cover
Contact Name
Yurnalis
Contact Email
yurnalis@umsb.ac.id
Phone
+6281374631214
Journal Mail Official
yurnalis@umsb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan
ISSN : 19796307     EISSN : 26558475     DOI : https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272
Core Subject : Education,
Inovasi Pendidikan, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang eksakta, pendidikan/sosial dan agama islam untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Syarat-syarat dan cara penulisan tulisan dapat dilihat pada halaman pedoman bagi penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021" : 16 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL DAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI I BONJOL KABUPATEN PASAMAN Yendrita Khaharman
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.211 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.3017

Abstract

Proses pembelajaran dapat memberikan hasil belajar yang lebih memuaskan, jika dilakukan dengan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep dari apa yang dipelajarinya. Namun demikian, proses pembelajaran masih ada yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori melalui metode ceramah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam rangka meningkatkan pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Bonjol. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bonjol. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling, yang dipilih menjadi kelas eksperimen adalah X2, sedangkan kelas kontrol adalah X8. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t`. Dari hasil analisis data diperoleh t`hitung = 6,60 t₁ = 1,70 t₂= 1,70. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Bonjol Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2016/2017.
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN COVID 19 MELALUI SUPERVISI KLINIS PADA UPTD SD NEGERI 02 TANJUANG HARO SIKABU-KABU PD. PANJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Salmianis Salmianis
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.882 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.3012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam Pembelajaran Covid 19 melalui Supervisi Klinis Pada UPTD SDN 02 Tanjung Haro Sikabu-Kabu Pd Panjang Semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2021. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui Supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Covid-19 di UPTD SDN 02 Tanjung Haro Sikabu-Kabu Pd Panjang. Hal ini terbukti dari hasil penyusunan perangkat pembelajaran pada prasiklus memperoleh rata-rata sebesar 57,00, meningkat menjadi 80,00 pada siklus I, serta mengalami peningkatan menjadi 90,00 pada siklus ke II. Selanjutnya kegiatan Supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam menyusun RPP, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan menyusun RPP sesuai masa Pandemi Covid-19 dari 68,00 pada kegiatan prasiklus, meningkat sebesar 77,00 pada siklus I, serta meningkat menjadi 90,00 pada siklus ke II. Kemampuan pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran Covid-19 juga mengalami peningkatan yaitu 57,00 pada prasiklus, meningkat menjadi 82,00 pada kegiatan siklus I, serta menjadi 90,00 pada kegiatan siklus ke II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui Supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam Pembelajaran Covid-19 sehingga dapat pula meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POLA-POLA HEREDITAS BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION PADA SISWA KELAS XII IPA-3 SMA NEGERI 1 SITIUNG Endang Safariyani
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.456 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.2994

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini mengangkat pokok masalah yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan soal pola-pola hereditas melalui penerapan model pembelajaran Direct Intruction dalam mencapai kompetensi belajar biologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA-3 SMA Negeri 1 Sitiung. Adapun metode yang digunakan PTK dan diolah secara deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpul data yang diisi oleh observer selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Intruction dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah biologi yang berhubungan dengan perhitungan matematika khususnya materi soal pola-pola hereditas.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI GALLERY WALK DI KELAS XI MIA 1 SMAN 1 SITIUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Tri Kartini
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.978 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.3016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan menulis siswa dalam bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui Model Galery Walk. Siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri I Sitiung Semester satu Tahun Pelajaran 2015/2016 sebagai subjek penelitian dan satu guru bahasa Inggris sebagai observer. Peneliti melakukan pra-observasi dengan mewawancarai beberapa siswa dan mengamati kondisi sebelum melakukan penelitian. Dari hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa kurang baik, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus pertama, peneliti menemukan bahwa 40% siswa yang mampu berbicara bahasa Inggris. Sedangkan pada siklus II 84% siswa mampu berbicara bahasa Inggris. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 KEC. AKABILURU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Raiman Faizal
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.726 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.3011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe make A Match di kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas kegiatan yang meliputi perencanaan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar siswa di kelas VIII pada mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada kegiatan Pra–Siklus  adalah : Nilai tertinggi 70 , nilai terendahnya adalah 25 dan nilai-rata-ratanya adalah 56,73. Sementara itu nilai hasil hasil belajar siswa pada siklus 1 nilai tertingginya adalah 100, nilai terendahnya adalah 25 sedangkan rata-rata nilainya adalah 61,34. Pada siklus ke 2, nilai tertingginya adalah 100, nilai terendahnya adalah 60 sedangkan nilairata-ratanya adalah 81,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa terdapat peningkatan, dimana pada siklus 1 adalah 61,34 menjadi naik rata-rata hasil belajarnya  pada siklus ke 2 menjadi 81,88. Rata-rata hasil nilai siswa pada siklus I dengan siklus ke II adalah 71,61 dengan peningkatan nilainya sebesar 20,54. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Kec. Akabiluru Tahun Pelajaran 2020/2021.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR- SHARE DI KELAS VII.C SMPN 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN Ifriani Ifriani
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.491 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.2995

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa inggris. Dari sisi guru, guru lebih banyak menggunakan bahasa ibu (bahasa daerah) selama proses belajar-mengajar, penyusunan perencanaan mengajar, media pengajaran, memilih metoda mengajar yang tepat, dan terbatasnya  waktu untuk mengajar. Selanjutnya, dari sisi siswa, seperti permasalahan kurangnya rasa percaya diri, terbatasnya kosa kata, penguasaan tata bahasa yang minim, pengucapan kata dan intonasi yang kurang tepat, malu untuk berbicara bahasa Inggris dan rendahnya motivasi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa melalui Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas VII.C SMPN 1 Kec. Lareh Sago Halaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  PTK ini dilaksanakan di SMPN 1 Kec. Lareh Sago Halaban. Penelitian ini dilaksanakan di semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.C SMP Negeri 1 Kec. Lareh Sago Halaban yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 17 orang siswa perempuan.  Pada prasiklus tingkat kemampuan berbicara siswa yang tuntas 10 orang (35,72%) sedangkan yang tidak tuntas 18 orang (64,28 %). Pada siklus I tingkat kemampuan berbicara siswa yaitu 16 orang siswa ( 64,28% ) sudah tuntas dan 12 orang siswa (35,72 %) dinyatakan belum tuntas. Pada siklus II, tingkat kemampuan berbicara 24 orang siswa (85,71%) sudah tuntas dan 4 orang siswa (14,29 %) dinyatakan belum tuntas. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share  (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII.C SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS FANTASI DENGAN MEDIA RUMAH FANTASI KELAS VIIF TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SMP NEGERI I SITIUNG Suratni Suratni
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.997 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.3015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat  meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran rumah fantasi di kelas VIIF SMP Negeri 1 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIF yang berjumlah sebanyak 30 orang peserta didik. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, catatan lapangan, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi pada siklus I dan II. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, menunjukkan bahwa media pembelajaran rumah fantasi ini dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik, karena peserta didik  sudah berhasil mencapai KKM yang telah ditetapkan. Hal itu dapat dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (47%) dan siklus II (93%).
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XII MIPA 3 SMA N 1 PULAU PUNJUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Agustin MN
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.051 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.2991

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IIS 2 SMA N 1 Pulau Punjung Tahun Pelajaran 2019/2020 dan satu orang guru ekonomi sebagai pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Hasil pada siklus I belum menunjukkan aktivitas yang signifikan, sehingga siklus II dilanjutkan. Perbandingan aktivitas siswa mengalami peningkatan 23,79 % dari 33,71 % menjadi 57,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru ekonomi lainnya untuk menggunakan metode pembelajaran yang tepat seperti Metode Jigsaw ini, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memperoleh hasil yang memuaskan.
SISTEM PENDIDIKAN ESTONIA: SUATU PERBANDINGAN DENGAN INDONESIA Muhammad Subhan Nurhizrah Gistituati Rusdinal
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.482 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.3010

Abstract

Artikel ini merupakan telaah atas perbandingan sistem pendidikan Estonia dan  Indonesia. Estonia adalah negara terbaik di Eropa dalam asesmen PISA 2018 disamping menjadi salah satu negara yang paling konsisten pada kelompok atas asesment tiga tahunan ini. Walaupun Estonia tergolong salah satu negara termiskin diantara negara-negara OECD, pemerintahnya mampu mengelola endidikan dengan baik mulai dari pendidikan dasar hingga pendiidkan tinggi. Kunci keberhasilan Estonia adalah pemerataan kesempatan bagi setiap anak untuk memperoleh pendidikan, masyarakat yang menghargai pentingnya pendidikan, pengembanagan kurikulum nasionla baru, masuknya materi ilmu komputer pada semua kelas, reorientasi pelatihan guru dan proses pembelajaran inovatif, dan otonomi luas bagi guru dan sekolah dalam menentukan konten dan pembelajaran..
KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR 03 BALAI-BALAI KOTA PADANGPANJANG Laila Fitri Sayuti
Inovasi Pendidikan Vol 8, No 2 (2021): Volume 8 No. 2, November 2021
Publisher : FKIP UMSB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.846 KB) | DOI: 10.31869/ip.v8i2.2996

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran menulis karangan deskripsi yang dilakukan di kelas III Sekolah Dasar 03 Balai-Balai Kota Padangpanjang yang belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi (pemakaian huruf, penulisan tanda baca) dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas III Sekolah Dasar Balai-Balai Kota Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 25 orang siswa dan sampel penelitian 25 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Instrument penelitian yaitu tes unjuk kerja. Teknik penggumpulan data yaitu (1) tes unjuk kerja (perfomance asseement), dan (2) observasi (observation). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu (1) Mengolah data, (2) Mencari persentasi  nilai siswa, (3) Mentabulasi nilai, (4) Menyusun pedoman konversi, (5) menggola skor mentah, dan (6) Membuat interpretasi dan simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture siswa kelas III Sekolah Dasar Balai-Balai Kota Padangpanjang dikategorikan amat baik. (1) kategori A ada 16 orang, dan (2) kategori B ada 9 orang.

Page 1 of 2 | Total Record : 16