cover
Contact Name
Deny Dwi Hartomo
Contact Email
denyhartomo@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
denyhartomo@staff.uns.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 14122219     EISSN : 24429619     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) sebagai sarana publikasi hasil-hasil riset. JBM terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2020)" : 4 Documents clear
ANALISIS EFEK BANCASSURANCE PADA EFISIENSI DAN PROFITABILITAS BANK FADHILA PUTRI TANTA; DENY DWI HARTOMO
Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management) Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jbm.v20i2.54632

Abstract

Nowadays, banks in Indonesia are starting to aggressively issue new products, namely bancassurance. Bancassurance is a banking product obtained from the collaboration between a bank and an insurance company. From this collaboration, banks are expected to gain profitability and can improve their efficiency. Therefore, this research is intended to find out whetherbancassurance is able to provide efficiency and profitability to banks in Indonesia. This study took samples of banks listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2013-2017 with the purposive sampling method obtained a sample of 9 banks. The results of the analysis show thatbancassurance does not have a positive and significant effect on efficiency and also does not have a significant effect on profitability, but shows a positive impact on profitability.  Keyword: bancassurance, efficiency, profitability
PENERAPAN METODE HIRADC SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA DIVISI OPERASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS UAP ACHMAD AZHAR CHOLIL; SUGENG SANTOSO; T RIZA SYAHRIAL; ERWIN C SINULINGGA; RISA H NASUTION
Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management) Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jbm.v20i2.54633

Abstract

PT X Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap bergerak dibidang produksi listrik dengan menggunakan media gas panas dan steam untuk memutarkan turbin yang dikopel dengan generator sebelum didistribusikan ke pelanggan. Peran divisi operasi merupakan salah satu bagian yang memiliki pekerjaan penting dalam pengelolaan pengoperasian sistem PLTGU, tentunya pekerjaan divisi operasi memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap terjadinya kecelakaan kerja. Oleh sebab itu, penting dilakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan menentukan jenis pengendalian risiko pada bagian yang ditemukan terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui potensi-potensi bahaya dan risiko apa saja yang terdapat pada pekerjaan divisi operasi pembangkit listrik serta memberikan tindakan pencegahan dalam mereduksi risiko tersebut. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif. Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) diidentifikasi melalui Metode Hazard Identification Risk Assessment Determine Control (HIRADC). Serta dilakukan pengevaluasian peringkat risiko melalui ALARP (As Low As Reasonably Practicable). Dengan memasukan nilai besarnya risiko K3 maka dapat ditentukan peringkat risiko K3 dalam pelaksanaan pekerjaan divisi operasi pembangkit. Terdapat 10 jenis risiko rendah (low risk) (28%), 10 jenis risiko sedang (medium risk) (5%), 157 jenis risiko tergolong tinggi (high risk), dan 0 jenis risiko sangat tinggi (extreme risk) (0%). Kata Kunci : HIRADC, Manajemen Resiko, K3
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JOB SAFISFACTION DAN ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA KARYAWAN UNIVERSITAS AGATHA PRICILLIA SEKAR TAMTOMO; MISYKATUN NISA’UL HUSNA
Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management) Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jbm.v20i2.54634

Abstract

ABSTRACTThis study examines how various factors influence job satisfaction and commitment to work and organization at universities in Central Java and Yogyakarta. We focus on factors such as compensation, work environment, and psychological safety of employees and faculty at universities in Central Java and Yogyakarta. Using 72 respondents from university employees and universities, this study found that compensation and job satisfaction were able to increase employee organizational commitment, while work environment and psychological safety did not increase job satisfaction or organizational commitment at the university. Future research is expected to examine the work atmosphere and psychological safety on other objects, for example in hospital or hotel employees. Further details of these findings are discussed in this paper. Keywords : Job Satisfaction, Organizational Commitment, Compensation, Psychological SafetyABSTRAKStudi ini menyelidiki bagaimana berbagai faktor dalam organisasi mempengaruhi kepuasan kerja dan komitmen untuk bekerja dan berorganisasi di universitas di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Penelitian ini fokus pada faktor-faktor seperti struktur kompensasi, lingkungan kerja, dan keamanan psikologis pada karyawan dan pengajar di universitas di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Menggunakan 72 responden dari karyawan dan pengajar universitas, penelitian ini menemukan bahwa struktur kompensasi dan kepuasan kerja mampu meningkatkan komitmen organisasi karyawan universitas, sedangkan lingkungan kerja dan keselamatan psikologis tidak meningkatkan baik kepuasan kerja maupun komitmen organisasi di universitas. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk meneliti work atmosphere dan psychological safety pada objek lain, misalnya pada karyawan rumah sakit atau perhotelan. Konsekuensi lebih lanjut dari temuan ini dibahas dalam makalah ini.Kata kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kompensasi, Keselamatan Psikologis 
KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE DITINJAU DARI MOTIVASI HEDONIS, UTILITARIAN, PROMOSI PENJUALAN DAN MINAT KONSUMEN AMIRA PUTRI MARDIANA; ANNISA OCTAVIA; NANDA FARHANAH
Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management) Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jbm.v20i2.54629

Abstract

ABSTRACTIn many years, there have been many marketplaces that offer account features (joint account), which are starting to increase the public's sense of trust with online shopping.Shopee is one of the biggest marketplaces in Indonesia. Consumer purchasing decisions for goods or services are often based on hedonistic or utilitarian motivations from consumers. So marketers must have a flexible and sensitive attitude in deciding the appropriate promotion for their consumers. Respondents in this study were 81 people consisting of students in Surakarta. Sampling using probability sampling technique, with the criteria of student status at a university in Surakarta. The results show that hedonism and utilitarian motivation, sales promotion and consumer interest in products have a positive effect on consumer buying behavior. This research helps companies develop sales promotion plans so as to increase the number of sales. Keywords : E-commerce, Utilitarian, Hedonism, Consumer Interest, Sale PromotionABSTRAKBeberapa tahun terakhir bermunculan banyak marketplace yang menawarkan fitur rekening bersama yang mulai meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat dan menjadi kebutuhan serta gaya hidup di saat ini. Shopee merupakan salah satu marketplace terkemuka di Indonesia. Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu barang atau jasa kerap kali didasari oleh motivasi hedonisme atau utilitarian dari konsumen. Sehingga tenaga pemasar harus memiliki sikap fleksibel dan peka dalam memutuskan promosi yang sesuai untuk konsumennya. Responden penelitian ini berjumlah 81 orang, terdiri dari mahasiswa di Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, dengan kriteria berstatus mahasiswa di suatu universitas di Surakarta. Hasil menunjukkan bahwa motivasi hedonisme dan utilitarian, promosi penjualan serta minat konsumen terhadap produk berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian konsumen. Penelitian ini membantu perusahaan menyusun rencana promosi penjualan sehingga meningkatkan jumlah penjualannya. Kata Kunci : E-commerce, Utilitarian, Hedonism, Minat Konsumen, Promosi Penjualan

Page 1 of 1 | Total Record : 4