cover
Contact Name
Hana Ike Dameria Purba
Contact Email
purbahana@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
hottuasamosir2@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI
ISSN : -     EISSN : 25797611     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Akuntansi menghadapi dinamika ekonomi, keuangan dan bisnis. Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 edisi selama satu tahun. Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Sari Mutiara mencoba menjadi sarana publikasi pemikiran dosen dan praktisi untuk berbagi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Ilmu Akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016" : 12 Documents clear
ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA Simanjuntak, Owen De Pinto
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.229 KB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk (program studi),  harga,  promosi,  lokasi,  proses,  orang,  dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh produk (program studi),  harga,  promosi,  lokasi,  proses,  orang,  pelayanan terhadap keputusan mahasiswa akan diuji secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dilakukan melalui pengumpulan data kuantitatif serta pengujian statistik. Sifat penelitian ini adalah explanatory. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, yang berjumlah 1.435 orang tahun 2011-2015. Sampel penelitian ini sebanyak 143 orang. Selanjutnya jumlah sampel dalam penelitian ini akan ditentukan dengan proportionate stratified random sampling berdasarkan departemen dan tahun akademik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel strategi bauran pemasaran yang terdiri dari: produk, harga, promosi, proses dan orang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, sedangkan variabel tempat dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia.  Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Harga,  Promosi,  Lokasi,  Proses,  Orang,  Pelayanan, Keputusan Mahasiswa
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA Syahputra, Heri Enjang
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.566 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Respocibility (CSR) yang diproksikan dengan biaya bina lingkungan, biaya kemitraan dan biaya kesejahteraan karyawan terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2014. Tujuan berikutnya untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Respocibility (CSR) yang diproksikan dengan biaya bina lingkungan, biaya kemitraan dan biaya kesejahteraan karyawan secara simultan terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2014. Metode yangd digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan bersifat explanatory dengan menggunakan bantuan SPSS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel biaya bina lingkungan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, biaya kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, biaya kesejahteraan karyawan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan secara bersama-sama (simultan) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan Corporate Social Respocibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Kemampuan variabel independen menerangkan profitabilitas sebesar 12.1%, sedangkan sisanya sebesar 77.9% diterangkan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Biaya Bina Lingkungan, Biaya Kemitraan, Biaya Kesejahteraan Karyawan,  dan Profitabilitas, Return On Assets (ROA)
PENGARUH PENERIMAAN PAJAK REKLAME DAN PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MEDAN Purba, Rosanna
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.876 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerimaan pajak reklame dan pajak penerangan jalan terhadap pendapatan asli daerah kota Medan. Tujuan selanjutnya untuk menganalisis pengaruh penerimaan pajak reklame dan pajak penerangan jalan secara simultan dan parsial terhadap pendapatan asli daerah kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Model statistik yang dipakai adalah model regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Metode pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan dan lapangan. Jenis data adalah data sekunder. Data diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kota Medan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan target dan realisasi pendapatan daerah di Kota Medan. Sampel yang digunakan adalah laporan target dan realisasi pajak reklame dan pajak penerangan jalan periode tahun 2010-2014 dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh (sensus). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial pajak reklame dan pajak penerangan jalan tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. Demikian juga secara simultan pajak reklame dan pajak penerangan jalan tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. Hasil uji koefisien determinasi adalah 74,8% perubahan pendapatan asli daerah dapat dijelaskan oleh variabel penerimaan pajak reklame dan pajak penerangan jalan sedangkan sisanya sebesar 25,2% dijelaskan oleh faktor lainnya.   Kata Kunci: Penerimaan Pajak, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pendapatan Asli Daerah
PENGARUH INDEPENDENSI AUDITOR DAN KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN JASA ASURANSI: BUKTI EMPIRIS DARI BURSA EFEK INDONESIA Sucipto, Tia Novira
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.569 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh independensi auditor dan komite audit terhadap manajemen laba pada perusahaan jasa asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan berikutnya untuk menganalisis pengaruh independensi auditor dan komite audit baik secara parsial maupun simultan terhadap manajemen laba pada perusahaan jasa asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat explanatory dengan menggunakan bantuan SPSS. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Populasi penelitian adalah perusahaan jasa asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013 sebanyak 11 perusahaan dan pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial nilai probabilitas variabel independensi auditor sebesar 0,752 dan nilai probabilitas variabel komite audit sebesar 0.485 terhadap manajemen laba. Secara simultan diperoleh nilai signifikansi variabel independensi auditor dan komite audit sebesar 0.729. Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial independensi auditor dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan jasa asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara simultan juga independensi auditor dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan jasa asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci: Independensi Auditor, Komite Audit, Manajemen Laba
ANALISIS PELUANG PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DI KAWASAN DANAU TOBA ATAS PEMBENTUKAN BADAN OTORITA DANAU TOBA SUMATERA UTARA Samosir, Hottua
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.348 KB)

Abstract

Analisis Peluang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Kawasan Danau Toba Atas Pembentukan Badan Otorita Danau Toba Sumatera Utara. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi, harapan, tanggapan dan kesiapan masyarakat kawasan Danau Toba terhadap pembentukan kawasan Danau Toba menjadi badan otorita. Instrumen yang diajukan terdiri dari 7 aspek pembentukan badan otorita Danau Toba Sumut yang meliputi komponen: (A1) Rencana Danau Toba Sumut menjadi daerah Otorita; (A2) Sikap masyarakat terhadap rencana pembentukan Otorita Danau Toba; (A3) Obyek pariwisata Danau Toba sangat strategis menjadi daerah Otorita; (A4) Daerah Otorita Danau Toba tidak akan menganggu aktivitas masyarakat mencari nafkah; (A5) Otorita Danau Toba tetap menyediakan lokasi berdagang kepada penduduk setempat; (A6) Otorita Danau Toba meningkatkan pelestarian adat dan budaya setempat; (A7) Otorita Danau Toba meningkatkan kegiatan pelestarian Danau Toba; dan (A8) Otorita Danau Toba menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia. Berdasarkan rata-rata hasil survey secara keseluruhan untuk tujuh kabupaten menunjukkan bahwa 49,9% berpendapat sangat setuju, 47,2% menyatakan setuju, 2,5% berpendapat kurang setuju, 0,4% menyatakan tidak setuju dan tidak ada pendapat yang menyatakan sangat tidak setuju. Hasil ini menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat kawasan Danau Toba menyatakan setuju jika pembentukan badan otorita Danau Toba Sumut.  Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Masyarat dan Badan Otorita Danau Toba
ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH FAKULTAS KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA Owen De Pinto Simanjuntak
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.229 KB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk (program studi), harga, promosi, lokasi, proses, orang, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Pengaruh produk (program studi), harga, promosi, lokasi, proses, orang, pelayanan terhadap keputusan mahasiswa akan diuji secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dilakukan melalui pengumpulan data kuantitatif serta pengujian statistik. Sifat penelitian ini adalah explanatory. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, yang berjumlah 1.435 orang tahun 2011-2015. Sampel penelitian ini sebanyak 143 orang. Selanjutnya jumlah sampel dalam penelitian ini akan ditentukan dengan proportionate stratified random sampling berdasarkan departemen dan tahun akademik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara simultan strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel strategi bauran pemasaran yang terdiri dari: produk, harga, promosi, proses dan orang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia, sedangkan variabel tempat dan pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Fakultas Kebidanan dan Keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Proses, Orang, Pelayanan, Keputusan Mahasiswa
PENGARUH LEVERAGE, ARUS KAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Rika Mei Hayani Ginting
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.022 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, arus kas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2013. Tujuan berikutnya untuk menganalisis pengaruh leverage, arus kas, dan kebijakan dividen secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan bersifat explanatory dengan menggunakan bantuan SPSS. Sifat penelitian adalah desain penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2013 yang berjumlah 135 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 39 perusahaan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial arus kas dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan leverage, arus kas, dan kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji korelasi sebesar 0,448 yang berarti hubungan antara leverage, arus kas, dan kebijakan dividen, dan nilai perusahaan pada perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2013 lemah. Selanjutnya untuk nilai determinasi sebesar 20,0% artinya nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel leverage, arus kas dan kebijakan dividen. Kata Kunci: Leverage, Arus Kas, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA Heri Enjang Syahputra
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.566 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Respocibility (CSR) yang diproksikan dengan biaya bina lingkungan, biaya kemitraan dan biaya kesejahteraan karyawan terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2014. Tujuan berikutnya untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Respocibility (CSR) yang diproksikan dengan biaya bina lingkungan, biaya kemitraan dan biaya kesejahteraan karyawan secara simultan terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2014. Metode yangd digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan bersifat explanatory dengan menggunakan bantuan SPSS. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel biaya bina lingkungan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, biaya kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, biaya kesejahteraan karyawan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan secara bersama-sama (simultan) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan Corporate Social Respocibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA). Kemampuan variabel independen menerangkan profitabilitas sebesar 12.1%, sedangkan sisanya sebesar 77.9% diterangkan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Biaya Bina Lingkungan, Biaya Kemitraan, Biaya Kesejahteraan Karyawan, dan Profitabilitas, Return On Assets (ROA)
PENGARUH PENYALURAN KREDIT, KECUKUPAN MODAL DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Renika Hasibuan
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.028 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyaluran kredit, kecukupan modal, dan tingkat suku bunga terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan berikutnya untuk menganalisis pengaruh penyaluran kredit, kecukupan modal, dan tingkat suku bunga secara parsial dan simultan terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan bersifat explanatory dengan menggunakan bantuan SPSS. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014 yang berjumlah 27 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 81 perusahaan penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial penyaluran kredit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, serta suku bunga berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, dan kecukupan modal berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan penyaluran kredit, kecukupan modal, dan tingkat suku bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014. Kata Kunci: Penyaluran Kredit, Kecukupan Modal, Tingkat Suku Bunga, Profitabilitas
PENGARUH PENERIMAAN PAJAK REKLAME DAN PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA MEDAN Rosanna Purba
JURNAL MUTIARA AKUNTANSI Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 1 No. 1 Tahun 2016
Publisher : UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.876 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerimaan pajak reklame dan pajak penerangan jalan terhadap pendapatan asli daerah kota Medan. Tujuan selanjutnya untuk menganalisis pengaruh penerimaan pajak reklame dan pajak penerangan jalan secara simultan dan parsial terhadap pendapatan asli daerah kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Model statistik yang dipakai adalah model regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Metode pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan dan lapangan. Jenis data adalah data sekunder. Data diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kota Medan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan target dan realisasi pendapatan daerah di Kota Medan. Sampel yang digunakan adalah laporan target dan realisasi pajak reklame dan pajak penerangan jalan periode tahun 2010-2014 dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh (sensus). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial pajak reklame dan pajak penerangan jalan tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. Demikian juga secara simultan pajak reklame dan pajak penerangan jalan tidak berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. Hasil uji koefisien determinasi adalah 74,8% perubahan pendapatan asli daerah dapat dijelaskan oleh variabel penerimaan pajak reklame dan pajak penerangan jalan sedangkan sisanya sebesar 25,2% dijelaskan oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Penerimaan Pajak, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pendapatan Asli Daerah

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2016 2016