cover
Contact Name
Mawan Akhir Riwanto
Contact Email
jikunugha@gmail.com
Phone
+6281335081500
Journal Mail Official
jikunugha@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap Jl. Kemerdekaan Barat No.17, Gligir, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
ISSN : 27216748     EISSN : 25500619     DOI : https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to university level.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGKLASIFIKASI (WARNA, BENTUK, DAN UKURAN) MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI Lathifah, Inayatul
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam klasifikasi benda (bentuk, warna, dan ukuran) melalui kegiatan eksplorasi pada Kelompok Ibnu Sina I TK Qurrota A?yun Cilacap.  Penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dan 2 kali pertemuan. prosedur tindakan penelitian dimulai dari perencanaan, perlakuan atau pemberian tindakan, dan pengamatan, dilanjutkan dengan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ditandai dengan meningkatnya kemampuan kognitif dalam klasifikasi benda selama proses pembelajaran berlangsung dengan hasil skor rata rata minimal 75 % dengan kriteria sangat baik dari jumlah anak pada masing-masing indikator untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi benda anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Kognitif Kelompok A Ibnu Sina I TK Islam Qurrota A?yun Cilacap dalam klasifikasi (warna, bentuk, dan ukuran) dapat ditingkatkan dengan kegiatan eksplorasi. adanya peningkatan Kemampuan Kognitif dalam klasifikasi pada setiap siklusnya. Pada kegiatan Pra Tindakan adalah 52, 60 %, kemudian di Siklus I mengalami peningkatan pada Pertemuan I menjadi 56, 77 % dan di Pertemuan II meningkat menjadi 61,97 %. Sedangkan di kegiatan Siklus II pada  Pertemuan I meningkat menjadi 85,41 % dan Siklus II di Pertemuan II meningkat menjadi 90,10 %.
MENANAMKAN AJARAN RASULLULLAH SAW DALAM MENDIDIK ANAK SEJAK USIA DINI Budiyati, Utami; Umam, Nasrul
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.613 KB)

Abstract

Menjadi penting bahkan urgen untuk memberikan perhatian yang lebih pada  ranah pendidikan anak di usia dini. Maka tidak heran jika salah satu bidang ilmu pendidikan yang mendapat perhatian luar biasa di banyak negara adalah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Begitu juga di Indonesia, sudah mendapat perhatian dari Dirjen (direktorat jenderal) yang menangani kependidikan walaupun ikut tersendat-sendat akibat iklim politik yang terjadi di negara Indonesia. Sehingga ada harapan untuk memajukan pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini di Indonesia. Tidak hanya tentang bagaimana cara mendidik anak usia dini menurut para ahli saja, tapi juga menurut tokoh besar umat Islam yang dikenal sebagai ?suri tauladan yang baik? yakni Rasulullah SAW. Metode yang dipakai adalah library research. Orangtua dalam mendidik anak Rasul SAW memberikan tiga hal yang harus diajarkan pada putra-putri kita sejak dini diantaranya: pertama, mencintai nabimu. Anak usia dini perlu dikenalkan nabi-nabi yang wajib dikenal dalam Islam ada 25 nabi. Ditanamkan dengan hal-hal yang harus diteladani dari seorang nabi. Kedua, mencintai ahli baitnya. Tidak hanya Rasul SAW dan nabi-nabi lainnya yang dikenalkan namun anggota keluarga, baik putra/putri dan istri para nabi. Dengan dongeng cerita para nabi dan keluarganya, anak-anak usia dini ditanamkan agar memiliki rasa cinta dan kemudian meneladani akhlak mulia para keluarga nabi dan Rasul. Dan ketiga, membaca Al-qur?an
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERVISI SALINGTEMAS (SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT) DI SD NEGERI TINGGARJAYA Winandika, Gigih
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran keterampilan proses sains dan mengetahui hasil belajar siswa bahwa pembelajaran IPA dengan model keterampilan proses sains bervisi Salingtemas lebih efektif dibandingkan pembelajaran IPA dengan ceramah dan diskusi. Model keterampilan proses  bervisi Salingtemas  efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat bahwa peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan menggunakan model keterampilan proses sains bervisi Salingtemas diperoleh peningkatan pada kelompok eksperimen hasil pre test rata-rata sebesar 6.50 meningkat menjadi 7.75 pada hasil post test setelah pembelajaran dengan menggunakan menggunakan model keterampilan proses sains bervisi Salingtemas. Sedangkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran ceramah diperoleh hasil pre test sebesar 6.32 dan meningkat menjadi 7,25 pada post test setelah diberikan pembelajaran ceramah.
TRANSFORMASI SEKOLAH DASAR ABAD 21 NEW DIGITAL LITERACY UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI ERA GLOBAL Umayah, Urip; Riwanto, Mawan Akhir
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dunia saat ini telah memasuki era revolusi industri, bentuk kehidupan manusia telah berbasis informasi. Karena itu, dalam menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, serta menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang dan bagi masa depan suatu Bangsa dan Negara. Bangsa negara di era global ini maka gerakan literasi sekolah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh yntuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembalajaran yang literat. Lembaga pendidikan dasar khususnya sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membangun generasi yang siap menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu new literacy digital perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan sekarang ini untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik dan siap menghadapi di era global pendidikan abad 21. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana membangun karakter siswa menjadi peserta didik melalui literasi digital dalam pembelajaran menghadapi pendidikan abad 21sehingga dapat mengembangkan materi dan metode pembelajaran literasi digital di sekolah di era global abad 21. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan menafsirkan fenomena yang terjadi di lingkungan saat ini, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI SLARANG 01 TAHUN 2019 Setyaningsih, Eris; Dwiyanti, Aris Naeni; Budiarti, Wahyu Nuning
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.497 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model discovery learning dan menganalisis peningkatan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dan kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 01 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus rata-rata kelas 59,29 dengan persentase ketuntasan 23,52% dengan 4 siswa tuntas KKM dan 13 siswa tidak tuntas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi rata-rata kelas 63,76 denga persentase 47,05% dengan 8 siswa tuntas KKM dan 9 siswa tidak tuntas KKM. Pada siklus II meningkat menjadi rata-rata kelas 80,47 denga persentase 82,35% dengan 14 siswa tuntas KKM dan 3 siswa tidak tuntas KKM. Proses pembelajaran berlangsung terpusat pada siswa dengan bimbingan guru menerpakan model discovery learning. Dapat disimpulkanan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber daya alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri Slarang 01 tahun ajaran 2018/2019.
PENANAMAN CILI (CINTA LINGKUNGAN) PADA SISWA MELALUI PROGRAM LINGKUNGAN SEKOLAH TANPA SAMPAH PLASTIK Baro'ah, Siti; Qonita, Siti Mazidatul
JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar) Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.956 KB)

Abstract

Kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanamkan melalui pendidikan karakter di lingkungan sekolah untuk menghasilkan SDM yang berkualitas. Oleh karenanya perlu strategi untuk menumbuhkan kesadaran akan cinta lingkungan dengan program sekolah tanpa sampah plastik. Mengingat limbah plastik yang melimpah sedangkan sifatnya tidak dapat terurai (non-biodegradable) sehingga dapat berdampak pada kerusakan lingkungan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dicanangkan program seperti (1) pengelolaan sampah 3R, (2) mewajibkan siswa membawa tumbler untuk makanan dan minuman (3) meyediakan stasiun air isi ulang, (4) tidak membeli makanan berbungkus plastik, serta (5) membuat bank plastik di lingkungan sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6