cover
Contact Name
Mawan Akhir Riwanto
Contact Email
jikunugha@gmail.com
Phone
+6281335081500
Journal Mail Official
jikunugha@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap Jl. Kemerdekaan Barat No.17, Gligir, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
ISSN : 27216748     EISSN : 25500619     DOI : https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to university level.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019)" : 9 Documents clear
ANALISIS KETERAMPILAN PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL CALON GURU SD DALAM MENJAWAB TANTANGAN KEMAJUAN ERA DIGITAL Riwanto, Mawan Akhir
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan gambaran keterampilan calon guru SD dalam mengembangkan media pembelajaran komik digital mulai dari perencanaan (pembuatan rancangan cerita) hingga pembuatan komik digital menggunakan software Cartoon Story Maker. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari portofolio calon guru dalam mengembangkan media komik digital. Hasil dari penelitian ini  adalah 1) Calon guru dari prodi PGSD UNUGHA telah memiliki kemampuan yang cukup untuk mengembangkan media komik digital; 2) Kreativitas mahasiswa dalam pengembangan komik digital cukup tingga mengingat variasi cerita yang berbeda semua dari seluruh calon guru
ANALISIS SIKAP LITERASI SAINS CALON GURU SD BERDASARKAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) Dwiyanti, Aris Naeni; Rahayuni, Galuh
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan dalam era globalisasi yang ketat menciptakan tuntutan kompetensi dalam segala aspek kehidupan yang sangat tinggi. Kemampuan dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan merupakan faktor penentu keberhasilan hidup dalam dunia yang berkembang pesat. Kemampuan untuk menggunakan pengetahuan ilmiah masalah lingkungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti ilmiah disebut dengan istilah scientific literacy (literasi sains). Pada penelitian ini akan dikaji bagaimana sikap literasi calon guru sekolah dasar berdasarkan Programme For International Student Assesment (PISA).
PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VOCABULARY SISWA KELAS V SDN RANDEGAN-BANYUMAS Hidayati, Sylfia Mitha; Muniriyanto, Muniriyanto; Riwanto, Mawan Akhir
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media flash card atau kartu bergambar dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan vocabulary siswa kelas V dalam mata pelajaran bahasa Inggris  materi  pekerjaan  dan  hobi  di  SDN  Randegan-Banyumas  tahun  ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek   dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Randegan-Banyumas yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sumber data yang dikumpulkan oleh peneliti berasal dari guru, siswa, dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media flash card dapat meningkatkan kemampuan vocabulary siswa kelas V SDN Randegan- Banyumas dalam mata pelajaran bahasa Inggris materi pekerjaan dan hobi. Sebelum diadakan tindakan penerapan media flash card,  presentase ketuntasan  13.33% dengan rata-rata kelas 45.66, pada siklus I meningkat menjadi 30% dengan rata- rata kelas 51.66 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata kelas 87.33. 
PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR Wahidin, Wahidin
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. Anak yang dimaksud ini adalah anak paa usia sekolah dasar. Yaitu mereka yang berusia 6,0 tahun sampai dengan 12 tahun. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan anak-anaknya diantaranya sebagai motivator. Dalam hal ini orang tua harus senantiasa memberikan dorongan kepada anaknya agar mempunyai semangat dalam belajar, khususnya dalam belajar dirumah sebagai penunjang keberhasilan prestasi disekolahnya. Adapun upaya yang dapat dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak antara lain: 1) mengetahui hasil, 2) memberikan hadiah dan hukuman, 3) menyediakan alat atau fasilitas yang dibutuhkan. Orang tua sebagai pendidik harus senantiasa memperhatikan perkembangan pribadi anak sebagai penentu dalam perlakukan pendidikan yang sesuai dengan periode atau tingkat usia serta kemampuan berfikir anak
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK TALKING CHIPS MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS 3 SD N SLARANG 01 TAHUN 2018 Saraswati, Adjeng; Ridlo, Lumaur; Dwiyanti, Aris Naeni
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif teknik talking chips pada mata pelajaran IPA siswa kelas 3 SD N Slarang 01 tahun 2018, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dan variabel bebas yaitu penggunaan metode kooperatif teknik talking chips. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Slarang 01 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 8 siswa putri. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang telah dilaksanakan ada dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, persentase kelulusan pra siklus yaitu 37,5% (6 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 1 persentase kelulusan 50% (8 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 2 persentase kelulusan 81,25% ( 13 siswa dari 16 siswa).
ANALISIS KREASI PEMBELAJARAN REKREASI PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN DASAR Utomo, Sandi Aji Wahyu; Al Halim, Adibudin
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Pancar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis kreasi pembelajaran rekreasi pendidikan pada pendidikan dasar merupakan sebuah analisis kreasi pembelajaran yang mana bertujuan untuk menambah alternatif pembelajaran pada keilmuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar. Bahwasanya dalam proses pembelajaran anak usia dini dan pendidikan dasar sangatlah diperlukan pembelajaran yang lebih mengedepankan hal yang konkret daripada hal abstrak. Keilmuan rekreasi pendidikan dapat mengintegrasikan diri pada keilmuan pendidikan lain sesuai dengan materi bahan ajar yang akan dipelajari dan dialami oleh siswa. Melalui kreasi pembelajaran rekreasi pendidikan inilah guru pendidikan anak usia dini maupun guru pendidikan dasar dapat menggunakan serta memanfaatkan rekreasi pendidikan sebagai highlight dalam pembelajaran demi keefektifan dan keefisiensian progres pembelajaran di sekolah sesuai dengan grand design Kurikulum 2013 yang lebih mengedepankan pada student centered learning.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI TEKNIK TALKING CHIPS MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS 3 SD N SLARANG 01 TAHUN 2018 Saraswati, Adjeng; Ridlo, Lumaur; Dwiyanti, Aris Naeni
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.785 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif teknik talking chips pada mata pelajaran IPA siswa kelas 3 SD N Slarang 01 tahun 2018, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel terikat yaitu hasil belajar siswa dan variabel bebas yaitu penggunaan metode kooperatif teknik talking chips. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Slarang 01 yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 8 siswa putri. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang telah dilaksanakan ada dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, persentase kelulusan pra siklus yaitu 37,5% (6 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 1 persentase kelulusan 50% (8 siswa dari 16 siswa). Pada siklus 2 persentase kelulusan 81,25% ( 13 siswa dari 16 siswa).
PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR Wahidin, Wahidin
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.887 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. Anak yang dimaksud ini adalah anak paa usia sekolah dasar. Yaitu mereka yang berusia 6,0 tahun sampai dengan 12 tahun. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan anak-anaknya diantaranya sebagai motivator. Dalam hal ini orang tua harus senantiasa memberikan dorongan kepada anaknya agar mempunyai semangat dalam belajar, khususnya dalam belajar dirumah sebagai penunjang keberhasilan prestasi disekolahnya. Adapun upaya yang dapat dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak antara lain: 1) mengetahui hasil, 2) memberikan hadiah dan hukuman, 3) menyediakan alat atau fasilitas yang dibutuhkan. Orang tua sebagai pendidik harus senantiasa memperhatikan perkembangan pribadi anak sebagai penentu dalam perlakukan pendidikan yang sesuai dengan periode atau tingkat usia serta kemampuan berfikir anak.
ANALISIS KREASI PEMBELAJARAN REKREASI PENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN DASAR Utomo, Sandi Aji Wahyu; Al Halim, A.Adibudin
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.058 KB)

Abstract

Analisis kreasi pembelajaran rekreasi pendidikan pada pendidikan dasar merupakan sebuah analisis kreasi pembelajaran yang mana bertujuan untuk menambah alternatif pembelajaran pada keilmuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar. Bahwasanya dalam proses pembelajaran anak usia dini dan pendidikan dasar sangatlah diperlukan pembelajaran yang lebih mengedepankan hal yang konkret daripada hal abstrak. Keilmuan rekreasi pendidikan dapat mengintegrasikan diri pada keilmuan pendidikan lain sesuai dengan materi bahan ajar yang akan dipelajari dan dialami oleh siswa. Melalui kreasi pembelajaran rekreasi pendidikan inilah guru pendidikan anak usia dini maupun guru pendidikan dasar dapat menggunakan serta memanfaatkan rekreasi pendidikan sebagai highlight dalam pembelajaran demi keefektifan dan keefisiensian progres pembelajaran di sekolah sesuai dengan grand design Kurikulum 2013 yang lebih mengedepankan pada student centered learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 9