cover
Contact Name
Refaldo Fanther
Contact Email
refaldo.fanther@umc.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
refaldo.fanther@umc.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 19790643     EISSN : 26857324     DOI : -
Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi Jurnal ini berisi tentang penelitian di ranah manajemen, sumber daya manusia, bisnis, marketing, dan akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2019): Edisi: Januari-Juni 2019" : 6 Documents clear
FAKTOR PSIKOLOGI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK ELEKTRIK (VAPE) Basuki Toto Rahmanto; Take Juwitara
Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 14 No 1 (2019): Edisi: Januari-Juni 2019
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jv.v14i1.727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk rokok elektrik. Sampel ini diambil dengan menggunakan simple random sampling sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 92 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor psikologi mempengaruhi keputusan pembelian sedangkan faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi tidak mempengaruhi keputusan pembelian.
KESENJANGAN MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI PERBATASAN KABUPATEN CIREBON Syaeful Bakhri; Cucu Herawati
Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 14 No 1 (2019): Edisi: Januari-Juni 2019
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jv.v14i1.728

Abstract

Pelayanan publik yang memadai berkumpul dan berpusat pada daerah perkotaan, jarak dan waktu tempuh merupakan salah satu keluhan masyarakat yang tinggal didaerah perbatasan. Pelayanan publik di Kabupaten Cirebon terutama yang berada di daerah perbatasan masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kesenjangan pelayanan publik yang ada di Wilayah perbatasan Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode kombinasi (Mixed Methods), yang menyatukan metode penelitian kualitatif dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 280 responden yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Cirebon, dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di daerah perbatasan Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon terdapat gap antara harapan dengan fenomena di hampir seluruh sektor pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Cirebon, pelayanan pendidikan gap sebesar 7,8, pelayanan kependudukan dan catatan sipil gap sebesar 9,8, pelayanan infrastruktur jalan gap sebesar 5,4, pelayanan sumber air bersih gap sebesar 6,8, dan pada pelayanan sampah menunjukan adanya gap sebesar 11. Gap yang tertinggi ditemukan pada sektor pelayanan sampah sebesar 11. Perlunya Pemerintah Kabupaten Cirebon meningkatkan perhatian serta keseriusannya dalam memberikan pelayananan publik kepada masyarakat di wilayah perbatasan, terutama pada sektor pelayanan sampah dan pelayanan kependudukan dan catatan sipil. Kata Kunci : Kesenjangan, Pelayanan publik, Daerah Perbatasan.
PENGARUH PERSON-JOB FIT DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA PUSKESMAS BEBER CIREBON) Asep Gunawan; Alfiyah Alfiyah
Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 14 No 1 (2019): Edisi: Januari-Juni 2019
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jv.v14i1.733

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh person job fit dan self efficacy terhadap kinerja pegawai. Populasi penelitian adalah pegawai puskesmas Beber Cirebon. Penelitian ini mengambil seluruh sampel sebanyak 89 responden dengan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung pada seluruh pegawai puskesmas Beber Cirebon. Analisis data menggunakan metode regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa person job fit dan self efficacy memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil menunjukan bahwa dengan kemampuan yang dimiliki pegawai akan merasa yakin untuk berkompetisi atau memaksimumkan tugas dengan kemampuan yang dimiliki dan ditambah dengan rasa percaya diri atas kemampuan mereka bahwa mereka bisa untuk melakukan tugasnya dengan demikian kinerja pegawai akan meningkat. Kata Kunci : Person-Job Fit, Self Efficacy, Kinerja Pegawai
KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TENAGA PENGGERAK DESA (TPD) DALAM PENYULUHAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI METODE JANGKA PANJANG (MJP) UNTUK MENCAPAI TARGET KINERJA DI DINAS PPKBP3A KABUPATEN CIREBON Ali Jufri; Selvi Eka Putri
Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 14 No 1 (2019): Edisi: Januari-Juni 2019
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jv.v14i1.752

Abstract

Latar belakang penelitian ini, yaitu meledaknya jumlah penduduk sehingga mempengaruhi salah satu sektor yaitu membebani sektor perekonomian anggaran negara akanbanyak terserap untuk penyediaan pangan dan layanan pendidikan dan kesehatan. Makapemberian pelayanan MJP secara berkualitas diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah kesertaan KB MJP. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Komitmen Organisasi, Pengaruh Motivasi Tenaga Penggerak Desa (TPD), Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Tenaga Penggerak Desa (TPD) dengan menerapkan model kuesioner dalam pengambilandata melaksanakan Penyuluhan Penggunaan Alat Kontrasepsi Metode Jangka Panjang (MJP)untuk Mencapai Target Kinerja Di Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Kuantitatif. Kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat dicapai (diperoleh) denganmenggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara- cara lain dari kuantifikasi (pengukuran).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner dan observasi.Setelah melaksanakan penelitian Kuantitatif, hasil observasi berdasarkan hasilanalisa menunjukkan bahwa komitmen organisasi dan motivasi kerja yang dilaksanakan oleh Tenaga Penggerak Desa (TPD) Kabupaten Cirebon secara bersama-samamempengaruhi peningkatan target kinerja. Hal ini ditunjukkan dari hasil bahwa untuk variabel target kinerja (Y) sebesar 12.488 > berpengaruh terhadap target kinerja. Jadi,komitmen organisasi dan motivasi kerja dapat meningkatkan melaksanakan PenyuluhanPenggunaan Alat Kontrasepsi Metode Jangka Panjang (MJP) untuk Mencapai Target KinerjaDi Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, Penyuluhan Penggunaan AlatKontrasepsi Metode Jangka Panjang (MJP)
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA SEKOLAH PASCA PROMOSI (STUDI KASUS DI SEMBILAN SDN KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON) Sari Laelaul Qodriah; Ahmad Muhsin
Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 14 No 1 (2019): Edisi: Januari-Juni 2019
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jv.v14i1.754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris ada atau tidaknya pengaruhkepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja sekolah pasca promosi . Peneli t ian inimenggunakan metode deskripif kuantitatif dan pengolahan datanya dibantu dengan SPSS 20.Sampel penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar di 9 SD yang berada di KecamatanPlumbon, Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja sekolahpasca promosi jabatan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kinerja maupunkepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah pasca promosi jabatan maka akan meningkatkan kinerja sekolah. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Sekolah
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RAWAT INAP KELAS VIP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KARDINAH KOTA TEGAL JAWA TENGAH Alfian Firmansyah; Eko Prasojo
Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 14 No 1 (2019): Edisi: Januari-Juni 2019
Publisher : Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian empiris ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana harapan konsumen, mengetahui kinerja kualitas pelayanan yang dirasakan konsumen, mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan, mengetahui pengaruh kinerja kualitas pelayanan terhadap kepuasaan konsumen, mengetahui dimensi kualitas pelayanan manakah yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan untuk mengetahui standar kualitas pelayanan yang diharapkan konsumen rawat inap kelas VIP RSUD Kardinah Kota Tegal Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna yang menjalani rawat inap di kelas VIP Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal selama bulan Januari, Februari, Maret dan April pada tahun 2019 sebanyak 767. Penelitian ini meliputi 2 variabel, variabel bebas meliputi Bukti Langsung, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati. Variabel terikat meliputi Kepuasan Konsumen. Metode Analisis Data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda dan Diagram Kartesius. Berdasarkan hasil penelitian analisis data disimpulkan bahwa Dimensi kualitas pelayanan Tangible memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen rawat inap kelas VIP RSUD Kardinah Kota Tegal, Sekaligus sebagai dimensi layanan yang paling berpengaruh (b = 0.243), Dimensi kualitas pelayanan Reliabilitas memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen rawat inap kelas VIP RSUD Kardinah Kota Tegal, Sekaligus sebagai dimensi layanan yang paling berpengaruh (b = 0.191), Dimensi kualitas pelayanan Responsiveness memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen rawat inap kelas VIP RSUD Kardinah Kota Tegal (b = 0.379), Dimensi kualitas pelayanan assurance memberi pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen rawat inap kelas VIP RSUD Kardinah Kota Tegal (b = 0.176), Dimensi kualitas pelayanan empathy memberi pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen rawat inap kelas VIP RSUD Kardinah Kota Tegal (b = 0.119), Dimensi tangibles, reliabilitas, Responsiveness , assurance dan empathy bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen rawat inap kelas VIP RSUD Kardinah Kota Tegal (R² = 0.709), Rumah sakit Umum Daerah Kardinah Kota Tegal sudah menerapkan kebijakan (manajemen) pelayanan yang tepat jadi perlu dipertahankan untuk beberapa waktu kedepan dengan cara melakukan pembaruan (inovasi) secara teknis namun tidak merubah kebijakan strategi yang sekarang diterapkan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Manajemen Pelayanan

Page 1 of 1 | Total Record : 6