cover
Contact Name
Mawan Akhir Riwanto
Contact Email
jikunugha@gmail.com
Phone
+6281335081500
Journal Mail Official
jikunugha@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap Jl. Kemerdekaan Barat No.17, Gligir, Kesugihan Kidul, Kec. Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53274
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
ISSN : 27216748     EISSN : 25500619     DOI : https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to university level.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)" : 6 Documents clear
Pengaruh Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Dan Percaya Diri Terhadap Ketepatan Menembak Ke Gawang Sandy Suardi Sandi
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.842 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i1.96

Abstract

This study aims to determine whether or not there is a direct and indirect influence between leg muscle strength, coordination, confidence in the accuracy of shooting at goal at the Ragunan Sports School football branch. The research method used in this research is the survey method with the test measurement technique, while the analysis technique uses the path path analysis which examines the relationship between the research variables and measures the direct and indirect effects between one variable and another. Based on the research findings, exogenous variables consist of leg muscle strength (X1), coordination (X2), and self-confidence (X3). The endogenous variable consists of shooting accuracy at goal (Y). Namely: a) There is a positive influence between leg muscle strength (X1) on shooting accuracy at goal (Y) at the Ragunan Sports School football branch; b) There is a positive influence between leg muscle strength (X1) on self-confidence (X3) in the football branch of the Ragunan Sports School; c) There is a positive influence between coordination (X2) on self-confidence (X3) in the football branch of the Ragunan Sports School; d) There is a positive influence between leg muscle strength (X1) on shooting accuracy at goal (Y) through self-confidence (X3) at the Ragunan Sports School football branch. There is a positive influence between coordination (X2) on the accuracy of shooting at goal (Y) through confidence in the football branch of the Ragunan Sports School.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Siswa Kelas IV SD Negeri Adipala 01 Dewi Apriana
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.82 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i1.99

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Pengukuran Sudut di kelas IV SD Negeri Adipala 01 tahun 2019 melalui pendekatan pembelajaran RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan campuran yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Variabel penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas adalah penerapan pendekatan RME, dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika pada materi pengukuran sudut. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Adipala 01 yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji instrumen penelitian ini adalah uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan menjadi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I sampai siklus II dapat diketahui bahwa dengan penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Adipala 01 tahun 2019. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, dimana pada kondisi awal ada 10 siswa yang tuntas atau 41,67% dari 24 siswa. Siklus I ketuntasan belajar menjadi 13 siswa yang tuntas atau 56,52% dari 23 siswa. Pada siklus II menjadi 19 siswa yang tuntas atau 82,60% dari 23 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan RME dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Adipala 01 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Melalui Media Dakon Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Karang Jengkol 03 Syifa Fatkhatul Karomah
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.417 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i1.100

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media dakon matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD Negeri Karang Jengkol 03 Tahun 2019 melalui media dakon matematika. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam judul skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pmbelajaran yang meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Karang Jengkol 03 yang terdiri dari 28 siswa. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media dakon matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi FPB dan KPK siswa kelas IV SD Negeri Karang Jengkol 03 tahun 2019. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, dimana pada tahap kondisi awal pada tahun 2016 presentase ketuntasan 27,27% dan rata-rata 59,13 dari 22 siswa, pada tahun 2017 presentase ketuntasan 26,31% dan rata-rata 58,94 dari 19 siswa, dan pada tahun 2018 presentase ketuntasan 36,36% dan rata-rata 60,22. Kemudian pada siklus I presentasi ketuntasan 60,71% rata-rata 69,42, pada siklus II ini presentase ketuntasan 89,28% dan rata-rata 80,17. Proses pembelajaran berlangsung dengan baik dalam menerapkan penggunaan media dakon matematika. Kesimpulan dari penelitian adalah penggunaan media dakon matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK pada siswa klas IV SD Negeri Karang Jengkol 03 tahun 2019.
Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Menggunakan Media Grafis Dengan Prinsip Proton-Elektron NAFSA AMALI
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.809 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i1.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matapelajaran Matematika kelas V SDN Mulyasari 01 dengan melalui penerapan penggunaan media grafis dengan prinsip proton-elektron pada operasi hitung bilangan bulat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan metode observasi untuk mengetahui kinerja guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Aktivitas siswa yang berkriteria baik pada setiap siklusnya meningkat, dapat diketahui peningkatan yang terjadi pada siklus I aktivitas siswa mendapat nilai rata- rata kelas sebesar 67% sedangkan total rata- rata aktivitas siswa siklus II mencapai 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan melalui penerapan penggunaan media grafis dengan prinsip proton-elektron pada operasi hitung bilangan bulat, di siklus I terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 61,5%, kemudian di siklus II menjadi 91,3%. Begitu pula dengan nilai rata-rata yang diperoleh mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Rata-rata hasil siklus I sebesar 64, kemudian di siklus II menjadi 84. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan penggunaan media grafis dengan prinsip proton-elektron pada operasi hitung bilangan bulat terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
Pengembangan Media Animasi Peta Budaya Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersaman Untuk Kelas 4 SD Jajar Jajar
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.302 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i1.102

Abstract

Tujuan penelitian memperoleh media animasi peta budaya Indonesia tema 1 subtema 1 keragaman budaya bangsaku di kelas 4 SD, memperoleh kualitas media animasi peta budaya Indonesia yang layak digunakan untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran pada tema 1 indahnya kebersamaan dengan subtema 1 keragaman budaya bangsaku di kelas 4 SD. Metode penelitian mengunakan metode pengembangan dengan model borg and gall dengan 10 tahapan, pengumpulan informasi, perencanaan, Pengembangan bentuk produk pendahuluan, Uji coba apangan awal, Revisi hasil Uji coba, Uji lapangan produk utama, Revisi produk operasional, Uji coba operasional, Revisi produk akhir dan Penyebaran dan Penerapan. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak digunakan, ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,6% kategori sangat layak digunakan, dan ahli bahasa memperoleh persentase rata-rata sebesar 95,5% kategori sangat layak digunakan. Selain itu, respon pendidik dengan persentase rata-rata 97,3% dengan kategori sangat layak digunakan. Kemudian respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata 98% dengan kategori sangat layak digunakan. Demikian media pembelajaran memiliki kualitas yang layak digunakan dalam proses pembelajaran dan membantu guru dalam menyampaikan materi keragaman budaya di Indonesia tema 1 kelas 4 SD.
Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam Ulil Albab
JURNAL PANCAR (PENDIDIK ANAK CERDAS DAN PINTAR) Vol 5 No 1 (2021): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Publisher : Prodi PGSD FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.672 KB) | DOI: 10.52802/pancar.v5i1.104

Abstract

Perencanaan pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu dalam bidang pendidikan Islam tujuan akhirnya adalah meningkatkan kualitas, daya saing bagi output (lulusan) dengan indikator adanya kompetensi baik intelektual maupun skill serta kompetensi sosial siswa/lulusan yang tinggi. Dalam mencapai hasil tersebut, implementasi perencanaan pendidikan dalam manajemen mutu di dalam organisasi pendidikan Islam perlu dilakukan dengan sebenarnya tidak dengan setengah hati. Dengan memanfaatkan semua entitas kualitas yang ada dalam organisasi maka pendidikan kita tidak akan jalan di tempat seperti saat ini. Implementasi perencanaan pendidikan manajemen mutu di organisasi khususnya di lembaga pendidikan Islam memang tidak mudah. Adanya hambatan dalam budaya kerja, unjuk kerja dari guru dan karyawan sangat mempengaruhi. Tidak perlu dipungkiri bahwa budaya kerja, unjuk kerja dan disiplin pegawai negeri sipil di negara kita ini sangat rendah. Ini sangat mempengaruhi efektifitas implementasi mutu pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6