cover
Contact Name
Mahdika Putra Nanda
Contact Email
dikananda.ft@unwir.ac.id
Phone
+628995210308
Journal Mail Official
jri@unwir.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H Juanda KM. 03, Karanganyar, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45213. Telp/Fax. (0234) 275907
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 2460335     EISSN : 26866587     DOI : https://doi.org/10.31943/jri.v8i1
Core Subject : Engineering,
Structural Engineering, Geotechnical Engineering, Hydraulic and Water Resources Engineering, Environmental Engineering, Infrastructure Maintenance and Rehabilitation Transportation Engineering, and Construction Management & Construction work health and safety
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Rekayasa Infrastruktur" : 5 Documents clear
Studi Eksperimen Kuat Tekan Kolom Komposit Dengan Variasi Profil Baja H-Beam Arief Nurhafid; Nono Suhana; Komarudin komarudin
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jri.v5i1.154

Abstract

Sistem struktur komposit merupakan penggabungan dari kekuatan baja dan beton. Tingkat kekuatan dari struktur komposit ini tergantung dari kualitas penampang baja dan ketebalan penampang profil baja. Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan baja sebagai bahan komposit kolom beton, kuat tekan nominal kolom komposit yang divariasi profil baja H-Beam dan mengetahui hasil dari perbandingan rencana dengan hasil pengujian kolom komposit. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dimensi baja H-Beam pada kolom komposit terhadap kuat tekan nominal dan mengetahui hasil perbandingan dari rencana kolom komposit. Desain kolom komposit dalam penelitian ini menggunakan SNI 1729-2015. Benda uji terdiri dari 9 sampel, 3 sampel beton normal dengan ukuran diameter 150mm dan panjang 300mm, sedangkan untuk 6 sampel kolom komposit dengan ukuran diameter 200mm, panjang 400mm, dengan profil H-Beam 100x100x6x8 mm dan 125x125x6,5x9 mm masing-masing 3 sampel. Berdasarkan hasil desain kolom komposit menggunakan SNI 1729-2015 didapatkan nilai kuat tekan nominal kolom komposit profil H-Beam 100x100x6x8mm hasilnya 92,32 ton sedangkan untuk kolom komposit profil H-Beam 125x125x6,5x9mm hasilnya 118,66 ton. Sedangkan untuk hasil pengujian laboratorium kuat tekan nominal pada kolom komposit masing-masing dengan hasil ratarata 79,53ton dan 80,10ton. Perbandingan hasil desain kolom komposit berdasarkan SNI 1729-2015 dengan hasil pengujian kuat tekan kolom komposit dengan profil H-Beam 100x100x6x8mm dan 125x125x6,5x9 mm mempunyai hasil rata-rata yang lebih besar dikarenakan keterbatasan kapasitas alat uji kuat tekan yang tersedia. masing-masing dengan selisih 12,79 ton dan 38,56 ton atau 13,85% dan 32,49% terhadap desain kolom komposit.
Studi Stabilitas Mekanik Terhadap Perubahan Kadar Air Pada Pengujian Kuat Geser Tanah Komarudin komarudin; Dhian Dharma Prayuda
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jri.v5i1.155

Abstract

Pelaksanaan timbunan seringkali mengabaikan kadar air optimum ketika dihamparkan, sehingga kepadatan yang diinginkan tidak tercapai, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pengaruh kadar air terhadap kuat geser tanah yaitu berupa nilai kohesi dan sudut geser dengan cara menambahkan dan mengurangi kadar air, pengurangan kadar air 20 % dan 10% disebut kondisi A, dan B, C dan D adalah penambahan 10% dan 20%. Kuat geser tanah menggunakan pengujian Triaxial Unconsolidated Undrained (UU). Dari hasil pengujian triaxial UU, didapatkan nilai kohesi semakin turun, nilai kohesi pada kadar air optimum 1.64 kg/cm 2, tanah A, B, C dan D turun 68.9%, 53%, 3.7% dan 15.2%, untuk sudut geser pada kadar air optimum adalah 5.090, tanah A dan B mengalami kenaikan 12.8% dan 10.8% sedangkan untuk C dan D mengalami penurunan 1.4% dan 21.2%, berdasarkan hasil perhitungan kuat geser tanah, tanah yang mengalami penambahan dan pengurangan dari kadar air optimum mengalami penurunan kuat geser tanahnya, kuat geser pada kondisi kadar air optimum yaitu 1.68 kg/cm 2, tanah A, B, C dan D mengalami penurunan 66.7%, 51.4%, 3.6% dan 15.4%.
Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tiga Trisula Jalan Jendral Sudirman- Jalan D.I Panjaitan Kabupaten Indramayu) Ikawati Ikawati; Janti Januarti
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jri.v5i1.192

Abstract

Volume arus lalulintas di Kabupaten Indramayu setiap tahunnya mengalami peningkatan dikarenakan jumlah kependudukan mengalami pertambahan sehingga meningkatkan jumlah kepemilikan kendaraan. Titik konflik pada simpang Tiga Trisula merupakan dampak dari pertumbuhan lalulintas yang tinggi dengan memperhatikan geometrik jalan, volume arus lalulintas, lingkungan simpang yang merupakan daerah komersil. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan survei di lapangan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa simpang Tiga Trisula memiliki nilai arus lalulintas terbesar yaitu sebesar 5293,6 smp/jam, nilai ini jauh dari nilai kapasitas dasar yang di sarankan oleh MKJI tahun 1997 hanya 2700 smp/jam, adapun nilai derajat kejenuhan (DS) yaitu 6,65. Nilai ini jauh dari nilai yang disarankan MKJI Tahun 1997sebesar kurang dari 0,75. Karena nilai kapasitas dalam pengamatan selama 7 hari rata-rata selalu melebihi dari kapasitas dasar maka untuk menanggulanginya simpang Tiga Trisula perlu adanya perancangan ulang untuk menghindari adanya titik konflik dan kemacetan pada simpang tersebut
Evaluasi Keandalan Bangunan Gedung Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Wachid Hasyim; Sekar Pamuji; Arisanto Arisanto
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jri.v5i1.193

Abstract

Bangunan Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Wiralodra Indramayu berdiri tahun 2007 terdiri dari dua lantai dan memiliki beberapa fungsi ruang. Bangunan ini perlu diperiksa keandalannya, mengingat terjadi beberapa kerusakan seiring dengan bertambahnya umur layan gedung. Tujuan dari penelitian ini yaitu Menganalisis kondisi eksisting struktur kolom pada Bangunan Gedung dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dari hasil penelitian diperoleh bobot prioritas pertama adalah dari aspek struktural yaitu 0.457, kemudian untuk urutan yang kedua adalah aspek arsitektural dengan bobot 0.226, selanjutnya dari aspek utilitas yaitu 0.180, dan aspek aksesibilitas sebesar 0.097. total nilai kerusakan yang terjadi pada kondisi eksisting bangunan gedung yaitu sebesar 9.921%. Dari perhitungan analisis komponen struktur kolom dengan menggunakan diagram interaksi yang dihasilkan oleh output dari program Etabs dan PCA Col yaitu beberapa kolom eksisting tidak mampu menahan beban kombinasi yang diterima, seperti kolom dengan dimensi 40/40 cm, dan untuk kolom bulat dengan diameter 40 cm. Sedangkan untuk kolom bulat dengan dimensi 30 cm masih berada didalam diagram interaksi yang berarti bahwa kondisi dari kolom bulat tersebut masih mampu memikul semua beban kombinasi yang diterima.
Evaluasi Kinerja Terminal Ditinjau Dari Kapasitas Parkir Dan Kepuasan Awak Angkutan Terminal Darmoko Darmoko; Heru Purwanto; Sarifudin Sarifudin
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jri.v5i1.194

Abstract

Terminal bus antar kota mempunyai peranan yang sangat penting sebagai bagian dari sistem perhubungan antar kota di Indramayu. Terminal Indramayu merupakan terminal dari salah satu prasarana tranportasi dimana terminal bus yang berfungsi untuk melayani pengguna jasa angkutan untuk melakukan perpindahan antar moda ke arah tujuannya. Terminal Indramayu difungsikan sebagai transit rute dan tempat pemberhentian terakhir angkutan bus dan angkutan kota khusus di wilayah Kabupaten Indramayu. Kondisi lalu lintas dan kapasitas parkir angkutan bus atau angkutan kota yang ada di Terminal Indramayu saat ini masih kurang berfungsi optimal di karenakan daya tampung parkir di terminal yang masih kurang ditambah pada jam-jam tertentu banyak angkutan mini bus dan angkutan kota yang tidak masuk terminal dan hanya berputar di depan terminal. Hal ini yang sering mengakibatkan kemacetan di depan terminal sehingga terminal tidak berfungsi secara optimal. Perlu di ketahui apakah kapasitas parkir di terminal Indramayu masih layak atau tidak untuk menampung seluruh angkutan yang beroperasi. Metode yag digunakan dalahm hal ini yaitu wawancara, survey dan mengevaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kapasitas parkir sudah tidak mampu melayani kendaraan umum yang harus dilayani oleh terminal dan para pengguna tidak puas akan layanan kinerja terminal bus indramayu

Page 1 of 1 | Total Record : 5