cover
Contact Name
sudirman
Contact Email
sudirmanunwir@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edumjournal@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Edum Journal
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 26204363     EISSN : 26221098     DOI : -
Core Subject : Social,
Focus artikel on the edum journal that is on the education management and humoniora. While the scope of articles that are published in the fields of education and social.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018)" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN SARANA DAN KOMUNIKASI ORGANISASI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN Yulianti; Dekawati, Ipong
Edum Journal Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.032 KB) | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i2.11

Abstract

Tujuannya penelitian ini yakni untuk menganalisis kontribusi implementasi pengelolaan sarana dan komunikasi organisasi baik secara parsial maupun simultan terhadap mutu pelayanan pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode survey-deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Baik secara parsial maupun simultan implementasi pengelolaan sarana dan komunikasi organisasi memberikan kontribusi positif terhadap mutu pelayanan pendidikan. Bertolak dari hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan: (1) Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik, agar kelengkapan sarana yang ada dioptimalkan kuantitas dan pemeliharaannya; (2) Pihak sekolah sebaiknya mengakomodir keluhan, saran, dan aspirasi masyarakat, agar pelayanan pada masyarakat makin meningkat, terutama yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan; (3) Selalu menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan orang tua peserta didik dalam upaya secara bersama mendorong peningkatan mutu pelayanan pendidikan.
INTEGRITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU Areagama
Edum Journal Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.555 KB) | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i2.12

Abstract

Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah serta pengaruhnya terhadap efektivitas kerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan cara menyebarkan angket kepada 104 responden. Pengambilan sampel menggunanakan teknik Cluster Random Sampling. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah menggunakan analisis statistik, deskriptif dilengkapi dengan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan integritas kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi sekolah terhadap efektivitas kerja guru. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan integritas kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah secara simultan terhadap efektitivitas kerja guru. Beranjak dari kondisi yang ada, penulis menyarankan: (1) Dalam rangka meningkatkan integritas kepemimpinannya, kepala sekolah perlu meningkatkan keterpaduan dalam memimpin serta lebih transparan dalam mengelola sekolah melalui komunikasi rutin dengan guru sebagai mitra kerjanya. (2) Budaya organisasi sekolah juga merupakan salah satu yang dapat meningkatkan efektivitas kerja guru. Untuk itu, kepala sekolah perlu meningkatkan toleransi terhadap tindakan berisiko dan toleransi terhadap konflik dengan cara membangun pola komunikasi yang lebih mudah dipahami oleh semua elemen di sekolah.
KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN Suponco , Priyo
Edum Journal Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.866 KB) | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i2.13

Abstract

Pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan partisipatif dan kompetensi guru terhadap mutu pendidikan baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey method, dengan teknik pengumpulan data angket skala lima kategori Likert, terhadap 65 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan partisipatif terhadap mutu pendidikan. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi guru terhadap mutu pendidikan. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan partisipatif dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada SMA Negeri, para guru perlu memperhatikan masalah penguasaan kompetensinya agar diperoleh efektivitas proses pembelajaran yang lebih optimal. Mutu pendidikan pada SMA Negeri sudah cukup baik, namun demikian masih perlu ditingkatkan agar diperoleh kualitas pendidikan secara keseluruhan. Peningkatan kualitas pendidikan antara lain dapat dilakukan dengan cara mengembangkan kepemimpinan partisipatif dan kompetensi guru.
PENGARUH KONSEP DIRI DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN Khamim; Pujiyati, Wresni
Edum Journal Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.795 KB) | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i2.15

Abstract

Fokus utama penelitian ini adalah pada konsep diri dan kompetensi pedagogik guru serta pengaruhnya terhadap kualitas proses pembelajaran baik parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan yakni metode survey di mana penulis terjun langsung ke tataran empirik dengan menyebarkan angket terhadap 47 orang guru. Teknik pengolahan dan analisis yang digunakan adalah regresi linier dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri guru terhadap kualitas proses pembelajaran; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap kualitas proses pembelajaran; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan konsep diri dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap kualitas proses pembelajaran. Oleh karenanya, penulis menyarankan: (1) Agar guru memperbaiki kesehatan dan penampilan karena hasil penelitian menunjukkan bahwa kelemahan konsep diri guru adalah pada penampilan dan arti penting tubuh. Sehingga guru perlu diberikan pencerahan yang berkaitan dengan cara memelihara kesehatan dan kebugaran melalui dilaksanakannya senam bersama atau melaksanakan diskusi kelompok berkaitan dengan diit mempertahankan tubuh yang prima. (2) Untuk menghadapi persaingan ke depan dan meningkatkan mutu pendidikan dipandang perlu meningkatkan lagi kompetensi pedagogik guru terutama yang berkaitan dengan perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BALONGAN Janudin, Janudin
Edum Journal Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.142 KB) | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menganalisis tentang supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi berprestasi serta pengaruhnya terhadap produktivitas kerja guru SMP Negeri di Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu. Metode penelitian menggunakan metoda survey terhadap guru. Teknik pengumpulan data selain melaksanakan observasi langsung, mengadakan wawancara dengan pihak terkait dan menyebarkan angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara simultan terhadap produktivitas kerja guru. Penulis menyarankan, bahwa: (1) Masih perlu ditingkatkan supervisi akademik kepala sekolah karena terbukti supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru. (2) Motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja guru.
MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU Sholeha
Edum Journal Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.851 KB) | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i2.29

Abstract

Perhatian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini mengggunak metode survey dengan studi deskriptif terhadap 35 orang guru sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket ysng sudah melalui uji validitas dan reliabilitas, dilengkapi dengan observasi dan wawancara kepada pihak terkait. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi baik parsial maupun ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi dan disiplin kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Maknanya semakin tinggi disiplin dan motivasi kerja guru maka semakin tinggi pula kinerja guru. Bertolak dari kondisi tersebut, penulis menyarankan, bahwa: (1) Agar selalu dapat mengikuti perkembangan yang terjadi, maka kepada guru hendaknya tetap semangat untuk menambah dan memperbaharui ilmu pengetahuan. Memberikan keteladanan kepada peserta didik, baik dalam semangat belajar maupun menegakkan disiplin. Setelah motivasi dan disiplin menjadi bagian dari keseharian guru, besar harapan kinerjanya meningkat sehingga mendorong terwujudnya lembaga pendidikan yang bermutu. (2) Kepala sekolah hendaknya lebih memperhatikan pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi, serta secara berkesinambungan memberikan pembinaan berkaitan dengan pemeliharaan semangat bekerja dan keteladanan dalam mengikuti peraturan sekolah.
KONTRIBUSI LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN Dekawati, Ipong
Edum Journal Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.797 KB) | DOI: 10.31943/edumjournal.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi lingkungan kerja dan disiplin kerja guru terhadap mutu pembelajaran baik secara parsial maupun ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terdiri dari guru sekolah dasar yang berjumlah 183 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, dengan hasil perhitungan terdapat 65 orang guru sebagai responden Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling yang diambil dari setiap sekolah secara proporsional. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F. Hasil penelitian diperoleh, bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan, lingkungan kerja terhadap mutu pembelajaran; (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan, disiplin kerja guru terhadap mutu pembelajaran (3) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan, lingkungan kerja dan disiplin kerja guru secara simultan terhadap mutu pembelajaran. Mengingat lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja guru, maka dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, kepala sekolah perlu membantu para guru dalam memahami secara benar konsep lingkungan kerja dan disiplin kerja guru, serta konsep mutu pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan menambah wawasan dan pengetahuan dengan diikutsertakannya guru pada pelatihan profesi. Usahakan guru lebih intens mengikuti diskusi dan dinamika pada kelompok kerja guru (KKG).

Page 1 of 1 | Total Record : 7