cover
Contact Name
Refaldo Fanther
Contact Email
refaldo.fanther@umc.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
refaldo.fanther@umc.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 19790643     EISSN : 26857324     DOI : -
Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi Jurnal ini berisi tentang penelitian di ranah manajemen, sumber daya manusia, bisnis, marketing, dan akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 13 No 2 (2018): Edisi : Juli - Desember 2018" : 6 Documents clear
ANALISIS DIMENSI KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OLI PELUMAS SHELL (Studi Kasus : CV Nirmala Automotive Tegal) Mugayat, Ali; Rachmat, Dedi
VALUE Vol 13 No 2 (2018): Edisi : Juli - Desember 2018
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Loyalitas pelanggan mutlak diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk dapat tetap survive dan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Untuk membangun loyalitas pelanggan diperlukan adanya usaha-usaha dari perusahaan untuk tetap memberikan kualitas terbaik dalam setiap produk atau jasa yang di milikinya. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan oli pelumas Shell (studi kasus pelanggan bengkel nirmala automotive di Tegal Timur) ? Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan oli pelumas Shell (studi kasus pelanggan bengkel nirmala automotive di Tegal Timur) ? Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan oli pelumas Shell (Studi kasus pelanggan bengkel nirmala automotive di Tegal Timur) Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan : a (angka konstan) dari unstandardized coefficients yang dalam penelitian ini ialah sebesar 1,547 dan terlihat kualitas produk (X1) sebesar 0,217 dan kepuasan pelanggan (X2) sebesar 0,358. Berdasarkan nilai konstanta dan koefisien tersebut maka diperoleh persamaan regresi Y = 1,547 + 0,217 X1 + 0,358 X2. Analisis Koefisien Determinasi (R2) Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan :  koefisien determinasi (R2) pada tabel diatas sebesar 0,438 yang berarti nilainya sebesar 43,8% loyalitas pelanggan dapat di jelaskan dengan menggunakan variabel kualitas produk dan kepuasan pelanggan sedangkan sisanya yaitu 56,2% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh 𝑓 hitung 37,747 > 𝑓tabel 3,090 maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima pada tingkat signifikansi 5%. Dengan demikian kualitas produk (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Kesimpulan : Variabel kualitas produk (X1) setelah dilakukan uji hipotesis ada pengaruh antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk Oli Pelumas Shell. Besarnya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dapat dilihat pada besaran nilai koefisien determinasi (R2) yang memiliki nilai sebesar 0,321 atau 32,1% Variabel kepuasan pelanggan (X2) setelah dilakukan uji hipotesis ada pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk Oli Pelumas Shell. Besarnya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dapat dilihat pada besaran nilai koefisien determinasi (R2) yang memiliki nilai sebesar 0,337 atau 33,7%. Apabila dilihat secara bersama–sama (simultan) ada pengaruh antara kualitas produk (X1) dan kepuasan pelanggan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) produk Oli Pelumas Shell. Besarnya pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk Oli Pelumas Shell dapat dilihat pada besaran nilai koefisien determinasi (R2) yang memiliki nilai sebesar 0,438 atau 43,8% Kata Kunci : Kualitas Produk; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan
PENILAIAN KINERJA TERHADAP KINERJA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. Indomarco Prismatama Cabang Cirebon) Jufri, Ali; Koswara, Vera Agustin
VALUE Vol 13 No 2 (2018): Edisi : Juli - Desember 2018
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh positif Penilaian Kinerja terhadap Kinerja Organisasi. Penelitian ini juga ingin membuktikan peran Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening. Data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Responden dipilih menggunakan metode random sampling sebanyak 67 orang. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Indomarco Prismatama. Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi dan analisis jalur. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh penilaian kinerja yang positif terhadap kinerja organisasi di PT. Indomarco Prismatama (pvalue 0.002 < 0.05). Kemudian terdapat pengaruh penilaian kinerja yang positif terhadap kepuasan kerja di PT. Indomarco Prismatama Cabang Cirebon (pvalue 0.005 < 0.05), dan yang terakhir terdapat pengaruh kepuasan kerja yang positif terhadap kinerja organisasi di PT. Indomarco Prismatama Cabang Cirebon (pvalue 0.009 < 0.05), hal ini berarti bahwa semakin baik kepuasan kerja maka akan berdampak pada semakin baik kinerja organisasi. Individu yang mempunyai nilai-nilai yang sama dengan organisasi, maka mereka akan mudah berinteraksi secara efisien dengan sistem nilai organisasi, mengurangi ketidakpastian, Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Kinerja Organisasi, dan Kepuasan Kerja
HUBUNGAN LIFE SKILL DAN MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Peserta Didik Lembaga Pendidikan Keterampilan di Kabupaten Cirebon) Priyono, Dadang; Herawati, Teti
VALUE Vol 13 No 2 (2018): Edisi : Juli - Desember 2018
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan kewirausahaan secara umum adalah proses pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan metodologi ke arah pembentukan kecakapan hidup (life skill) pada peserta didiknya melalui kurikulum terintegrasi yang dikembangkan di sekolah, lembaga pendidikan keterampilan maupun di perguruan tinggi. Minat adalah seperangkat mental yang terdiri dari suatu campuran perasaan, harapan, pendirian, kecenderungan yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu. Peneliti ini bertujuan : untuk mengetahui pengaruh life skill terhadap minat berwirausaha peserta didik Lembaga Pendidikan Keterampilan di Kabupaten Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Lembaga Pendidikan Keterampilan yang berjumlah 125 peserta didik dari 5 LPK, masing-masing LPK 25 peserta. Hal ini terkait dengan kuota program pelatihan dari pemerintah masing-masing LPK 25 peserta. Pengambilan sampel yang akan diteliti harus mewakili populasi yang ada. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan sampling jenuh. SamplIng jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampe (Sugiono, 2017). Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 125. Metode analis data dengan regresi linier sederhana. Data diolah dengan bantuan program SPSS forWindows Release 18.0 Berdasarkan   uraian   dan   analisis   yang   dilakukan   pada   bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1. Pendidikan Life skill berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada Lembaga Pendidikan Keterampilan di Kab. Cirebon, 2. Pendidikan Life skill berpengaruh sebesar 32,7% terhadap minat berwirausaha pada Lembaga Pendidikan Keterampilan di Kab. Cirebon. Sedangkan sisanya sebesar 77,3% merupakan pengaruh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian Kata Kunci : Life Skill, Minat Berwirausaha
PENGARUH MOTIVASI DAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA SALES PROMOTION PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION DEPARTEMEN STORE Badawi, Badawi; Afifah, Hilyatul
VALUE Vol 13 No 2 (2018): Edisi : Juli - Desember 2018
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja, (2) pengaruh keterampilan kerja terhadap produktivitas kerja, (3) pengaruh motivasi kerja dan keterampilan kerja terhadap produktivitas kerja.  Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Paragon Technology yang berjumlah 35, populasi ini sekaligus dijadikan sebagai sampel, yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji validitas menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) motivasi kerja memiliki pengaruh terhadap keputusan produktivitas kerja, (2) keterampilan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja, (3) dengan demikian dalam penelitian ini motivasi dan keterampilan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Kata Kunci : Motivasi, Keterampilan Kerja, Produktivitas Kerja
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN DISTRIBUTOR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGECER PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS (Studi pada PT, TigaraksaSatriaTbk. Kota Cirebon) Djadjuli, M.; Juanda, Hilman
VALUE Vol 13 No 2 (2018): Edisi : Juli - Desember 2018
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan konsumen akan terbentuk jika dapat memenuhi harapan-harapan dasar konsumen. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, diantaranya harga produk dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis : (1) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen PT. Tigaraksa Satria Kota Cirebon, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Tigaraksa Satria Kota Cirebon, dan (3) menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Tigaraksa Satria Kota Cirebon. Penelitian dilakukan pada PT. Tigaraksa Satria Tbk., dari bulan Januari sampai Februari 2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik penelitian survey deskriptif. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara dengan konsumen pengecer PT. Tigaraksa Satria Tbk. Cirebon sebagai responden menggunakan daftar pertanyaan, dan data sekunder diperoleh dari instansi yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Untuk mengetahui pengaruh harga produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengecer digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Harga produk secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengecer. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik harga produk (murah), maka akan meningkatkan kepuasan konsumen pengecer, (2) Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pengecer. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka akan meningkatkan kepuasan konsumen pengecer, dan sebaliknya jika kualitas pelayanan yang diberikan kurang baik, akan menurukan kepuasan konsumen pengecer, dan (3) Harga produk dan kualitas pelayanan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsemen pengecer. Peningkatan kualitas pelayanan yang baik dan penetapan harga produk yang tercangkau konsumen dapat meningkatkan kepuasan konsumen pengecer. Kata Kunci :  Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. DUTA INDO OMNITRON CABANG CIREBON Qodriah, Sari Laelatul; Faisal, Fardan
VALUE Vol 13 No 2 (2018): Edisi : Juli - Desember 2018
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas barang yang dikehendaki pelanggan, sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan yang dijadikan tolak ukur keunggulan daya saing perusahaan.Pengalaman pembelian yang memuaskan menjadi salah satu alasan untuk tetap tertarik pada produk tersebut, pada akirnya mengarah pada pembelian ulang. Tujuan dari penulis melakukan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai kualitas produk yang di tawarkan di PT.Duta indo omnitron. Untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai harga yang ditawarkan di PT.Duta indo omnitron cirebon. Untuk mengetahui tanggapan kepuasan konsumen di PT.duta indo omnitron cirebon. Besarnya pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di PT.Duta indo omnitro cirebon. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner. Kualitas produk (X1) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel ini di ukur oleh 6 indikator yaitu kinerja,daya tahan,kehandalan,fitur produk,kesesuaian dan desain. Adanya indikasi pengaruh positif terkait indikator Penelitian ini, sesuai dengan yang dilakukan oleh zaitil akbar (2017) Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Produk Deterjen bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif & signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi yang bernilai 1,252 (0,029; 1,223) dan nilai fhitung lebih besar dari pada f tabel (1649,929 ≥ 3,232) pada tingkat signifikansi 5%. Selain itu, nilai signifikansi kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen lebih kecil dari pada nilai signifikansi α = 5% (0,000≤0,050) yang menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen signifikan.  Nilai koefisien determinasi (r2) adalah 0,988 yang berarti kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas produk dan harga hanya sebesar 98,8% dan sisa nya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Nilai konstanta sebesar -0,153 menunjukkan bahwa jika variabel kualitas produk dan harga dianggap konstan, maka nilai Kepatuhan Wajib Pajak akan menjadi sebesar -0,153. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa Nilai koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel kualitas produk 0,029 dan harga sebesar 1,223. Berdasarkan pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen hasil output diatas, dimana nilai t hitung variabel X1 sebesar 2,160 sedangkan t tabel sebesar 2,021. Maka dapat diketahui t hitung(2,160) >t tabel (2,021) atau dengan kata lain hipotesis nol (Ho) ditolak, kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di PT.duta indo omnitron. Berdasarkan pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan harga terhadap kepuasan konsumen Untuk t hitung variabel X2 sebesar 36,784 sedangkan t tabel sebesar 2,021 Maka dapat diketahui t hitung (36,784) >t tabel (2,021) atau dengan kata lain hipotesis nol (Ho) ditolak,  kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh signifikan antara harga dengan kepuasan konsumen di PT.duta indo omnitron. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen

Page 1 of 1 | Total Record : 6