cover
Contact Name
Isnanita Noviya Andriyani
Contact Email
isnanita.87@gmail.com
Phone
+628562906161
Journal Mail Official
almanar@journal.staimsyk.ac.id
Editorial Address
Jl. Pringgokusuman No.12 Gedongtengen
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam
ISSN : 22527265     EISSN : 26158779     DOI : -
Jurnal AL Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam ini harus meliput tentang pendidikan Islam baik sebagai bentuk dakwah dengan integritas pendidikan sebagai realitas sosial yang dinamis dan terus berubah. Jurnal ini juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara pendidikan Islam dan dakwah baik secara tekstual maupun kontekstual untuk Studi Islam; dan menyelesaikan dikotomi dalam pendidikan dan dakwah Islam. Maka, jurnal ini mengundang titik temu beberapa disiplin ilmu dan cendekiawan. Dengan kata lain, kontributornya meminjam dari berbagai disiplin ilmu, termasuk humaniora dan ilmu sosial yang memuat kajian studi ilmiah tentang hasil-hasil penelitian, pengembangan dan kajian ke-Islaman dalam bentuk hasil penelitian, gagasan konseptual, tinjauan literatur, dan pengalaman praktis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): Desember" : 10 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MASJID SYUHADA (STAIMS) YOGYAKARTA Alam Budi Kusuma; Widi Astuti; Cahya Edi Setyawan
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.747 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.120

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian experiment untuk mengetahui: 1) efektifitas Google Classroom dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Tinggi Agama islam Masjid Syuhada, 2) mengetahui ada tidaknya serta sejauh mana peningkatan hasil pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media berbasis aplikasi google classroom di Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada  Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan data yang diperoleh dinyatakan efektif  dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 76, maka dengan berpedoman pada PAP skala lima, peneliti menyatakan bahwa kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa arab pada kelas eksperimen masuk pada kategori sangat baik, 2) Ada  perbedaan yang signifikan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan pembelajaran yang belum menggunakan Google Classroom buktinya adalah terdapat prbedaan nilai rata-rata dari hasil posttest untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 61,70 dan untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 76.
ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR Laela Umi Fatimah; Khairuddin Alfath
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.795 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.115

Abstract

Artikel ini ditulis karena pada dasarnya pendidikan memerlukan sebuah evaluasi. Tak hanya hasil belajar siswa saja yang dieavluasi, melainkan juga alat pengukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa. Yang dimaksud adalah tes hasil belajar, yang mana terdiri dari butir-butir soal atau biasa disebut item. Dan untuk mengetahui apakah butir-butir tersebut sudah menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya, maka perlu identifikasi. Dengan harapan akan menghasilakan berbagai informasi berharga, yang menjadi umpan balik guna melakukan perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali, hingga nantinya benar-benar dapat menjalankan fungsinya sebagai alat pengukur hasil belajar yang berkualitas tinggi. Rangakaian kegiatan seperti uraian tersebut sering dikenal dengan istilah analisis item. Maka dari itu perlu adanya analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Dan ini akan menjadi topik utama yang dipaparkan pemakalah pada artikel ini.
PEMIKIRAN POLITIK TENTANG NEGARA DI KALANGAN SYI’AH Rifa'i Abu Bakar
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.294 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.121

Abstract

Syi’ah meyakini bahwa  imamah  bukan hanya sebagai lembaga politik, tetapi juga lembaga agama dan spiritual. Imam bukan saja pemegang otoritas politik, tetapi juga otoritas agama sebagai marja’ bagi umat dan pelanjut risalah Allah atau membawa missi suci meneruskan tugas-tugas Rasulullah Saw. Oleh karena itu seorang imam haruslah sama kualitasnya dengan Nabi atau mendekati Nabi dan  orang yang memiliki kualitas mendekati Nabi adalah Ali ibn Abi Thalib dan keturunannya. Syiah memandang bahwa  kehadiran  sebuah negara dalam  kehidupan  umat Islam  sangat  penting  untuk menjaga agama,  agar dengan sebuah Negara  hukum-hukum Islam dapat  terjamin pelaksanaannya, sehingga mampu menjamin   bahwa Islam  tetap    eksis    di muka bumi Allah.  Oleh karena itu,  negara Islam yang sudah dibangun harus dipimpin atau  dikendalikan oleh seorang imam atau pemimpin  yang  memenuhi  kriteria yang  disepakati oleh kaum Syiah, antara lain harus  orang yang  senantiasa mena’ati perintah Allah SWT, tidak boleh serakah, kikir dan egois, haruslah orang yang pandai, tidak berlaku kasar, tidak bersikap zalim, tidak boleh menerima suap dan tidak boleh mengabaikan sunnah.
PENERAPAN ABSENSI ONLINE “JATHILAN” BAGI PENILIK SEKOLAH PONOROGO DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Nurul Fardiana
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.931 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.116

Abstract

Di era revolusi 4.0 saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan mudah diakses. Sehingga menuntut penilik sekolah harus professional dalam dunia pendidikan. Sebagai penilik sekolah yang hidup atau berada di era globalisasi saat ini, kita dituntut untuk kreatif dan menguasai teknologi agar tidak tertinggal oleh arus zaman. Sistem absensi manual saat ini memerlukan pembaharuan sistem yang baru. Karena dengan melakukan hal ini akan berdampak sangat baik bagi instansi dilihat dari sisi efisien, efektif dan cepat. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Ponorogo meluncurkan program absensi online “jathilan”, dengan melakukan absensi selfie foto di jaringan lokal yang berjarak hanya didalam lingkungan instansi sehingga penilik sekolah tidak dapat absen di luar instansi. Maka dari itu dengan adanya suatu perkembangan sebuah sistem absensi online “jathilan” untuk penilik sekolah dan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Ponorogo akan mencegah terjadi kecurangan dalam sebuah penitipan absen dan terlambat masuk dan pulang kerja. Untuk membuat laporan diatas memerlukan metode penelitian deskriptif fenomenologi yang terjadi di dunia pendidikan Pemerintah Kabupaten Ponorgo dalam menerapkan sistem absensi Online “jathilan”menghadapi Revolusi Industri 4.0.  Data yang digunakan adalah data kualitatif.
INTERNALISASI REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM Rubini Rubini
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.666 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.122

Abstract

Pendidikan memiliki kekuatan yang sangat besar dalam mempertahankan suatu bangsa dari yang disebut penjajah. Dengan pendidikan pulan suatu bangsa dapat mencapai kemajuan-kemajuan dan perkembangan-perkembangan yang dapat membawa mewujudkan cita-cita bangsa. Menurut  Kamus  Besar Bahasa Indonesia, revolusi adalah perubahan  yang cukup  mendasar dalam suatu bidang, sedangkan mental adalah bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang  bukan  bersifat  badan  dan  tenaga. Revolusi  mental  menyangkut  keadaan kejiwaan,  roh,  spiritual,  dan  nilai-nilai  yang  diyakini  oleh  seseorang  atau sekelompok orang dalam sebuah ruang lingkup kecil atau bahkan sebuah negara. Internalisasi Revolusi Mental dalam Pendidikan Islam adalah pendalaman perubahan yang mendasar dalam mentalitas, cara berfikir, cara  merasa, dan  cara  mempercayai,  yang  semuanya  menjelma dalam  perilaku  dan  tindakan  sehari-hari dalam pendidikan Islam. Hal ini dapat dilakukan melalui: Strategi  Keteladanan  (modelling), Latihan dan Pembiasaan, Metode Mengambil Pelajaran, Strategi Pemberian Nasehat, Metode Kedisiplinan.
IMPLEMENTASI METODE BELAJAR ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN IPS MTsN BATU Putri Aulia Enan Dina; Rasmuin Rasmuin
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.675 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  metode belajar role playing dalam kegiatan pembelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-C MTs1N Batu. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data menggunakan teknik wawa1ncara, tes, dan obser1vasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan positif pada hasil belajar siswa. Peningkatan hasil bel1ajar bisa dilihat berdasarkan pencapaian nilai hasil eval1uasi disetiap siklus. Dilihat dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa skor rerata pada pra siklus hingga kegiatan siklus II menggambarkan peningkatan skor yang signifikan. Rerata nilai pada pra siklus yang diambil dari data Ulangan Harian sebesar 61,75, hasil evaluasi siklus I  rerata nilai sebesar 76,2 sedangkan aktivitas siklus II memperoleh nilai rata-rata meningkat diangka 89,4.
PROGRESIVISME: TITIK TEMU KEABSAHAN UU PESANTREN NOMOR 18 TAHUN 2019 Rz. Ricky Satria Wiranata
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.474 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.118

Abstract

Pro kontra rancangan UU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan berakhir dengan disahkan UU Pesantren pada bulan Oktober Tahun 2019. Sebagai konsekuensi, ada enam poin utama dalam UU ini yaitu regulasi, dana abadi, Kyai berpendidikan, manajerial, kurikulum dan mutu. Butir lain mengatakan bahwa Pesantren harus dirancang dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya berdasarkan nilai-nilai ketuhanan, kemandirian, profesional, akuntabilitas dan keberlanjutan. Semua butir dalam UU Pesantren mendukung adanya perubahan untuk mewujudkan sistem Pendidikan Pesantren yang maju dan modern tanpa menghilangkan kekhasan dan keunikannya. Berkaitan dengan persoalan tersebut terdapat salah satu aliran filsafat yang mendukung adanya perubahan dalam pelaksanaan Pendidikan. Aliran filsafat yang dimaksud adalah progresivisme. Progresivisme muncul untuk merespon praktik stagnasi dalam Pendidikan. Progresivisme menghendaki adanya perubahan Pendidikan yang lebih maju. Aliran Progresivisme mengutamakan Pendidikan berbasis pada anak, guru sebagai fasilitator dan pembimbing. Aliran ini hadir untuk membunuh sikap otoritarianisme dalam Pendidikan non demokratis. Penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah filosofis, sumber primer dalam penelitin ini adalah Undang-undang Pesantren Tahun 2019.
PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Hafidh Nur Fauzi; Muhammad Arif Darmawan
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.497 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.113

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Muhammadiyah Pendowoharjo Sewon Bantul. Kualitas hasil belajar bahasa arab masih di bawah KKM, penelitian bertujuan untuk mengetahu apakah ada pengaruh penerapan metode drill terhadap hasil belajar siswa/siswi kelas V di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai objek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pendowoharjo prosedur penelitian berbentuk siklus mengacu pada empat komponen meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan penggunakan metode drill di pelajaran bahasa arab dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan data rekapitulasi hasil tes siswa dari siklus 1 dan siklus 2 presentase KKM siswa meningkat mencapai 75% yang sebelumnya hanya 50% dan dari 75% hanya 3 orang siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 71 dari 12 siswa.
REKONSTRUKSI DAN PENGEMBANGAN MATERI AL-ISLAM DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH Yazida Ichsan
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.584 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.119

Abstract

Perkembangan Istinbat ahkam di dalam Muhammadiyah dengan berbagai pendekatan dan perspektif secara langsung akan berdampak kepada pola pikir maupun sistem pendidikan di Muhammadiyah. Perkembangan inovasi materi pendidikan masa KH. Ahmad Dahlan yang trasendent, terbuka dan toleran perlu direnungi kembali sehingga, saat ini model-model pemikiran tidak terjebak pada keputusan yang ekslusif. Sebagai harakah da’wah yang salah satunya menggunakan media pendidikan sebagai jalan, perkembangan yang sedemikian rupa, perlu adanya perspektif baru yang menggabungkan nalar purifikasi maupun dinamisasi sebagai wadah bagi kemajuan pendidikan ibadah. Artikel ini berusaha untuk memberikan gambaran dan memberikan sebuah alternatif perlunya pengembangan konten materi pendidikan ibadah sebagai upaya menjawab tantangan perkembangan zaman, dengan berbagai hiruk-pikuk permasalahan yang terjadi.pada saat ini. Perkembangan pendekatan di Majelis Tarjih pun menjadi tolak ukur bahwa pendidikan harus secara aktif dan dinamis menjawab sebuah tantangan radikalisme, mistisisme dan liberalisme sehingga terwujudnya organisasi moderat yang melahirkan siswa yang secara intelektual memiliki pengetahuan yang holistik, terinternalisasi dan mengkristalnya nilai-nilai keagamaan dengan mampu menanggapi tantangan kemajuan.
PENERAPAN BUKU QIRO’AH UNTUK MEMOTIVASI SISWA MEMBACA QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TOVEAKU PALU Irfandi Irfandi
Jurnal Al-Manar Vol 8, No 2 (2019): Desember
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.832 KB) | DOI: 10.36668/jal.v8i2.114

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan siswa mengenal huruf Hijaiyyah sangat rendah seperti siswa belum dapat mengenal huruf Hijayyah, siswa belum dapat menyebutkan huruf Hijayyah. Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis mengenai “Penerapan Buku Qiro’ah untuk Memotivasi Siswa dalam Proses Belajar Qur’an di SMK Toveaku Palu”. Data-data yang disajikan menggunakan Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari narasumber atau suatu tempat yang dijadikan objek penelitian. Data tersebut dapat bersumber dari Informan atau narasumber yang terdiri dari para siswa dan siswi kelas X dan XII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi lapangan, dokumentasi kegiatan, refrensi yang berkaitan dengan penelitian yakni buku Qiro’ah. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan metode Qiro’ah. Haisil penelitian menunjukkan bahwa; penerapan buku qiro’ah untuk memotivasi siswa membaca qur’an di SMK Toveaku Palu berjalan dengan lancar disebabkan adanya dukungan dari kepala SMK Toveaku Palu; meskipun tidak dipungkiri terdapat beberapa hambatan. Diadakannya kegiatan ekstrakurikuler dengan menerapkan buku Qiro’ah sebagai bahan untuk pembelajaran bagi siswa dalam mengenal huruf hijayyah, maka siswa lebih cepat mengenal, serta lebih cepat dalam memahami huruf hijayyah dikarenakan tata cara membacanya diikuti dengan gambar- gambar yang ada disekeliling kita pada umumnya. Pengenalan huruf Hijayyah melalui buku Qiro’ah mendapat respon oleh siswa seperti timbul rasa ingin tahu yang sangat besar pada siswa yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang sudah bisa mengenal bahkan menyebutkan huruf Hijayyah. Adanya variasi bacaan dalam buku tersebut yang diajarkan oleh guru pada setiap kali pertemuan pada setiap siklusnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10