cover
Contact Name
Deden
Contact Email
peko@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
peko@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Edueco
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26213931     EISSN : 26217511     DOI : -
Jurnal Eueco menerbitkan artikel di bidang Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi. Terbit 2 periode, yakni Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2019): Desember" : 7 Documents clear
PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019 monica dewi lestari; tutik yuliani; Tri Astuti Nur'aini
Jurnal Edueco Vol. 2 No. 2 (2019): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.517 KB) | DOI: 10.36277/edueco.v2i2.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah praktik kerja industri dan motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh terhadap kesiapan kerja peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunkaan populasi sebanyak 100 peserta didik dan sampel sebanyak 80 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Balikpapan tahun ajaran 2018/2019 yang dipilih secara random sampling, dan jenis data yang digunakan adalah primer. Hasil penelitian adalah (1) Praktik kerja industri (prakerin) memiliki nilai t-hitung 4.279 > t- tabel 1.991 yang berarti bahwa variabel Praktik kerja industri (prakerin) memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja peserta didik sebesar 0,535 (2) Motivasi Memasuki Dunia Kerja memiliki nilai t-hitung 2.306 > t- tabel 1.991 yang berarti bahwa variabel motivasi memasuki dunia kerja memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja peserta didik sebesar 0,312 (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama variabel Praktik kerja industri (prakerin) dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap kesiapan kerja peserta didik dengan nilai F-hitung 30.378 > F
INTEGRASI PENDIDIKAN BERBASIS ADIWIYATA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP PATRA DHARMA 2 BALIKPAPAN UNIVERSITAS BALIKPAPAN henny uswatun Hasanah; Tri Astuti Nur'aini; Prita Indriawati
Jurnal Edueco Vol. 2 No. 2 (2019): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.809 KB) | DOI: 10.36277/edueco.v2i2.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan berbasis adiwiyata dalam pembelajaran IPS di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan tahun ajaran 2018/2019 beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang memposisikan peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pembelajaran, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, member check, dan audit trail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru telah memahami perencanaan pembelajaran yang diintegrasikan dengan pendidikan berbasis adiwiyata sesuai dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta implementasi UU nomor 32 tahun 2009 tentang Pelindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan seluruh rangkaiannya oleh guru sesuai dengan standar proses pendidikan meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan penutup sudah baik, karena guru memberikan tindak lanjut dari pembelajaran yang telah dilaksanakan. (2) Adapun faktor pendukung dalam integrasi pendidikan berbasis adiwiyata yaitu pemahaman, kemampuan, dan kreativitas guru dalam mengembangkan indikator pembelajaran serta sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan yang sudah baik. (3) Faktor penghambat di antaranya kesulitan guru dalam mengembangkan indikator pembelajaran terintegrasi lingkungan pada materi yang sifatnya umum. Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi kendala tersebut dengan pembinaan dan pelatihan oleh narasumber dari Disdikbud, Dinas Lingkungan Hidup, serta Forum Adiwiyata Mandiri.
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMA PATRA DHARMA BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI TAHUN AJARAN 2018/2019 Asdtuti Astuti; Casmudi Casmudi; Sugianto Sugianto
Jurnal Edueco Vol. 2 No. 2 (2019): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.487 KB) | DOI: 10.36277/edueco.v2i2.41

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Guru BK SMA Patra Dharma Balikpapan berperan dalam meningkatkan minat lanjut studi ke Perguruan Tinggi pada siswa. Terdapat 12 Informan didalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Triangulasi. Pengelolaan data menggunakan pengujian kredibilitas dan Konfirmability. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) Bimbingan yang diberikan kepada siswa beragam, pelayanan Bimbingannya setiap kelas berbeda. (2) dalam memberikan Konseling kepada siswa-siswinya lebih kepada suatu pengarahan. (3) dalam meningkatkan minat lanjut Perguruan Tinggi pada siswa berperan baik, BK memberikan motivasi,informasi,layanan bimbingan dan konseling serta mengundang universitas untuk datang sosialisasi disekolah. (4) Hambatannya yaitu kurangnya minat siswa dalam mengikuti sosialisasi,orang tua yang tidak ingin melepaskan anaknya kuliah jauh serta jam konseling yang masih sedikit. (5) Solusi untuk mengatasi hambatan adalah dengan mengadakan kegiatan edufair dimana orang tua siswa diundang, diberikan pengarahan dan gambaran betapa pentingnya melanjutkan studi sesuai keinginan sang anak, memberikan motivasi serta arahan dan layanan Bimbingan dan Konselin pada siswa-siswinya.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK MAYBANK BALIKPAPAN TAHUN 2019 Darmin Islamiah; sugianto sugianto; deden deden
Jurnal Edueco Vol. 2 No. 2 (2019): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.869 KB) | DOI: 10.36277/edueco.v2i2.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara Lingkungan Kerja dan Motivasi terhadap kinerja karyawan Bank Maybank Balikpapan Tahun 2019. Penelian ini menggunakan sampel sebanyak 91 karyawan sebagai responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini diketahui bahwa Y = 2,271 + 0,272 X1 + 0,129 X2. Bukti langsung Lingkungan Kerja (X1), Motivasi (X2) berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan (Y). Dan variabel Lingkungan Kerja (X1) dan Motivasi (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kinerja (Y) Karyawan Bank Maybank Balikpapan Tahun 2019.
PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS USAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMA PATRA DHARMA BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019 Vivin Nurvita Dewi; Casmudi casmudi; deden deden
Jurnal Edueco Vol. 2 No. 2 (2019): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.049 KB) | DOI: 10.36277/edueco.v2i2.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan kreativitas usaha terhadap minat berwirausaha tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Patra Dhrma Balikpapan sebanyak 189 siswa dan sampel sebanyak 65 siswa yang dipilih secara simple random sampling dan jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMA Patra Dharma Balikpapan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai thitung 2,196 > ttabel 1,910. Kreativitas usaha memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMA Patra Dharma Balikpapan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai thitung 4,351 > ttabel 1,910. Yang artinya kreativitas usaha (X2) memiliki pengaruh 43,51% terhadap minat berwirausaha (Y). Pembelajaran kewirausahaan (X1) dan kreativitas usaha (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berwirausaha (Y) siswa kelas XI SMA Patra Dharma Balikpapan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai fhitung 28,567 >3,14 ftabel
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA BALIKPAPAN TIMUR TAHUN 2019 Kristina Saida; Tutik Yuliani; deden deden
Jurnal Edueco Vol. 2 No. 2 (2019): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.895 KB) | DOI: 10.36277/edueco.v2i2.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara kualitas pelayanan pajak terhadap kepuasan wajib pajak di KPP Pratama Balikpapan Timur. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 52 wajib pajak sebagai responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan Sampling Insidental. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni angket atau kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dengan teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis, serta menganalisis data dengan uji regresi linier berganda dengan berbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini diketahui bahwa Y = -148.626 + 0.407X1 + 0.181X2 + 0.255X3 + 0.311X4 + 0.282X5. Bukti langsung (X1), Daya tanggap (X2), Keandalan (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wajib pajak (Y). Dan variabel bukti langsung (X1), daya tanggap (X2), keandalan (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan wajib pajak (Y) di KPP Pratama Balikpapan Timur
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMA NEGERI 2 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019 Trianingtyas Novri Hardiana; Casmudi Casmudi; Prita Indriawati
Jurnal Edueco Vol. 2 No. 2 (2019): Desember
Publisher : Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.804 KB) | DOI: 10.36277/edueco.v2i2.45

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implemantasi pembelajaran berbasis sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Balikpapan. Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif (Miles dan Huberman). Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) SMA negeri 2 Balikpapan menerapkan 7 prinsip penyelenggaran Sistem Kredit Semester, 2) Mekanisme penyelenggaraan Sistem Kredit Semester terdapat 3 tahapan yakni tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan terhapan evaluasi serta monitoring. 3) SMA Negeri 2 Balikpapan telah melaksanakan persiapan pelaksanaan SKS secara baik dan matang, dan pada dasarnya pengimplementasian SKS sudah terlaksana dengan baik, namun belum terlaksana secara maksimal disebabkan terdapat berbagai kendala pengimplementasian dalam proses pembelajaran, 4) Upaya atau solusi yang dapat di ambil sekolah untuk mengatasi kendala yang terjadi dengan memberikan pelatihan mengenai IT pada guru yang kurang dan In house traning mengenai penerapan Sistem Kredit Semester.

Page 1 of 1 | Total Record : 7