cover
Contact Name
yassirli amri
Contact Email
yassirlia@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
yassirlia@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
ISSN : 24078565     EISSN : 25795295     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Topik yang di utamakan untuk terbit dijurnal ini : 1. Bidang Ilmu Ekonomi 2. Bidang Ilmu Manajemen 3. Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017" : 14 Documents clear
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Wajib Pajak di Kecamatan Koto Tangah) Gusmidawati, Rina Widyanti
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan TerhadapKesadaran Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak di Kecamatan KotoTangah.(2) Pengaruh Pelayanan Fiskus Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Orang PribadiDalam Membayar Pajak di Kecamatan Koto Tangah. (3) Pengaruh Tingkat PendidikanDan Pelayanan Fiskus Secara Bersamaan Terhadap Kesadaran Wajib Pajak OrangPribadi. Populasi dari penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar diKPP Pratama Padang Khususnya di Kecamatan Koto Tangahdengan sampel sebanyak100 responden. Data penelitian ini diperoleh melalui kuisioner. Teknik pengambilansampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)Tingkat Pendidikan berpengaruh positif terhadap Kesadaran Wajib Pajak dengan nilaikoefisien determinasi 0,235. (2) Pelayanan Fiskus berpengaruh positif dan signifikanterhadap Kesadaran Wajib Pajak dengan nilai koefisien determinasi 0.399. (3) TingkatPendidikan dan Pelayanan Fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap KesadaranWajib Pajak dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 8.128>3,091.Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Wajib Pajak
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DAN PROGRAM PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN HARAUKABUPATEN LIMA PULUH KOTA Karnedi, Devi Esisna, Antoni
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.407

Abstract

This researchadopts thequantitative method with the causal design. It aimsto investigatetheimpactsof academic supervision and educatorsdevelopmentprogramson kindergartenteachers’ performance in Harau Lima Puluh Kota regency. The population of this researchis60 kindergarten teachers in the Harau sub-district. The data were collected fromMarchuntilApril 2016. The variables of theresearch areacademic supervision given by theheadmasters, educators development programs, and teachers’ performance. Based on theanalysis, someconclusionsare drawn:1) there aresignificant and positive impactsofacademic supervision by the headmastersonthe educators’ performance;the hypothesisisaccepted, 2) there areno significant impactsof educators’ development programs ontheteachers’ performance;the hypothesis isthen rejected, 3) academic supervision by theheadmasters and the educator development programs simultaneously affect the teachers’performance as indicated bythe probability value (sig) < 0,05. The research have someimplicationsonthe higher intensity of academic supervision in the learning process,observation, curriculum development, and professional development;the teacherswill havea better performance accordingly.Keywords: Academic Supervision, Educator Development, Teacher Performance.
PENGARUH NET PROFIT MARGIN DAN TOTAL ASSET TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY PADA PERUSAHAAN LQ 45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Dila Dahlia, Eka
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.412

Abstract

The aim of this research was to determine how much influence net profit margin and total assetturnover to return equity in LQ 45 companies listed in the Indonesia Stock Exchange. Number ofsample in this research is 37 LQ 45 companies that listed in Indonesia Stock Exchange (BEI). Thisresearch used multiple linier regression method to verify hypothesis in this research. Beforehypothesis testing all variable must be free from multicollinearity, heteroscedasticity,autocorrelation and normally distributed. The result of this research using t test is net profitmargin have significantly effect to return on equity and total asset turnover have significantly effectto return on equity. Using F test is together with net profit margin and total asset trunover hassignificant impact to return on equity.Key word : Profit Margin, Total Asset Turnover and Return on Equity
KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA INDUSTRI OTOMOTIF Perdana, Dadi Akhmad
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.403

Abstract

Persaingan dalam industri otomotif menjadi semakin ketat, hal ini terlihat dariusaha yang dilakukan oleh para ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dan ImportirUmum (ID) dalam mengembangkan produk lokal yang sudah ada di pasar juga dalammeluncurkan mobil-mobil baru baik yang dirakit di Indonesia maupun diimpor langsungdari luar negeri.Persaingan industri otomotif yang ketat ini juga sangat dipengaruhi oleh kebijakanpemerintah yang sangat fundamental yaitu yang berkaitan dengan dikeluarkannyakeputusan penurunan tarif bea masuk (BM) dan Pajak Barang Mewah (PPnBM) bagiimpor mobil dalam kondisi Completely Built Up (CBU) dan Completely Knock Down(CKD). Kebijakan pemerintah lainnya juga termasuk penurunan tarif bea masuk mengenaipenurunan tarif bea masuk untuk komponen kendaraan bermotor.Kebijakan lain yang membuat persaingan dalam industri otomotif menjadi semakinkuat adalah dengan diberlakukannya Undang-undang Perlindungan konsumen No. 8tahun 1999 sejak 20 April 2000, yang mengatur hak dan kewajiban konsumen danprodusen. Kebijakan ini menuntut dunia usaha, termasuk pelaku bisnis otomotif untukdapat menyajikan kualitas produk dan pelayanan yang profesional kepada konsumen.Sebagai usaha dalam mempertahankan pelanggannya, maka pengetahuanmengenai kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan merupakan suatu hal yang sangatpenting karena kepuasan pelanggan pada akhirnya akan membawa pada loyalitasterhadap merek/brand (Brand Loyally) yang memberikan keuntungan jangka panjangpada perusahaan.
PENGARUH PRESTASI KERJA, PENGALAMAN KERJA, DAN PENDIDIKAN TERHADAP PROMOSI JABATAN DI RSI IBNU SINA SIMPANG EMPAT PASAMAN BARAT Mahdona, Yurasti
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.408

Abstract

This research was conducted on employees’ of Islamic Hospital Ibnu Sina Simpang EmpatIn West Pasaman. The purpose of this study to determine the effect of Job Performance,Work Experience, and Education Against Job Promotion At RSI Ibnu Sina SimpangEmpatin West Pasaman. This research included into the research using field research thatis quantitative, with the number of samples of 50 respondents.The data was collected bydistributing questionnaires using a 5-point likert scale to measure 26 statement item.Dataprocessed on SPSS version 19.0.The statement Tested by using test of validity andreliability.The multiple regression analysis showed that each of the variables used in thisstudy has a regression equation as follows: Y = 1,450 +0,628X1 + (-0,030)X2 + 0,073 X3+ e. The result of the analysis shows Job performance,Work Experience, and Educationsignificant effect simultaneously on Promotion at RSI Ibnu Sina Simpang Empat WestPasaman. Job performance a significant effect partial on Promotion at RSI Ibnu SinaSimpang Empat West Pasaman. Experience and education does not have an effect on thepromotion At RSI Ibnu Sina SimpangEmpatWest PasamanKeywords:Promotion, Job Performance, Work Experience, and Education
ANALISIS PENERAPAN SAK ETAP DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA PT. BPR Ganto Nagari 1954 Dwi Nova Azana, Immu Puteri Sari
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.413

Abstract

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP)digunakan untuk entitas yang tidak mempunyai akuntabilitas publik signifikan.Penggunaan SAK-ETAP bagi Bank Perkreditan Rakyat bertujuan untuk mempermudahBPR dalam menerapkan standar akuntansinya namun tetap memperhatikan harmonisasidengan standar akuntansi internasional yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimanakah penerapan SAK ETAP dalam penyusunan laporan keuanganyang terdapat dalam neraca pada PT. BPR Ganto Nagari 1954 Lubuk alung pada tahun2015.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitumelakukan analisis dalam proses kegiatan penelitian menggunakan daftar pertanyaanuntuk pengurus dan pengelola PT. BPR Ganto Nagari 1954 berkaitan dengan penyusunanlaporan keuangan yang terdapat dalam neraca yang diterapkan oleh PT. BPR GantoNagari 1954 dan kemudian dideskripsikan sesuai dengan teori dan kepustakaan yangdiperoleh.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam penyusunan neraca pada PT. BPRGanto Nagari 1954 telah disajikan sesuai dengan SAK ETAP dan Pedoman AkuntansiBPR yaitu PT. BPR Ganto Nagari sudah melengkapi pos-pos umum yang harus disajikandalam neraca seperti pos-pos yang terdapat dalam akuntansi aset, kewajiban dan ekuitas.Berdasarkan pada Pedoman Akuntansi BPR yang telah disesuaikan dengan SAK ETAPterdapat tiga pokok kebijakan akuntansi yang berlaku dalam neraca adalah tentangpengakuan, penyajian, dan pengungkapan pos-pos yang ada pada neraca. Sesuai denganhasil pernyataan yang ditulis berdasarkan Pedoman Akuntansi BPR telah diisi oleh orangyang bertanggungjawab (bagian keuangan dari PT. BPR Ganto Nagari 1954), masihterdapat beberapa pernyataan yang belum diterapkan pada PT. BPR Ganto Nagari 1954.Saran yang dapat penulis sampaikan adalah dalam penyusunan laporan keuangankhususnya neraca PT. BPR Ganto Nagari 1954 lebih mematuhi dan menerapkan PedomanAkuntansi BPR yang telah disesuaikan dengan SAK ETAP sepenuhnya agar neraca yangdisajikan jelas sehingga dapat dipahami, relevan, diandalkan dan dapat dibandingkan.Kata kunci: Laporan Keuangan, SAK ETAP, dan PT. BPR Ganto Nagari 1954
PENGARUH PROMOSI, LOKASI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN PADA PUSAT OLEH-OLEH BANI RAWI DI KABUPATEN TANAH DATAR Dahliana Khamener, Reni Yuliviona, Reza Fabio Alkindi
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.404

Abstract

This research analized the influence of promotion,location and brand image of Bani RawiSouvenir Shop toward on customer purchase decision. The technique of the sample collectionwas accidental sampling method, which were collected 138 respondents. The multiple regressionanalysis was used to conduct the hypothesis test on this research.The results of the researchshowed that: (1) Brand image significantly toward on Bani Rawi customer purchase decision. (2)Location positively influenced toward on Bani Rawi customer purchace decision. (3) brandimage not significanly influenced toward on Bani Rawi customer purchase decision.Keywords: Promotion, Location, Brand image , Customer purchasing decision
MANAJEMEN RISIKO, KUALITAS CORPORATE GOVERNANCE, STATUS KEUANGAN PERUSAHAAN, DAN PERILAKU OPPORTUNISTIK MANAJERIAL Fajaryati, Hijroini
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kausalitas antara variabel manajemenrisiko, status keuangan perusahaan, kualitas corporate governance, dan perilaku opportunistikmanajerial. Manajemen risiko diukur melalui Current Ratio, status keuangan perusahaan diukurmelalui prediksi kebangkrutan Altman Z Score, kualitas corporate governance berupa CorporateGovernance Perception Index (CGPI) sedangkan perilaku opportunistik manajerial yang melakukanpola manajemen laba diproksikan melalui Indeks Eckel (1981).Pengujian dilakukan dengan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SmartPLS versi1.10 pada 47 perusahaan yang terdaftar di Indonesia Institute of Corporate Governance (IICG)tahun 2011-2013 dan menyampaikan laporan tahunan di Bursa Efek Indonesia (BEI).Penelitian ini menemukan bahwa manajemen risiko dan status keuangan perusahaan tidakmemiliki pengaruh terhadap perilaku opportunistik manajerial.Sedangkan kualitas corporategovernance dapat menekan perilaku opportunistik manajerial.Manajemen risiko memberikanpengaruh negatif terhadap kualitas corporate governance sedangkan status keuangan dapatmemberikan dampak terhadap kualitas corporate governance.Manajemen risiko memberikanpengaruh positif kepada perusahaan dengan status keuangan perusahaan yang sehat.Pada analisa jalur, manajemen risiko tidak langsung memberikan pengaruhnya terhadapperilaku opportunistik manajerial. Tetapi manajemen risiko dapat meningkatkan status keuangan danmenaikkan reputasi perusahaan dengan kualitas corporate governance, sehingga mampu menekanmanajer untuk melakukan income smoothing. Di satu sisi, manajer tetap melakukan incomesmoothingmeskipun perusahaan memiliki manajemen risiko dan corporate governance, karenamotivasi yang bersifat effisien untuk melakukan manajemen laba.Keywords: Risk management, corporate governance quality, financial status, income smoothing
PENGARUH SUSTAINABILITY REPORTING TERHADAP KINERJA KEUANGAN DARI SISI MARKET VALUE RATIOS marni, Jus
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.414

Abstract

Sustainability report contains the financial performance and non financial performance. Inrecent years, has been realized the importance of this disclosure through its impact on financialperformance.This study aimed to examine the relationship between indicators of sustainabilityreporting and the company’s market value ratios. This study used secondary data. The independenvariable in this study was disclosure of Sustainability report that divided into the performances ofdisclosure of economic, environmental, and social that measured by using SRDI Indexs. TheIndependent variables were measured by using the disclosure indexs. GRI (Global ReportingInitiative) would be used as a guade of sustainability report as a basis for measuring the indexs.The dependent variable used ware the market value ratios. the sample was 15 companies thatpublised the sustainability report in three consecutive years of 2010-2012 and could be accessedthrough the companies’ websites and website of National Center for Sustainability Reporting andthese companies had already published the Annual Financial Statements in 2011-2013 which couldbe accessed through the companies’ websites. As a result sustainability reporting in the economicand environmental aspect gave significant positive affect of Ratio Market Value, mean while in thesocial aspect, Sustainability Reporting gave not significant positive effect of Ratio market value.Keywords: Sustainability reporting, financial performance, market value ratios, Global ReportingIntiative-Index (GRI-Index)
PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK PADA LOYALITAS ELEKTRONIK (KEPUASAN ELEKTRONIK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN KEPERCAYAAN YANG DIRASAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI) Utami, Wiry
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.405

Abstract

This research examine the influence of electronic service quality that consist of fourdimensions are efficiency, system availability, fulfillment and privacy on electronic loyalty, withelectronic satisfaction as mediating variable, perceived trust as moderating variables. Datafor this research were collected by offline and online survey and administered to 237 respondents.The hypothesis testing was conducted using multiple regression analysis, simple regressionanalysis, hierarchical regression analysis.Findings of this study indicate that efficiency, system availability, fulfillment of electronicservice quality are strongest predictors of electronic satisfaction, whereas privacy has no positiveinfluence on electronic satisfaction. This study confirms that electronic satisfaction has stronginfluence on electronic loyalty. Electronic satisfaction also partially mediation the positiveinfluence of efficiency and fulfillment on electronic loyalty. This study reveals that perceived trusthas no moderating role in the influence of electronic satisfaction on electronic loyalty.Keywords : online shopping, electronic service quality, perceived trust, electronic satisfactionand electronic loyalty

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): VOLUME IX NO. 2 Oktober 2023 Vol 9, No 2 (2023): VOLUME IX NO 2 APRIL 2023 Vol 9, No 1 (2023): VOLUME IX NO. 1 OKTOBER 2023 Vol 9, No 1 (2023): VOLUME IX NO 1 APRIL 2023 Vol 8, No 3 (2022): VOLUME VIII NO.3 OKTOBER 2022 Vol 8, No 2 (2022): VOLUME VIII NO.2 OKTOBER 2022 Vol 8, No 1 (2022): Volume VIII No. 1 April 2022 Vol 7, No 3 (2021): Volume VII No. 3 Oktober 2021 Vol 7, No 2 (2021): Volume VII No. 2 Oktober 2021 Vol 7, No 1 (2021): Volume VII No.1 April 2021 Vol 6, No 3 (2020): Volume VI No. 3 Oktober 2020 Vol 6, No 2 (2020): Volume VI No. 2 April 2020 Vol 6, No 1 (2020): Volume VI No. 1 April 2020 Vol 5, No 3 (2019): Volume V No. 3 Oktober 2019 Vol 5, No 2 (2019): Volume V No. 2 April 2019 Vol 5, No 2 (2019): Vol V No. 2 April 2019 Vol 5, No 1 (2019): Volume V No. 1 – April 2019 Vol 5, No 1 (2019): Volume V No. 1 April 2019 Vol 4, No 3 (2018): Vol 4 No 3 Oktober 2018 Vol 4, No 1 (2018): Vol 4 No 1 April 2018 Vol 4, No 3 (2018): Volume IV No. 3 Oktober 2018 Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 - April 2018 Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 April 2018 Vol 4, No 1 (2018): Volume IV No. 1 April 2018 Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017 Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017 Vol 3, No 5 (2017): Vol. III No. 5- April 2017 Vol 3, No 5 (2017): Vol. III No. 5- April 2017 Vol 2, No 4 (2016): Vol. II No. 4 Nopember 2016 Vol 2, No 4 (2016): Vol. II No. 4 Nopember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. II No. 3 April 2016 Vol 2, No 3 (2016): Vol. II No. 3 April 2016 Vol 1, No 2 (2015): Vol. I No.2 Oktober 2015 Vol 1, No 2 (2015): Vol. I No.2 Oktober 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015 More Issue