena itu tindakan ini dihentikan. Selanjutnya kita berharap semoga hal ini dapat dilaksanakan secara kontiniu.
DEBAT SEBAGAI METODE DAKWAH (Kajian dalam Perspektif al Qur'an) usman usman
AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 1 Nomor 2 Tahun 2009
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/amj-kpi.v0i0.667

Abstract

Metode atau cara yang dimaksud dalam makalah ini adalah terkait dengan dakwah, atau dengan kata lain disebut juga dengan metode dakwah. Dalam pembahasan metode dakwah dalam al Qur'an secara umum didasarkan pada surat an Nahl ayat 125. Akan tetapi perkembangan manusia yang bersifat dinamis, maka metode inipun berkembang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan manusia terhadap dakwah. Debat slaah satu metode dalam berdakwah, yaitu debat  yang baik, adu argumentasi dan idak tegang serta memojokkan sampai terjadi pertengkaran.  Fungsi Untuk metode mujadalah al-lati hiya ahsan yakni untuk mencapai kebenaran
KOMUNITAS PENENGAH BUDAYA (Membangun Sinergi Nilai Agama dan Budaya dalam Menghadapi Perubahan dan Tantangan : Perspektif Mediating Cross Culture Theory ) Wahidul Kohar
AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 1 Nomor 2 Tahun 2009
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/amj-kpi.v0i0.668

Abstract

Teori penengah lintas budaya, membuktikan bahwa konflik disebabkan oleh polarisasi yang terus terjadi, serta ketidakpercayaan dan permusuhan di antara kelompok yang berbeda dalam suatu masyarakat. Sasaran yang ingin dicapai oleh teori ini  adalah perlunya menambah pengetahuan pihakpihak yang berkonflik mengenai budaya pihak lain, komunikasi terbuka, menghilangkan etnosentrisme, menjauhi prasangka, mengurangi stereotip negatif yang mereka miliki mengenai pihak lain, serta meningkatkan keefektifan komunikasi antarbudaya. Teori ini dihasilkan dari temuan pada penelitian mikro induktif tentang pengalaman komunikasi antarbudaya di salah satu wilayah Indonesia dan dipadukan dengan berbagai temuan penelitian dengan tema yang sama diberbagai wilayah Indonesia, dalam membangun sinergi nilai budaya, dalam konteks multi etnis.
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN MOTIVASI KERJA (Tinjauan dalam Komunikasi Organisasi) Afrinaldi Afrinaldi
AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 1 Nomor 2 Tahun 2009
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/amj-kpi.v0i0.656

Abstract

Tujuan tulisan ini ingin melihat hubungan antara kecerdasan emosi dengan motivasi kerja dalam sebuah organisasi. Contoh yang dikemukakan melibatkan organisasi kependidikan, sebagai sasarannya adalah guru di sekolah. Fokus masalah yang dikemukakan bagaimana peran guru dalam menumbuhkan kasih sayang sebagai bahagian dari pengelolaan emosi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Sedangkan dikalangan organisasi non kependidikan dicontohkan pekerja agen asuransi dalam menghadapi nasabah. Secara umum tulisan ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan motivasi kerja dalam organisasi. Secara teoritis tulisan ini akan diperkaya dengan pandanganpandangan yang dikemukakan para ahli dibidangnya serta dipertegas dengan kutipan ayat Al-Quran yang sejalan dengan maksud tulisan ini.
MOTIVASI BERPRESTASI DALAM BEKERJA DI ERA GLOBAL Hasan, Yummil
AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Volume 1 Nomor 2 Tahun 2009
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/amj-kpi.v0i0.664

Abstract

Sumberdaya Manusia merupakan aset yang sangat penting bagi organisasi dan merupakan salah satu unsur yang sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi, terutama dalam menghadapi persaingan dan tantangan bisnis yang semakin besar, seperti globalisasi, perubahan teknologi dan perhatian terhadap kualitas. Untuk dapat menghadapi tantangan bisnis tersebut, organisasi harus mampu mengelola sumberdaya manusia yang dapat diarahkan pada pencapaian tujuan organisasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6