cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rajab.ritonga@dsn.moestopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
ISSN : 08534470     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022)" : 9 Documents clear
Logo Amidas Gontor sebagai Identitas Merek Produk Pondok Pesantren Yoka Pradana; Irfan Achmad Zainuri
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.172

Abstract

Amidas Gontor adalah produk air mineral sebagai salah satu perwujudan dari Panca Jangka Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai sumber dana untuk mendukung kemandirian Pondok Pesantren. Produk ini memiliki logo yang terdiri dari komponen yang menampilkan tanda yang identitik dengan identitas Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini mengkaji makna yang terdapat pada logo Amidas Gontor. Tanda-tanda pada logo itu dianalisa dan dimaknai menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian menemukan bahwa logo Amidas Gontor terdiri dari gabungan picture dan wordmark. Picture terdiri dari empat warna yakni hijau, biru muda, biru tua dan putih serta gambar bidang setengah lingkaran dan aliran air. Wordmark terdiri dari tulisan kata amidas, Gontor, dan air mineral. Masing–masing tanda memiliki makna yang mewakili identitas produk. Logo Amidas Gontor memiliki makna sebagai identitas bahwa Amidas Gontor merupakan produk air mineral milik Pondok Modern Darussalam Gontor, produk air mineral yang diproduksi dari sumber air dari alam, selalu menjaga kebersihan produk dan menerapkan sistem kerapian dalam manajemen dengan fleksibel.  
Framing Media Barat terhadap Pemindahan Ibu Kota Nusantara Dinda Lisna Amilia; Petrus Ana Andung
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.194

Abstract

Isu lingkungan menjadi angle utama dari pemberitaan media-media barat terhadap pemindahan ibukota negara (IKN) di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisa secara umum framing pemberitaan media barat terhadap pemindahan IKN dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara. Media barat yang dipilih adalah The Washington Post (Amerika Serikat), Deutsche Welle (Jerman), dan The Guardian (Inggris). Analisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang struktur besarnya terdiri dari sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil dari penelitian ini media-media tersebut memiliki agenda isu perubahan iklim yang membuat mereka menormalisasi pilihan ‘isu lingkungan’ sebagai angle utama dalam pemberitaan IKN di Indonesia. 
Peran Badan Promosi Pariwisata Daerah dalam Membangun Citra Destinasi Pariwisata Maluku Tenggara Nadia Husna Wear; Yolanda Stellarosa
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.174

Abstract

Stereotip mengenai masyarakat Indonesia Timur di kalangan masyarakat tidaklah baik. Hal tersebut dapat mempengaruhi citra dari suatu destinasi; karena dapat menimbulkan rasa takut, was-was, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi suatu tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk membangun citra yang positif . Salah satu upaya yang dilakukan adalah membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah untuk dapat melakukan kegiatan yang dapat membangun citra positif Maluku Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari BPPD Maluku Tenggara dalam membangun citra positif destinasi pariwisata. Peran Public Relations dilihat dari unsur komunikator, relationship, back up management, dan good image maker. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dengan Direktur Eksekutif BPPD Maluku Tenggara, Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, Konsultan Pariwisata Maluku Tenggara, dua wisatawan, serta Praktisi PR. Hasil dari penelitian ini menunjukan BPPD Maluku Tenggara menjalani perannya sesuai dengan konsep yang digunakan untuk membangun citra positif destinasi pariwisata Maluku Tenggara dengan melakukan berbagai kegiatan public relations seperti aktif di media sosial, membuat kampanye humas, dan bekerjasama dengan media. Namun terdapat beberapa hambatan namun BPPD dapat menemukan solusi untuk mengatasinya.
Implementasi Integrated Marketing Communication dalam Membangun Brand Awareness Produk Fashion Erigo Adam George Ritonga; Gebby Septia Akhdev Pratiwi; Hannidah Islahiyah
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.195

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam upaya membangun brand awareness produk fashion Erigo di pasar Indonesia. Pakaian merupakan kebutuhan dasar yang memiliki dampak tersendiri dalam kehidupan sosial. Seiring dengan kebutuhan manusia terhadap pakaian, menjadikan fashion sebagai cabang industri bisnis yang sangat penting. Tingginya peluang pasar industri fashion, diikuti dengan pesatnya pertumbuhan pelaku bisnis fashion berdampak pada peningkatan persaingan antar para pelaku bisnis. Erigo sebagai brand fashion lokal terbesar di Indonesia, tidak dapat terlepas dari kompetisi pasar dalam industri fashion. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Erigo untuk dapat dikenal dan bertahan diantara para kompetitor bisnis fashion. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Integrated Marketing Communication (IMC) dan brand awareness. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik perolehan data diperoleh melalui observasi studi kepustakaan berupa dokumen penelitian sebelumnya, buku, jurnal elektronik, berita dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Erigo menerapkan enam pola IMC sebagai upaya untuk membangun brand awareness (kesadaran merek) yaitu penggunaan public relations (humas), advertising (iklan), pemanfaatan social media (media sosial), trade show (pagelaran busana), sales promotion (promosi produk), dan e-commerce development (penggunaan e-commerce).
Representasi Kecantikan Wanita pada Video Wardah #BeautyMovesYou–Bergerak Membawa Manfaat Raniah Raniah; Farisha Sestri Musdalifah
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.176

Abstract

Kecantikan wanita merupakan konstruksi melalui media yang diciptakan oleh kaum hagemoni untuk mencapai keuntungan baik secara politis atau ekonomis. Konstruksi mengenai kecantikan berpengaruh besar terhadap kepercayaan ideologi kecantikan hingga menimbulkan perilaku berbelanja kosmetik untuk mencapai standar yang diciptakan pakar industri. Melalui penelitian ini representasi mengenai kecantikan wanita yang ada pada platform Youtube akan dianalisis berdasarkan teori representasi oleh Stuart Hall, menggunakan teknik analisis wacana kritis Norman Fairclough tahap sosio-kultural (makro), untuk mengetahui hubungan karakteristik wacana dengan ruang lingkup lebih luas seperti pada sistem budaya masyarakat. Penelitian ini memuat data kualitatif dengan jenis data sekunder menggunakan teknik dokementasi. Penelitian ini menunjukkan hasil akhir bahwa Wardah menampilkan misrepresentasi kecantikan wanita pada wacana yang dimuat dalam video Youtube yang diunggahnya, karena mendefinisikan kecantikan wanita sebagai nilai – nilai sosial yang merefleksikan prinsip – prinsip Wardah. Kecantikan wanita pada dasarnya merupakan sebuah mitos yang tidak dapat direpresentasikan dengan simbol – simbol tertentu, sehingga disimpulkan bahwa Wardah menggunakan konsep misrepresentasi kecantikan wanita untuk memenuhi tujuan pemasaran semata.
Penerapan Green Economy dalam Budaya Organisasi Kulaku Indonesia Deddy Muharman; Widya Natassha Rahim; Albert Albert
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.178

Abstract

Green economy atau ekonomi hijau menjadi satu prioritas pembangunan saat ini. Selain dukungan yang kuat dari pemerintah, para pelaku usaha juga diharapkan dapat menerapkan cara ini dalam bagian operasional dan bisnis mereka. Akan tetapi walaupun ini bukanlah sebuah konsep yang benar-benar baru, belum banyak perusahaan atau organisasi yang dapat menjalankan konsep green economy tadi secara maksimal, dan menjadikan konsep tersebut menjadi bagian dari budaya organisasi mereka. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya, yang melihat bagaimana konsep green economy menjadi prioritas pemerintah dan sekaligus juga menjadi motivasi bagi para pengusaha dan perusahaan rintisan untuk mengembangkan usahanya. Model budaya organisasi yang diperkenalkan oleh Michael Pacanowsky and Nick O’Donnell-Trujillo akan digunakan menjadi fokus penelitian, dan Kulaku Indonesia yang menjadi subjek dari penelitian ini merupakan subjek yang tepat, karena selain sudah membuktikan konsep green economy dalam kegiatan operasional perusahaan, Kulaku Indonesia juga merupakan sebuah perusahaan rintisan yang perlu memiliki budaya organisasi yang kuat dan maksimal. Penelitian akan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi, dan diharapkan hasil dari penelitian ini menjadi evaluasi penting bagi Kulaku Indonesia dan memberikan kontribusi kepada para perusahaan rintisan lain yang memilih menggunakan konsep green economy dalam kegiatan usahanya.
Komunikasi Partisipatif Pemberdayaan Masyarakat Kampung Ulos dalam mengembangkan Ulos sebagai Upaya Revitalisasi Lamria Raya Fitriani; Dewi Rachmawati
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.183

Abstract

Kain ulos sudah lama digunakan oleh masyarakat Batak dan menjadi salah satu warisan budaya. Kain itu digunakan dalam berbagai pertemuan dan acara adat, seperti pernikahan, acara kematian, tujuh bulanan, ataupun acara dalam lingkup keluarga. Perkembangan zaman dan modernisasi membuat kain ulos terancam punah karena kondisi perekonomian para pengrajin ulos tidak berkembang, sehingga mereka tidak ingin melanjutkan profesi sebagai pengrajin. Kampung Ulos Huta Raja di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Pulau Samosir, sejak awal masyarakatnya adalah penenun sehingga kampung itu disebut Kampung Ulos. Para penenun menjual kain ulosnya melalui bazar maupun pameran. Komunikasi pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk membawa perubahan yang berkelanjutan serta mengembangkan para pengrajin Ulos. Kampung Ulos Huta Raja melakukan pemberdayaan untuk mengembangkan kain Ulos sebagai upaya revitalisasi, termasuk dalam mengembangkan desa sebagai desa wisata. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi partisipatif, dan pemberdayaan masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui data primer yaitu melakukan wawancara ke pengurus pengrajin Ulos dan juga para pengrajin ulos. Peneliti juga melakukan observasi di lokasi. Melalui pemberdayaan masyarakat, para pengrajin ulos dapat meningkatkan produk UMKM Sumatera Utara khususnya Danau Toba.
Pengaruh Pemberitaan Pemberhentian Pegawai terhadap Citra Komisi Pemberantasan Korupsi Tessa Mahardhika Sugiarto; Poppy Ruliana
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.192

Abstract

Fenomena disinformasi politik disertai dengan peringatan akan sikap negatif yang semakin meningkat terhadap platform media sosial telah memicu perhatian publik secara intens. Pemberhentian 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah resmi diumumkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers melalui channel YouTube KPK 15 September 2021 menimbulkan polemik serta kekisruhan opini publik yang berdampak pada proses pembentukan citra lembaga KPK. Fokus dari studi saat ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemberitaan pemberhentian 57 pegawai pada platform YouTube KPK RI terhadap citra lembaga KPK. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah media sosial dan teori citra. Pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivisme serta teknik pengumpulan data melalui Google Form, observasi lapangan, dokumentasi, kajian pustaka dan pencarian informasi serta daya yang relevan digunakan dalam penelitian saat ini. Populasi penelitian berjumlah 96 dan untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus Taro Yamane sehingga diperoleh jumlah 80 orang yang dijadikan responden Lembaga Studi dan Konsultasi Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara  purposif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui perolehan hasil hipotesis praduga yang diajukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberitaan pemberhentian 57 pegawai terhadap Citra KPK cukup berpengaruh terhadap citra Lembaga KPK sehingga teori yang digunakan dalam penelitian ini cukup mendukung.
Evaluasi Komunikasi Bisnis Promosi Pariwisata Pulau Tikus dalam Mendukung Program Wonderful Bengkulu 2020 Lisa Adhrianti; Dionni Ditya Perdana; Rasianna Br. Saragih
Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/wartaiski.v5i2.167

Abstract

Tren berwisata menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Menyadari potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu, program Wonderful Bengkulu 2020 digaungkan oleh Pemerintah Daerah. Pulau Tikus merupakan bagian dari kota Bengkulu yang berjarak kurang lebih 8 mil dari pantai, memiliki potensi wisata yang bagus dan telah dikembangkan penyedia jasa perjalanan wisata, sehingga untuk melihat perkembangannya perlu ada evaluasi bagi strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh bisnis jasa penyedia paket wisata Pulau Tikus. Penelitian ini mengevaluasi strategi komunikasi bisnis untuk kepentingan promosi pariwisata Pulau Tikus dengan teknik wawancara mendalan kepada dua agent tour Pulau Tikus yaitu Tiga Putra dan Samudera Wisata dengan menelaah tentang aspek konsitensi, kesesuaian, keunggulan dan kelayakan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis yang dijalankan oleh penyedia paket wisata Pulau Tikus dianggap telah konsisten, layak dan sesuai, namum masih memerlukan upaya untuk dapat menjadi unggul sebagai aset daerah untuk menunjang reputasi dan citra Propinsi Bengkulu bagi lingkup masyarakat local, nasional, maupun global.

Page 1 of 1 | Total Record : 9