cover
Contact Name
dianru
Contact Email
dianru@unik-kediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jimek@unik-kediri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi
Published by Universitas Kadiri
ISSN : -     EISSN : 26212374     DOI : -
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (JIMEK) merupakan jurnal ilmiah yang berisi publikasi beberapa skripsi dan hasil penelitian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri yang berdasar dari teori Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. JIMEK terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1" : 10 Documents clear
PENGARUH PELATIHAN, KOMUNIKASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGKITAN SUMATERA BAGIAN UTARA MEDAN Lase, Poppy Herna; Sary, Sufika
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.545 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1123

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh pelatihan, komunikasi, dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Medan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif dan dengan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari hasil angket. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yaitu dengan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik yaitu terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta dengan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan, komunikasi, dan kompetensi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial, pelatihan dan komunikasi juga berpengaruh positif dan signifikan, sementara kompetensi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari uji koefisien regresi disimpulkan 62,0% dari kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yaitu pelatihan, komunikasi, dan kompetensi.Kata Kunci : Pelatihan, Komunikasi, Kompetensi, dan Kinerja Karyawan ABSTRACTThe purpose of this study was to analyze how the influence of training, communication, and competence on employee performance at PT. PLN (Persero) Main Unit for Generation North Sumatra, Medan. In this study, using a quantitative approach with an associative type and with primary data as a source of data obtained from the questionnaire results. The method of analysis in this research is multiple regression analysis, namely the validity test, reliability test, classical assumption test which consists of normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and hypothesis testing. The results of this study indicate that training, communication, and competence simultaneously have a positive and significant effect on employee performance. Partially, training and communication also have a positive and significant effect, while competence does not have a positive and significant effect on employee performance. From the regression coefficient test, it is concluded that 62.0% of employee performance can be explained by independent variables, namely training, communication, and competence.Keywords : Training, Communication, Competence, and Employee Performance
Kompetisi Ekspor Kendaraan Penumpang Indonesia Melawan Negeri Gajah Putih di Arab Saudi Putra, Sandi Hema; Fevriera, Sotya; Adhitya, Dhian; Suryanto, Joko
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.203 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1147

Abstract

Studi ini bertujuan membandingkan keunggulan absolut, keunggulan komparatif dan kompetitif komoditas ekspor kendaraan penumpang (HS 8703) dari Indonesia dan Thailand ke Arab Saudi selama 2009-2018. Analisis keunggulan absolut dan keunggulan komparatif berturut-turut dilakukan dengan membandingan Trade Specialization Index (TSI) dan indeks Revealed Comparative Advantage (RCA). Data RCA Indonesia dan Thailand dibandingkan dengan uji Jumlah Ranking Wilcoxon. Metode yang sama tidak diterapkan pada TSI karena datanya cenderung homogen. Sedangkan analisis daya saing keunggulan kompetitif dilakukan berdasarkan Porter’s Diamond Model dengan membandingkan informasi yang diperoleh dari kajian pustaka dan data-data yang diperoleh dari UNDP, World Bank dan World Economic Forum. Hasil analisis menunjukkan dalam hal keunggulan absolut, daya saing Indonesia dan Thailand dapat dikatakan sama, Indonesia lebih unggul dari Thailand dalam hal daya saing komparatif, tetapi Thailand lebih unggul dari Indonesia dalam hal daya saing kompetitif. 
PENDEKATAN DUA ARAH ANTARA PEMIMPIN DAN BAWAHAN: SUATU PERBANDINGAN ANTARA KERELAAN BEKERJA LEBIH, PEKERJAAN BERMAKNA DAN NIAT UNTUK MENINGGALKAN PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk PABRIK TUBAN Ahmad Hudaifah
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.04 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1304

Abstract

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam lima tahun melakukan empat kali pergantian posisi Direktur Utama. Pergantian tersebut memungkinkan untuk memunculkan keinginan karyawan untuk pergi meninggalkan perusahaan. Pelaksanaan restrukturisasi pada pucuk pimpinan berkali-kali dalam jangka waktu yang relatif singkat menghasilkan kualitas hubungan atasan dan bawahan yang terjalin dengan tidak sempurna dan diprediksi dapat menurunkan kerelaan bekerja dari karyawan mereka. Kondisi pendekatan dua arah antara pemimpin dan karyawan di PT Semen Indonesia dapat dianalisa dengan baik mampu berpengaruh pada keinginan untuk meninggalkan perusahaan dan keinginan untuk bekerja lebih melalui variabel mediator berupa pekerjaan yang bermakna. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan data hasil pengisian responden dengan kuesioner berupa google form dari 79 karyawan. Berdasarkan hasil analisa data statistik, pendekatan dua arah antara pemimpin dan karyawan berpengaruh positif terhadap pekerjaan yang bermakna namun negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap keinginan pergi dari perusahaan. Pendekatan dua arah antara pemimpin dan karyawan berpengaruh positif terhadap kerealaan dari karyawan untuk bekerja lebih. Pekerjaan bermakna memiliki pengaruh negatif terhadap keinginan untuk pergi dari perusahaan akan tetapi positif terhadap keinginan untuk bekerja lebih. Pekerjaan yang bermakna dapat memediasi hubungan antara pendekatan dua arah antara pemimpin dan karyawan terhadap keinginan untuk pergi dari perusahaan. Pekerjaan yang bermakna tidak dapat memediasi hubungan antara pendekatan dua arah antara pemimpin dan karyawan dengan keinginan untuk bekerja lebih. Pada dasarnya karyawan cenderung kuat pada keinginan untuk bekerja lebih dan tidak ingin pergi meninggalkan perusahaan karena mereka memaknai lebih terhadap pekerjaan yang telah mereka lakukan.
Analisis Ketimpangan Pembangunan Ekonomi Antarwilayah (Studi di Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia) Tahun 2014-2018 Fitri Wahyu Dewanto
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.779 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat ketimpangan pembangunan antarprovinsi di Indonesia dan mengetahui ketimpangan pembangunan antara Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia. Analisis data ketimpangan pembangunan ekonomi antarwilayah dilakukan dengan menggunakan Indeks Williamson. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan regresi data panel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS). Data yang diperoleh antara lain Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Kemiskinan, dan Produk Domestik Regional Bruto di 34 Provinsi di Indonesia tahun 2014-2018. Temuan menunjukkan bahwa ketimpangan pembangunan antara Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia cukup tinggi yang disebabkan pembangunan ekonomi yang tidak merata. Selain itu, tingginya ketimpangan pembangunan ditentukan oleh sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tidak merata dan kurang efektif dalam pengelolaannya.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PIZZA HUT Permono, Valentino Ronggo; Pasharibu, Yusepaldo
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.618 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1473

Abstract

Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, terkhusus di sektor bisnis restoran. Beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan antara lain adalah kualitas layanan, harga dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap loyalitas pelanggan pada Pizza Hut Cabang Salatiga. Selain itu, pengujian kembali dilakukan karena adanya ketidak konsistenan hasil penelitian sebelumnya terkait variabel promosi terhadap loyalitas, serta dilakukannya modifikasi variabel kualitas produk menjadi kualitas layanan. Data penelitian diperoleh dari 100 responden yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling menggunakan online kuesioner, dengan kriteria pernah berkunjung, bertransaksi, serta melihat promosi online dari Pizza Hut. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Namun, kualitas layanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil pengujian lebih lanjut menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada ketiga variabel tersebut terhadap loyalitas pelanggan secara simultan.
pengaruh dana desa terhadap belanja desa bidang pembangunan infrastruktur Muhammad Iqbal Fatwa
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.873 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1080

Abstract

Abstracthis study aims to determine the effect of village funds on village spending in infrastructure development. The variables used in this study are village funds and village spending in infrastructure development. This research was conducted using quantitative methods with an associative approach.The population in this study is the village apparatus in sukamanah village, sukamantri village and babakan village, cisaat sub-district, sukabumi district, the sample collection in this study is the saturated sample technique. Data collection techniques by distributing questionnaires, data analysis techniques using the classic assumption and regression tests.The results of this study indicate: the independent variable is the village fund and the dependent variable is the village expenditure in infrastructure development shows partially the village fund variable influences the village expenditure in infrastructure development.                                                                                                  Keywords: village funds, village spending in infrastructure development
Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Surakarta Ramadhani, Rosita Nurul; Mursito, Bambang; Sudarwati, Sudarwati
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.998 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1464

Abstract

Tujuan penelitian ini memahami kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa pengiriman J&T Express Cabang Surakarta. Jenis  penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Populasinya tidak terhingga dan sampel 100 responden. Penelitian ini dengan SPSS 15 dengan analisis data, meliputi uji koefisien determinasi (R2), uji asumsi klasik,uji analisis linear berganda dan,uji hipotesis. Penelitian menunjukan hasil brand trust,brand image,dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan J&T Express Cabang Surakarta cara simultan berpengaruh positif signifikan dan brand trust terhadap kepuasan pelanggan cara parsial berpengaruh positif signifikan, brand image terhadap kepuasan.pelanggan cara parsial tidak berpengaruh signifikan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan.pelanggan J&T Express Cabang Surakarta cara parsial berpengaruh positif signifikan.
Peranan Pemeriksaan Pajak Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Di Indonesia Amelia Putri
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (879.82 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1118

Abstract

Pemeriksaan pajak mempunyai pengaruh terhadap penerimaan pajak. kewajiban self assessment yang diberikan kepada wajib pajak membuat fiscus harus menguji tingkat kepatuhan wajib pajak sebagai bentuk pengawasan, hal tersebut berkaitan dengan jumlah pajak yang disetorkan kepada negara setiap tahunnya. Secara hipotesis, hipotesis yang diajukan untuk variable pertama ini adalah pengaruh pemeriksaan pajak terhadap penerimaan pajak yang telah diuji dengan menggunakan uji t yang terdapat dalam software SPSS 24 menghasilkan nilai thitung sebesar 3,634 lebih besar daripada nilai ttabel sebesar 1,9844 (3,634 > 1,9844) dengan nilai siginifikansi sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari pada nilai 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemeriksaan pajak dengan penerimaan pajak.
PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN KREDIT MACET TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI (Studi Kasus Pada 10 Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di BEI Periode Pelaporan 2017 – 2020) neng puput fatimah febrianti
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.68 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1427

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas, dan kredit macet terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan program IBM SPSS for windows versi 20. Pada variabel Perputaran Kas (X1) diperoleh nilai thitung -2,475 dan ttabel 1,99601  dengan nilai signifikan 0,16 artinya Ha1 diterima yang artinya Perputaran Kas (X1) Memiliki Pengaruh secara Parsial Terhadap Profitabilitas (Y). Variable Kredit macet (X2) diperoleh nilai thitung -6,664 dan ttabel 1,99601  dengan nilai signifikan 0,000 dengan demikian Ha2 diterima yang artinya Kredit macet (X2) Memiliki Pengaruh secara Parsial Terhadap Profitabilitas (Y). Pada tabel hasil uji F nilai signifikansi F diperoleh nilai 0,000 yang artinya nilai 0,000 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan Perputaran Kas (X1), dan Kredit Macet (X2) memiliki pengaruh secara Simultan terhadap Profitabilitas  (Y) atau dengan kata lain Ha3 diterima. Hasil dari perhitungan pada koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,491 yang berarti  pengaruh yang miliki variabel Perputaran Kas X1 dan Kredit Macet X2 terhadap variabel Profitabilitas Y sebesar 49,1%  sedangkan 50,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
DAMPAK SOFTSELLING DALAM DIGITAL MARKETING PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PLATFORM GRUP FACEBOOK JAGO JUALAN) Faizaty, Nur Elisa
JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Vol 4, No 1 (2021): JIMEK Volume 4 No 1
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.352 KB) | DOI: 10.30737/jimek.v4i1.1307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana situasi psikologi konsumen akibat softselling yang dirasakan. Teori proses pengambilan keputusan konsumen digunakan sebagai pendekatan utama. Selain itu, juga ingin dilihat efektivitas soft marketing dalam pemasaran produk. Jadi dapat disiumpulkan bahwa softselling berdampak pada sempitnya pilihan komparasi dan benchmarking yang dilakukan pada tahap pencarian informasi dan evaluasi alternatif. Softselling yang dilakukan oleh Dewa Eka Prayoga pada member grup Jago Jualan cukup efektif. Tahapan-tahapan proses pengambilan keputusan hampir seluruhnya dirasakan oleh informan. Sebelum sampai pada tahap pertama, yaitu pengenalan masalah, soft selling memegang peran penting dalam membentuk brand recognition dari sebuah produk dan jasa. Pada beberapa informan dapat mencapai level yang lebih tinggi, mampu membentuk brand trust. Evaluasi alternatif lebih cenderung berlangsung secara internal, yaitu menilai kesesuaian buku yang ditawarkan terhadap kebutuhannya. Informan cenderung tidak membandingkan buku billionairestore terhadap buku lainnya yang sejenis. Pada tahap inilah proses evaluasi alternatif berlangsung. Semua informan yang menjadi subjek penelitian, semua memutuskan untuk membeli. Pengalamaman penggunaan buku yang dirasakan user juga mampu membentuk brand loyalty, sehingga informan merekomendasikan dan melakukan pembelian ulang produk billionairestore. Softselling sangat efektif untuk meningkatkan probabilitas keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 10