cover
Contact Name
Toni Markos
Contact Email
markos_wita@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Ulunnuha
ISSN : 20863721     EISSN : 26856050     DOI : https://doi.org/10.15548
Core Subject : Religion,
Jurnal Ulunnuha adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal ini fokus memuat tulisan yang diangkatkan dari hasil penelitian, pemikiran, gagasan konseptual atau kajian analitis kritis yang berkaitan dengan al-Qur`an dan Hadis atau kajian al-Qur’an dan Hadis yang bersifat interdisipliner dengan ilmu-ilmu lain.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 114 Documents
الأمن الغذائي في ضوء القرآن والسنة Meirison Meirison
Jurnal Ulunnuha Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v6i1.580

Abstract

رأى المفكرون وخاصة في الغرب في بدايات القرن العشرين أن أعداد الناس تتزايد بالمليارات، تنبأ بعضهم بأن العالم سيعجز عن توفير الغذاء لهذه الأعداد المتزايدة، وفي عام 1968 كتب العالم البيولوجي المعروف (بول أيرلخ) في كتابه الشهير (القنبلة السكانية) ما نصه: «لقد انتهت معركة توفير الغذاء للجميع بالفشل التام، وسيعاني العالم في السبعينات من هذا القرن ( العشرين) من المجاعات وموت الملايين من البشر جوعاً»،وخاب ما تنبأ به،ولكن مشكلة توفير الغذاء قائمة، و الأصعب توفير الغذاء في حالات الحروب أو الكوارث الطبيعية، كالجفاف والزلازل والبراكين والأمراض الوبائية. ومن هنا ظهر مصطلح الأمن الغذائي .ولا يخفى على أحد خطورة عدم توفير لقمة العيش للناس في الظروف العادية، فكيف تكون الحال في ظروف الحصار والحرب، فكم من دول انهارت نتيجة نقص الغذاء والماء، وكم من دولة سلمت مقدراتها وخيراتها لغيرها من الأمم والشعوب من أجل الحصول على رغيف الخبز. فالأمر جد خطير، وناقوس الخطر يدق محذراً من المخاطر الكثيرة والكبيرة القاتلة. فالأمن الغذائي: هو قدرة دولة ما على توفير الحاجات الأساسية من الغذاء والماء لأبنائها، وفي كافة الظروف العادية وغير العادية كالحروب والحصار والجفاف.. فها هو كتاب الله تبارك وتعالى يخبرنا في سورة فصلت : { وَجَعَلَ فِيهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا وَبَارَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ فِيهَا أَقْوَاتَهَا فِي أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً لِلسَّائِلِينَ } [فصلت : 10].فأقوات العباد مقدرة، وهي مبثوثة في كل الأرض، وقد اختص الخالق عز وجل كل جزء منها ثروة تكفي ساكنيها وتسد احتياجاتهم، ولكن الذي يحدث هو أن بعض البشر يجور على البعض، ويبادئه بالعدوان، وإن الطغيان ومجاوزة الحد تشيع بين الناس فيظهر بذلك .. (المتخمون) .. و(الجائعون).. !!
STUDI HADIS – HADIS TENTANG SHALAT JENAZAH Fredika Ramadhanil
Jurnal Ulunnuha Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v7i2.257

Abstract

Merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim untuk menyelenggarakan jenazah saudaranya jika meninggal dunia. Salah satu dari kewajiban tersebut adalah menshalatkan jenazah. Adanya berbagai macam sikap dan pengamalan kaum muslimin dalam menshalatkan jenazah seperti dalam menentukan siapa orang yang berhak untuk menjadi imam dalam shalat jenazah, dan beleh atau tidaknya menshalatkan jenazah pelaku maksiat seperti jenazah pelaku zina dan jenazah koruptor yang telah menimbulkan polemik dan perdebatan di kalangan ahli ilmu sekarang ini. berbagai macam sikap kaum muslimin tersebut di atas juga didasarkan pada hadis-hadis Rasulullah SAW yang mana kualitasnya ada yang shahih, hasan dan dhaif. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas bagaimana kehujjahan dan pemahaman hadis tentang shalat jenazah yang lebih terfokus kepada hadis-hadis tentang siapa orang yang berhak mengimami shalat jenazah dan hadis tentang Rasul tidak menshalatkan jenazah pelaku maksiat seperti jenazah pelaku zina dan jenazah koruptor.
HAKIKAT WAHYU MENURUT PERSPEKTIF PARA ULAMA Abd. Rahman
Jurnal Ulunnuha Vol 5, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v5i1.556

Abstract

Bagi umat Islam, al-Qur`an  adalah kitab suci dan sumber ajaran yang paling utama. al-Qur`an  yang berupa perkataan Allah dalam bentuk tulisan, diturunkan kepada Nabi yang terakhir Muhammad SAW. Allah menurunkan al-Qur`an  sebagai bentuk wahyu kepada Nabi MuhammadSAW yang tidak seorangpun selainnya dapat mengetahui dan merasakan kapan dan bagaimana proses penerimaannya. Wahyu dalam bentuk al-Qur`an  diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad dengan perantara Malaikat Jibril baik diterima ketika sadar (terjaga)maupun melalui mimpi yang nyata. Wahyu yang berupa panggilan gaib berbeda dengan ilham dan insting yang juga berupa panggilan gaib namun bisa saja didapatkan oleh siapapun melalui berbagai proses psikologis. 
MU’JIZAT AL-QURAN Usman Alnas
Jurnal Ulunnuha Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v6i1.575

Abstract

القرآن الكريم هو معجزة الإسلام الخالدة التى لايزيدها التقدم العلمى إلا رسوخا في الإعجاز. كتاب فيه نباء من قبلنا وخبر من بعدنا و حكم ما بيننا. فلا ينبغى لنا أن نبتغى الهدى في غيره. هو بحر لايدرك غورة ولا تنفد درره، ولا تنقضى عجائبه. فما أحسن أعمارنا أن نفنى فيه و أزماننا أن نشغل به. ولكن مع الأسف، بعض المسلمين اليوم لايهتمون ولا يشغلون أعمارهم واوقاتهم وقواهم بهذا الكتاب، موافقا بقول الغزالى الذى نقله من التورة : وقد ورد فى التوراة  يا عبدي أماس تستحيى مني يأتيك كتاب من بعض إخوانك وأنت في الطريق تمشى فتعدل عن طريق وتقعد لأجله وتقرؤه وتدبره حرفا حرفا حتى لايفوتك شيئ منه. وهذا كتابى أنزلته إليك انظركم فصلت لك فيه من القول. وكم كررت عليك فيه لتتأمل طوله وعرضه ثم أنت معرض عنه. أفكنت أهون عليك من بعض إخوانك ياعبدى يقعد أليك بعض إخوانك فتقبل عليكم بكل وجهك وتصغى ألى حديثه بكل قلبك فإن تكلم متكلم او شغلك شاغل عن حديثه أومات إليه أن كف. وها أناذا مقبل عليك ومحدث لك و أنت معرض بقلبك عنى أفجعلتني أهون عندك من بعض إخوانك ؟ اسمع مني أيها القارئ قول الني ص.م. : خيركم من تعلم القرآن و علمه. وقول الله تبارك و تعالى : من شغله قراءة القرآن عن دعائى ومألتى أعطيته ثواب الشاكرين (الحديث القدسى)
حاشية الجمل على الجلالين تحقيق ودراسة: أول سورة (مريم)، وأول سورة (طه)، وأول سورة (الأنبياء) Muhammad Irfan
Jurnal Ulunnuha Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v7i2.263

Abstract

فَإِنَّ غَايَةَ الإنْسَانِ فِيِ هَذهِ الدُنيَا تَحْقِيقُ العُبُودِيِةِ للهِ رَبِ العَالَمِينَ، التيِ عَليَهَا مَنَاطُ التَكْلِيفِ، وَالعِلمُ مِنْ أَشْرَفِ مَقَامَاتِ العُبُودِيةِ خُصُوصَاً إذا كَانَ مُتَعَلِقَاً بِنُصُوصِ الوَحْييَنِ الشْرِيفَيِن ؛ حَيثُ إنَهُمَا أَصْلُ العُلوُمِ  وَمَصْدَرُهَا وَرْأَسُهَا. تَفْسيرُ الجَلاَلِينِ للإِمَامِينِ جَلالِ الدِينِ المَحَلىِ وَجَلاَلِ الدِينِ السُيُوطِيِ ، وَهُوَ عَلىَ صِغَرِ حَجْمهِ ، فَهُوَ كَثِيرُ النَفْعِ  كَثِيرُ الأَسْرَارِ ، مِمْاَ يَدلُّ عَلى دِقْةِ الإِمَامَيِنِ فيِ اخْتِيَارِ الأَلْفَاَظِ قَلِيلَةِ المَبْنَىَ كَثِيرَةِ المَعْنىَ ، وَقَدْ تَنَاوَلَ العُلَمَاَءُ هَذاَ التَفْسِيرَ بِالشْرَحِ ، والتَعْلِيقِ ، وَالتَحْقِيقِ ، وَكَتَبوا عَلَيِهِ الحَوَاشِيَ الشَارِحَةَ ، وَكَانَ أَهَمَّ الحَوَاشيِ التِيِ كُتِبَتْ عَلَى هَذاَ التْفْسِيرِ حَاَشِيِةَ : ( الفُتُوُحَاَتِ الإِلَهِيةِ بِتَوُضِيحِ تَفْسِيرِ الجَلالينِ للدَقاَئِقِ الخَفِيةِ ) للعَلاَمَةِ : سُلَيْمَانَ بنِ عُمَرَ بنِ مَنْصُورِ العُجَيليِ الشَهِيرِ: بِالجَمَلِ ، المُتَوَفىَ سنةَ: ألفٍ ومئتينِ وأَربعةٍ مِنَ الهِجرةِ ، وَهِيَ حَاشِيَةٌ قَيْمَةٌ عَظِيمَةُ النَفْعِ ، اسْتَحْسَنهَا كُلُ مَنْ طَالَعَهَاَ ، وَنَاَلَتْ إِعْجَابَ العُلَمَاَءِ وَتَفْضِيلَ الفُضَلاَءِ ، فَهِيَ مِنْ أَجَلِ وَأَعْظَمِ مَاَ أُلِفَ فِيِ هَذاَ الِعِلمِ.
MAKNA SABAR DALAM SURAT YUSUF Rahmi Rahmi
Jurnal Ulunnuha Vol 5, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v5i1.551

Abstract

Sabar merupakan akhlak mulia yang banyak mendapat perhatian al-Qur’an. Di antaranya terdapat dalam surat Yusuf. Berdasarkan kisah-kisah yang terdapat di dalam surat Yusuf dapat dipahami bahwa bentuk ujian kesabaran yang menonjol adalah musibah dan godaan kemaksiatan. Merujuk kepada kisah Nabi Ya’kub dan Yusuf, maka tidak ada pilihan bagi orang yang ingin sukses dan beruntung, kecuali sabar dalam menjalani setiap proses kehidupan. Kekuatan untuk sabar diperoleh dengan pertama, keimanan kepada  Allah, yaitu; meyakini dan merasakan pertolongan, perlindungan, rahmat, nikmat, balasan dan kesuksesan dari Allah dan  kedua, selalu menjaga hubungan dengan Allah.
SYEKH AHMAD KHATIB AL-MINANGKABAWI; ICON THOLABUL ILMI MINANGKABAU MASA LALU UNTUK REFLEKSI SUMATERA BARAT HARI INI DAN MASA DEPAN Eka Putra Wirman
Jurnal Ulunnuha Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v6i2.598

Abstract

Salah satu tokoh Minangkabau yang menonjol di bidang keislaman adalah Syeikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi. Selain sebagai ulama kaliber internasional, beliau juga telah melahirkan murid-murid yang kemudian menjadi ulama dan tokoh penting pergerakan Islam dan sosial di Asia Tenggara. Dua organisasi sosial-keagamaan yang terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama didirikan oleh murid-murid Syeikh Ahmad Khatib. Ulama besar ini dikenal pula dengan semangat berdiskusi secara objektif dengan orang-orang yang tidak satu pemahaman dengan beliau tanpa terganggunya hubungan silaturrahim antara mereka. Keberadaan tokoh besar yang lahir di Minangkabau ini boleh jadi menghilang sedikit demi sedikit dari memori umat Islam, oleh karena itu perlu dilakukan eksplorasi terus menerus terhadap perjalanan hidup, perjuangan dan karya ilmiah yang telah dilakukan. Tulisan ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan pemikiran dan karya a Sheikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi.
METODE PENAFSIRAN IBNU AL-QAYYIM AL-JAUZIYYAH Hafizullah Hafizullah
Jurnal Ulunnuha Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v7i1.238

Abstract

Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah merupakan salah seorang ulama abad ke-7 yang dikenal memiliki kemampuan berbagai ilmu dan tumbuh menjadi ulama yang produktif. Salah satunya adalah hasil pemikirannya terhadap penafsiran al-Quran. Namun penafsiranya tidak dituliskan secara terpisah dan utuh, dan hanya ditemukan dalam tulisan-tulisannya yang tersebar dari berbagai kitab. Pengumpulan penafsiran Ibnu Al-Qayyim yang diambil dari berbagai kitab ini telah dilakukan oleh Muhammad Uwais al Nadwiydalam Tafsir al-Qayyim, yang kemudian disempurnakan oleh Yusri Al-Sayyid Muhammad dalam Badâi’ al Tafsir. Dalam penelitian ini, akan dibahas tentang metode dan corak pemikiran Ibnu Al-Qayyim dalam menafsirkan al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) dengan menela’ah kitab Tafsir al-Qayyim dan Badâi’ al Tafsir. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam menafsirkan Al-Quran, Ibnu Al-Qayyim menerapkan berbagai metode dalam menafsirkan al-Quran, seperti maudhû’i, tahlîli dan muqâran.
KAREKTERISTIK KITAB AL-ASAS FI AL-TAFSIR KARYA SA’ID HAWA Mhd. Idris
Jurnal Ulunnuha Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v8i1.294

Abstract

Kitab al-asas fi al-tafsir adalah sebuah karya monumental Said Hawa yang lahir pada tahun 1935 M. Melalui kitabnya ini, Said Hawa menunjukkan usahanya menafsirkan Alquran dengan pendekatan ilmu munasabah serta kecenderungan tasawuf dalam penafsirnnya. Kitab tafsir ini terdiri dari 11 jilid. Kitab ini ditulis ketika ia menjalani masa tahanan politik semasa pemerintahan Hafiz al–Asad dalam kurun waktu lima tahun sekitar 1973–1978 M. Karakteristik kitab ini terletak pada analisis aspek munasabah dengan konsep kesatuan Alquran (al–Wahdah al–Quraniyyah). Selain itu, orientasi penulisan tafsir ini berorientasi untuk menjelaskan aspek aqidah (ushuluddin), fiqh, ruhiyyah,  dan sulukiyyah. Dua hal terakhir berkenaan dengan kajian tasawuf dan prilaku menempuh jalan tasawuf. Kitab al-asas fi al-tafsir ini dapat ditegaskan mengusung teori munasabah sebagai karakter metodologis secara umum dan corak sufistik sebagai karakter substansi penafsiran.
URGENSI SHALAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER MUSLIM MENURUT QURAISH SHIHAB Anggi Wahyu Ari
Jurnal Ulunnuha Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15548/ju.v5i2.565

Abstract

Nowadays, majority of Muslims have less awareness about meaning and real substance of prayer. According to Quraish Shihab, a Muslim who has understood about meaning and educational values in prayer, actually his attitude, character, and the way of thinking should be based on Al- Qur’an and Hadith as well. This paper tries to assess how important the sense and meaning of prayer for a servant to Allah SWT. Prayer is said as a greatest thing because prayer involves three components of human as well; first is body movement, second is oral speech, and third is instinct in the heart that are intended to Allah SWT. All of these components can create good character to Muslim in interaction of Allah and interaction of others

Page 1 of 12 | Total Record : 114