cover
Contact Name
Ixsir Eliya
Contact Email
ixsir@iainbengkulu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
disastra@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26553031     EISSN : 26557851     DOI : -
Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempublikasikan kajian teori ataupun penelitian tentang sastra Indonesia, linguistik, pengajaran dan pembelajaran dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, literasi, serta pengajaran BIPA.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): JANUARI" : 10 Documents clear
Analisis Kohesi Gramatikal Konjungsi dalam Wacana Novel Ayah Karya Andrea Hirata Ardianna Artati Saputro; Endah Ridha Sevira
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.2536

Abstract

Sebuah novel biasanya menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis konjungsi yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata dan fungsi bahasa pada konjungsi yang terdapat dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data memakai teknik simak cacat yaitu membaca serta mengamati lalu mencatat hasil penelitian tentang kohesi gramatikal konjungsi dalam wacana novel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, konjungsi korelatif, konjungsi antar kalimat, dan konjungsi antar paragraf. Dari beberapa konjungsi tersebut masih ada yang dipetakan kembali menjadi beberapa konjungsi yang termasuk di dalamnya. Diharapkan penelitian ini bisa menjadi tolak ukur dalam penelitian lain yang berkaitan dengan kohesi gramatikal konjungsi dalam wacana. Sehingga dalam penelitian tentang Analisis Kohesi Gramatikal Konjungsi dalam Wacana Novel Ayah Karya Andrea Hirata dapat bermanfaat bagi semua masyarakat.
Jenis Kalimat pada Tuturan Anak Usia Empat Tahun: Kajian Sintaksis Syifa Ul Qalbi; Nuryani Nuryani
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.2688

Abstract

Tulisan ini merupakan sebuah studi kasus seorang anak bernama Varisha Naila    Atika yang berusia 4 tahun 6 bulan, bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan sintaksis berdasarkan fungsinya dalam hubungan situasi yang terdiri dari kalimat berita, kalimat tanya dan kalimat suruh ketika merespons atau menanggapi kartun kesukaannya yaitu Nussa dan Rara dalam episode Nussa: Jangan Bicara pada media youtube. Metode yang dilakukan yaitu metode kualitatif dengan teknik rekaman di telepon, dengan bertanya seputar kartun Nussa dan Rara tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh ada beberapa kalimat yang dihasilkan oleh Atika ketika menjawab atau merespons kartun kesukaannya yakni dari 13 kalimat tanya yang diajukan terdapat kalimat berita yang terdiri dari 7 kalimat, kalimat tanya 5 kalimat dan kalimat suruh 1 kalimat.
Metode Belajar Tuntas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar Ismawati Ismawati
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.2955

Abstract

Mengarang merupakan keterampilan mendeskripsikan imajinasi dalam bentuk tulisan ataupun lisan. Masalah yang terjadi di kelas adalah siswa kesulitan untuk mengkomunikasikan imajinasinya baik berupa tulisan maupun tulisan. Terlihat dari kemampuan membuat kalimat yang masih tidak terkait antara satu bait dengan yang lainnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia pada bagian mengarang setelah diterapkannya Belajar Tuntas dan mengetahui pengaruh motivasi belajar bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode Belajar Tuntas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai III Dari hasil analis didapatkan bahwa 3 siklus yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (82,6%), siklus III (91,13%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran Belajar Tuntas melalui kegiatan membaca bersama dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 03 Kota Mukomuko serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia.
Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI) Hamidulloh Ibda
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.1998

Abstract

Keterampilan menulis resensi buku ilmiah pada mahasiswa dapat ditingkatkan melalui penerapan program “Satu Semester Satu Resensi” (Tuter Tensi). Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis resensi buku ilmiah pada mahasiswa yang dimuat di media massa. Penelitian menggunakan metode action research (penelitian tindakan) dengan empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 89 mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung mengalami peningkatan signifikan pada keterampilan menulis resensi buku ilmiah. Pada tindakan 1, didapatkan hasil signifikan. Aspek menulis judul resensi sebanyak 70 mahasiswa (78 persen) tuntas, aspek menulis nama peresensi dan afiliasi sebanyak 87 mahasiswa (97 persen) tuntas, menulis biodata buku dengan ketuntasan 76 mahasiswa (85 persen), menulis isi resensi sebanyak 73 mahasiswa (82 persen) tuntas, aspek menulis kekurangan dan kelebihan buku sebanyak 78 mahasiswa (87 persen) tuntas, dan penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sebanyak 75 mahasiswa (84 persen) tuntas. Pada tindakan 2, aspek menulis judul resensi sebanyak 85 mahasiswa (95 persen) tuntas, menulis nama peresensi dan afiliasi sebanyak 89 mahasiswa (100 persen) tuntas, menulis biodata buku dengan ketuntasan 86 mahasiswa (96 persen), menulis isi resensi 86 mahasiswa (96 persen) tuntas, aspek menulis kekurangan dan kelebihan buku 88 mahasiswa (98 persen) tuntas, dan penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sebanyak 84 mahasiswa (94 persen) tuntas.
Kajian Moral Naskah Babad Dernayu Melalui Pendekatan Hermeneutik dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Berkearifan Lokal di Kelas XI SMA Krisnalianita Krisnalianita; Emah Khuzaemah; Tato Nuryanto
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.1955

Abstract

Moral karya sastra adalah makna yang tekandung dalam cerita yang ditunjukkan untuk pembaca. Penelitian yang ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai-nilai moral yang terdapat dalam naskah Babad Dermayu, serta mendeskripsikan implementasi nakah Babad Dermayu sebagai bahan ajar cerpen di kelas XI SMA  Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode analisis naratif dengan teknik studi dokumentasi dan angket dan metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis konten dengan teknik deskriptif kualitatif. Wujud nilai moral yang terdapat dalam Naskah Babad Dermayu terbagi tiga jenis, (1) hubungan manusia dengan Tuhan yang berwujud keimanan dan akhlak kepada Tuhan, (2) hubungan manusia dengan diri sendiri yang berwujud sifat jujur, bekerja keras, sabar, baik hati, pemberani, rasa hormat, dan percaya diri,(3) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial berwujud kekeluargaan, persahabatan dan menghormati orang lain. Implementasi Naskah Babad Dermayu sebagai bahan ajar cerpen untuk kelas XI SMA dilakukan dengan cara membuat bahan ajar yang berbentuk
Penerapan Lagu Tradisional “Ramadhan Suci” Karya KH. Fuad Hasyim untuk MEeningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Berorientasi Kearifan Lokal pada Siswa Kelas VIII MTsNU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon Devi Devi; Indrya Mulyaningsih; Emah Khuzaemah
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.1922

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran menulis puisi melalui penerapan lagu tradisional “Ramadhan Suci” karya KH.Fuad Hasyim berorientasi kearifan lokal pada siswa kelas VIII MTsNU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon dan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi sebelum dan sesudah diterapkan lagu tradisional “Ramadhan Suci”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil skor rata-rata tes menulis puisi dari tahap pratindakan hingga pascatindakan siklus II mengalami peningkatan, yaitu: (1) pada tahap pratindakan, nilai keseluruhan rata-rata siswa adalah 50,5. Sementara nilai skor pada tiap aspek indikator penilaian adalah 9,78. (2) pada tahap siklus I, nilai keseluruhan rata-rata siswa meningkat menjadi 72. Sementara nilai skor pada tiap aspek indikator penilaian adalah 13,82. (3) pada tahap siklus II, nilai keseluruhan rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 78,25. Sementara nilai skor pada tiap aspek indikator penilaian adalah 16. 
Eskalasi Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Media Gambar Seri dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Write Tri Pardiansyah
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.2709

Abstract

Eskalasi sebagai pendekatan dalam meningkatan keterampilan seseorang, khususnya dalam penguasaan berbahasa dalam bentuk tulisan, merupakan hal baru yang perlu diperhatikan. Penelitian ini memanfaatkan media gambar seri dan model  pembelajaran  kooperatif tipe think pair write yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan seseorang khususnya dalam menulis.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing), dan tahap refleksi (reflecting) yang dilakukan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri dengan model pembelajaran Think Pair Write dapat mengeskalasikan keterampilan menulis siswa khususnya pada keterampilan menulis sebuah karangan. Di mana pada pelaksanaan siklus I, siklus II dan II terjadi eskalasi keterampilan menulis dengan kategori sangat baik
Poligami dan Perubahan Psikologi Tokoh Utama dalam Novel “Cinta di Tanah Haram” Karya Nucke Rahma Henny Nopriani; Distiyana Distiyana
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.2044

Abstract

Karya sastra adalah salah satu karya yang bentuk ceritanya imajinatif. Namun, mempunyai pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Misalnya cerita tentang poligami dalam novel Cinta di Tanah Haram karya Nucke Rahma,tentu terdapat perubahan-perubahan psikologis yang dialami tokoh setelah dipoligami. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan poligami dan perubahan yang dialami tokoh  dalam novel Cinta di Tanah Haram karya Nucke Rahma. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Cinta di Tanah Haram karya Nucke Rahma. Hasil analisis data dalam novel Cinta di Tanah Haram karya Nucke Rahma merupakan bentuk perubahan sikap akibat adanya poligami. Hasil penelitian menunjukkan perubahan psikologi yang banyak terjadi dalam novel Cinta di Tanah Haram karya Nucke Rahma seperti perubahan pada tokoh Khumairah yang sebelumnya sebagai seorang yang memperjuangkan kesetaraan gender, namun kini Khumairah sendiri yang harus merasakan bagaimana harus berpasrah diri menahan atas ketidakadilan yang dilakukan Zidan kepadanya
Semiotika Pantun Minang pada Masyarakat Minangkabau Kota Bengkulu Dina Putri Juni Astuti
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.2708

Abstract

Semiotika sebagai salah satu metode analisis penelitian mengkaji tentang tanda, sangat menarik untuk di analisis pada sastra lisan berupa pantun. Penggunaan metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis teks semiotika pantun Minang pada masyarakat Minnagkabau Kota bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotik. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat Minang yang menggunakan pantun Minang dengan data penelitian adalah teks pantun Minang berjumlah 32 Pantun yang diperoleh dari kegiatan formal dan nonformal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Tanda Ikon lebih sering digunakan pada diksi kata benda dengan penempatannya berada di baris pertama dan kedua pantun Minang. Sedangkan tanda indeks ditandai dengan semua aktifitas kehidupan yang mana pada pantun Minang seringkali muncul di baris kedua atau ketiga pantun Minang. Serta tanda simbol memiliki makna tersurat dan tersirat di dalam pantun yang letaknya sering kali berada di isi pantun, atau pada baris ketiga dan keempat pantun Minang. Dengan demikian, semiotika pada pantun Minang terdapat disetiap unsur permainan kata pada diksi pantun Minang Masyarakat Minangkabau Kota Bengkulu.
Penerapan Model Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Kelas VIII SMP PGRI Pagar Alam Tahun Pelajaran 2018/2019 Rani Agustina; Henny Nopriani
DISASTRA: PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 2, No 1 (2020): JANUARI
Publisher : IAIN Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/disastra.v2i1.2063

Abstract

Menulis teks eksposisi menduduki peraanan penting dalam pembelajaran menulis. Hal ini disebabkan menulis eksposisi adalah suatu proses untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penerapan model group investigation (GI) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas VIII SMP PGRI Pagar Alam Tahun 2018/019. Populasi berjumlah 230 orang. Sampel penelitian ini diambil secara bertujuan hanya 1 kelas yaitu kelas VII.4 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja menulis teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model group investigatio (GI) dalam menulis teks eksposisi kelas VIII4 SMP PGRI Pagar Alam dapat diperoleh nilai rata-rata 85.5.

Page 1 of 1 | Total Record : 10