cover
Contact Name
Karin Amelia Safitri
Contact Email
karinka1803@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jsht@vokasi.ui.ac.id
Editorial Address
Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Published by Universitas Indonesia
ISSN : 26221764     EISSN : 26221152     DOI : -
Core Subject : Humanities,
Jurnal Sosial Humaniora Terapan is a journal which contains publications in applied science including the social sciences and humanities.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021" : 8 Documents clear
ANALISA PROSES PEMASARAN BERBASIS KOMUNITAS STUDI KASUS MUSIK INDIE Cut Geminia A.R; Arius Krypton
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.178

Abstract

Makalah ini ini bertujuan untuk menganalisa alur komunikasi pemasaran berbasis komunitas yang dilakukan oleh kelompok musik indie. Makalah ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode ini dipilih karena studi kasus merupakan strategi yang cocok berfokus pada fenomena kontemporer di dalam konteks kehidupan nyata. Hasil makalah ini menunjukkan bahwa pembinaan komunitas yang baik akan melahirkan anggota-anggota yang setia. Yang dalam konteks ini, mereka tidak hanya menjadi pelanggan, namun juga akan bertindak sebagai pelaku pemasaran. Oleh karena itu, kelompok musik indie hendaknya menjaga dan memperhatikan kebutuhan anggota komunitas supaya tercipta anggota-anggota setia yang akan mendukung kesuksesan.Kata kunci : Pemasaran berbasis komunitas, Musik Indie, loyalitas
RENCANA BISNIS TRAVELOT Gita Galantari
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.173

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi yang terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia.Dunia telah menganggap pariwisata sebagai penguat ekonomi dan juga sebagai aktivitas ekonomi terbesar.Meskipun krisis global terjadi beberapa kali, jumlah perjalanan wisatawan internasional tetap menunjukkanpertumbuhan yang positif. Bahkan ketika krisis ekonomi global terjadi, wisatawan tetap melakukan perjalananwisata.Kesenangan melakukan perjalanan wisata pun dilakukan oleh penduduk Indonesia dimana angkawisatawan lokal pun senantiasa meningkat dan berkontribusi terhadap ekonomi lokal. Berdasarkan data dariBadan Pusat Statistik tahun 2014 menunjukkan bahwa pada tahun 2013, jumlah wisatawan nusantara mencapai248 juta perjalanan.Kegemaran melakukan perjalanan ini masih belum dibarengi dengan infrastruktur layanan wisatawanyang memudahkan wisatawan. Meski kemudahaan reservasi transportasi kereta dan pesawat serta reservasikamar hotel sudah dapat dinikmati wisatawan, namun kebutuhan perjalanan di tempat tujuan masih belum dapatdipenuhi. Hal tersebut menjadikan wisatawan masih harus mencari informasi lebih banyak terkait akomodasilokal dan informasi lainnya terkait tempat tujuan dari berbagai sumber informasi. Pada akhirnya perencanaanperjalanan memakan waktu yang tidak sedikit.Website www.travelot.com merupakan website penyedia jasa asisten liburan virtual dan iklan bariskelengkapan liburan. Asisten liburan virtual akan mempermudah wisatawan dalam mempersiapkan liburansesuai dengan keinginan dari wisatawan. Travelot menangkapnya sebagai sebuah peluang bisnis yangmenjanjikan untuk menyediakan pengalaman menyiapkan dan menikmati perjalanan dengan nyaman danmeminimalisir kendala yang sebenarnya dapat diantisipasi pada tahap persiapan perjalanan dengan asistenliburan berpengalaman.
Pengujian Terhadap Volatilitas Return Indeks Saham Konvensional dengan Indeks Saham Syariah sebelum dan semasa Covid 19 Purwanto Widodo; Dede Suryanto
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.181

Abstract

Volatilitas menunjukkan responsiveness suatu sekuritas atau portofolio terhadap perubahan-perubahan return di pasar saham secara keseluruhan. Volatilitas pasar terjadi akibat masuknya informasi baru ke dalam pasar/bursa.Penelitian ini memodelkan kemudian menghitung dan membandingkan volatilitas dari return indeks harga saham konvensional (IHSG dam LQ45) dan syariah (JII), periode : sebelum krisis Covid 19 antara 1 Januari sampai dengan 30 Desember 2018 dan saat covid 19 dari 1 Januari 2019 sampai dengan 30 Oktober 2021.Model yang dipergunakan adalah ARMA/ ARIMA yang kemudian dilanjutkan dengan model volatilitas ARCH – GARCH dan diuji efek leverage.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model yang sesuai adalah EGARCH, selain itu terdapat perbedaan volatilitas return indeks harga saham konvensional (IHSG dan LQ45) dan syariah (JII) sebelum Covid 19 dengan saat Covid 19, dimana terdapat kecenderungan volatilitas saat Covid 19 lebih tinggi. Temuan penelitian ini, volatilitas return indeks harga saham Syariah lebih tinggi jika dibandingkan dengan indeks harga saham konvensional, baik sebelum dan saat krisis Covid 19.Kata kunci : Indeks harga saham, volatility, konvensional, Syariah.
PERAN DIGITAL MEDIA PLANNER DALAM MENANGANI BRAND CHOCOLATOS MILK MEMALUI APLIKASI TIKTOK DI DENTSU X Besty Priyandhini
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.171

Abstract

Media Planner merupakan unit kerja dalam agensi periklanan yang memiliki peran untuk menentukan mediayang paling efektif dan sesuai untuk setiap penayangan iklan. Seiring perkembangan teknologi komunikasi daninformasi media digital, hal ini menambahkan peluang besar dalam industri periklanan untuk melakukankegiatan pemasaran dan periklanan melalui media digital. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untukmengetahui peran Media Planner dalam menangani brand Chocolatos melalui Aplikasi TikTok. Chocolatosmemiliki tujuan untuk memperkenalkan produk baru yang mereka tawarkan yaitu Chocolatos Milk melaluipemasaran di media digital. Aplikasi TikTok merupakan platfrom yang sesuai untuk meningkatkan brandawareness terhadap produk baru mereka yaitu Chocolatos Milk karena memiliki target audiens yang cocok yaituanak muda. Hasil yang didapat pada laporan penelitan ini menyimpulkan bahwa aktivitas campaign digitalChocolatos Milk melalui platfrom Aplikasi TikTok terbukti efektif dan karna mampu melampaui angka 100%yakni melampaui hasil dari rencana yang sudah ditentukan.
Aplikasi Bukti Potong Elektronik (e-bupot) Sebagai Bentuk Kemudahan Administrasi Bagi Pemotong Pajak Fitria Ariyanti
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.174

Abstract

Aplikasi e-Bupot diterbitkan dalam rangkah memberikan kemudahan dalam adminsitrasi perpajakan khususnya bagi pemotong pajak, di mana dengan menggunakan aplikasi ini pemenuhan kewajiban pemotong pajak menjadi lebih sederhana, mudah, dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan aplikasi e-bupot sebagai bentuk kemudahan administrasi bagi pemotong pajak, khususnya dalam PPh Pasal 23/26, untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan aplikasi e-bupot, dikaitkan dengan Azas Ease of Administration, serta menganalisis dampak dari penggunaan aplikasi perpajakan berbasis online. Hasil pembahasan menunjukan bahwa dengan menggunakan aplikasi e-Bupot, kewajiban pemotong pajak dalam hal penghitungam, pembuatan bukti potong, serta pelaporan SPT Masa PPh menjadi lebih mudah, sederhana, efisien. Penyederhanaan administrasi perpajakan dalam penggunaan aplikasi e-Bupot telah memenuhi Azas Ease of Administration, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan seperti adanya kendala teknis dalam pengoperasian aplikasi e-Bupot, ketidakstabilan jaringan dan server DJP Online. Pemenuhan kewajiban perpajakan bagi pemotong pajak berbabis online memerlukan kesiapan perangkat, jaringan, serta kemampuan mengoperasikan perangkat elektronik. Untuk itu Direktorat Jenderal Pajak harus terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan dan memperluas sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis elektronik ini kepada wajib pajak. Kata kunci : e-Bupot,  Ease of Administration, Withholding Tax
PODCAST DAN PERSONAL BRANDING: POTENSI PODCAST SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN PERSONAL BRAND PELAKU UMKM DENGAN PENDEKATAN CONTENT MARKETING Peny Meliaty Hutabarat
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.162

Abstract

Penelitian ini berupaya menggali potensi podcast sebagai media untuk pelak­u UMKM membangun personal brand melalui pendekatan content marketing. Jumlah pendengar podcast di Indonesia kian berkembang pesat dan jumlah podcast juga terus meningkat. Podcast sebagai salah satu bentuk dari content marketing memiliki diferensiasi dari bentuk pemasaran konten lainnya. Inilah yang menjadikannya alat pemasaran yang berpotensi efektif. Pelaku UMKM yang mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital, perlu membangun personal branding dalam kegiatan kewirausahaannya. Pelaku usaha perlu membangun saluran (channel) bagi orang-orang untuk menemukan usahanya. Ketika pelaku usaha juga aktif, konsisten dan kontinu memberikan konten bermanfaat terkait bidang yang ditekuninya, ia telah membangun saluran tambahan untuk ditemukan oleh khalayak dan pada akhirnya juga akan mengarah kepada keberhasilan usaha dan bisnisnya.Penelitian mengenai personal branding melalui platform podcast masih terbatas. Sebagian besar studi yang pernah dilakukan adalah personal branding pada Facebook, Twitter dan Instagram. Sementara itu, dari sisi pelaku UMKM, masih banyak ditemukan para pelaku usaha yang cenderung langsung menjalani roda bisnis tanpa mengawali dengan membangun personal brand yang baik. Untuk itu, penelitian yang menggunakan metodologi deskriptif ini diharapkan dapat memberi masukan dan rekomendasi bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui strategi personal branding, dengan pendekatan content marketing, salah satunya melalui media podcast.    Kata kunci: podcast, personal brand, content marketing, pelaku UMKM, personal branding
BEAUTY PAGEANT DALAM PERSFEKTIF SEMIOTIK KOMUNIKASI VISUAL Dony Hermawan
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.176

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian semiotik komunikasi visual mempelajari hakikat tentang keberadaan suatu tanda di kontes kecantikan dunia (world beauty peagant) yang menjadi tontotan fenomenal dan mencuri jutaan mata saat wanita-wanita cantik berjalan di panggung spektakuler.  Dibalik kompetisi tersebut, ada makna komunikasi yang tersirat dari berbagai symbol komunikasi para pesertanya baik verbal maupun non verbal, bahkan dalam bentuk semiotika. Kontes kecantikan, baik dalam maupun luar negeri selalu mendapat perhatian khusus di berbagai media. Fenomena ini cukup menarik jika dikupas dalam konteks komunikasi semiotik dan visual, dimana persepsi dan pandangan tentang realitas, dikonstruksikan oleh kata-kata dan tanda-tanda lain yang digunakan dalam konteks sosial. Tanda membentuk persepsi manusia, lebih dari sekedar merefleksikan realitas yang ada. Tradisi semiotika sendiri melingkupi cakupan teori mengenai bagaimana tanda mewakili objek, ide, situasi, keadaan, perasaan, dan sebagainya. Metode yang digunakkan dalam penelitian ini adalah studi kajian literatur mengenai tanda pada kajian semiotika di kontes kecantikan dunia yaitu Miss Universe dan Miss World.Kata kunci : Pageant, Komunikasi, Semiotika, Visual. 
PENERAPAN PSAK 72 PADA PERUSAHAAN MINYAK DAN GAS BUMI: STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN KIS Arthaingan H. Mutiha
Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol 4, No 1: JULI - DESEMBER 2021
Publisher : Program Pendidikan Vokasi UI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.7454/jsht.v4i1.179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana pengakuan, pengukuran dan penyajian pendapatan terkait PSAK 72, dimana sebelum perusahaan melakukan pengakuan pendapatan, harus melakukan tahapan 5 (lima) langkah sesuai PSAK 72. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan dan studi pustaka dengan mengambil satu sampel perusahaan di sektor minyak dan gas bumi. Hasil dari penelitian ini adalah Pengakuan pendapatan dari kontrak dengan pelanggan perusahaan telah dilakukan dengan menggunakan model 5 Langkah PSAK 72, mulai dari mengidentifikasi kontrak hingga tahap akhir yaitu mengakui pendapatan ketika (selama) entitas telah menyelesaikan kewajiban pelaksanaan. Selain itu, pengakuan, pencatatan, dan penyajian pendapatan kontrak PT KIS telah diimplemetasikan sesuai dengan kriteria PSAK 72 yang berlaku Kata kunci: Pendapatan, Model Lima Langkah,, PSAK 72

Page 1 of 1 | Total Record : 8