cover
Contact Name
Rizki Yusliana Bakti
Contact Email
rizkiyusliana@unismuh.ac.id
Phone
+6285396530032
Journal Mail Official
ainet@unismuh.ac.id
Editorial Address
3th Floor of Menara Iqra, Universitas Muhammadiyah Makassar. Jalan Sultan Alauddin No.259 Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Ainet : Jurnal Informatika
ISSN : 26861917     EISSN : 26570653     DOI : -
Ainet : Jurnal Informatika is a scientific journal in the field of Informatics which contains scientific articles on various pure and applied research as well as general reviews on the development of theories, methods and related applied sciences. Ainet is published by Department of Informatics, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Makassar. Published 2 times a year in March and September.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Maret (2022)" : 5 Documents clear
SMART TRASH BIN KOTA MAKASSAR BERBASIS MIKROKONTROLER Vera Alviani
Ainet : Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2022): Maret (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/ainet.v4i1.8753

Abstract

Smart trash bin merupakan tempat untuk menampung sampah secara sementara, yang biasanya terbuat dari logam atau plastik. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar,guna membangun kesadaran masyarakat kota Makassar agar lebih peduli terhadap lingkungan. Solusi yang diberikan adalah membuat tempat sampah pintar (smart trash bin) berbasis Mikrokontroller. Dalam Smart Trash Bin menggunakan sensor HC-SR04 berbasis Arduino board sebagai pendeteksi jarak, sedangkan LED sebagai notifikasi bahwa sampah sudah penuh. Perancangan sistem penanganan masalah sampah ini terdiri dari 3 tempat sampah yang saling terhubung dan mengirim informasi dalam interval waktu 11 detik. Setiap tempat sampah dilengkapi dengan 2 buah sensor dan komponen-komponen tambahan lainnya. Sensor yang digunakan untuk mengetahui volume sebuah tempat sampah adalah sensor jarak. Keluaran berupa informasi dari sensor inilah yang selanjutnya diolah menggunakan Wemos untuk selanjutnya dikirim ke web server. Sumber daya yang digunakan pada mikrokontroler adalah power supply dengan tegangan 5 volt.
KLASIFIKASI SAMPAH PLASTIK BERDASARKAN KEPAKARAN AHLI MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR Tantri Indrabulan; Herlina Herlina
Ainet : Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2022): Maret (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/ainet.v4i1.9136

Abstract

Bank Sampah yang ada di Kabupaten Polewali Mandar merupakan salah satu solusi dalam penanganan masalah sampah. Namun dalam prosesnya, terkhusus pada sampah plastik, Bank Sampah tersebut belum mampu membedakan berbagai jenis plastik yang sebenarnya memiliki variasi nilai jual. Oleh karena itu diterapkan kepakaran ahli ke dalam sebuah sistem yang mampu mengklasifikasi sampah plastik berdasarkan jenis karakteristik plastik yang diinput. Adapun metode yang diadaptasi ke dalam sistem ialah metode K-Nearest Neighbour (KNN). Untuk mengetahui kinerja sistem, pengujian dilakukan melalui 3 metode yaitu metode Cross Tabulation, Classification Metrics, dan Cross Validation. Dari hasil pengujian diperoleh tingkat akurasi KNN terhadap data testing sebesar 88%
DESAIN DAN IMPLEMENTASI TIME BASED ONE TIME PASSWORD UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN OTENTIKASI PADA WEBSITE TOP UP GAMING Muhyiddin A M Hayat; Reski Abbas; Rizki Yusliana Bakti
Ainet : Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2022): Maret (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/ainet.v4i1.8897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui sistem kerja dari pengamanan login Website menggunakan Time Based One Time Password (TOTP) dengan baik. Kedua, Agar dalam melakukan aktivitas Login pada Web,  user terhindar dari serangan-serangan yang dapat membahayakan Informasi Pribadi. Penelitian dilakukan dengan membuat sebuah website top up voucher game kemudian diterapkan sistem autentikasi yaitu (TOTP). Dari tahapan awal aplikasi yaitu memasukan email dan password yang sesuai dengan database pada halaman website. Lalu pada website tersebut akan menghasilkan kode generate yang akan digunakan sebagai kode TOTP. Kemudian, kode verifikasi dikirimkan ke email dan WhatsApp. Lalu user memasukan kode verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengguna lain tidak dapat masuk atau login apabila tidak memiliki kode verifikasi yang dibuat otomatis oleh system dan dikirimkan ke email dan WhatsApp
Perancangan User Interface Sistem Informasi Luas Areal dan Produksi Perkebunan Rakyat Bidang Produksi Eri Yuni Nilasari; Meida Cahyo Untoro
Ainet : Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2022): Maret (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/ainet.v4i1.7650

Abstract

Perancangan user interface system informasi untuk pendataan luas areal dan produksi pertanian pada fitur admin berbasis website di kantor Dinas Perkebunan Provinsi Lampung ini merupakan solusi bagi instansi karena dengan adanya sistem informasi ini dapat mempermudah pegawai/staf yang bertugas melakukan pendataan luas areal dan produksi perkebunan. Dikatakan mempermudah pekerjaan dalam pendataan karena sebelumnya proses pendataan masih dilakukan secara manual menggunakan excel. Dengan adanya system informasi luas areal dan produksi perkebunan  rakyat dapat membantu memperkecil terjadinya kesalahan dalam proses pendataan. Dalam tahap pembuatan desain system informasi luas areal dan produksi perkebunan rakyat menggunakan aplikasi Figma
PEMBUATAN VERIFIKASI SERTIFIKAT DIGITAL SEBAGAI BUKTI KEABSAHAN MENGGUNAKAN ALGORITMA STEGANOGRAFI DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT INSERTION (LSB) Muh Nur Aqsal Aminullah; Rizki Yusliana Bakti; Muhyiddin AM Hayat; Lukman Lukman
Ainet : Jurnal Informatika Vol 4, No 1 (2022): Maret (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/ainet.v4i1.11904

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan sebuah kemudahan dalam proses pembuatan sertifikat terutama untuk mendapatkan tanda tangan digital menggunakan sistem autentikasi dan memberikan sebuah keamanan pada sertifikat digital menggunakan algoritma steganografi dengan metode least significant bit. Sertifikat digital adalah sebuah sertifikat yang bersifat elektronik dimana memuat sebuah tanda tangan digital penyelenggara kegiatan dan identitas dari pemilik sertifikat digital tersebut. Pada sertifikat digital yang dibuat ini menggunakan algoritma steganografi dengan metode least significant bit sebagai sistem keamanan dari sertifikat digital tersebut. Steganografi ini adalah sebuah teknik penyembunyian pesan rahasia yang hanya dapat diketahui oleh pengirim dan penerima tanpa menimbulkan kecurigaan. Least significant bit ini adalah salah satu metode yang terdapat pada algoritma steganografi dimana proses penyembunyian pesannya adalah dengan menggunakan wadah dengan dengan format image JPG dan menyisipkan pesan rahasia ke dalam bit pixel pada wadah tersebut. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem autentikasi yang dibuat untuk mendapatkan tanda tangan digital penyelenggara berhasil dilakukan dengan mengirimkan pesan notifikasi permintaan untuk mendapatkan tanda tangan digital dan keamanan yang diberikan pada sertifikat digital yang berhasil dibuat juga berhasil dipasangkan dan pengecekan terhadap sertifikat digital juga berhasil dilakukan agar dapat mengetahui sertifikat digital tersebut asli atau hasil duplikasi atau modifikasi pihak ketiga.

Page 1 of 1 | Total Record : 5