cover
Contact Name
Mahdika Putra Nanda
Contact Email
dikananda.ft@unwir.ac.id
Phone
+628995210308
Journal Mail Official
jri@unwir.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H Juanda KM. 03, Karanganyar, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45213. Telp/Fax. (0234) 275907
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 2460335     EISSN : 26866587     DOI : https://doi.org/10.31943/jri.v8i1
Core Subject : Engineering,
Structural Engineering, Geotechnical Engineering, Hydraulic and Water Resources Engineering, Environmental Engineering, Infrastructure Maintenance and Rehabilitation Transportation Engineering, and Construction Management & Construction work health and safety
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Rekayasa Infrastruktur" : 2 Documents clear
STUDI STABILITAS LERENG TIMBUNAN JALAN TERHADAP VARIASI KEMIRINGAN Dadan Ali Sadikin; Komarudin komarudin
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jri.v4i2.150

Abstract

Kebutuhan akan jalan dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini ditandai dengan adanya semakin pesatnya pembangunan jalan. Pembangunan jalan tol biasanya akan melewati perbukitan ataupun lembah, tentu saja dalam pekerajan tersebut akan ada pekerjaan galian dan timbunan. Pada kasus desain timbunan, semakin landai suatu lereng timbunan maka akan berdampak pada biaya yang akan dikeluarkan yaitu mulai dari pembebasan lahan maupun volume timbunannya, hal tersebut tentu saja menjadi suatu pertimbangan dalam analisis stabilitas lereng timbunan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor keamanan dalam tiap kemiringan timbunan yaitu pada kemiringan 1:1, 1:1.5, 1:2, 1:2.5 dan 1:3 selain itu untuk mengetahui biaya konstruksi per satuan volume timbunan dalam tiap variasi kemiringan. Dari hasil analisis nilai faktor keamanan masing-masing lereng 1:1, 1:1.5, 1:2, 1:2.5, 1:3 adalah 1.42, 1.83, 2.14, 2.51, 2.90. Dari kelima variasi kemiringan lereng tersebut semuanya memenuhi syarat untuk stabilitas lereng, selain itu nilai faktor semakin besar, maka kemiringan lereng semaikin landai, sehingga nilai faktor keamannya semakin naik, artinya semakin landai suatu lereng timbunan maka menunjukkan semakin aman untuk keadaan lerengnya selain itu Biaya konstruksi masing-masing lereng 1:1, 1:1.5, 1:2, 1:2.5 dan 1:3 adalah Rp. 20.619.720, 21.791.295, 22.962.870, 24.134.445 dan 25.306.020, sehingga semakin landai variasi kemiringan maka biaya konstruksi semakin mahal.
ANALISIS KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN RA. KARTINI, KOTA CIREBON Muh. Zainal Arifin; Sarwanta Sarwanta
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jri.v4i2.151

Abstract

Jalan R.A. Kartini merupakan salah satu jalan tersibuk di Kota Cirebon. Di sepanjang ruas jalan R.A. Kartini terdapat aktivitas manusia dan barang seperti pusat bisnis dan niaga, perkantoran, pusat keagamaan (Islamic Center), alun-alun, juga terdapat sekolah yang membutuhkan mobilitas yang tinggi setiap waktu. Dengan kesibukan aktivitas manusia dan barang yang ada disepanjang jalan R.A. Kartini mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan yang keluar masuk jalan RA Kartini. Dengan meningkatnya volume kendaraan akan berpengagruh terhadap kapasitas jalan R.A. Kartini sehingga mengakibatkan tingkat pelayanan jalan yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui kapasitas Jalan RA. Kartini Kota Cirebon pada hari kerja dan hari libur serta untuk menganalisa dan mengetahaui tingkat pelayanan Jalan R.A. Kartini pada hari kerja dan hari libur. Data primer seperti volume lalu lintas, hambatan samping. kecepatan perjalanan dan peta geometrik didapat melalui metode survey dan observasi. Sedangkan data sekunder seperti peta Kota Cirebon,peta jalan dan jumlah penduduk didapatkan melalui dinas terkait serta internet.

Page 1 of 1 | Total Record : 2